Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Berdasarkan Ahli
Pengertian Slogan - Definisi Slogan ialah bentuk penyampaian informasi atau pemdiberitahuan. Pada umumnya, slogan ditulis dalam kalimat yang pendek dan juga menarikdanunik, simpel diingat, persuasi, singkat.
Tujuan menulis Slogan ialah untuk menegaskan sebuah pedoman atau prinsip. Menurut Depdiknas bahwa penulisan slogan dibuat dalam bentuk yang memikat untuk menarikdanunik perhatian pembacanya yang merupakat alat atau media dalam memdiberitahukan sesuatu hal yang bertujuan kepada masyarakat atau khayalak ramai mengetahuinya.
Slogan ialah bentuk iklan yang selalu ada. Hal itu sanggup ditemukan di iklan media audio maupun dalam visual. Hal itu karena "Fungsi Slogan" ialah untuk mempersembahkan daya pikat biar konsumen peanmasukan dengan produk yang dipasarkan. Tidak spesialuntuk itu, makna slogan ialah meliputi gagasan atau informasi yang ingin disampaikan oleh pengiklan melalui dengan mempersembahkan slogan kepada konsumen akan suatu produk mereka.
Maka tugas slogan dalam menghadirkan iklan rokok dibutuhkan slogan tersebut memmenolong minat konsumen untuk selalu mengingat merek dari produk rokok yang ditawarkan.
Pengertian Slogan: Apa itu Slogan?
Secara terminologi atau pengertian slogan secara istilah ialah motto atau frasa yang digunakan sebagai ekspresi sebuah pandangan gres atau tujuan yang simpel diingat. Sedangkan secara etimologi atau pengertian slogan secara bahasa, slogan diambil dari kata istilah dalam bahasa Gaelik, "Sluagh-ghairm, yang diartikan "teriakan bertempur".
Bentuk slogan bervariasi, dari yang tertulis dan terlihat hingga yang diucap dan bernada vulgar. Akan tetapi, secara umum pengertian slogan ialah mempersembahkan ruang untuk memberikan informasi yang lebih rinci, selain itu juga disampaikan dalam bentuk ekspresi sosial dari tujuan bersama dari pada proyeksi dari beberapa orang saja. Slogan pada umumnya memakai kalimat persuasif.
misal-misal Slogan
Ada banyak pola slogan yang biasa sering didapati di televisi atau yang terpasang di jalanan atau suatu produk. Jika menyadari hal tersebut, maka tidak susah menerima contoh-contoh slogan. Salah satunya pola slogan yang menarikdanunik untuk diteliti ialah slogan dari iklan rokok.
Keunikan bahasa menjadi karakteristik atau ciri khas yang dimiliki rokok. Terdapat macam-macam slogan yang disajikan sebagai iklan rokok. Adapun contoh-contoh slogan dalam iklan rokok yang sanggup dijadikan objek penelitian slogan antara lain:
1. Class Mild, "Talk Less Do More"
2. A Mild Versi Outbound "Karena Logika Beda Tipis Sama Lo Gila"
Membahas terkena Slogan dari "Class Mild, "Talk Less Do More". Dalam slogan tersebut menghadirkan potret seseorang yang sukses bekerja keras sehingga menghasilkan sebuah mahakarya. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, pola slogan ndemikian berarti "Sedikit Bicara, Banyak Bekerja".
Mengkaji kata /Berbicara/ pada slogan tersebut dibuat atau berawal dari kata dasar yakni "Bicara". Hal itu, bila dikaji dalam leksikal makna kata bicara pada slogan tersebut diartikan sebagai logika budi, pikiran, berbahasa dan berkata (KBBI Depdiknas, 2002:40).
Namun, setelah dilekatkan kata ber yang mana diartikan sebagai proses afiksasi pada kata bicara menjadi berbicara. Makna dari kata tersebut menjadi makna gramatikal sebagai pola slogan rokok Class Mild. Hal itu berarti berkata, bercakap, berbahasa atau melahirkan suatu pendapat. Hal demikian sama halnya dengan kata "Bekerja" yang sanggup mengakibatkan makna melaksanakan perbuatan. (Poerwadarminta, 2011:578).
misal-misal Slogan
Adapun contoh-contoh Slogan lainnya diantaranya pola slogan dalam pendidikan dll yakni:
1. misal Slogan Pendidikan
Adapun contoh-contoh slogan dalam hal Pendidikan antara lain:
- Bersama ke arah kecemerlangan,
- Guru berkesan, pendidikan cemerlang.
- Guru pembina budaya ilmu.
