Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Representatif, Proses, Teladan & Representasi Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Representatif: Apa itu? - Pengertian Repsentatif yaitu istilah yang berkaitan yang mewakili atau perwakilan. Sedangkan pada istilah kantor representatif atau dari pengertian representative office yaitu suatu kantor perwakilan atau kantor cabang yang mewakili kantor pusat. 

Sedangkan pengertian representatif dalam seni budaya yaitu suatu gaya seni yang menggambarkan atau mendeksripsikan suatu keadaan nyata terjadi dalam kehidupan masyarakat kini ini. 

Kata representatif yang berawal dari kata representasi itu sanggup diartikan sebagai suatu konsep yang mempunyai beberapa pengertian. Representasi ialah suatu wujud kata, gambar, sekuen, kisah dan juga sebagainya yang mewakili ide, emosi, fakta dan sebagainya. Representasi tersebut mempunyai ketergantungan 

Representasi bergantung pada tanda dan juga gambaran yang terdapat ada dan dipahami secara cultural, dalam pelajaran bahasa, pesan dan penandaan yang majemuk ataupun juga secara sistem tekstual yang sifatnya timbal balik. Istilah representasi (perwakilan) kelompok-kelompok dan juga institusi sosial. 

Penggambaran atau deksripsi tersebut tidak spesialuntuk pada penggambaran fisik dan deksripsi, melainkan juga ihwal pada makna atau nilai yang terdapat dibalik penampilan fisik. 

Representasi juga terkena suatu produk simbolik, suatu pembuatan gejala dalam aba-aba yang terdapat untuk membuat suatu makna-makna. Olehnya itu, representasi juga sesuai dengan penghadiran kembali, bukan gagasan yang orisinil tapi sebuah repsentasi atau suat uversi yang ibangun darinya. 

Selain itu, pengertian representasi yaitu ialah suatu keguaan dari tanda. Representasi bekerja pada hubungan suatu tanda dan makna. Konsep representasi sendiri sanggup berubah-ubah, selalu terdapat pemaknaan baru. Representasi berubah-ubah akhir adanya makna yang juga berubah-ubah setiap waktu terjadinya proses perundingan dalam pemaknaan. 

Makara representasi bukanlah suatu kegiatan ataupun juga proses statis melaikna juga ialah proses dinamis yang terus berkembang seiring dengan adanya kemampuan intelektual dan jugak ebutuhan para pengguna tanda yakni insan sendiri yang terus mengalami acara gerak dan juga dinamis atau berubah. Representasi ialah suatu proses perjuangan konstruksi. Karena adanya suatu pandangan terbarukan yang bisa menghasilkan pemakmnaan baru. 

Pengertian Representasi Menurut Para Ahli 

1.Pengertian Representasi Menurut Marcel Dguasi 
Menurut Marcel Dguasi bahwa pengertian representasi bahwa definisi representasi yaitu sebagai proses merekam ide, pengetahuan atau pesan dalam beberapa cara fisik yang disebut dengan representasi. 

2. Pengetian Representasi Menurut Cris Barker 
Menurut Cris Barker bahwa pengertian representasi yaitu kajian utama cultural studies, cultural studies yang mempusatkan pada diri kepada bagaimana suatu proses pemaknaan representasi itu sendiri. Maksud dari representasi yaitu cultural studies, bahwa pengertian representasi tersebut yaitu makna yang mempunyai sifat material yang mereka tertanam dalam bunyi-bunyi, tulisan, benda-benda, program-program telebisi. 

3. Pengertian Representasi Menurut Stuart Hall
Menurut Stuart Hall bahwa pengertian representasi berarti yaitu salah satu praktek saling memproduksi kebudayaan. Menurut Stuart Hall ihwal kebudayaan yaitu representasi dikarekan, pengertian representasi yaitu suatu konsep yang sangat luas. Bahasa medium yang menjadi suatu mediator dalam pemaknaan sesuatu lewat bahasa dalam hal ini simbol-simbol dan tanda tertulis, verbal atau gambar) yang mengungkapkan suatu pikiran, konsep dan ide-ide ihwal sesuatu. Makna sesuatu hal yang tiadk lepas dari cara individu yang mempresentasikan. 

