Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Berdasarkan Para Ahli

Dalam mempelajri ilmu pengetahuan pengamatan pada lingkungan sekitar, dan menjadi serius perhatian kita yaitu lingkungan sekitar. Alam semesta ialah salah satu kawasan pengamatan bagi segenap para peneliti ilmu pengetahuan alam. 

Sedangkan dalam interaksi sesama insan dipelajari para ilmu sosial. Salah satu bab dalam ilmu pengetahuan alam yaitu ilmu kimia. Ilmu kimia ialah kawasan yang dipelajari oleh andal kimia. Hal demikian berkaitan dekat dengan struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. 

Ilmu Kimia sudah menghantarkan produk-produk gres yang sangat bermanfaa untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak produk yang sudah kita pergunakan misalnya, sabun, kosmetik, deterjen, dan pasta gigi.

Sejarah Ilmu Kimia


Sekitar tahun 3500 SM, di Mesir Kuno sudah mempraktekkanreaksi kimia (misal : cara membuat anggur, pengawetanmayat). Kemudian abad  ke-4  SM,  para  filosofis  Yunani  yaitu Democritus  dan  Aristoteles  mencoba  memahami  hakekat materi. Menurut Democritus yaitu setiap materi terdiri dari partikel kecil yang disebut atom. 

Sedangkan berdasarkan Aristoteles yaitu materi terbentuk dari 4jenis unsur yaitu : tanah, air, udara dan api. Sedangkan pada masa pertengahan (tahun 500-1600), yang dipelopori oleh para andal kimia Arab dan Persia. Kimia lebih mengarah ke segi praktis. Dihasilkan aneka macam jenis zat contohnya alkohol, arsen, zinkasam iodida, asam sulfat dan asam nitrat. 

Nama ilmu kimia lahir, dari kata dalam bahasa Arab(al-kimiya = perubahan materi) oleh ilmuwan Arab berjulukan Jabir ibn Hayyan (tahun 700-778). Hingga pada masa ke-18, muncul istilah Kimia Modern. Dipelopori olehahli kimia Perancis Antoine Laurent Lavoisier (tahun1743-1794) yang berhasil mengemukakan aturan keabadian massa.

Pengertian Kimia: Apa itu Kimia? 

Pengertian kimia secara umum yaitu ilmu yang mempelajari terkena materi (bahan kimia) dalam suatu struktur dan perubahan. Maksud dari perubahan yaitu perubahan struktur dan perubahan energi. 

Pengertian Selengkapnya Ilmu Kimia
Secara lengkap, Ilmu kimia yaitu ilmu yang mempelajari perihal:
1. Susunan Materi
Mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.
2. Struktur Materi
mencakup beberapa aspek struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling diberikatan.
3. Sifat Materi
Mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi yang dipengaruhi oleh susunan dan struktur dari materi.
5. Energi menyertai perubahan materi
Menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal-usul energi itu. 

Pengertian Kimia Menurut Para Ahli

1. Pengertian Kimia Menurut Chang 
Pengertian Kimia berdasarkan Chang (2005: 3) yang mendefinisikan ilmu kimia yaitu ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa sanggup diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis. Sifat kimia yaitu sifat yang sanggup ditunjukan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis ialah sifat yang sanggup diamati tanpa mengubah susunan zatnya. 

2. Pengertian Kimia Menurut KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) bahwa pengertian kimia yaitu ilmu wacana susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat. Artinya KBBI yaitu suatu yang berafiliasi dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam kimia. 

3. Pengertian Kimia Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia, pemgertian kimia yaitu cabang dari ilmu fisik yang mempelajari wacana susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. 

Ilmi kimia terdiri atas topik-topik contohnya sifat-sifat atom, cara atom dalam membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui suatu gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk suatu zat-zat yang tidak sama. 

4. Pengertian Kimia Menurut Brady
Menurut Brady, pengertian kimia yaitu ilmu terkait materi kimia yang mencakup beberapa aspek benda di sekitar kita. Ilmu kimia didefinisikan ilmu murni yang mengulas bahan-bahan yang terdapat di alam semesta, interaksi di antaranya terdapat perubahan energi yang berafiliasi dengan adanya perubahan alam.