- Budayakan Membaca Sejak Dini
2. misal Slogan Kemembersihkanan
Adapun contoh-contoh slogan dalam hal menjaga kemembersihkanan antara lain:
- Kemembersihkanan ialah Bagian dari Iman
- Dalam Badan yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat
- Kemembersihkanan Pangkal Kesehatan
- Terima Kasih Anda Tidak Memmembuang Sampah di Sungai
- Ingat 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur.
3. misal Slogan Lingkungan
misal slogan Lingkungan yang sanggup digunakan ialah ibarat diberikut:
- Hutan Dibakar Banjir Melanda
- Hijaulah alamku, lestarilah lingkunganku
- Hutan untuk rakyat
- Hanya satu bumi
4. misal Slogan Motivasi
misal slogan motivasi yang sanggup digunakan ialah ibarat diberikut:
misal slogan motivasi yang sanggup digunakan ialah ibarat diberikut:
- Merdeka atau Mati.
- Siapa cepat beliau dapat.
- Kecil menabung renta beruntung.
- Dua anak lebih baik.
- Selamatkan Masa Depan Bangsa
Pengertian Slogan Menurut Para Ahli
Adapun pengertian slogan berdasarkan para mahir antara lain:
1. Pengertian Slogan Menurut Alwi
Menurut Alwi (2003: 108) bahwa pengertian slogan ialah perkataan atau kalimat pendek yang menarikdanunik atau mencolok dan simpel diingat untuk menunjukan tujuan suatu ideologi, organisais dan partai politik.
2. Pengertian Slogan Menurut Haryanto (2006)
Menurut Haryanto (2006) bahwa definisi Slogan ialah sebagai frase atau kalimat pendek yang megampangkan untuk diingat, digunakan dalam memdiberi tahu atau menunjukan tujuan organisasi, ideologi golongan dan sebagianya.
Menurut Haryanto (2006) bahwa definisi Slogan ialah sebagai frase atau kalimat pendek yang megampangkan untuk diingat, digunakan dalam memdiberi tahu atau menunjukan tujuan organisasi, ideologi golongan dan sebagianya.
3. Pengertian Slogan Menurut Sukini (2005:162)
Menurut Sukini bahwa pengertian slogan ialah kalimat singkat dan bersifat persuasi, serta susunan dalam kalimat tidak ibarat biasa.
Menurut Sukini bahwa pengertian slogan ialah kalimat singkat dan bersifat persuasi, serta susunan dalam kalimat tidak ibarat biasa.
4. Pengertian Slogan Menurut Moeliono
Menurut Moeliono, slogan ialah perkataan atau kalimat pendek yang menarikdanunik, mencolok dan simpel diingat untuk menunjukan suatu maksud dan tujuan media (KBBI, 2005:1080)
Menurut Moeliono, slogan ialah perkataan atau kalimat pendek yang menarikdanunik, mencolok dan simpel diingat untuk menunjukan suatu maksud dan tujuan media (KBBI, 2005:1080)
5. Pengertian Slogan Menurut J. S. BaduduMenurut J.S. Badudu bahwa pengertian slogan ialah kata atau kalimat pendek yang memiliki arti dan suara yang menarikdanunik biar simpel diingat-ingat.
6. Pengertian Slogan Menurut KBBIDalam KBBI (2005:1080) pengertian slogan ialah ragam bahasa tak resmi yang digunakan oleh kaum dewasa atau kelompok-kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern sebagai perjuangan supaya orang-orang kelompok lain tidak mengerti biasanya berupa kosakata gres dan berubah-ubah juga ialah katakata non standar yang informal, disusun secara mana suka (arbirter), bertenaga, serta jenaka yang digunakan dalam percakapan dalam suatu kelompok tertentu.
Ciri-Ciri Slogan
Menurut Pardijimin (2005:33) bahwa ciri-ciri slogan berupa kelompok kata atau kaliamt pendek yang menarikdanunik, mencolok dan simpel diingat yang bertujuan memdiberitahukan tujuan/visi suatu organisasi, kegiatan, perusahaan, dan golongan.
Isi Slogan menggambarkan visi, tujuan dan impian dari sebuah acara atau organisasi perusahaan. Slogan dibuat untuk menginformasikan suatu hal. Kata slogan disusun sedimikian rupa untuk mempengaruhi pembaca. Adapun ciri-ciri slogan antara lain:
1. Kata-katanya Singkat, Menarik, dan cepatdangampang Diingat
Dalam sebuah slogan baik itu berbentuk goresan pena atau lisan, penerapan kata di dalamnya meliputi kata yang singkat dan menarikdanunik yaitu kata-kata dalam slogan menarikdanunik untuk dibaca. melaluiataubersamaini memakai pilihan kata, kemudian dari penerapan kata-kata yang singkat, seseorang yang melihat akan simpel mengingat goresan pena pada slogan yang dimaksud. Tidak tiruana dalam memdiberitahukan atau menginformasikan dalam kata yang singkat tersebut diartikan sebagai ciri-ciri slogan atau karatekristik slogan.