4. Pengertian Representasi Menurut Eriyanto 
Menurut Eriyanto bahwa pengertian representasi yaitu merujuk pada seseorang, satu kelompok, gagasan atau pendapat tertentu dalam pemdiberitaan. 

5. Pengertian Representasi berdasarkan David Croteau dan William Hoyens
Menurut David Croteau dan William Hoynes bahwa pengertian representasi  yaitu hasil dari suatu proses penyeleksian yang menggaris bawahi suatu hal-hal tertentu dan hal lain yang diabaikan. Dalam representasi media, tanda yang dipakai untuk melaksanakan representasi ihwal suatu hal. 

6.Pengertian Representasi Menurut Goldin 
Menurut Goldin (2002) bahwa pengertian representasi yaitu sebuah konfigurasi (bentuk atau susunan) yang bisa menggambarkan, mewakili, atau melambangkan sesuatu dalam suatu cara. Representasi ialah yang bisa mewakili, menggambarkan atau menyimbolkan berupa obyek dan juga suatu proses.

7.Pengertian Representasi Menurut Jones & Knuth
Menurut Jones & Knuth (1991) bahwa pengertian representasi yaitu model atau bentuk pengganti dari suatu situasi persoalan atau aspek dari adanya situasi persoalan yang dipakai yang bergungsi dalam menemukan solusi yang ialah sebagai contoh, yang menjadi suatu persoalan sanggup direpresentasikan yang berupa obyek, gambar, simbole matematisa, dan kata-kata.

8.Pengertian Representasi Parmentier 
Menurut Parmentier (dalam Ludlow, 2001:39) bahwa pengertian representasi didefinisikan sebagai acara atau hubungan dimana dalam satu hal mewakili hal lain yang hingga pada suatu levvel tertentu, untuk tujuan tertentu dan yang kedua oleh subjek atau interpretasi pikiran. Representasi menggantikan atau terkena suatu penggantian suatu objyek, penginterpretasian pikiran ihwal suatu pengetahuan yang didapatkan dari suatu objyek yang sanggup diperoleh dari pengalaman ihwal adanya representasi.

9.Pengertian Representasi Menruut Steffe 
Menurut Steffe dkk (2002, 47) bahwa definisi representasi yaitu proses pengembangan mental yang sudah dipunyai oleh seseorang yang sudah dibuktikan dan divisualisasikan dalam suatu model yang dimatematisa contohnya berupa verbal, gambar, benda konkret, tabel, model-model manipulatif atau kombinasi dari keseluruhan. 

Proses-Proses Terjadinya Representasi

Adapun proses dari terjadinya representasi yaitu sebagai diberikut.. 
  1. Realitas. Pengertian realitas secara bahasa tulis sanggup berarti dokumen wawancara transkrip dan sebagainya. Sedangkan dalam televisi mislanya perilaku, make up, gerak-gerik, pakaian dan juga ucapan. 
  2. Representasi. Representasi ialah sebagai elemen tadi yang ditandakan secara teknis. Dalam hal ini secara bahasa goresan pena contoh-contohnya yaitu berupa kata, proposisi, grafik, kalimat, foto dan caption. Dalam TV contohnya kamera, musik, tata cahaya, dan lain-lannya. Elemen tersebut berupa transmisikan ke dalam aba-aba representasional yang dimasukkan diantaranya bagaimana objek. Digambarkan berupa karakter, narasi, obrolan dan setting serta lain-lainnya. 
  3. Ideologi. Semua elemen yang diorganisasikan dalam koheransi dan aba-aba ideologi, contohnya individualisme, sosialisme, kelas, materialisme, liberalisme, patriarki, ras dan sebagianya. 

Demikianlah informasi ini pengertian representatif, proses dan representasi berdasarkan para ahli. Semoga informasi ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dan menambah cakrawala pengetahuan kita semoga bisa membumikan arti bahwasanya representatif atau representasi itu. Sekian dan Terima Kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.