Pengertian Media Sosial, Fungsi, Karakteristik, Jenis & Pengaruh Media Sosial
Secara umum, pengertian media umum yakni media online yang mendukung adanya interaksi sosial. Sosial media atau media umum memakai teknologi berbasis web yang mengubah suatu komunikasi ke dalam obrolan interaktif. Beberapa contoh-contoh situs media umum yang sangat terkenal ketika ini yakni Facebook, Twitter, Blog dan Wikipedia.
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli
Menjamurnya pengguna media umum hingga hingga ketika ini, juga tidak lepas dari tugas serta para mahir dalam mempersembahkan gagasan, pandangan ataupun teorinya terkait media sosial. Beberapa gagasan ataupun teori dalam media sosial, secara sederhana sanggup berupa sebuah definisi media umum atau pengertian media sosial.
Definisi media sosial, tidak serta merta berupa gagasan yang tidak berdasar yang dikeluarkan oleh para mahir tersebut. Demikian adanya, media umum mempunyai fungsi, peran, dan dampak bagi kehidupan masyarakat yang harus didesain sedemikian rupa supaya media umum tetap pada fungsi, dan tujuan media umum itu sendiri, dan mempunyai manfaat dalam kehidupan setiap individu.
Olehnya itu, sumbangsih pedoman para ahli, diantaranya terkena pengertian media sosial, patut untuk di apresiasi dan sebagai pengguna patut berbangga dan bersyukur, tugas serta dari para mahir dalam mempersembahkan arah teknologi mutakhir ini, media sosial. Adapun definisi atau pengertian media umum berdasarkan para mahir yakni sebagai diberikut..
1. Pengertian Media Sosial Menurut Antony Mayfield (2008)
Menurut Antony Mayfield (2008) yang mempersembahkan gagasannya berupa definisi media umum dimana menurutnya pengertian media umum yakni media yang penggunanya mudah berpartisipasi, aneka macam dan membuat peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).
2. Pengertian Media Sosial Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien mendefinisikan bahwa pengertian media umum yakni sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.
3. Pengertian Media Sosial Menurut Lisa Buyer
Menurut Lisa Buyer, bahwa definisi media umum yakni bentuk korelasi masyarakat yang paling transparan, menarikdanunik dan interaktif ketika ini.
4. Pengertian Media Sosial Menurut Sam Decker
Menurut Sam Decker yang turut serta mempersembahkan kiprahnya dalam bentuk gagasan berupa definisi media umum yang menurutnya bahwa pengertian media umum yakni konten digital dan interaksi yang dibentuk oleh dan antar satu sama lain.
5. Pengertian Media Sosial Menurut Marjorie Clayman
Menurut Marjorie Clayman bahwa definisi atau pengertian media umum yakni alat pemamasukan gres yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
6. Pengertian Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568)
Menurut Philip dan Kevin Keller bahwa pengertian media umum yakni masukana bagi konsumen untuk aneka macam gosip teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.
7. Pengertian Media Sosial Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007: 3)
Menurut Henderi, dkk, bahwa pengertian media umum yakni situs jaenteng sosial contohnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibentuk oleh orang lain dengan suatu sistem.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien mendefinisikan bahwa pengertian media umum yakni sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.
3. Pengertian Media Sosial Menurut Lisa Buyer
Menurut Lisa Buyer, bahwa definisi media umum yakni bentuk korelasi masyarakat yang paling transparan, menarikdanunik dan interaktif ketika ini.
4. Pengertian Media Sosial Menurut Sam Decker
Menurut Sam Decker yang turut serta mempersembahkan kiprahnya dalam bentuk gagasan berupa definisi media umum yang menurutnya bahwa pengertian media umum yakni konten digital dan interaksi yang dibentuk oleh dan antar satu sama lain.
5. Pengertian Media Sosial Menurut Marjorie Clayman
Menurut Marjorie Clayman bahwa definisi atau pengertian media umum yakni alat pemamasukan gres yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.
6. Pengertian Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568)
Menurut Philip dan Kevin Keller bahwa pengertian media umum yakni masukana bagi konsumen untuk aneka macam gosip teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.
7. Pengertian Media Sosial Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007: 3)
Menurut Henderi, dkk, bahwa pengertian media umum yakni situs jaenteng sosial contohnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibentuk oleh orang lain dengan suatu sistem.
Fungsi Media Sosial
Media sosial dalam kiprahnya ketika ini, sudah membangun sebuah kekuatan besar dalam membentuk pola sikap dan aneka macam bidang dalam kehidupan manusia. Hal ini yang membuat fungsi media umum sangat besar. Adapun fungsi media umum diantaranya sebagai diberikut:
- Media sosial yakni media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial insan dengan memakai internet dan teknologi web.