Dalam sebuah slogan baik itu berbentuk goresan pena atau lisan, penerapan kata di dalamnya meliputi kata yang singkat dan menarikdanunik yaitu kata-kata dalam slogan menarikdanunik untuk dibaca. melaluiataubersamaini memakai pilihan kata, kemudian dari penerapan kata-kata yang singkat, seseorang yang melihat akan simpel mengingat goresan pena pada slogan yang dimaksud. Tidak tiruana dalam memdiberitahukan atau menginformasikan dalam kata yang singkat tersebut diartikan sebagai ciri-ciri slogan atau karatekristik slogan.
2. Merupakan Semboyan Suatu Organisasi atau Masyarakat
Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat Slogan selain berfungsi sebagai alat/media informasi dan slogan biasanya berupa semboyan untuk menunjukan tujuan suatu organisasi tertentu dalam bentuk perkataan atau kalimat pendek yang digunakan sebagai dasar .tuntunan /pegangan hidup. Berikut salah satu pola slogan yang meliputi semboyan yang sering kita dengar.
Kesimpulan: Ciri-Ciri Slogan
Adapun ciri-ciri slogan antara lain:
- Biasanya meliputi kata-kata yang simpel diingat dan menarikdanunik
- Slogan sanggup berupa klausa,frase, kalimat ataupun motto
- Slogan juga sanggup berupa semboyan organisasi atau masyarakat.
Macam-Macam Slogan
Slogan tidak spesialuntuk terdiri dari satu jenis, melainkan slogan terdapat macam-macam yang dilihat dari sifat slogan tersebut atau pembahasan slogan itu. Adapun macam-macam slogan antara lain:
1. Slogan Pendidikan
Pengertian slogan pendidikan ialah suatu slogan yang sering ditemukan di sekolah khususnya di ruang kelas yang bertujuan untuk memotivasi untuk meningkatkan semangat berguru serta untuk mempersembahkan informasi yang sifatnya menambah pengetahuan.
2.Slogan Lingkungan
Slogan lingkungan sering kita temui di pinggir jalan ataupun daerah lainnya. Tujuan slogan lingkungan biasanya untuk mengajak masyarakat menjaga dan mencinti lingkungan sekitar.
Slogan lingkungan sering kita temui di pinggir jalan ataupun daerah lainnya. Tujuan slogan lingkungan biasanya untuk mengajak masyarakat menjaga dan mencinti lingkungan sekitar.
3. Slogan Produk
Pengertian Slogan Produk ialah suatu slogan yang sering ditemukan disejumlah produk yang menjadi nilai tambah untuk menarikdanunik konsumen untuk tujuan produk tersebut menjadi laris.
4. Slogan Kesehatan
Pengertian Slogan Kesehatan ialah suatu slogan yang digunakan untuk mensosialisasikan sejumla tips dan dampak yang berbahaya bagi badan secara sederhana.
Tujuan Slogan
Adapun tujuan slogan yaitu:
- Untuk mempengaruhi orang lain
- Untuk memberikan informasi
- Untuk memotivasi orang lain
- Untuk menyadarkan masyarakat
- Untuk menghimbau orang lain
Teknik Menulis Slogan
Slogan ialah media informasi yang mengajak, pesan dan juga meliputi imbauan. Hal itu sering ditemukan di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang bertujuan mempengaruhi pembaca biar melaksanakan suatu tindakan. Di dalam menyusun slogan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan langkah atau cara menyusun slogan yang dikemukakan berdasarkan Sukini (2005:163) diberikut ini.
- Menentukan visi dan tujuan.
- Menggambarkan tujuan dengan kalimat singkat dan simpel diingat masyarakat.
- Pilihlah kata yang menarikdanunik
Kriteria Penulisan Slogan
Sebelum mengawali dalam menulis slogan, terdapat beberapa kriteria yang wajib diperhatikan. Adapun kriteria penulisan slogan berdasarkan Laksono (2008:141) adalah:
- Kepadatan isi/singkat (slogan yang ditulis harus singkat, padat, dan jelas);
- Kesesuaian slogan dengan tujuan yang ditentukan;
- Keaslian slogan (slogan yang dibuat tidak menggandakan dari slogan yang sudah ada)
Ilustrasi: Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, misal, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli |
Demikianlah informasi Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, misal, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli. Semoga inforamsi ini sanggup menambah ilmu pengetahuan kita dan mengetahui sejumlah slogan dan tujuan dari slogan itu serta bisa mengkoreksi slogan yang tidak sesuai dengan metode dan kriteria menulis slogan. Tidak spesialuntuk itu, bisa menulis slogan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.