Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Daun Dan Khasiat Pandan Kedaluwarsa Bagi Kesehatan Anda

Tahukah anda dengan Daun Pandan?. semoga anda mengetahui daun ini. Daun yang biasa kita manfaatkan untuk membuat kuliner ketupat ini ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi badan anda, dan kita tiruana. Biasanya kita banyak melihat daun ini pada ketika hari raya ummat muslim atau idul fitri atau idul adha, bersama ayam dan kuliner lain-lainnya. 

Baca Juga:


Dari hal tersebut, tentu kawan-kawan atau kita tiruana sudah mengingat makanana ini dan daun pandan wangi ini. Semoga saja tidak membuat anda untuk merindukan ketupat pada ketika hari raya tersebut, atau membuat anda tidak sabaran menanti hari raya idul fitry atau idul adha. Jika anda tidak sabaran menantinya, maka kawan-kawan sama dengan admin. 

Baiklah, kita kembali ke pembahasan manfaat daun dan khasiat pandan wangi bagi kesehatan kita. Tahukah anda, dari mana asal daun pandan tersebut?. Tentu sebagian dari kita menyampaikan "tidak tahu, atau sudah dari sananya, atau maaf saya belum lahir".

Admin pun sama dengan kawan-kawan, gres mengetahui asal muasal daun pandan ini dan bagaimana sebetulnya daun pandan, serta manfaat daun pandan. Jelasnya untuk mengetahui siapa yang melahirkan daun pandan, dan apa manfaat dan khasiat daun pandan wangi sanggup anda simak dibawah ini kawan-kawan... 

Daun Pandan Wangi

Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb). Pandan wangi tumbuh di tempat tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun. Pandan kadang tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap, tumbuh rindang dari tempat pantai hingga tempat dengan ketinggian 500 m dpl. Perdu tahunan, tinggi 1-2 m.

Batang lingkaran dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, akar tunjang keluar di sekitar awal batang dan cabang. Daun tunggal, duduk, dengan awal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40-80 cm, lebar 3-5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah cuilan ujung-ujungnya, dan warnanya hijau.

Baca Juga: 

Kandungan Daun Pandan Wangi

Daun pandan rupanya juga tak spesialuntuk dijadikan sebagai materi pewarna alami untuk materi kuliner ataupun materi kain namun juga sanggup diolah sebagai salah satu hidangan minuman yang cukup menyegarkan dan menyehatkan. Bagi para ibu rumah tangga terperinci sangat bersahabat dengan daun yang satu ini lantaran aroma dari daun pandan ini sangat menggairahkan dan meningkatkan nafsu untuk memakan makan tersebut.

Pandan Wangi atau yang dalam bahasa latin berjulukan Pandanus amaryllifolius Roxb ialah salah satu tumbuhan yang biasanya tumbuh di sekeliling rumah atau dipagar-pagar dengan kondisi tanah yang lembab. Terlepas dari hal diatas ternyata daun pandan juga mempunyai khasiat dan manfaat tersendiri bagi kesehatan badan kita. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan.

Pandan wangi juga dilaporkan mempunyai acara antidiabetik pada ekstrak air, antioksidan pada ekstrak air dan metanol, antikanker pada ekstrak etanol dan metanol, dan antibakteri pada ekstrak etanol dan etil asetat (Prameswari dan Widjanarko, 2014; Ghasemzadeh and Jaafar, 2013; Chong et al., 2012; Muhardi dkk., 2007). 

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan yang ada di daun pandan yang diunggah di situs wikipedia. Beberapa kandungan tersebut diantaranya senyawa alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna. Kandungan Daun Pandan sebagai diberikut :

Alkaloida
Alkaloid yakni senyawa organik yang terdapat di alam bersifat basa atau alkali dan sifat basa ini disebabkan lantaran adanya atom N (Nitrogen) dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis, dan dalam takaran kecil sanggup mempersembahkan pengaruh farmakologis pada insan dan hewan.

Saponin
Saponin ialah senyawa dalam bentuk glikosida yang tersebar luas pada flora tingkat tinggi. Saponin membentuk larutan koloidal dalam air dan membentuk busa yang mantap jikalau dikocok dan tidak hilang dengan penambahan asam.

Flavonoida
Flavonoid yakni suatu kelompok senyawa fenol yang terbesar yang ditemukan di alam dan terkandung pada tumbuhan, baik di daun, batang, buah maupun bunga. SENYAWA FLAVONOID ialah senyawa metabolit sekunder yang terdapat pada tumbuhan hijau, kecuali alga.

Tanin
Tanin secara umum didefinisikan sebagai senyawa polifenol yang mempunyai beratmolekul cukup tinggi (lebih dari 1000) dan sanggup membentuk kompleks denganprotein.

Baca Juga:

Polifenol (polyphenol) ialah senyawa kimia yang terkandung di dalam flora dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol yakni kelompok antioksidan yang secara alami ada di dalam sayuran (brokoli, kol, seledri), buah-buahan(apel, delima, melon, ceri, pir, dan strodiberi), kacang-kacangan (walnut, kedelai, kacang tanah), minyak zaitun, dan minuman (seperti teh, kopi, cokelat dan anggur merah/red wine). Polifenol umumnya banyak terkandung dalam kulit buah, sehingga ada benarnya kalau kita dihimbau untuk mengkonsumsi apel dan bit beserta kulitnya.

Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi

Dari hal diatas nampak terperinci bahwa memang benar jikalau daun pandan mempunyai khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan. Berikut beberapa Manfaat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan beserta cara menggunakannya :
  1. Obat alami penambah nafsu makan
  2. Untuk membuat obat herbal penambah nafsu makan, sediakan 2 lembar daun tumbuhan pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih hingga tersisa 1 gelas, menambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara terbaik, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
  3. Menurunkan darah tinggi
  4. Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi sanggup anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun flora pandan yang direbus menggunakan 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.
  5. Obat herbal rematik dan pegal linu
  6. Sediakan 3 lembar daun pandan wangi kemudian iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang sudah digerahi. Kemudian aduk hingga daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya kemudian oleskan pada cuilan badan yang terkena rematik atau pun pegal linu.
  7. Menenangkan rasa gelisah dan obat galau
  8. Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga sanggup dipakai untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian basuh hingga membersihkan. Seduh dengan segelas air gerah dan menambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat.
Demikianlah warta terkena Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan warta ini dan sanggup bermanfaa bagi kita tiruana dalam menambah pengetahuan kita terhadap banyak sekali tumbuhan yang kaya manfaat yang notabene berada di sekitar kita, atau sanggup kita terapkan secara bahu-membahu akan manfaat daun dan khasiat pandan wangi bagi badan kita, bagi pengobatan kita untuk menjaga kesehatan kita bahu-membahu dari materi yang sangat terjangkau dan terbilang biasa kita temukan di sekitar kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 
Nugraheni, D. 2012. Karya Tulis Daun Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb), Lidah Buaya (Aloe barbadensis Milleer), dan Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr) Sebagai Minyak Rambut Alami. Makalah: Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Kutowinagun. Online datasmaku.blogspot, co.id. Diakses Rabu, 5 April 2017 pukul 02:00. 
Mardiyaningsih A dan Aini R. 2014. PENGEMBANGAN POTENSI EKSTRAK DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius Roxb) SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI. Yogyakarta: Jurnal Pharmaciana. Volume 4, No. 2.  
Sudianto, G. 2016. Manfaat Daun dan Khasiat Pandan Wangi. Blitar: BP4K  Blitar.