Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Entrepreneur - Pengertian Entrepreneur secara etimologi berasal dari bahasa Prancis, entreprendre, yang sudah dikenal mulai dari masa ke-17. Arti entreprendre adalah berusaha.

Sedangkan pengertian Entrepreneur secara terminologi atau terkadang disebut sebagai pengertian entrepreneurship secara istilah ialah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan sikap seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan banyak sekali risiko yang dihadapinya. 

Segalah hal yang berkaitan dengan sikap, tindakan dan proses yang dilakukan oleh para entrepreneur atau dikenal dengan sebutan entrepreneurship. Kaprikornus intinya istilah entrepreneurship ialah istilah untuk orang yang bergelut didunia perjuangan atau entrepreneurship. Entrepreneurship juga disebut dalam merintis, menjalankan dan berbagi perjuangan mereka. 

Entrepreneurship ialah adonan dari suatu kretivitas, penemuan dan juga dalam keberanian setiap insan untuk menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara perjuangan baru. 

Sehingga apabila disimpilkan bahwa, definisi dari pengertian entrepreneurship ialah kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan siasat, kiat dan proses dalam mengadapi tantangan hidup. 

Ciri-Ciri Entrepreneur 
Terdapat beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur 
  1. Creation, membuat suatu peluang bisnis dari peluang yang ada. 
  2. Innovation, berbagi penemuan dalam lingkup bisnisnya yang mencakup produk baru, proses, market, material dan organisasi. 
  3. Risk Undertake, setiap entrepreneur mendapatkan dan juga mengambil resiko bahwa bisnis yang dijalankannya akan mengalamik erugian atau kegagalan. 
  4. General Management, pemilik bisnis harus sanggup mengelola dan mengalokasikan seluruh sumber dayanya yang terbatas dan yang terakhir adalam performance intention, membuat pertumbuhan yang tinggi dan menghasilkan keuntungan (Yulianto, 2009).

Pengertian Entrepreneur

Berikut pengertian entrepreneur berdasarkan para ahli
1. Pengertian Entrepreneur dalam Bisnis
Dalam bisnis, pengertian entrepreneur ialah memulai sebuah bisnis. 

2. Pengertian Entrepreneur dalam Kamus Merriam-Webster
Dalam engkaus Merriam-Webster menggambarkan bahwa definisi dari pengertian entrepreneur ialah sebagai seseorang yang mengorganisir dan menanggung sebuah risiko, sebuah bisnis atau usaha. 

3. Pengertian Entrepreneurship (kewirausahaan) Menurut Thomas W. Zimmerer (2008)
Menurut Thomas W. Zimmerer (2008) bahwa pengertian Entrepreneurship ialah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi setiap hari. 

4. Pengertian Entrepreneurship Menurut Andre J. Dubrin (2008) 
Menurut Andre J. Dubrin bahwa pengertian entrepreneurship berarti seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah perjuangan yang inovatif.

5Pengertian Entrepreneur Menurut Hendro dan Chandra W.W 
Menurut Hendro dan Chandra W.W (2006) dalam bukunya Be a Smart and Good Entrepreneur membuktikan bahwa pengertian entrepreneur ialah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan supaya lebih optimal sehingga sanggup meningkatkan taraf hidup anda di masa menhadir. 

6. Pengertian Entrepreneur Menurut Hisrich (2004, p9)
Menurut Hisrich bahwa pengertian entrepreneurship ialah proses membuat sesuatu yang gres dengan nilai dari konsumsi waktu dan daya yang diharapkan untuk memperkirakan keuangan, fisik, dan resiko sosial, dan mendapatkan penghargaan hasil dari moneter dan kepuasaan personal dan kebebasan.

7. Pengertian Entrepreneur Menurut Drucker dalam Alma (2008, p2) 
Menurut Drucker bahwa pengertian Entrepreneur ialah seseorang yang bisa memanfaatkan peluang. 

8. Pengertian Entrepreneur Menurut Schumpeter
Menurut Schumpeter dalam Alma (2008. p.24) bahwa pengertian entrepreneur ialah orang yang melihat adanya peluang lalu membuat sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. 

9.Pengertian Entrepreneur Menurut Sarosa (2005, p.2) 
Menurut Sarosa bahwa pengertian Entrepreneur ialah seseorang yang mempunyai visi, semangat dan melaksanakan suatu tindakan-tindakan yang sanggup dibuktikan atau secara faktual dalam dunia perjuangan untuk membuat dan berbagi sendiri sumber-sumber pendapatan atau incomenya tanpa harus bergantung semata-mata kepada orang lain. 

Pengertian Entrepreneurship Menurut Suryana 
Menurut suryana bahwa pengertian Entrepreneurship diartikan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inoasi untuk memecahkan dan menari peluang dari problem yang dihadpai oleh setiap orang dalma kehidupan sehari-hari. 

