Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Dan Khasiat Andewi: Sayur Kriting Berguna Bagi Badan Anda

Apa itu Andewi?..., Andewi (Cichorium endivia) tergolong sayuran yang berada di dataran tinggi ini, mempunyai manfaat dan khasiat yang juga baik bagi tubuh kita. Umumnya, nama andewi mungkin tidak sama-beda di tempat ini. Melihat gambarnya saja, kawan-kawan sudah tentu sanggup memikirkan sayuran ini. Sayuran yang biasa anda, atau kita biasa gunakan untuk menambah cita rasa makanan dan jajanan gorengan, mempunyai khasiat bagi kesehatan kita dan kaya akan gizi. 

Baca Juga:


Sayuran ini berkerabat akrab dengan cikori (Cichori intibus), andewi banyak dibudidayakan di dataran tinggi di Indonesia, sebaliknya cikori belum ada di tanah air. Sayuran yang daunnya mirip sawi bakso, namun daunnya mempunyai bentuk yang berlekuk-lekuk alis kriting dan berwarna lebih pucat. Tekstur daun andewi mirip dengan salada daun-lembut dan renyah alasannya mempunyai banyak kandungan air. 

Manfaat dan Khasiat Andewi 

1. Bermanfaat untuk Diet 
Sayuran yang kaya akan kandungan serat ini, sangat bermanfaa bagi anda yang ingin menjaga postur tubuh anda atau untuk melansingkan tubuh anda. Manfaat dan khasiat Andewi, sangat baik bagi anda yang sedang menjalani diet rendah kalori. Serat andewi tersebut, sanggup mempersembahkan atau mengeyangkan anda. Alhasil, andewi tidak membuat anda gemuk, melainkan memdiberi anda tubuh yang proporsional. 

2. Bermanfaat untuk Menangkal Radikal Bebas
Kandungan vitamin C, mempunyai banyak manfaat bagi tubuh anda. Tentu saja, vitamin C dari setiap sayuran tentu mempunyai senyawa ini. Walaupun jumlah vitamin C dari andewi tidaklah cukup besar. Namun, vitamin tersebut, sangatlah berarti bagi tubuh anda. Vitamin C berperan untuk melindungi sel dari kerusakan jawaban radikal bebas, meningkatkan serapan zat besi, serta bermanfaa dalma serapan vitamin E dan menurunkan risiko terkena kanker. 

3. Obat Alami untuk Hernia 
Dalam pengobatan alami ala Barat (naturopathy), daun andewi biasanya dipakai sebagai obat alami yang bermanfaa dan bermanfaa untuk pasien yang menderita hernia (lepasnya pienteng sendi pada tulang duduk). Mekanisme penyembuhannya melalui penguatan tulang dan sendi. 
Secara kimiawi, andewi mempunyai banyak kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor. Kalsium, magnesium dan fosfor akan memperkuat pienteng sendi yang turun atau melengkung. Sedangkan itu, kalium mempunyai manfaat dan khasiat dalam mencegah peradangan sehingga mengurangi rasa sakit yang sering dikeluhkan penderita hernia. 

4. Mengobati Radang Urat 
Banyaknya praktisi herbal di Eropa yang mepercayai bahwa daun andewi mempunyai khasiat dan manfaat sebagai obat radang urat (tendonitis). Urat ialah serat-serat yang melekatkan otot pada tulang. Urat terbungkus oleh membran synovium yang melumasi dan memmenolong pergerakan tulang. 
Pertambahan usia akan menurunkan produksi minyak tersebut. Para manula rentan dengan penyakit ini. Umumnya, tanda-tanda yang dirasakan di pergelangan tangan, lutut, tumit dan punggul. Jika tanda-tanda tersebut muncul, penderita akan mencicipi nyeri ketika menggerakkan tubuh. 

Baca Juga:


Hal ini terjadi, segera konstulasikan kondisi yang Anda alami kepada dokter. Memmenolong penyembuhan penyakit ini, tak ada salahnya Anda mencoba makan andewi secara rutin. 

