Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Sedimentasi Dan Macam-Macam Sedimentasi

Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi|Sedimentasi terdiri atas beberapa macam atau jenis-jenis, Pengertian sedimentasi yaitu proses pengendapan material-material yang diangkut dinamakan dengan sedimentasi atau pengendapan, ini sanggup terjadi apabila batuan mengalami pelapukan dan abrasi kemudian diangkut atau dibawa oleh tenaga alam dan kesannya terjadilah sedimentasi atau diendapakan disinilah letak terjadinya sedimentasi, sedimentasi juga mempunyai efek nyata dan negatif sedimentasi atau bermanfaa dan merugikan, proses terjadinya sedimentasi dimana proses/cara kerjanya memakan waktu yang cukup lama. Berdasarkan tenaga alam yang mengangkutnya, sedimentasi dibagi atas sedimentasi air sungai, sedimentasi air laut, sedimentasi angin dan sedimentasi gletsyer, disetiap macam-macam sedimentasi atau jenis-jenis sedimentasi ini akan dibahas pula proses terbuntuknya dan apa yang dibuat dari macam-macam atau jenis-jenis sedimentasi maksudnya teladan dari macam-macam sedimentasi tersebut.. Untuk mengetahui lebih terang wacana macam-macam sedimentasi atau jenis-jenis sedimentasi mari kita lihat pembahasannya ibarat dibawah ini..

Macam-macam Sedimentasi 
A. Sedimentasi oleh air sungai
Sedimentasi terdiri atas beberapa macam atau jenis Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi
(Meander dan Terbentuknya
 danau kali mati/tapal 
kuda (Oxbow lake)
Baha-bahan lepas yang diangkut oleh air sungai sebagian kecil diendapkan di dasar sungai dikala arus angin mulai melemah sedang sebagian besar bahan-bahan halus tersebut diendapkan di muaranya. Pengendapan yang terus menerus dan berlangsung bertahun-tahun mengakibatkan terbentuknya beberapa bentukan alam antara lain : 
1). Kipas aluvial. Kipas aluvial (alluvial fan) terbentuk alasannya yaitu sungai mengalami perubahan atau penurunan kekuatan arus sebagai akhir perubahan kemienteng, dimana sungai yang berasal dari pepegununganan tiba-tiba mencapai suatu dataran rendah yang mempunyai perbedaan tinggi yang sangat mencolok sehingga material yang diangkut eksklusif diendapkan dan membentuk kerucut. Bentukan ini terdapat pada lisan gerojokan atau pada lembah suatu pepegununganan yang berbatasan dengan dataran 
2). Mender yaitu anutan sungai yang berkelok-kelok. Kenampakan ini sering kita temukan pada kawasan hilir sebuah sungai yaitu pada kawasan anutan sungai yang ada pada dataran rendah. Terbentuknya mender ialah alasannya yaitu adanya reaksi dari anutan sungai terhadap kerikil batuan yang relatif sejenis dan kurang tahan terhadap erosi. Lengkungan meander terdiri dan dua cuilan yaitu sisi luar dan sisi dalam. Aliran air atau arus sungai lebih deras pada sisi luar daripada sisi dalam lengkungan meander, sehingga sisi luar lengkungan tererosi dan hasil abrasi tersebut diendapkan pada sisi dalam lengkungan meander tersebut. Akibat proses tersebut, kesannya meander tersebut sanggup membentuk setengah lingkaran atau bahkan hampir melingkar penuh. Tahap perkembangan meander selanjutnya ialah batas daratan yang sempit yang memisahkan tikungan yang satu dengan tikungan lainnya kesannya terpotong oleh anutan gres dan terbentuklah danau tapal kuda (oxbow lake).
3). Dataran banjir. Dalam proses terbentuknya meander dan pemindahan lembah sungai, hasil pengendapan pada bekas anutan yang ditinggalkan akan membentuk tumpukan lumpur yang sangat luas. Dataran banjir ialah kawasan yang sering tergenang air pada waktu terjadi hujan yang menjadikan air sungai meluap.
4). Delta. Pada kawasan muara sungai, terjadi pengendapan sebagian besar material yang diangkut oleh sungai tersebut. Endapan sungai pada ujung muara ini disebut delta. Delta mempunyai bentuk dan ukuran yang tidak sama beda. Adapun faktor-faktor yang mengakibatkan perbedaan tersebut antara lain jenis batuan,kecepatan anutan sungai, dan keadaan musim.
Ada beberapa jenis delta yang populer antara lain:
a. Delta busur di muara Sungai Nil
b. Delta kaki burung di muara Sungai Mississippi
c. Delta runcing di muara Sungai Tibet
d. Delta muara, terdapat pada muara Sungai Seine, Inggris

B. Sedimentasi Oleh Air Laut 
Sedimentasi terdiri atas beberapa macam atau jenis Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi
(Gambar : a. Nehrung . 
b. Naff. c. Delta )
Gelombang air maritim disamping mengikis pantai, juga mempunyai sifat membangun. Bahan-bahan lepas yang diangkut oleh air maritim disamping sebagian mengendap di dasar maritim ada sebagian yang diendapkan di sekitar pantai dan terbentuklah gosong-gosong pasir. 

Endapan ini semakin usang semakin banyak dan terbentuklah lidah-lidah pasir/tanah akhir gelombang maritim yang disebut nehrung atau kubu pesisir. Gosong pasir adakala sanggup menghubungkan pantai dengan pulau yang ada di dekatnya. 

Nehrung ini adakala membentuk danau (air maritim yang dipisahkan oleh nehrung dan maritim bebas). Danau ini disebut haff. Gosong pasir yang menghubungkan daratan dengan pulau terdekat disebut tombolo.

C. Sedimentasi oleh Gletsyer
Sedimentasi oleh gletsyer berasal dari moraine yaitu longgokan batu-batu kerikil, pasir, dan sebagainya yang mengendap di ujung gletsyer. Bentuk-bentuk muka bumi dari sedimentasi oleh gletsyer antara lain:
1). Osar, yaitu endapan gletsyer berbentuk punggung yang sempit dan panjang
2). Kame, endapan gletsyer berbentuk ibarat dataran tinggi
3). Drumlin, ialah bukit-bukit kecil yang berbentuk bundar panjang, sebagian terbentuk oleh moraine dasar
4). Till plain, yaitu dataran yang terbentuk dan hasil pengendapan gletsyer

D. Sedimentasi oleh Angin
Sedimentasi terdiri atas beberapa macam atau jenis Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi
(Beberapa Bentuk bukit-bukit pasir
karena sedimentasi oleh angin)
Angin yang mengangkut material-material lepas, sehabis kekuatannya melemah akan mengendapkan bahan-bahan tersebut. Bahan-bahan tersebut sanggup terdiri dari pasir dan bubuk yang diendapkan di suatu tempat dan membentuk bukit-bukit pasir. Bukit-bukit pasir yang terbentuk alasannya yaitu sedimentasi oleh angin banyak ditemukan di daerah-daerah gurun pasir. misal pembentukan bukit-bukit pasir ibarat ini sanggup ditemukan pada pantai Parangtritis di pantai selatan Yogyakarta dan pantai Lhoknga di Aceh.

Sekian Artikel perihal Pengertian Sedimentasi dan Macam-Macam Sedimentasi semoga bermanfaa (Sumber : Geografi, Hal : 92-95, Penerbit : Erlangga.2004.Jakarta, Penulis : P.Ginting dkk)