Sejarah Entrepreneurship 

Entrepreneurship secara historis sudah dikenal semenjak diperkenalkan oleh Richard Castillon di tahun 1755. Istilah entrepreneurship sendiri untuk di luar negeri sudah dikenal semenjak masa ke-17. Istilah entrepreneurship atau nama-nama istilah entrepreneurship di negara luar disebut dengan bermacam-macam nama, contohnya di Belanda dikenal dengan ondernemer, dalam bahasa Prancis dikenal dengan istilah entreprende, dalam bahasa Jerman dikenal dengan nama entrepreneur disebut dengan unternehmer. Sedangkan arti turunan dari unternehmen ialah yang diartikan sebagai menjalankan, melaksanakan dan berusaha. 

Entrepreneurship sekarang mulai berkembang dan menemukan babak barunya. Pada tahun 1950-an, sudah dirintis pendidikan entrepreneurship . Pendidikan entrepreneurship sebagai contoh-contoh ataupun sebagai pengembangan dalam dunia entrepreneur sangat memmenolong perkembangannya ketika ini dan juga pertumbuhan setiap negara. Sejak tahun 1970-an banyak dari universitas yang mengajarkan entrepreneurship atau administrasi perjuangan kecil. Pada tahun 1980-an, kurang leih 500 sekolah di Amerika Serika mempersembahkan pendidikan entrepreneurship. 

Sejarah Entrepreneuship di Indonesia
Sedangkan untuk di Indonesia, sejarah entrepreneurship dipelajari spesialuntuk sebatas pada beberapa saekolah atau perguruan tinggi tinggi tertentu, pada ketika itu. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan contohnya adanya krisis ekonomi, pemahaman entrepreneurship semakin membaik seiring kebijakan pemerintah dalam menjalankan pemerataan pendidikan formal.

Selain itu sejarah entrepreneurship di Indonesia semakin berkembang dan maju dengan hadirnya petes-petes yang mempersembahkan contoh-contoh entrepreneurship bagi setiap masyarakat supaya mengetahui dan menjalankan cara-cara atau prosedur entrepreneurship. 

Sifat-Sifat Entrepreneur 

Menurut Alma (2008,53), bahwa terdapat sifat-sifat yang perlu dimiliki oleh seorang entrepreneur supaya berhasil. Sifat-sifat tersebut ialah sebagai diberikut....

1. Percaya diri 
Sifat utama dari percaya diri dimulai dari langsung yang mantap, tidak simpel terombang-ambing oleh pendapat dan masukan orang lain, melainkan memakai sebagian masukan tersebut sebagai masukan.

2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil 
Sifat seorang entrepreneur tidak mengutamakan Prestige lampau melainkan juga pada focus kepada prestasi yang ingin di capai.

3. Pengambilan Resiko 
Ciri pengambilan resiko besar lengan berkuasa penting dalam dunia wirausaha yang penuh dengan resiko dan tantangan. Hal demikian harus diperhatikan ialah bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil sebuah resiko dengan penuh pertimbangan.
4. Kepemimpinan 
Dalam diri seorang entrepreneur mutlah mempunyai jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengar suatu masukan dan Koreksi dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

5. Keorisinilan 
Yang dimaksud dengan orosinil disini ialah seorang entrepreneur yang tidak spesialuntuk menjadi pengujung bagi orang lain, akan tetapi mempunyai pendapat sendiri, wangsit yang asli dan bisa merealisasikan wangsit tersebut.

6. Berorientasi kepada Masa Depan 
Seorang entrepreneur berpikir kedepan atau mempunyai visi kedepan. Sebab dalam menjalankan suatu perjuangan bukan spesialuntuk didirikan untuk sementara, akan tetapi selamanya. Untuk menyiapkan visi yang jauh kedepan tersebut, entrepreneur perlu menyusun perencanaan dan juga seni administrasi yang matang.

7. Kreativitas dan Inovasi 
Kreativitas ialah kemampuan berbagi suatu wangsit yang baru, dan menemukan suatu cara yang gres dalam melihat suatu peluang ataupun berupa problem yang akan dihadapinya. Inovasi demikian ialah kemampuan untuk memakai solusi kreatif dalam mengisi peluang sampai bisa membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Demikianlah warta terkena entrepreneur. Semoga warta ini sanggup bermanfaa bagi kawan-kawan terlebih lagi menambah cakrawala pengetahuan kita. Bangsa yang besar dengan kondisi zaman ketika ini, diharapkan seorang entrepreneur atau entrepeneurship yang handal dan bisa mengkolaborasikan dirinya dengan kondisi zaman yang serba digital.

 secara etimologi berasal dari bahasa Prancis Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli
Ilustrasi: Pengertian Entrepreneur, Ciri-Ciri & Entrepreneur Menurut Para Ahli

Apalagi mengingat lingkungan kita di Indonesia masih banyak masyarakat yang membutuhkan menolongan bagi orang-orang yang mempunyai kemampuan dan keberanian menerjang dunia entrepreneur. Selama berwirausaha. Jayalah Indonesia. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.