Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Aktivitas Adiwiyata

Pengertian Adiwiyata -  Adiwiyata atau Green School yaitu salah satu acara kementrian negara lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup. 

Pengertian Adiwiyata Peraturan Menurut Menteri Lingkungan Hidup 
Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 wacana Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menyampaikan bahwa sekolah adiwiyata yaitu sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dan acara adiwiyata yaitu acara untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai salah satu daerah yang baik dan juga ideal yang diperoleh segala ilmu pengetahuan dan beragai norma serta moral yang menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita untuk menuju kepada impian pembangunan berkelanjutan. 

Fungsi acara adiwiyata adalah semoga seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala acara persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat serta bisa menghindari efek lingkungan yang negatif. 

Berdasarkan pengertian Adiwiyata dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 2 Tahun 2009 wacana pedoman pelaksanaan acara adiwiyata. Pengertian adiwiyata pada pasal 1 adalah sekolah yang baik dan ideal sebagai daerah memperoleh segala ilmu pengetahuan dan banyak sekali norma serta moral yang sanggup menjadi dasar insan menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan impian pembangunan berkelanjutan. 

Sedangkan pada pasal 1 point 2, bahwa Program Adiwiyata yaitu salah satu acara kerja berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mewujudkan pengembangan pendidikan lingkungan hidup. 

Adapun pedoman pelaksanaan acara Adiwiyata bertujuan untuk mempersembahkan teladan kerja pelaksanaan acara Adiwiyata bagi tim peninjau lapangan acara Adiwiyata. 

Menurut Arjuna dan Salmonsius yang dikutip oleh Saragih (2012), dikala sebuah sekolah sudah mengikuti acara Adiwiyata maka sekolah tersebut akan mendapat menolongan dana pendampingan, sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh sekolah dan disetujui oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

Tujuan Adiwiyata 

Tujuan sekolah Adiwiyata yang secara umum menunjukan untum mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam lingkungan dengan: 

Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah untuk menjadi wadah pembelajaran dan juga penyadaran segenap masyarakat sekolah diantaranya Murid, Guru, Orang Tua/Wali Murid, dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Warga sekolah turut bertanggung balasan dalam mengupayakan evakuasi lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Mendorong dan memmenolong sekolah untuk turut serta dalam melaksanakan upaya pemerintah demi melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan yang berwawasan lingkungan demi hadirnya kepentingan generasi yang akan hadir. 

Target Samasukan Adiwiyata

Target samasukan Adiwiyata terdapat pada pendidikan formal setingkat SD, SMP, Sekolah Menengan Atas atau sederajad. Hal itu bukanlah sebab, karena sekolah menjadi sasaran pelaksanaan karena sekolah mempunyai fungsi atau tugas yang turut andil dalam membentuk nilai-nilai kehiudpan, khususnya nilai akan kepedulian berbudaya lingkungan hidup. 

Dalam melaksanakan acara Adiwiyata tersebut, sekolah-sekolah mendapat penilaian dan jug akan didiberikan berupa penghargaaan yang didiberikan secara berjenjang. 

Jenis-Jenis Penghargaan Adiwiyata 

Jenjang atau jenis penghargaan Adiwiyata yang bisa diterima oleh sekolah dengna tingkatan sebagai diberikut: 
  • Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang didiberikan oleh Bupati/Walikota.
  • Penghargaan Adiwiyata Nasional yakni penghargaan yang didiberikan pribadi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  • Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi ialah penghargaan yang didiberikan oleh Gubernur.
  • Penghargaan Adiwiyata Mandiri ialah penghargaan khusus bagi setiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang sudah mendapat penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang didiberikan oleh Presiden. 

Kriteria Penilaian Penghargaan Adiwiyata 

Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata terdiri dari 4 aspek antara lain: 
  • Aspek kebijakan sekolah yang mempunyai wawasan lingkungan hidup.
  • Aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan hidup.
  • Aspek pengelolaan masukana dan pramasukana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.
  • Aspek kegiatan lingkungan di sekolah yang berbasis partisipatif.

Manfaat Program Adiwiyata

Manfaat acara Adiwiyata yaitu dibutuhkan bagi setiap sekolah dalam menerapkan Program Adiwiyata tersebut sanggup menerapkan bagi pelajar, proses mencar ilmu dan hasil pembelajaran khusus bagi penerima didik. Adapun manfaat acara adiwiyata antara lain: 
  • Mengubah sikap masyarakat sekolah untuk melaksanakan budaya pelestarian lingkungan.
  • Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
  • Dapat menghindari sejumlah resiko efek lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah.
  • Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
  • Menciptakaan kondisi kebersamaan bagi tiruana masyarakat sekolah.
  • Menjadikan daerah pembelajaran bagi generasi muda wacana pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar.
  • Meningkatkan kondisi mencar ilmu mengajar yang lebih nyaman dan aman bagi segenap seluruh masyarakat sekolah. 

Prinsip Program Adiwiyata 

Dalam pelaksanaannya, acara Adiwiyata diletakkan dalam tiga prinsip-prinsip dasar dalam pelaksanaannya. Adapun prinsip tersebut antara lain: 
  1. Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam administrasi sekolah yang mencakup keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sesuai tanggungjawaban dan peran.
  2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terjadwal dan terus menerus secara komprehensif.
  3. Edukatif (Permen LH, 2013). 
Menurut Chaeruddin (2009:12) bahwa dalam pelaksanaan acara Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip antara lain: 
  1. Partisipatif, maksudnya dimana seluruh komponen sekolah terlibat dalam keseluruhan proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian menurut tanggung balasan dan kiprahnya masing-masing.
  2. Berkelanjutan (sustainable), yang diartikan kepada seluruh kegiatan harus dilakukan secara terjadwal dan terus menerus secara komperehensif. 
salah satu acara kementrian negara lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terci Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata
Ilustrasi: Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata 

Demikianlah Pengertian Adiwiyata, Tujuan, Fungsi, Kriteria & Manfaat Program Adiwiyata. Semoga isu ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dan menambah khazanah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.