Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fungsi Novel: Apa Fungsi Novel?

Fungsi Novel - Pada dasarnya, fungsi novel untuk menghibur para pembaca. Novel ialah dongeng yang terkandung juga di dalamnya tujuanya untuk mempersembahkan hiburan kepada pembaca. Novel ialah ungkapan dan citra kehidupan insan di suatu zaman yang dihadapkan terhadap suatu permasalahan hidup. 

Permasalahan hidup insan yang begitu kompleks bisa melahirkan suatu konflik dan pertikaian. Melalui novel demikian, pengarang sanggup menceritakan wacana aspek kehidupan insan secara mendalam khususnya banyak sekali sikap manusia.

Novel memuat wacana kehidupan insan dalam menghadapi suatu permasalahan hidup. Novel berfungsi untuk mempelajari wacana kehidupan insan di zaman tertentu. Hal demikian yang membuat para pengarang untuk menuangkannya dalam karya sastra novel dengan suatu impian bisa mengambil keuntungannya bagi pembacanya. 

Para novelis mengajarkan lebih banyak terkena sifat-sifat insan daripada psikolog alasannya ialah novelis bisa mengungkapkan kehidupan batin dari tokoh-tokoh pada novel yang dituliskannya. Ada yang mengungkapkan bahwa novel sanggup dijadikan sebagai sumber bagi para psikolog atau menjadi kasus sejarah yang bisa mempersembahkan sebuah ilustrasi dan contoh.

Bahkan, juga dikatakan bahwa novelis bisa membuat dunia yang mempunyai kandungan nilai kebenaran dan pengetahuan sistematis yang sanggup dibuktikan. 

Manfaat dari membaca karya sastra atau novel mempersembahkan kegembiraan dan kepuasaan batin, mempersembahkan penghayatan yang begitu mendalam terhadap suatu apa yang kita ketahui, serta bisa menolong pembaca menjadi insan yang berbudaya.

Selain dari pada itu, dengan membaca novel bisa memdiberi kesadaran kepada pembaca terkena kebenaran-kebenaran hidup. Alhasil cipta sastra akan selalu berbicara terkena problem insan dengan segala permasalahan hidupnya, baik melalui hubungan insan dengna mnausia, insan dengan lingkungannya maupun dengan insan dengan penciptanya. 


Fungsi Novel

Hasil karya sastra novel mengandung keindahan yang bisa mengakibatkan rasa senang, nikmat, terharu, menarikdanunik perhatian dan sanggup menyegarkan perasaan pembaca, pengalaman jiwa yang terdapat dalam karya sastra dalam memperkaya kehidupan batin insan khususnya bagi pembaca. 

Fungsi karya sastra khususnya novel sebagai diberikut: 
  1. Fungsi pertama ialah sebagai alat penting bagi pemikir dalam menggerakkan pembaca dalam sebuah kenyataan dan menolongnya untuk mengambil suatu keputusan jikalau terdapat suatu masalah. 
  2. Sebagai pengimbang sains dan juga teknologi 
  3. Sebagai alat yang sanggup meneruskan tradisi suatu bangsa dalam arti yang positif, bagi masyarakat sezamannya dan masyarakat yang akan hadir, antara lain: kepercayaan, cara berpikir, kebiasaan, pengalaman sejarahnya, rasa keindahan, bahasa serta juga bentuk-bentuk kebudayaan. 
  4. Sebagai sesuatu yang dimana terdapat nilai-nilai kemanusiaan yang menerima kawasan yang sewajarnya, dipertahankan dan disebarluaskan, khususnya di tengah-tengah kehidupan modern yang ditandai dengan menggebu-gebunya kemajuan sains dan juga teknologi. 
Selain itu, Agustien S., Sri Mulyani dan juga Silistino beropini bahwa fungsi sastra khususnya novel ialah sebagai diberikut.. 
  1. Fungsi rekreatif, yang sanggup mempersembahkan hiburan dalam sangat senang bagi pembacanya. 
  2. Fungsi didaktif, yakni bisa mengarahkan atau mendidik pembacanya dengan adanya nilai-nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. 
  3. Fungsi estetis, yakni bisa mempersembahkan keindahan bagi pembacanya. 
  4. Fungsi moralitas, bisa mempersembahkan pengetahuan kepada pembacanya sehingga sanggup mengetahui watak yang baik dan juga buruk. 
  5. Fungsi religius, yang mempunyai kandungan pedoman agama yang diteladani bagi para pembaca sastra. 

Baca Juga: 



Demikianlah info terkena fungsi novel. Semoga info ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dan menambah pengetahuan kita. Alangkah lebih baiknya, masukan penulis kepada pembaca ialah kawan-kawan menunjukan sendiri bagaimana itu fungsi novel sendiri berdasarkan anda, berdasarkan anda para pembaca, bagi kawan-kawan sendiri. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi Fungsi Novel: 
Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawacana. hlm: 77-83