Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, & Atletik Berdasarkan Para Ahli

Atletik ialah salah satu dari cabang Olahraga yang tidak sedikit jumlah peminat dan penggembarnya. Atletik sangat kompleks diaman mempunyai ketentuan-ketentuan dan juga peraturan yang ketat dan merinci. 

Atletik juga ialah cabang olaharaga yang mengangkat tinggi sportifitas yang mana hal itu disebabkan atletik tidak dibenarkan untuk membahayakan diri sendiri maupun juga kepada lawan. 

Tidak spesialuntuk itu, Atletik juga ialah olahraga yang santai tapi benar dalam artian dengan melaksanakan tes terus menerus namun tetap santai tapi juga fokus dalam tes. 

Pengertian Atletik

Secara etimologi, pengertian atletik berasal dari kata Yunani yaitu Atlon, Atlun yang mempunyai pengartian "pertandingan" atau "perjuangan". Sedangkan berdasarkan Ensiklopedi Indonesia bahwa pengertian atletik sesuai apa yang dijelaskan diatas berarti "Pertandingan dan Olahraga pada atletik. Sedangkan pengertian atletik secara terminologi yaitu suatu bentuk kegiatan insan sehari-hari yang diperlombakan dalam bentuk jalan, lari, lempar, dan lombat.

Istilah atletik dalam bahasa Inggris disebut Athletic, dalam bahasa Perancis Ateletique, dalam bahasa Belanda Atletiek, dalam bahasa Jerman Athletik.Berbagai istilah atletik diberbagai negara mempunyai beberapa perbedaan, 

Olehnya itu untuk memahami pengertian atletik tidak lengkap jikalau spesialuntuk mengetahui sepintas saja, melainkan harus mengetahui sejarah atau riwayat istilah atletik serta perkembangan sebagai salah satu cabang olahraga mulai dari zaman purbakala hingga hingga ketika ini. 

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli 

Pentingnya dan perkembangan atletik juga ialah para andal hingga ketika ini. Menyampaikan gagasan, teori dan pendapatnya sebagai pemdiberian arah semoga atletik tidak jauh dan tidak melenceng dari sejarah dan perkembangannya saat. Para andal begitu berperan penting dalam perkembangan atletik hingga ketika ini, sampai-sampai banyak sekali teori ataupun gagasan masih tetap saja dipakai sebagai materi pembelajaran disetiap kelas. 

Olehnya itu, dalam memahami atletik atau pengertian atletik, tidak ada salahnya dan sangatlah masuk akal jikalau kita tiruana untuk mengacu kepada pendapat para andal dalam pengertian atletik tersebut. Adapun pengertian atletik berdasarkan para andal yaitu sebagai diberikut.

1. Pengertian Atletik Menurut Eddy Purnomo 
Menurut Eddy Purnomo (2011:1) bahwa pengertian atletik yaitu acara atau kegiatan jasmani yang terdiri atas gerakan-gerakan dasar yang serasi dan juga dinamis, yakni jalan, lari, lempar serta lompat. Jika dilihat dari arti ataupun istilah "Atletik itu berasal dari bahasa Yunani yakni Athlon atau Athlum yang sanggup diartikan sebagai Lomba atau Perlombaan/Pertandingan. 

2. Pengertian Atletik Menurut Mochammad Djumidar A. Widya 
Menurut Mochammad Djumidar A. Widya, (2004) bahwa pengertian atletik adlaah salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan, juga ialah komponen-komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan acara jasmani serta adanya training hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan juga seimbang. 

3. Pengertian Atletik Menurut Sukirno 
Menurut Sukirno, (2010:22) bahwa pengertian atletik yaitu olahraga yang paling renta dan merpakan induk dari tiruana cabang olahraga, oleh alasannya yaitu itu atletik sering disebut sebagai the mother of sport'. 

4. Pengertian Atletik Menurut Eri Periatma 
Menurut Eri Periatma (2008:8) bahwa pengertian atletik yaitu sebagian besar kegiatan yang dilakukan di lintasan dan lapangan, orang inggris menyebut atletik dengan sebutan track and field sport. dimana Track berarti lintasan dan field berarti lapangan'.

5. Pengertian Atletik Menurut Muhajir
Menurut Muhajir (2007:35) bahwa pengertian atletik yaitu olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia. Berlari, meloncat dan melempar yaitu penggalan yang tak terpisahkan dari sejarah panjang kehidupan Indonesia. 

