Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & Tumpuan Spreadsheet

Apa itu Spreadsheet?. Pembahasan ini atau kata ini cukup gres terdengar di indera pendengaran penulis. Selain itu, informasi ini tak ayal membuat penulis untuk mencari ke banyak sekali sumber buku, pdf dan juga di banyak sekali website. Hal itu selain mempersembahkan sumber yang valid kepada khalayak, juga untuk mempersembahkan tentang yang luas akan pandangan para hebat ataupun sejumlah penulis terkait Spreadsheet.

Kedudukan pencarian akan informasi Spreadsheet menduduki informasi yang banyak di cari oleh masyarakat. Hal itu membuat informasi ini bertengger di posisi di Google sebanyak 9900 pencaharian. Penulis pun mencari tahu dan ternyata spesialuntuk sedikit yang mempersembahkan informasi atau yang menuliskan terkena Spreadsheet di sejumlah website.

Itupun Spreadsheet yang dibahas spesialuntuklah berupa ringkasan yang cukup membosangkan kalau melihat situs tersebut. Beruntung dengan proses pencarian informasi yang diterima penulis dengan banyak sekali situs luar negeri jadinya bisa memndapatkan beberapa informasi terkena Spreadsheet.

Perlu diketahui bahwa pencarian terbayak akan Spreadsheet menyoal akan definisinya. Definisi Spreadsheet banyak dicari oleh masyarakat. Entah itu mungkin dari pelajar atau masyarakat umum. Betapa tidak, untuk mengulas sesuatu hal yang pertama kali diketahui yakni definisi atau pengertiannya. Seperti halnya dengan Spreadsheet.

Namun kalau menelisik arti dari Spreadsheet yang dikenal dengan "Pengolah Angka". Tentu sudah terbayang beberapa informasi yang ada dibenak kawan-kawan untuk menggambarkan arti kata dari Spreadsheet? dan ibarat apa itu Spreadsheet?. 

Hal demikian juga dialami oleh penulis. Penulis terbawa dengan pengingatan kembali akan sejumlah mata pelajaran yang penulis pernah alami. Ternyata, mendapat informasi akan Spreadsheet atau pengolah angka tidak susah. 

Bahkan tanpa memakai rujukan yang tidak begitu akurat, akan bisa membuat kawan-kawan untuk merangkai akan pengertian spreadsheet. Namun, pada informasi kali ini, penulis menggabungkan akan sejumlah rujukan terkait dengan pdf, buku, jurnal, dan website dengan pikiran penulis. 

Untuk mengharga jasa-jasa penulis, bukan pahlawan. Kami harapkan untuk mencantumkan sumber anda mendapat informasi ini. Pasalnya, sangat tidak praktis mendapat informasi ini. Makara kami harapkan sebagai masyarakat negara yang baik dan pencarian informasi yang baik untuk mencantumkan sumbernya. Jadilah masyarakat yang menyayangi hak cipta setiap orang dan setiap kerja kerasnya. 

Pengertian Spreadsheet: Apa itu Spreadsheet?

Spreadsheet yakni lembaran kertas yang memperlihatkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom. Selain itu, Spreadsheet juga ialah aplikasi komputer jadwal yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet ialah salah satu yang paling terkenal dipakai pada komputer pribadi. Pengolah Angka atau spreadsheet ialah suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai sanggup mempunyai suatu kekerabatan yang sudah terdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah.

Aplikasi spreadsheet ialah jadwal komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk Fungsi Spreadsheet yakni untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar penghasilan, dan lain sebagainya.

Spreadsheet mempunyai ruang item data yang dinamakan dengan 'Sel'. Dalam setiap sel yang berlabel, diubahsuaikan penempatannya misalnya A1,A2, A3 dan seterusnya. Hal itu, mungkin mempunyai rujukan yang adikara atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya. Diketahui, Spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam mempersembahkan citra kekerabatan data grafis.

Spreadsheet umumnya tidak memperlihatkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak memperlihatkan kemampuan untuk query databese. Pada umumnya, spreadhseet yakni lebih sederhana dari jadwal database.

