Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gelombang Elektromagnetik: Pengertian, Sifat, Macam-Macam, Manfaat & Rumusnya

Gelombang elektromagnetik, ialah gelombang yang sekarang menjamur di sekitar kita. Gelombang tersebut, di kala ketika ini sering kita terkena gelombang elektromagnetik. Namun spesialuntuk beberapa orang yang sadar akan gelombang elektromagnetik.

Sebelumnya, penulis juga sudah menginformasikan terkena pengertian gelombang, jenis-jenis gelombang, sifat-sifat gelombang. Tidak spesialuntuk itu, penulis juga sudah menginformasikan pengertian gelombang mekanik, sifat, dan macam-macam gelombang mekanik.

Sehingga penulis berusaha untuk melengkapkan pembahasan terkena gelombang dengan juga menginformasikan kepada kawan-kawan terkena gelombang elektromagnetik baik dari pengertian gelombang elektromagnetik, sifat, macam-macam gelombang elektromagnetik, manfaat gelombang elektromagnetik dan pola dari gelombang elektromagnetik.

Olehnya itu, semoga warta ini sanggup bermanfaa bagi kawan-kawan, dan jikalau terdapat belum sempurnanya penulis menghaturkan kepada kawan-kawan sebuah ungkapan bahwa fisik dan bekerjasama dengan MIPA bukanlah cakupan ilmu penulis ketika ini. Sehingga terdapat kesusahan dalam menyederhanakan bahasa dan juga mempersembahkan warta lengkap kepada kawan-kawan terkena gelombang elektromagnetik.

Namun, jikalau berdasarkan kawan-kawan warta ini bermanfaa, penulis berharap kawan-kawan sanggup membagikan warta ini, supaya kawan-kawan yang lain sanggup mengetahuinya. Sebelumnya kita sudah mempelajari dari sebuah gelombang mekanik contohnya gelombang air, gelombang tali, dan gelombang bunyi. Sedangkan gelombang ini membutuhkan suatu medium untuk perambatannya. 

Terdapat satu jenis gelombang yang tidak memerlukan suatu medium dalam perambatannya. Gelombang tersebut dinamakan dengan gelombang elektromagnetik. Penemuan gelombang elektromagnetik tersebut sudah membuka jalan bagi inovasi banyak sekali perangkat teknologi khususnya teknologi komunikasi contohnya radio, radar dan televisi.

Artikel Terkait: 
Gelombang Mekanik: Pengertian, Ciri-CIri, Jenis-Jenis Gelombang Mekanik & misalnya 
Pengertian Gelombang, Sifat-Sifat & Jenis-Jenis Gelombang Serta misal Gelombang

Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Apa itu? 

Pengertian Gelombang Elektromagnetik yaitu gelombang yang merambat tanpa dengan memelurkan zat mediator atau medium. misalnya, cahaya. Hasil percobaan sebelumnya sudah mengungkapkan, terdapat tiga aturan tanda-tanda dalam kelistrikan, yakni: 
  1. Hukum Coulumb: muatan listrik menghasilkan medan listrik yang kuat
  2. Hukum Biot-Savart: Aliran muatan (arus) listrik menghasilkan medan magnet di sekitarnya. 
  3. Hukum Faraday: Perubahan medan magnet sanggup menjadikan suatu medan listrik. 
Gelombang elektromagnetik ialah pancaran dari perubahan dari medan magnet dan medan listrik yang menjadi terus menerus. Gelombang medan listrik selalu berada tegak lurus dengan gelombang medan magnet. Kemudian Maxwel berhasil dalam memilih dalam cepat rambatnya gelombang elektromagnetik. Cepat rambat gelombang elektromagnetik tersebut ialah sama dengan cepat rambat cahaya. melaluiataubersamaini demikian, cahaya ialah gelombang elektromagnetik.

