Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Daun Sukun: Daun Gila Melawan Kanker Dan Menjaga Jantung Sehat

Manfaat Sukun- Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan sukun? Semua niscaya tahu, apalagi yang sering makan gorengan. Sukun mempunyai manfaat bagi badan anda dan juga mempunyai banyak khasiat yang sesuai judul di atas, penuh keajaiban yang sanggup kita raup dalam tumbuhan sukun ini. Sungguh besar ciptaan tuhan, sungguh banyak manfaat ciptaan tuhan yang harus kita cari, kita gali, dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari semoga tiruana tahu bahwa tuhan menciptaan segala sesuatu mempunyai manfaat untuk seluruh alam semensta dan untuk manusia, yah kita. Maka dari itu, saatnyalah kami informasikan manfaat dan khasiat sukun yang sangat berkhasiat bagi anda yang sudah mengetahui bagaimana pengaruh dan arogansi penyakit jantung sebagai pembunuh no. 1 didunia ini yang banyak di takuti dan dihindari oleh seluruh masyarakat dunia. 

Kali ini, kita tidak akan berbicara terkena gorengan sukun, tetapi kali ini kita berbicara terkena daun sukun yang mempunyai khasiat tersebut. Daun sukun yang mempunyai ukuran yang sangat lebar, bercanggap menjari dan berbulu kasar. Daunnya yang tunggal, berseling, lonjong, ujung runcing, awal meruncing, tapi bertoreh, panjang 50-70 cm, lebar 25-50 cm, petualangan menyirip tebal, dan permukaannya yang kasar. 

Daun sukun yang mempunyai nama ilmiah Artocarpus alitis (Park) Fosberg, dengan aneka macam nama lain, yaitu Artocarpus communis, Artocarpus communis Forst, dan Artocarpus incisa L. f., Tahukah anda bahwa daun sukun dipercaya mempunyai aneka macam manfaat bagi kesehatan anda, baik itu sebagai manfaat dalam antikanker, manfaat dalam antimikroba, atau manfaat atau khasiat dalam antiperadangan. Efek yang ditimbulkan daun sukun yang sanggup diakibatkan terhadap adanya kandungan antioksidan dalam daun sukun. 

Baca Juga: 

Kandungan Senyawa Aktif dalam Daun Sukun

Daun sukun mengandung beberapa zat yang mempunyai manfaat dan bermanfaa contohnya saponin, polifenol, asam hidrosianat, aseliticolin, tanin, riboflavin, dan fenol. Daun tumbuhan yang mempunyai kandungan quercetin, champorol, dan artoindonesianin. Sementara itu, memiiki senyawa artoindonesianin dan quercetin ialah kelompok senyawa dari flavonoid. 

Khasiat dan Manfaat Daun Sukun

Flavonoid Geranyl, Senyawa Antikanker
Beberapa studi yang menyatakan bahwa daun sukun mempunyai manfaat dan khasiat sebagai anti kanker. Hal ini yang diduga alasannya ialah kandungan yang terdapat dalam daun sukun yakni flavonoid yang didalamnya. Flavonoid berperan sebagai antioksidan yang mempunyai kemampuan dalam menangkal radikal bebas dari penyebab kanker. Selain dari pada itu flavonoid demikian juga mempunyai peranan yang menimbulkan adanya tamat hidup sel kanker. 

Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Yuanjiang Pan, Yu Wang, Xiaoxiang Zheng, Kedi Xu, dan Lin Lin dari Departemen Rekaya Biomedis, di Universitas Zhejiang yang berada di Cina menyatakan bahwa flavonoid geranyl dari daun sukun mempunyai fungsi sebagai antikanker. Flavonoid geranyl ialah senyawa yang diisolasi dalam bentuk minyak berwarna kekuningan dan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru dan kanker kolon. Sementara itu, menurun Song Chwan Fang, bahwa seorang ilmuwan dari Chung Hwa, University of Medical Technology, Taiwan yang menyatakan bahwa kandungan isolespeol pada daun sukun bermanfaa dalam menstimulasi tamat hidup sel kanker. 

Hebatnya lagi, daun sukun tidaklah membahayakan organ lain yang berada dalam tubuh. Hasil penelitian yang dilakukan Fita Dwi Amira yang berada di Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia yang mengatakan bahwa ekstrak daun sukun yang terdiri atas flavonoid 30% tidak menimbulkan dalam keracunan dalam tubuh. 

Baca Juga: 

Sitosterol dan Flavonoid, Pemelihara Kesehatan Jantung

Sesudah dilakukan uji khasiat atau manfaat yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan para pakar peneliti lainnya, diketahui bahwa terdapat ekstrak daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang bermanfaa atau bermanfaa untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kejadian ini alasannya ialah ekstrak daun sukun yang ternyata sanggup memmenolong dalam menurunkan kadar kolesterol yang terdapat dalam badan anda. 

Daun Sukun Sebagai Antimikroba

Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa daun sukun yang dipercaya berperan sebagai antimikroba. Daun sukun diketahui bisa untuk menghambat pertumbuhan kuman Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans. Hal ini dimungkinkan alasannya ialah adanya kandungan flavonoid, saponin dan tanin dalam daun sukun. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rostinawati, dkk. yang diterbitkan oleh Farmaka tahun 2009 yang menyatakan bahwa ekstrak daun sukun tersebut bisa dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albincans. Hasil studi yang serupa berasal dari Universita Padjadjaran yang mengatakan ekstrak daun sukun yang bisa dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans-jamur penyebab sariawan. 

