Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Ion, Contoh, Mekanisme, Sejarah, Peran, & Macam-Macam Ion

Pengertian Ion - Secara umum, pengertian ion ialah muatan listrik yang terdiri atas satu (monotomik) atau lebih (poliatomik) atom. Perlu diketahui bahwa, penyusunan sebuah senyawa tersebut terdiri dari Ion, bukan Molekul. 

Senyawa demikian disebut Ionik atau senyawa Ion. Sedangkan berdasarkan Wikipedia, pengertian Ion ialah atom atau sekumpulan atom yang bermuatan listrik. Untuk pengertian Larutan Ion ialah larutan yang mengandung ion yang sanggup bergerak bebas, sehingga diartikan sanggup menghantarkan arus listrik. 

Ion yang bermuatan negatif, yang difungsikan untuk menangkap satu atau lebih elektron. Hal itu disebut dengan anion. Demikian terjadi, alasannya ialah beliau tertarik menuju anode. Sedangkan untuk Ion bermuatan positif, pengertiannya ialah ion yang kehilangan satu atau lebih elektron disebut dengan kation. 

Hal itu terjadi alasannya ialah tertarik ke katode. Proses pembentukan ion demikian disebut dengna Ionisasi. Atom atau kelompok atom yang terionisasi demikian ditandai dengan hadirnya tikatas n+ atau n-, yang dimana n ialah jumlah elektron yang hilang ataupun diperoleh.

Pengertian ikatan ion ialah suatu ikatan yang terjadi ketika atom yang mempunyai muatan dengan bemasukan yang sama akan tetapi mempunyai muatan yang saling berlawanan tanda. Ikatan ion terbentuk dari hadirnya gaya tarik menarikdanunik antara ion faktual dan juga ion negatif. 

Adapun contoh-contoh ikatan ion adalah: ikatan yang terjadi pada ikatan garam. Ikatan garam terjadinya ikatan atom sodium dan chlor. Diketahui nomor atom sodium ialah 11 dan nomor atom klor ialah 17. Elektron-elektron demikian dari dua unsur tersebut terdapat pada tiga kulit atau orbitnya.

Mekanisme Pada Ion 

Diketahui, elektron yang mengelilingi inti atom ialah terus bergerak dengan berputar pada sumbunya. Namun demikian, elektron sanggup meninggalkan atom. Hal itu terjadi alasannya ialah sesuatu hal, salah satu contonya menyerupai pemanasan, medan magnet dan medan listrik. Elektron yang keluar dari atom sanggup masuk ke atom lainnya. 

Pada akibatnya, atom yang kehilangan elektron demikian akan menjadi atom yang mempunyai muatan listrik positif. Hal itu terjadi alasannya ialah jumlah proton menjadi lebih besar dari pada jumlah elektronnya. Sedangkan untuk atom yang mendapatkan leketron menjadi atom yang mempunyai muatan listrik negatif. Hal itu terjadi alasannya ialah jumlah elektronnya tersebut melebihi jumlah protonnya.

Sejarah Ion 

Diketahui awal pertama kali, Ion disajikan dalam bentuk teori yang dikemukakan oleh Michael Faraday. Hal itu dikemukakannya pada tahun 1830. Michael Faraday menggambarkan ion terkena bab molekul yang bergerak ke arah anode atau katode dalam suatu tabung hamba yang disebut 'Vacuum tube, atau 'CRT'. 

Akan tetapi, teori Michael Faraday sanggup bisa dideskripsikan terkena prosedur peristiwanya oleh Svante August Arrhenius pada tahun 1884 dalam disertasi doktoranya di University of Uppsala. Mulanya, teori demikian tidak diterima, sehingga hal itu menciptakannya memperoleh gelar doktornya dengan nilai minimum. Akan tetapi, lalu disertasinya memenangi Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1903. 

Teknik Mengetahui Partikel Terkecil Diantaranya Ion, Atom dan Molekul 

Lalu, bagaimana caranya semoga bisa mengetahui bab terkecil suatu materi baik berupa atom, molekul atau ion? Padahal diketahui partikel-partikel itu sangat kecil, hal demikian sehingga disimpulkan tidak sanggup dilihat. Namun, bukan mustahil tidak sanggup diketahui. Pasalnya kebanyakan bukti ihwal adanya partikel didapatkan dari gejala-gejala yang ditimbulkan oleh partikel-partikel tersebut. 