- Media sosial berhasil mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many).
- Media sosial mendukung demokratisasi pengetahuan dan juga informasi. Mentranformasi insan dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri.
Selain itu, terdapat pendapat lain berdasarkan Puntoadi (2011:5) pengguna media umum berfungsi sebagai diberikut..
- Keunggulan membangun personal branding melalui sosial media yakni tidak mengenal trik atau popularitas tiruan, sebab aduensilah yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi dan bahkan mendiberikan sebuah popularitas di media sosial.
- Media sosial mempersembahkan sebuah peluang yang berfungsi interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial memperlihatkan content komunikasi yang lebhi individual. Melalui media umum pula aneka macam para pemasar sanggup mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka dan melaksanakan suatu interaksi secara personal serta sanggup membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam.
Karakteristik Media Sosial
Media sosial mempunyai ciri-ciri yang tidak lepas dari aneka macam ciri-ciri dari media umum yang banyak dipakai hingga ketika ini. Berikut beberapa karakteristik yang terdapat pada media sosial. ..
- Partisipasi. Mendorong donasi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga sanggup mengaburkan batas antara media dan audience.
- Keterbukaan. Kebanyakan dari media umum yang terbuka bagi umpan balik dan juga partisipasi melalui masukana-masukana voting, berbagai, dan juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan juga memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap guah).
- Perbincangan. Selain itu, kemungkinkan dengan terjadinya perbincangan ataupun pengguna secara dua arah.
- Keterhubungan. Mayoritas dari media umum tumbuh dengan rindang karena terjadi suatu kemampuan yang sanggup melayani keterhubungan antar pengguna, melalui suatu akomodasi tautan (links) ke website, sumber gosip dan bagi pengguna-pengguna lainnya.
Jenis-Jenis Media Sosial
Menurut Kotler dan Keller bahwa terdapat tiga macam platform yang utama untuk media sosial..
- Online Communities And Forums. Komunitas online dan lembaga tersebut hadir dalam segala bentuk dan ukuran dimana banyak dibentuk oleh pelanggan ataupun kelompok yang pelanggan tanpa adanya bunga komersial ataupun dengan afiliasi perusahaan. Sebagian hal ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan dengan satu sama lain yang melalui posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi terkena minat khusus yang sanggup berafiliasi dengan produk perusahaan dan merek.
- Blogs. Terdapat tiga juta pengguna blog dan mereka yang sangat beragam, yang beberapa langsung untuk kawan-kawan dekat dan keluarga, lainnya dirancang untuk menjangkau dan juga menghipnotis khalayak luas.
- Social Networks. Jaenteng sosial sudah menjadi kekuatan yang penting baik dalam bisnis konsumen dan juga pemamasukan bisnis ke bisnis. Salah satunya dari facebook, messanger, twitter dan juga Blackberry dll. Jaenteng yang tidak sama tersebut memperlihatkan manfaat yang tidak sama pula untuk perusahaan.
Selain itu, berdasarkan Puntoadi (2011: 34) bahwa terdapat beberapa macam-macam media umum yakni sebagai diberikut..
- Bookmarking. Berbagai alamat website yang berdasarkan pengguna bookmark sharing menarikdanunik minat mereka. Bookmarking mempersembahkan sebuah peluang untuk menshare link dan tag yang diminati. Hal demikian bertujuan supaya setiap orang sanggup menikmati yang kita sukai.
- Content Sharing. Melalui situs-situs content sharing tersebut orang-orang membuat aneka macam media dan juga publikasi untuk membuatkan kepada orang lain. YouTube dan Flikr ialah situs content sharing yang biasa dikunjungi oleh khalayak.
- Wiki. Sebagai situs yang mempunyai macam-macam karakteristik yang tidak sama contohnya situs knowledge sharing, wikitravel yang memseriuskan sebuah diri gosip tempat, dan konsep komunitas lebih khusus.
- Flickr. Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan sebuah image sharing dengan kontributor yang mahir di setiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr menyebabkan "photo catalog" yang setiap produk sanggup dipasarkan.
- Social Network. Aktivitas yang memakai fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking tersebut yakni linkedin, facebook, dan MySpace.
- Creating Opinion. Media sosial tersebut mempersembahkan masukana yang sanggup membuatkan opini dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui hal tersebut, creating opinion, tiruana orang sanggup menulis, jurnalis dan sekaligus komentator.
melaluiataubersamaini penerapan satu set teori bidang riset media dan proses sosial, Kaplan dan Haenlein yang diterbitkan di tahun 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein, bahwa jenis-jenis media umum yakni sebagai diberikut...