Laporan dari penelitian lain yang dilakukan oleh Sulistiyaningsih, dkk. yang diterbitkan dalam Farmaka tahun 2009, yang menyatakan bahwa hasil yang serupa. Ekstrak daun sukun terbukti mempunyai khasiat atau manfaat dalam menghambat pertumbuhan kuman dan jamur. 

Baca Juga:

Asam Hidrosianat dan Tanin, Agen Antiperadangan

Daun sukun berperan juga sebagai antiperadangan alasannya ialah adanya kandungan demikian maka asam hidrosianat, aseticolin, tanin dan riboflavin yang terdapat dalam daun sukun. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai peranan sebagai antioksidan yang bisa dalam mencegah terjadinya peradangan. 

Bagian yang biasa dipakai dalam tumbuhan sukun dalam pengoabatan ialah buah dan daunnya. Namun yang paling sering dipakai sebagai herbal ialah daunnya. 

Manfaat Daun Sukun: Herba Daun Sukun 

1. Ramuan Obat Kanker 
Dalam membuat ramuan obat kanker dengan memanfaatkan daun sukun kering dengan menyediakannya sebanyak 20 gram, kemudian 20 gram kunir putih kering, k20 gram umbi ilahi kering, 10 gram sambiloto kering, kemudian 5 gelas air (1 liter). Teknik memanfaatkan daun sukun tersebut sebagai ramuan obat kanker ialah dengan merebus tiruana materi di atas api sedang sampai tersari kedalam tiga gelas (600 ml). Kemudian minum air rebusan tiga kali sehari, yang masing-masing sebanyak 200 ml pada satu jam sebelum makan atau dua setelah makan. 

2. Ramuan untuk Kesehatan Jantung
sepertiyang yang sudah diterangkan diatas bahwa penyakit jantung ialah penyakit normor satu dunia alasannya ialah banyaknya terjangkit dan merenggut nyawa dan juga sesuai dengan judul yang kami anggkat maka dari itu, untuk memanfaatkan atau memakai khasiat daun sukun dalam menjaga kesehatan jantung ialah dengan menyediakan materi 20 gram daun sukun kering, 10 gram daun ilahi kering, 10 gram daun sembung kering, dan 5 gelas air (liter). Adapun bagaimana cara membuat daun sukun tersebut ialah dengan merebus tiruana materi di atas api yang sedang sampai tersari menajdi tiga gelas (600 ml). Kemudian minum air rebusan tiga kali sehari, masing-masing ke dalam 200 ml pada satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. 

3. Ramuan Obat Sariawan 
Sariawan juga sanggup anda atasi dengan memakai manfaat atau khasiat daun sukun dengan menyediakan 1 lembar daun sukun yang mempunyai warna hijau bau tanah kemudian basuh membersihkan. Teknik membuat sukun sebagai obat sariawan ialah dengan tumbuk daun sukun sampai halus, tempelkan tumbukan daun sukun di penggalan lisan yang mengalami sariawan. 

4. Ramuan Obat Pegal-Pegal 
Pegal-pegal, apalagi bagi anda yang mempunyai aktifitas yang sangat padat dan orang yang bergelut di kota yang sangat nyentrik akan aktifitasnya yang tak pernah membisu dan segala sesuatu ialah pikiran, segalah sesuatu ialah gerak dan segalah sesuatu ialah tenaga, maka biasanya pegal-pegal tak jarang selalu penggalan pengisi malam anda. Maka dari itu, daun sukun sanggup anda manfaatkan atau gunakan khasiatnya dengan sangat gampang, yakni sediakan materi 1 lembar daun sukun yang berwarna hijau tua, basuh membersihkan sediakan 1 sdm gram, dan 2 liter air. Teknik menciptakannya ialah rebus daun sukun dan air sampai mendidih. Tambahkan empat liter air dan satu sendok makan garam ke dalam air hasil rebusan. Gunakan air rebusan untuk merendam kaki. 

5. Ramuan Obat Panu 
Wah-wah. Tak habis-habisnya manfaat daun sukun ini, selalu menggugah untuk kita kupas, yang mana daun sukun ternyata juga sanggup dipakai sebagai ramuan obat panu dengan menyediakan 1 lembar daun sukun tua. Teknik menciptakannya yakni dengan remas-remas daun sukun, kemudian gosok secara berulang-ulang pada penggalan badan yang terdapat panu. Kemudian lakukan sebanyak 2-3 kali sehari. 

Baca Juga: 


 Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan sukun Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Melawan Kanker dan Menjaga Jantung Sehat

Demikianlah warta terkena Manfaat Daun Sukun: Daun Ajaib Pelawan Kanker dan Penjaga Jantung. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan manfaat daun sukun ini dan sanggup menambah pengetahuan akan tanaman-tanaman yang sanggup anda jadikan sebagai obat alternatif atau dalam menjaga kesehatan anda terutama pada penyakit jantung. Salam Berbagi Teman-Teman.

Referensi: Manfaat Daun Sukun, Daun Ajaib Melawan Kanker dan Penjaga Jantung
  • Utami, Prapti dan Puspaningtyas, Ervira Desti. The Miracle of Herbs. Jakarta: Agromedia. 2013. hlm: 76-80.