Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri Dan Antiperadangan.

Manfaat Daun Sendok-Mungkin sebagian kita masih asing mendengar daun sendok. Daun sendok dari kandungan yang tak kalah dengan tumbuhan herbal lainnya, juga sanggup anda manfaatkan untuk menyebuhkan banyak sekali penyakit yang bernaung dalam badan anda. Tanaman daun sendok ialah tumbuhan terna tahunan dan tumbuh tegak dengan tinggi 15-20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar, berbentuk lingkaran telur hingga lanset melebar, tepi rata atau bergerigi berangasan tidak  teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5-10 cm, lebar 4-9 cm, dan berwarna hijau. Bunga majemuk, tersusn dalam bulit dengan panjang sekitar 30 cm, ukuran kecil, dan berwarna putih. Buah berbentuk lonjong atau bulat telur, meliputi 2-4 biji, keriput, dan berwarna hitam. 

Plantago mayot L atau biasa dikenal dengan sebutan daun sendok mempunyai banyak sebutan lain, yaitu ki urat, ceuli, ceuli uncal (Sunda); meloh kiloh, otot-ototan, sangkabuah, sembung otot, suri pandak (jawa); daun urat, daun urat-urat, daun sendok, ujung angin, kuping mentidakboleh (Sumatera); korongoat (Minahasa). 

Seperti tumbuhan herbal lainnya, daun sendok juga mempunyai segudang khasiat atau manfaat. Herba daun sendok memiliki sifat cuek dan berasa manis. Herba ini sanggup anda gunakan dan manfaatkan untuk menghilangkan rasa haus. Biji tumbuhan daun sendok mempunyai sifat yang manis dan cuek yang mempunyai manfaat penyembuhan atau khasiat dalam perbaikan kondisi dalam beberapa jenis penyakit contohnya penyakit kerikil ginjal, disentri, dan penyembuhan luka. Daun sendok sebagai spesies yang flora obat dengan manfaat yang banyak, akan tetapi ketika ini belum banyak dibudidayakan oleh masyarakat dalam meraup manfaat dan khasiat daun sendok sebagai kesehatan dan pengobatan. 

Baca Juga: 

Kandungan Senyawa Aktif dalam Daun Sendok 

Tahukah anda terkena kandungan dari daun sendok yang mengakibatkan kita sanggup memakai manfaat dan khasiat sehingga sanggup menyembuhkan dan menyehatkan badan kita. Bagi kawan-kawan yang sempat membuka gosip ini sungguh sangat beruntung lantaran herba yang satu ini mengandung plantagin, aukubin, asam ursolik, beta-sitosterol, n-hentriakontan, dan plantogluside yang terdiri atas methyl D-galaktulonat, D-galaktosa, L-arabinosa, dan L-rhammosa. Selain itu, herba ini mempunyai kandungan tanin, flavonoid (apigenin,lutelin, nepetin, baikalein, skutellarin, hispidulin), asam klorogenat, asam kafeat, asam fumarat, dan asam asam bensoat. 

Biji daun sendok yang mempunyai kandungan asam planterolik, plantasan (dengan komposisi xylosa, arabinosa, rhamnosa, dan asam galakturonat) aucubin, protein, musilago, asam suksinat, kolin, syringin, adenin, syringin, asam lemak menyerupai stearat, linoleat, plamitat, linolenat, arakidat, oleat), sertaflavonon glikosida. Sementara itu, pecahan akar mengandung naphazolin. 

Khasiat dan Manfaat Daun Sendok 
Daun sendok diketahui sanggup dipakai dalam mengobati penyakit yang disebabkan dari adanya bisul oleh basil atau dari adanya/terdapatnya peradangan, contohnya disenri, hipersentivitas atau energi dan diare. 

Baca Juga:


Perlu kita ketahui: 
  • Kalium yang terkandung didalam herba yang terdapat daun sendok mempunyai sifat sebagai peluruh kencing dan sanggup melarutkan endapan garam kalsium yang ada dalam ginjal dan kandung kemih. 
  • Zat aktif aukubin mempunyai manfaat dan khasiat yang bisa melindungi hati dari efek beracun yang sanggup merusak sel-sel hati baik itu yang bersifat hepatoprotektor dan juga mempunyai manfaat atau khasiat sebagai antiseptik.  

Tanin, Aucubin, dan Flavonoid-Senyawa Antibakteri, Antiperadangan, dan Anti-Alergi

Daun sendok yang sebagaimana kita ketahui di atas dalam penjalan kandungan daun sendok mempunyai kandungan menyerupai tanin, aucubin, dan flavonoid (apigenin). Ketiganya ialah senyawa yang mempunyai imbas antibakteri. Hasil penelitian Ardiana Kurniawati yang menunjukkan suatu hasil bahwa ekstrak daun sendok yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengmbat pertumbuhan basil Staphylococcus aureus dan Esherichia coli. Keduanya sebagai basil yang mengakibatkan terhadap terjadinya bisul jalan masuk pencernaan contohnya diare. 