Daniel Bricklin dan Bob Frankston membuat aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk "terlihat kalkulator"). Lotus 1-2-3 hadir diberikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 yakni yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik memakai mouse. Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer.

Macam-Macam Jenis Spreadsheet atau Pengolah Angka 

Sekedar diketahui, ada banyak teladan jadwal sebagai system aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang banyak digunakan. Bahkan aplikasi pengolah angka tersebut mempunyai fungsi atau kegunaan yang tidak sama walaupun secara umum sebagai pengolah angka (spreadsheet). Hal itu sanggup diketahui dari jenis-jenis spreadsheet (pengolah angka). Adapun jenis-jenis spreadsheet antara lain: 

1. Pengolah Angka (Spreadsheet) Microsoft Excel
Tentu anda sudah mengetahui jadwal ini. Microsoft Excel yakni jadwal aplikasi dengan lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang berada dalam sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Diketahui, Microsoft Exel sebagai jenis Pengolah Angka atau Spreadsheet mempunyai fitur kalkulasi yang terkenal dipakai sampai ketika ini. Bahkan jadwal ini sudah merambah ke dunia smartphone atau android yang sanggup diunduh di Play Store secara gratis.

2. Pengolah Angka (Spreadsheet) Lotus 123
Lotus 123 yakni sebuah aplikasi pengolah angka yang diterbitkan oleh IBM. Lotus 123 dikeluarkan bersamaan atau ada dalam satu paket gotong royong aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

Lotus 123 ialah jadwal spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir jadwal lotus mulai dipakai pada jadwal Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini melejit atau terkenal dipakai di abad tahun 80-an.

3. Pengolah Angka (Spreadsheet)  Open Office Calc
OpenOffice Calc yakni sebuah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang mempunyai sifat sanggup dibuka melalui sistem operasi apa saja atau dikena "Open source". Open Office Calc yakni jadwal spreadsheet yang berfungsi untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Selain itu, aplikasi spreadsheet Open Office Calc sanggup dipakai untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, memakai rumus untuk melaksanakan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik.

Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada ketika membuka spreadsheet gres akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita sanggup menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir ibarat dengan prograr Microsoft Excel.

4. Pengolah Angka (Spreadsheet) Abacus
Abacus yakni aplikasi pengolah angka yang spesialuntuk membutuhkan memori kecil dan sangat praktis digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

5. Pengolah Angka (Spreadsheet)  GNOME Office – Gnumeric
Gnumeric yakni aplikasi pengolah angka yang ialah keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric mempunyai tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

Fungsi atau Manfaat Pengolah Angka (Spreadsheet) 

Tahukah anda kegunaan Pengolah Angka (Spreadsheet)?. Pada dasarnya kegunaan atau fungsi dari Spreadsheet yakni untuk megampangkan dalam mengelolah setiap angka. Hal itu tidaklah salah, namun apa hal itu fungsi dari Spreadsheet?. Adapun fungsi dari pengolah angka (spreadsheet) antara lain: 
  • Pembuatan lembar kerja
  • Memmenolong pekerjaan di bidang ilmiah
  • Memmenolong pekerjaan di bidang perencanaan
  • Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik
  • Pembuatan tabel data
  • Pengolahan data dengan melibatkan penerapan rumus, grafik, database, dan lain-lain
  • Memmenolong di bidang bisnis
  • Memmenolong pekerjaan di bidang pembuatan statistic
Demikianlah informasi terkena Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & misal Spreadsheet. Semoga informasi ini sanggup bermanfaa bagi lingkungan sekitar dan membuka cakrawala berpikir kita.

 Pembahasan ini atau kata ini cukup gres terdengar di indera pendengaran penulis Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & misal Spreadsheet
Ilustrasi: Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & misal Spreadsheet

Selain itu, sanggup memmenolong tugas-tugas anda. Ingat, tidakboleh lupa untuk mencantumkan sumber dari informasi ini demi menghargai karya penulis dan menambah motivasi penulis semoga tetap berkarya bersama artikelsiana.com. Salam Siana. Terima Kasih Teman-Teman.