6. Pengertian Atletik Menurut Woeryano 
Menurut Woeryanto, (1976:9) bahwa pengertian atletik yaitu dasar untuk cabang olahraga menyerupai Sepakbola, bulutangkis, basket, hockey dan sebagainya. Cabang-cabang olahraga ini memerplukan kecepatan, daya tahan dan kuekuatan, sedangkan dalam atletik unsur itu sudah dibina secara seksama. 

7. Pengertian Atletik Menurut Ballesteros
Menurut Ballesteros (1993:1) bahwa pengertian atletik yaitu acara jasmani yang kompetitif sanggup diadu, terdiri dari beberapa nomor lomba yang terpisah berdasarkan kemampuan gerak dasar insan contohnya berjalan, berlari, melompat dan melempar. 

Berdasarkan dari pendapat banyak sekali para ahli, maka sanggup disimpulkan bahwa pengertian atletik berdasarkan para andal yang sanggup diuraikan bahwa pengertian atletik yaitu suatu bentuk kegiatan insan sehari-hari yang diperlombakan dalam bentuk jalan, lari, lempar, dan lombat.

Maka dari itulah, atletik ialah dasar bagi setiap training dalam olahraga sehingga atletik terpenting untuk diajarkan dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi dibidang Olahraga. 

Sejarah Atletik

Sejauh perkembangan zaman, atletik sudah berubah dari yang tidak spesialuntuk sebagai hobi melainkan sudah menjadi arang dalam membangkitkan semangat untuk negara dan atletik juga kini sudah menjadi profesi. 

Sejarah olahraga atletik pada awalnya dimulai dipopulerkan oleh bangsa Yunani sekitar kala ke-6 SM. Terdapat banyak orang yang berjasa dalam mempopulerkan atletik, beberapa diantaranya yaitu Iccus dan Herodicus. 

Dalam sejarah perkembangan atletik hingga kini ini sudah jauh berubah. Akan tetapi, atletik intinya dari dulu hingga kini tetap saja yakni Berjalan, lari, lombat dan lembar. Olehnya itu atletik bahkan disebutkan sebagai ibu dari segala Cabang Olahraga. 

Nomor-Nomor Atletik

Nomor-nomor atletik yang selalu diperlombakan adalah 
1. Nomor Jalan dan Lari
2. Nomor lompat
3. Nomor Lempar. 

Adapun dari banyaknya jumlah kegiatan perlombaan tersebut bergantung dari sifat dan tingkat perlombaan, contohnya perlombaan yang berada di tingkat kawasan ataupun nasional. Hal ini sebagaimana berdasarkan Aip Syarifuddin dan Muhadi (1992:73) bahwa nomor lompat terdiri dari 
1. Lompat tinggi 
2. Lompat jauh
3. Lombat jangkit
4. Lombat tinggi galah

Menurut Giri Wiarto (2013:6) dalam cabang olahraga atletik, cabang-cabang yang diperlombakan adalah: 
1. Nomor Jalan Cepat
  • Wanita 3 Km, 5 Km, 10 Km, 20 Km
  • Putra 10 Km, 20 Km, 30 Km, 50 Km 
2. Nomor Lari 
  • Wanita 110 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m, 3000 m, 5000 m, 10000 m, 100 m gawang, marathon, 4x400m estafet, dan 4x100 m estafet. 
  • Putra 110 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m, 3000 m, 5000 m, 10000 m, 110 m gawang, marathon, 4x400m estafet, dan 4x100 m estafet. 
3. Nomor Lempar 
  • Wanita lempar lembing, cakram, tolak peluru dan lontar martil 
  • Putra lempar lembing, cakram, tolak peluru dan lontar martil 
4. Nomor Lombat 
  • Wanita lombat jauh dan lombat tinggi 
  • Putra lompat jauh, lombat tinggi, lombat jangkit dan lombat tinggi galah. 
5. Nomor panca lomba 
  • Wanita lari 100 m gawang, tolak peluru, lompat tinggi hari ke-1, lombat jauh dari 800 m hari ke-2. 
6. Nomor Sapta Lompa 
  • Wanita lari 100 m gawang, lompat jauh, lempar lembing, lari 200 m hari ke-1 dan lombat tinggi, tolak peluru, lari 800 m hari ke-2. 
7.Nomor Dasar Lomba
  • Putra lari 100 m, lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, dan lari 400 m hari ke-1 dan lari 110 m gawang, lempat cakram, lompat tinggi galah, lempar lembing, dan lari 1500 m hari ke-2. 
Demikianlah warta terkena Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, & Menurut Para Ahli. Semoga warta ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

 Atletik ialah salah satu dari cabang Olahraga yang tidak sedikit jumlah peminat dan p Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, & Atletik Menurut Para Ahli
Ilustrasi: Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, & Atletik Menurut Para Ahli