Studi yang dilakukan oleh in vitro oleh Febby E.Kandau yang diterbitkan pada Eugenia tahun 2009 yang menyatakan bahwa daun sendok mempunyai acara antibakteri dalam pertumbuihan basil menyerupai Pseudomonas aeruginosa, misalnya basil yang bisa mengakibatkan bisul pada jalan masuk pencernaan dan endokarditis. 

Studi in vitro lain yang dilakukan oleh Wiwin Nur Azizah dari Universitas Muhammadiyah Malang yang dalam penelitiannya menemukan sebuah hasil bahwa infesu daun sendok mempunyai efek manfaat dan khasiat terhadap penghambatan pertumbuhan basil Shigella dysentriae-bakteri penyebab disentri. Hal tersebut disebabkan dari adanya kandungan aucubin dalam daun sendok yang secara farmakologi mempunyai manfaat sebagai antidisentri. 

Selain mempunyai acara antibakteri, daun sendok juga mempunyai acara anti-inflamasi dan anti-alergi lantaran dari adanya kandungan flaovonoid, katalpol, aucubin, dan tanin. sepertiyang berdasarkan studi preklinis yang pernah dilakukan oleh Agung Endro Nugroho dan dipublikasikan pada Majalah Farmasi Indonesia pada tahun 2004 yang menyatakan bahwa ekstrak daun sendok sanggup anda manfaatkan untuk menghambat rekasi anatilaksis (Hipersentivitas atau alergi). 

Baca Juga:

Bagian yang Biasa Digunakan 

Bagian yang sanggup kita manfaatkan dari tumbuhan herba ini yakni tiruana pecahan dari tanamannya seperti, akar, biji dan daun. Bagian yang pada umumnya seringkali dipakai sebagai pengobatan yakni daun dan biji. 

Ramuan Daun Sendok 
1. Ramuan Obat Disentri 
Bahan yang perlu anda sediakan yakni 15-30 gram daun sendok segar, yang dicuci membersihkan dan 1 ssdt madu. Adapun cara-cara dalam memanfaatkan atau meramu sehingga sanggup anda gunakan yakni tumbuk halus daun sendok segar, kemudian peras hingga terkumpul satu gelas air perasan. Kemudian menambahkan madu dan aduk hingga rata, kemudian kukus sebentar. Sesudah itu, minum ramuan sekaligus hangat-hangat. 

2. Ramuan Obat Hepatitis dan Radang Usus 
Bahan yang perlu anda sediakan dalam mengobati hepatitis dan radang usus, cukup dengan segenggam daun sendok segar, 7 poyonh rimpang temulawak segar, 4 gelas air (800ml). Tata cara meramunya yakni sangrai rimpang temulawak segar, kemudian rebus bersama daun sendok hingga tersari menjadi dua gelas air. Minum ramuan dua kali sehari yang mana masing-masing satu cangkir (200 ml). Ulangi konsumsi selama 7 hingga 14 hari. 

3. Ramuan Obat Rematik 
Tata cara meengobati rematik yang sebagaimana kita sudah ketahui bagaimana itu penyakit rematik tersebut yang terkadang banyak diidap oleh para lansia, dan tak spesialuntuk itu rematik juga sekarang banyak menyerang usia muda. Maka dari itu, untuk mengobati rematik dengan daun sendok yang terbilang sangatlah praktis dan murah ini yakni menyedian daun sendok segar secukupnya yang diadaptasi berdasarkan lokasi rematiknya, dan air secukupnya. Teknik menciptakannya yakni dengan rebus daun sendok dan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada pecahan yang terasa sakit. Ganti ramuan tersebut setiap 3 jam sekali. 

4. Ramuan Obat Encok 
Dalam meramu untuk mengobati encok dengan memakai materi dasar daun sendok saatlah muda, cukup dengan menyediakan daun sendok segar secukupnya, kemudian basuh membersihkan. Begitupula dengan cara pembuatan yakni tumbuk daun sendok segar hingga halus. Balurkan pada pecahan badan yang sakit. 

5. Ramuan Peluruh Buah Air Kecil 
Bahan 30 gram daun sendok segar, basuh membersihkan, 2 sendok makan madu. Teknik menciptakannya tumbuk daun sendok hingga lumat. Peras dan saring hingga terkumpul air perasan sebanyak setengah gelas. Tambahkan satu sendok makan madu, kemudian minum sekaligus sekali sehari. 

Mungkin sebagian kita masih asing mendengar daun sendok Manfaat Daun Sendok: Daun Ajaib Antibakteri dan Antiperadangan.










Baca Juga:


Demikianlah gosip terkena Manfaat Daun Sendok, semoga gosip ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana, baik biar menambah wawasan kita secara bantu-membantu wacana tumbuhan yang sanggup yang mempunyai manfaat atau khasiat dalam mengobati penyakit dan juga mungkin kiranya gosip tersebut sanggup mengilhami kawan-kawan untuk mengaplikasikan atau menyediakan daun sendok sebagai materi pengobatan anda dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman 

Referensi: 
  • Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Fruits: Keajaiban 30 Buah untuk mencegah dan mengatasi guaka penyakit. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 2013.