Prinsip-Prinsip Gelombang Elektromagnetik

Terdapatprinsip gelombang elektromagnetik yang dikenal: 
  1. Arus listrik pada suatu konduktor sanggup menjadikan medan magnetik yang arahnya sanggup melingkari konduktor tersebut (hukum ampere). 
  2. Konduktor yang sanggup bergerak memotong garis medan magnetik yang menjadikan ggk induksi pada konduktor itu.
  3. Perubahan fluks magnetik pada suatu kumparan kawat konduktor yang sanggup menjadikan arus induksi (hukum faraday). 
  4. Kemudian di tahun 1855, James Clerk Maxwell, menambahkan satu prinsip lagi, Ide saya menambah prinsip sangat sederhana sekali. Saya ingin dunia bersimetri dalam memegang peranan penting. Kaprikornus jikalau perubahan fluks magnetik sanggup menghasilkan medan listrik, maka terjadi suatu perubahan fluks listrik tentunya akan menghasilkan medan magnetik. Tidak berhenti disitu, maxwell kemudian merumuskan satu prinsip tersebut dengan rumus matematika yang dikenal dengan nama hukum-hukum Maxwell, dimana Maxwell menyampaikan bahwa gelombang sanggup merambat di ruang hambat yang spesialuntuk terdiri dari medan listrik dan medan magnetik yang dinamakan dengan gelombang elektromagnetik. 

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

  1. Tidak memerlukan media rambat
  2. Termasuk gelombang transversal dan mempunyai sifat yang sama menyerupai gelombang transversal
  3. Tidak membawa massa, namun membawa energi
  4. Enegi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang
  5. Medan listrik (E) selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan sefase
  6. Memiliki momentum
  7. Dibagi menjadi beberapa jenis tergantung frekuensinya (atau panjang gelombangnya)

Macam-Macam Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik

Macam-Macam memanfaatkan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai diberikut. 
  1. Sinar Gamma sanggup mengecek keretakan hasil dari pengelasan logam, untuk membunuh sel kanker.
  2. Sinar X bisa mendeteksi organ-organ badan bab dalam, mengambil sebuah gambar tulang yang berada dalam tubuh, analisis struktur kristal. 
  3. Ultraviolet yang bisa memilih kandungan dari suatu bahan, yang dipakai pada lampu neon. 
  4. Sinar tampak (mejikuhibiniu): mempunyai kegunaan dalam fotosintesis pada tumbuhan 
  5. Inframerah dipakai dalam foto inframerah, remote control
  6. Gelombang mikro untuk komunikasi radar, microwavie penerapan gelombang mikro untuk radar sanggup mendeteksi kedudukan suatu pesawat terbang. Jarak pesawat terbang atau kedalaman maritim sanggup ditentukan dari persamaan sebagai diberikut. 
  7. Gelombang radio sekarang dipakai untuk komunikasi radio dan juga teleskop. 

Spektrum Gelombang Elektromagnetik 

Macam-macam gelombang elektromagnetik terdiri dari sinar gamma, radio, cahaya, sinar x, mikro gelombang dll. Macam-macam gelombang tersebut spesialuntuk tidak sama atas panjang gelombang dan juga frekuensinya.

Interval tersebut sering tidak terdefinisikan secar abenar dan terkadang tidak sesuai. contohnya gelombang elektromagnetik yang diperkirakan 0,1 nm atau disebut dengan sinar X, namun gelombang ini juga berasal dari radioaktivitas nuklir yang disebut dengan sinar gamma.

Mata insan peka terhadap radiasi atau gelombang elektromagnetik dari kira-kira 400 sampai 700 nm (nanometer), suatu jangka yang disebut cahaya tampak. Gelombang elektromagnetik dengan panjang gelomabang yang sedikit kurang dari gelombang cahaya tampak disebut sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet yang umumnya berasal dari matahari, dan gelombang dengan panjang gelombang yang sedikit lebih panjang daripada gelombang cahaya tampak disebut gelombang inframerah. Tidak ada batas pada panjang gelombang elektromagnetik; dengan kata lain, tiruana panjang gelombang (atau frekuensi) secara teoritis mungkin.


Rumus Gelombang Elektromagnetik 


Baca Juga:


Demikianlah warta ini terkena gelombang elektromagnetik. Semoga warta ini sanggup bermanfaa dan menambah pengetahuan kawan-kawan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-kawan.