Definisi kimia juga mencakup beberapa aspek akan perubahan atau transformasi serta interaksi dalam menbentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia juga mengulas akan pemahaman sifat dan juga interaksi suatu atom individu. Hal itu tidak lain, untuk tujuan menerapkan pengetahuan. 


Reaksi kimia yaitu reaksi yang mengubah bentuk fisik dan struktur kimia dari suatu zat.  Sebelum itu, beberapa orang terkadang menyamakan dan bahkan susah membedakan antara arti reaksi kimia dan pengertian dari reaksi fisika. 

Jika demikian tersirat, maka tentunya  hal tersebut masuk akal dan menjadi sebuah penggerak dalam mempelajari ilmu kimia atau secara umum wacana sains.

Penjelasan terkena perbedaan keduanya sanggup dilihat dari referensi reaksi diberikut:. 

1. Air membeku dan es mencair
2. Air menguap dan uap air mengembun
3. Tape menjadi asam
4. Kertas dibakar menjadi abu
5. Metabolism karbohidrat menjadi air dan karbon dioksida. 

Benar. Yang termasuk ke dalam reaksi kimia yaitu reaksi yang bernomor 3, 4, dan 5 dan juga reaksi fisika yaitu bernomor 1 dan 2. Namun pertanyaannya, apa perbedaan dari reaksi kimia dan reaksi fisika pada referensi tersebut. 

Perlu diketahui, pengertian reaksi fisika yaitu reaksi yang spesialuntuk mengubah suatu bentuk fisik materi, tidak mengubah struktur kimianya. Pada referensi diatas, es, air cair, dan uap air sama memiliki rumus kimia H2O. 

Sedangkan untuk reaksi kimia, dimana Susu yang mulanya elok menjadi asam terang terdapat perubahan struktur kimia pada susu tersebut. Seperti halnya referensi yang terdapat diatas yang bernomor 4 dan 5. Perubahan struktur kimia zat ditandainya dengan bila sebuah zat berubah. 

Maka beliau tidak akan sanggup dikembalikan ke bentuk yang tiruanla. contohnya nasi yang sudah menjadi bubur, tidak sanggup bubur menjadi nasi lagi. melaluiataubersamaini demikian, maka nasi yang sudah menjadi bubur sudah mengalami suatu reaksi kimia. 

Fungsi Ilmu Kimia 

Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan insan dan perkembangan lain, contohnya dalam pemenuhan kebutuhan lain, contohnya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi, penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan fotografi dan seni. 

Cabang Ilmu Kimia 

Terdapat sejumlah cabang ilmu kimia. Berikut ialah beberapa daftar yang terdapat dalam cabang ilmu kimia. 

1. Kimia Analitik
Pengertian kimia analitik yaitu suatu cabang ilmu kimia yang mengulas analisis zat atau senyawa. Analisi tersebut sanggup berupa kualitifatif dan kuantitatif yang terdiri dari sampling, penyiapan sample siap ukur, pemisahan, pengukuran, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya. 

2. Kimia Anorganik 
Secara umum, pengertian kimia anorganik yaitu cabang ilmu kimia yang mengulas akan unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur dan senyawanya, penerapan dan pembuatannya. 

3. Kimia Fisika
Pengertian kimia fisika yaitu cabang ilmu kimia yang mengulas akan struktur, sifat dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut. 

4. Kimia Organik Pengertian kimia organik yaitu cabang ilmu kimia terkait struktur dan pembentukan senyawa karbon, khususnya reaksi yang terlibat, ikatan, prosedur reaksi, dan kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut. 

5. BiokimiaPengertian biokimia yaitu suatu cabang ilmu kimia yang mengulas zat kimia beserta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi diantaranya proses metabolisme badan contohnya lemak, reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, dan karbohidrat. 

Demikianlah gosip terkena Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli. Semoga gosip ini menambah pengetahuan kita dan bermanfaa bagi lingkungan sekitar. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.