Salah teladan untuk mengetahui Ion, Atom atau Molekul. Sangatlah sederhana, bila seseorang memakai parfum, wangi dari parfum tersebut hingga kepada kita walaupun orang demikian belum berada di bersahabat kita. Hal ini menunjukkan bahwa uap parfum hingga kepada kita. Meskipun spesialuntuk wangi saja yang sanggup kita kenali. Akan tetapi, bukti demikian sanggup menunjukkan bahwa materi tediri atas partikel-partikel kecil yang susah untuk dilihat secara kasat mata. 

Tambahan: Pengertian Atom dan Molekul 

Apakah anda sudah mengetahui Atom maupun melekul yang menjadi satu kesatuan dalam mengetahui Ion?.. Pengertian Atom ialah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat-sifat yang sama dengan unsur tersebut. 

misal Atom ialah unsur besi yang terdiri atas atom-atom besi. Unsur-unsur demikian terdiri atas tiruana unsur logam, sebagian unsur nonlogam, diantaranya terdiri dari karbon, silikon, neon, radon, helium, kripton, ksenon. 

Sedangkan pengertian molekul ialah partikel terkecil dari uatu unsur atau senyawa. Molekul terdiri dari dua atau lebih atom unsur yang sama. misal Molekul ialah unsur oksigen yang terdiri dari molekul-molekul oksigen yang setiap molekulnya mengandung dua atom oksigen. 

Kesimpulan: 

Pengertian ion
Atom selain bergabung membentuk molekul sanggup juga membentuk ion. Ion ialah atom yang mempunyai muatan listrik. 

Macam-Macam Ion

Ada dua macam jenis muatan ion yang sanggup diketahui berdasarkan pembahasan diatas. Macam-macam ion beserta misalnya antara lain: 
  1. Muatan faktual (kation). Pengertian Ion bermuatan faktual atau sering disebut dengan kation. Terbentuknya kation diketahui dari elektron pada atom tersebut berpindah ke atom yang lain. misal muatan faktual (kation) ialah menyerupai : atom Na melepaskan 1 elektron menjadi ion Na+. Reaksinya : Na -> Na+ + e-.
  2. Muatan negatif (anion). Pengertian Ion bermuatan negatif atau kerap disebut dengan anion. Terbentuknya Anion terjadi dari atom tersebut mendapatkan elektron dari atom yang lain. misal muatan negatif (anion) ialah menyerupai : atom CI menangkap 1 elektron menjadi ion CI-. Reaksinya : CI + e -> CI-.
Peran atau Manfaat Ion dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan ini, terdapat hambaran ion-ion dalam kehidupan manusia. Kehidupan insan tidak terlepas dari ion yang mengelilingi insan dan pada diri insan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu misalnya bila ion terdapat dalam kehidupan sehari-hari, sanggup diketahui ketika seseorang mengalami penyakit diare. 

Dalam kejadian ini, seseorang banyak mengalami kehilangan cairan pada tubuh. Hal itu memerlukan penanganan dengan harus meminum oralit. Lalu, hal yang biasa disaksikan dan dialami, ketika seseorang kehausan, maka seorang tersebut meminum isotonik. 

Jika disimak dalam kejadian yang sering terjadi, terdapat tugas ion yang terjadi. Diare ialah suatu penyakit yang ditandai dnegna meningkatkan frekuensi membuang air besar yang terjadi lebih dari tiga kali sehari yang diserta hadirnya perubahan bentuk dan konsistensi tinja penderita. Bahaya utama diare ialah janjkematian yang mengakibatkan badan menjadi kehilangan air dan juga garam yang terlarut yang sanggup disebut dnegan dehidrasi.
Demikianlah isu terkena, Pengertian Ion, Mekanisme, Sejarah, Peran, & Macam-Macam Ion. Semoga isu ini sanggup menambah pengetahuan kita khususnya bagi pelajar yang masih mendalami hal demikian. Berdasarkan latar belakang penulis, penulis dikala ini jujur kesusahan mengulas hal demikian. 
 ialah muatan listrik yang terdiri atas satu  Pengertian Ion, misal, Mekanisme, Sejarah, Peran, & Macam-Macam Ion
Ilustrasi: Pengertian Ion, Mekanisme, Sejarah, Peran, & Macam-Macam Ion

Pasalnya tidak sesuai dengan laar belakang penulis. Namun, berangkat dari sejumlah sumber yang didapatkan dari buku, jurnal dan sejumlah sumber web yang penulis satukan. Alhamdulillah, informasi Pengertian Ion, Mekanisme, Sejarah, Peran, & Macam-Macam Ion sanggup selesai. Semoga bermanfaa. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.