5. Meentengkan Kelainan Ginjal dan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Andewi mempunyai efek diuretik (peluruh kencing) yang cukup baik. Bagi anda yang menderita kelainan ginjal dan tekanan darah tinggi (hipertensi), efek tersebut bermanfaa dan bermanfaa dalam meentengkan penyakit Anda. Penurunan retensi air akan meentengkan kerja ginjal. 

6. Bermanfaat untuk Kulit
Salah satu kehebatan dari daun andewi ialah sanggup dipakai untuk perawatan mirip mencerahkan dan memutihkan kulit. Kamu sanggup mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari atau menciptakannya menjadi lulut atau masker. Kandungan mirip vitamin C dan juga kolagen yang ada di dalam daun akan memmenolong membuat kulit tubuh dan wajah engkau semakin cerah dan putih berseri.

7. Mencegah kanker paru-paru
melaluiataubersamaini mengkonsumsi daun andewi secara teratur maka akan berfungsi sebgaai penangkal radikal bebas yang sanggup menimbulkan kanker, contohnya mirip kanker paru-paru. Kandungan yang ada di dalamnya akan mencegah sel kanker berkembang.

Deskripsi Sayuran Andewi: Apa Itu Andewi?

Andewi ialah sayuran daun yang berasal dari tempat (negara) diberiklim sedang. Berdasarkan literatur sejarah, tanaman ini sudah dibudidayakan semenjak 2.500 tahun yang lalu. Tanaman Andewi diduga berasal dari Asia Barat. 

Di Indonesia, Andewi belum berkembang pesat sebagai sayuran komersial. Andewi masih jarang dibudidayakan. Di masa menhadir sangat mungkin kedua jenis sayuran ini menjadi komoditas komersial. Andewi terdapat dua macam, yaitu andewi berdaun kriting dan andewi berdaun lebar.

Efek Negatif Andewi 

sepertiyang realitas kehidupan, atau fakta kehidupan. Tentu laba dan kerugian, kebaikan dan keburukan, tidak akan terlepas dalam didunia ini. Begitupula dengan aneka macam sayuran dan terkhusus kepada Andewi, alasannya andewi selain mempunyai manfaat dan khasiat bagi tubuh atau kesehatan, juga mempunyai kerugian atau efek samping . Beberapa efek samping dari andewi ialah sebagai diberikut. 

1. Menyebabkan Tubuh Kekurangan Cairan 
melaluiataubersamaini efek diuretik yang sangat kuat, andewi sebaiknya tidakboleh dikonsumsi oleh mereka yang mengalami dieare alasannya akan membuat tubuh semakin mengalami belum sempurnanya cairan. Selain dari pada itu, bagi mereka yang menderita gagal ginjal untuk dimasukankan tidak mengonsumsi sayuran ini, alasannya akan memperparah kondisi ginjal. 
2. Bahaya Residu Pepstisida 
Umur pguan andewi sangatlah singkat. Namun, sayuran ini sangatlah rentan terhadap penyakit. Menjaga hasil pguan tetap mulus, biasanya peyani mengendalikan penyakit secara kimiawi dan intensif. Akibatnya, ketika dipguan masih terdapat residu pestisida yang cukup banyak. 

Residu pestisida ialah racun bagi hati. Meengurangi efek negatif ini, sangatlah dianjurakn supaya sebelum dimasak daun andewi dicuci berulang kali dengan air mengalir. Jadi, lebih kondusif bila dikonsumsi matang, buka ndengan keadaan mentah sebagai salad.

Kandungan Andewi


Baca Juga:

 
Demikianlah warta terkena manfaat dan khasiat andewi. Semoga indormasi ini sanggup bermanfaa baik dalam membuka cakrawala pengetahuan kita akan aneka macam sayuran yang mempunyai khasiat dan manfaat bagi kesehatan kita bersama, dan semoga warta ini, sanggup menginspirasi kawan-kawan untuk memakai dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi:  
Lingga Lanny. 2010. Cerdas menentukan sayuran.Jakarta: Agromedia Pustaka.hlm:6-11.