- Konten. Pengguna situs demikian mengklik setiap konten saham-konten media, misalnya, gambar, video, ebook dll.
- Proyek Kolaborasi. Situs demikian mengguna sanggup mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website ini. contohnya wikipedia.
- Blog dan Microblog. Pengguna bebas dalam mengekspresikan sesuatu hal contohnya ventilasi atau mengKoreksi kebijakan pemerintah. contohnya twitter.
- Virtual Game World. Sebuah dunia maya, dalam lingkup 3D mengreplikasikan sebuah pengguna yang dalam bentuk yang diinginkan dan diberinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata.
- Virtual Social World. Virtual dunia yang pengguna merasa hidup dunia maya, contohnya dunia game virtual diberinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, dunia virtual sosial lebih luas dan lebih ke arah kehidupan contohnya second life.
Dampak Media Sosial
Berbagai fitur dalam media umum dan juga menjamurnya aneka macam macam-macam media umum ketika ini, tak pelak mempersembahkan dampak bagi seluruh kehidupan masyarakat, hingga setiap individu-individu. Demikian terjadi, diakibatkan siklus partisipasi masyarakat ataupun individu semakin berakselerasi dengan pertumbuhan pengguna yang semakin tinggi.
Namun, bukanlah hal yang lumrah untuk ketika ini. Media sosial mempersembahkan imbas atau dampak yang mempunyai perubahan besar dalam seluruh bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya yang menyeluruh.
Hal ini, media umum mempersembahkan kelebihan, laba atau dampak positif hadirnya media umum bagi masyarakat. Akan tetapi, media umum dalam sejarahnya, juga mempersembahkan kerugian, kelemahan atau dampak negatif yang tidak sedikit hingga menyentuh kasus kriminal yang diperantarai dari hadirnya media sosial. Adapun dampak positif media umum dan juga dampak negatif media umum sebagai diberikut..
Dampak Positif
Berikut dampak positif media sosial..
Namun, bukanlah hal yang lumrah untuk ketika ini. Media sosial mempersembahkan imbas atau dampak yang mempunyai perubahan besar dalam seluruh bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya yang menyeluruh.
Hal ini, media umum mempersembahkan kelebihan, laba atau dampak positif hadirnya media umum bagi masyarakat. Akan tetapi, media umum dalam sejarahnya, juga mempersembahkan kerugian, kelemahan atau dampak negatif yang tidak sedikit hingga menyentuh kasus kriminal yang diperantarai dari hadirnya media sosial. Adapun dampak positif media umum dan juga dampak negatif media umum sebagai diberikut..
Dampak Positif
Berikut dampak positif media sosial..
- Mempererat silaturahim. Dalam hal silaturahim penerapan media umum sangat cocok diberinteraksi dengan orang berjauhan daerah tinggalnya.
- Menyediakan ruang untuk berpesan positf. Penggunaan sosial media tersebut sudah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.
- Mengakrabkan korelasi perkawanan. Media sosial akan mengakbrakan suaut perkawanan kala seseorang aib bertama di dunia nyata.
- Menyediakan gosip yang sempurna dan akurat. Informasi yang diperoleh dari media umum baik itu gosip perguruan tinggi tinggi, beasiswa dan juga lowongan kerja.
- Menambah wawasan dan pengetahuan. Akhir ini terdapat akun media umum yang membagi wawasan dan juga pengetahuan yang sanggup menarikdanunik wawasan juga pengetahuan praktis.
Dampak Negatif
Berikut dampak negatif media sosial..
- Penipuan. Bukan hal yang tabu lagi dimana media umum juga turut serta tak luput dari serangan penipu.
- Anak dan cukup umur menjadi malas berguru berkomunikasi di dunia nyata.
- Situs jejaring sosial ialah lahan rindang bagi predator dalam melaksanakan kejahatan
- Pornografi. Tidak salah, jikalau penyebaran terbaik yakni media sosial. Namun, hal ini juga mempersembahkan imbas yang tidak baik dan jauh dari moral dimana gosip terkena pornografi juga tersebar di media sosial.
- Remaja dan anak, gampangnya mengeluarkan bahasa apapun dalam media sosial
- Prostitusi. Media sosial juga daerah penyebaran gosip aneka macam tempat-tempat prostitusi.
- Sarana penyebaran ideologi paling efektif dan efisien.
Demikianlah gosip terkena media sosial. Semoga gosip ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dan sanggup menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi Media Sosial:
Kaplan, A dan Haenlein, M. 2010. Users of the World, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media" Business Horizons 53. Hlm: 59-68.