Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Politik, Apa Itu ?...

Pengertian Politik, Apa itu ?...| Pengertian Politik Secara Umum, Politik adalah pembentukan dan proteksi kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud proses pembuatan keputusan, terkhusus pada negara. Pengertian Politik kalau ditinjau dari kepentingan penggunanya dimana pengertian politik terbagi atas dua yaitu pengertian politik dalam arti kepentingan umum dan pengertian politik dalam arti kebijaksanaan. Pengertian politik dalam arti kepentingan umum yakni segala perjuangan demi kepentingan umum baik itu yang ada dibawah kekuasaan negara maupun pada daerah. Pengertian politik Secara Singkat atau sederhana yakni teori, metode atau metode dalam memengaruhi orang sipil atau individu. Politik ialah tingkatan suatu kelompok atau individu yang membicarakan terkena hal-hal yang terjadi didalam masyarakat atau negara. Seseorang yang menjalankan atau melaksanakan acara politik disebut sebagai "Politikus" 

Politik Berasal dari bahasa yunani yaitu "polis" berarti negara atau kota dan "teta" berarti urusan. Politik pertama kali diperkenalkan dan dipakai oleh Aristoteles dimana kata politik pada awalnya, pada masa itu Aristoteles menyebut Zoon Politikon. Dari Zoon Politikon lalu terus menjelma polites, politeia, politika, politikos. "Polites" adalah wargguagara. "Politeia" adalah hal-hal yang bekerjasama dengan negara. "Politika" adalah pemerintahan negara. "Politikos" adalah kewargguagaraan, dengan demikian politik berarti menyangkut dengan urusan negara atau pemerintahan. 
Pengertian Politik Menurut Definisi Para Ahli - Pengertian politik berdasarkan definisi Aristoteles menyatakan bahwa pengertian politik yakni upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki. Pengertian Politik berdasarkan definisi Joice Mitchel yang menyampaikan bahwa pengertian politik yakni pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan akal umum masyarakat seluruhnya. Pengertian politik berdasarkan definisi Prof. Meriam Budhiarjo, pengertian politik yakni macam-macam acara yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu. Pengertian politik berdasarkan definisi Johan Kaspar Blunchli yakni ilmu yang memerhatikan problem kenegaraan, dengan memperjuangkan pengertian dan pemahaman tentang negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya dalam banyak sekali bentuk atau manifestasi pembangunannya. Pengertian politik berdasarkan definisi F. Soltau, menyampaikan bahwa pengertian politik yakni ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu. Pengertian politik berdasarkan definisi Robert, menyampaikan bahwa pengertian politik yakni seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia. Pengertian politik berdasarkan definisi Paul Jguat yang mengemukakan pendapatnya bahwa pengertian politik yakni Ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan. Pengertian politik berdasarkan definisi Ibnu Aqil adalah hal-hal mudah yang mendekati kemaslahatan bagi insan dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW. Pengertian politik berdasarkan definisi Litre yakni ilmu memerintah dan mengatur negara. 

Perilaku Politik- Pengertian sikap politik yakni sikap suatu individu atau kelompok dalam memenuhi hak dan kewajibannya sebagai seorang politik. Perilaku Politik atau misal-contoh sikap politik yakni sebagai diberikut.. 
  • Ikut serta dalam pesta politik 
  • Menjalankan hak untuk menentukan pimpinan politik
  • Menjalankan atau mengikuti hak untuk menentukan dan mengikuti suatu parpol, ormas dan organisasi lainnya 
  • Ikut dalam menentukan atau menentukan wakil rakyat/pemimpin
  • Mengemukakan Koreksian atau menurunkan para pelaku politik.
Macam-Macam Sistem Politik - Terdapat banyak sekali macam-macam sistem politik yang dikembangkan oleh suatu negara yang ada diseluruh dunia menyerupai fasisme, komunisme, liberalisme, marxisme, kapitalisme, feminisme, federalisme, demokrasi, globalisme, diktatorisme, fundamentalisme keagamaan, imprealisme, rasisme, oligarki, monarki, libertarianisme, sosialisme, nasionalisme, theoraksi, totaliteralisme.

Baca Juga: 

Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Politik
Macam-Macam Sistem Politik Di Berbagai Negara
Pengertian Nasionalisme dan Bentuk-Bentuknya
Pengertian Patriotisme dan Bentuk-Bentuknya
Pengertian Sistem Politik dan Ciri-Ciri Sistem Politik
 dan proteksi kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud proses pembuatan keputusan Pengertian Politik, Apa itu ?...
"Pengertian Politik ?...."
Demikianlah Artikel seputar Politik dengan tema Pengertian Politik, Apa itu ?..., dari tema tersebut terdapat poin-point menyerupai pengertian politik secara umum, pengertian politik berdasarkan para ahli, dan sikap politik, semoga kawan-kawan mendapatkan tiruana point-point menyerupai diatas dan sanggup bermanfaa bagi kawan-kawan. Sekian dan Terima Kasih