Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Sejuta Manfaat Bagi Badan Anda

Manfaat Buah Delima- Tentu anda tak asing lagi dengan buah ini. Buah yang bundar dan kecil, mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan dan mengobati beberapa penyakit yang mungkin dalam keseharian dapati. Sewaktu kami mereview buah delima, dari banyak sekali literatur dibuku kesehatan, bahwasanya bukanlah buah delima yang kami ingin kaji manfaat dan khasiat. Akan tetapi, kami sedikit tertarik dan menanggal flora sehat yang lainnya, di karenakan kandungan buah delima yang hampir dan banyak melampau buah atau flora herbal dalam segi kandungan buah tersebut, dan betapa gampangnya buah delima sanggup kita jumpah di keseharian kita, sehingga itulah landasan kami untuk menliskan artikel ini yang berjudul Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Sejuta Manfaatt Bagi Tubuh Anda.

Atas dasar tersebut, kami ingin menginformasikan kepada kita dan membagikan ketakjuban kami terhadap buah delima yang banyak belum terjamah atau dipakai sebagai buah-buahan sehat, baik untuk keseharian kita konsumsi maupun sebagai menu/pencuci ekspresi kita untuk menyehatkan badan kita dari banyak sekali gangguan penyakit yang notabene penyakit tersebut sanggup mengakibatkan penyakit-penyakit kronis lainnya. 

Kehebatan buah delima sebagai daftar penulisan kami ini, sebagaimana yang sudah kami terangkan di atas  karena manfaat buah delima atau khasiat delima, saluran buah delima yang praktis kita dapatkan dan mempersembahkan isu kepada anda bahwa yang bersahabat bisa anda manfaatkan sebagai pengobatan. Ketika ada yang murah dan gampang, kenapa tidak kita manfaatkan. Ketika ada yang berkarakter kenapa kita harus mencari yang berkarakter tapi butuh kuantitas yang sanggup bikin dompet anda bolong-bolong. Apalagi buah ini sangatlah praktis kita manfaatkan sebagai media pengobatan anda. Maka dari itu, alangkah lebih efektifnya, apalagi jaman kini tiruana serba sibuk, anda atau kawan-kawan sanggup melihat isu manfaat atau khasiat buah delima, selengkapnya dibawah ini...

Baca Juga: 

Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Penuh Khasiat

Buah berbentuk bundar dan berdiameter 5-12 cm ini mempunyai warna kulit yang bervariasi, mulai dari hijau keunggulan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Sedangkan itu, biji delima yang relatif banyak, mempunyai ukuran kecil yang berbentuk bundar panjang, bertekstru agak keras dan mempunyai warna yang cukup bervariasi misalnya, putih, merah dan merah jambu. 

Tanaman delima demikian relatif praktis dikembangbiakkan, tak heran kalau di Indonesia kemudian terdapat berguakaragam jenis delima. Adapun yang populer dan dikenal, ada tiga jenis delima menyerupai delima ungu, delima putih dan delima merah. Tanaman yang sangatlah praktis kita temui dan sanggup kita tanam sebagai flora hias tersebut di pekarangan rumah. Bukan lantaran semata-mata, bentuknya dan rasanya yang elok dan enak. Akan tetapi delima mempunyai sejuta manfaat dan khasiat untuk pengobatan 

Manfaat Buah Delima: Jangan Hanya Rasanya dan Cantiknya, Tapi Manfaatnya 

1. Polifenol, Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker 
Ada banyak penelitian yang dilakukan banyak sekali forum dalam menguak tabir surya manfaat dan khasiat buah delima. Penelitian tersebut, mengunkapkan dan mengemukakan bahwa delima sanggup dipakai untuk mengatasi penyakit kanker, saya tekankan kepada anda yakni mengatasi penyakit kanker. Ekstrak biji delima yang sudah di fermentasi dipercaya mempunyai manfaat polifenol yang sanggup memmenolong dalam pemulihan sel leukimia anda menjadi normal. 

Sebuah studi yang dilakukan di Israel menunjukkan terkena sari buah delima yang ternyata sanggup menghancurkan sel-sel kanker payudara. Tidak spesialuntuk itu, kemampuan sari buah delima tersebut spesialuntuk secara spesifik mempunyai manfaat dan khasiat untuk menghancurkan sel kanker, bedah lagi ketika obat kemoterapi yang mencakupko menyerang tiruana sel di dalam tubuh. 

Studi lain yang dilakukan riset terhadap 50 pria yang sudah menjalani pengobatan kanker prostat. Sebagian responden mengonsumsi 205 gram jus delima dalam tiap harinya dan sebagiannya lagi tidak mengonsumsi jus delima. Riset yang membuahkan hasil dalam sebuah respoden yang mengkonsumsi jus delima terdapat keterlambatan penggandaan PSA (Ukuran perkembangan kanker prostat) dan pengurangan tindakan kemoterapi. Sebaliknya lagi, kadar PSA responden yang tidak minum jus delima sanggup meningkat dua kali lipat spesialuntuk dalam waktu 15 bulan. 

Sesudah diteliti lebih lanjut, ternyata terjadi sebuah peningkatan kadar PSA kelompok responden peminum jus delima gres akan meningkat sebanyak dua kali lipat dimana dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu 54 bulan. Sehingga, mengonsumsi jus delima dari hasil urain diatas sanggup anda tarik sebuah garis besar yakni mempunyai manfaat dan khasiat untuk memperlambat kanker prostat

Wajib Tahu: 
  • Mengonsumsi satu gelas jus dalam tiap harinya, anda sudah memanfaatkannya sebagai asupan senyawa antioksidan polifenol sebanyak 100 mg. Polifenol, melumpuhkan sel kanker dan memulihkan dinding arteri dari proses pengerasan.
2. Antioksidan, Penakluk Penyakit Degeneratif
Ada banyak jenis antioksidan yang terdapat dalam kandungan buah delima, contohnya polifenol, flavonoid (quercetin, flavones, rutin, dan flavonols) dan katekin. Beragam studi terkena antiperadangan, antioksidan, dan antikanker yang mana sudah banyak dipublikasikan. Bayangkan, kalau terdapat kandungan dalam buah delima jumlahnya tiga kali lebih banyak kalau kalau dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada teh hijau.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan manfaat dan khasiat buah delima oleh American Journal of Clinical Nurtrition, buah delima dipercaya sanggup mencegah oksidasi LDL dalam tubuh. Penelitian lain yang juga menunjukan terkena khaisat buah delim oleh Vanderbilt University Medical Center menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jus delima minum tiga kali dalam seminggu sanggup menurunkan risiko terkena alzheimer hingga 76%.

Sari buah delima mengandung senyawa flavonoid yang tinggi. Senyawa ini ialah antioksidan berpengaruh yang berkhasiat untuk mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam badan sekaligus memperbaiki sel-sel badan yang rusak. Selain itu, flavonoid bisa mempersembahkan dukungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit dan kanker prostat. Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam Proccedings of the National Academy of Sciences yang menemukan bahwa jus delima bisa "memerangi" pengerasan arteri dan penyakit terkait pembuluh darah contohnya jantung dan stroke. Pasalnya, buah delima sanggup mencegah dan meluruhkan penumpukan plak di arteri.

Antioksidan lain yang terdapat dalam delima ialah vitamin A, vitamin E, vitamin C dan asam folat. Kandungan banyak sekali vitamin tersebut mempunyai peranan penting terhadap fungsi jantung. Antioksidan ini banyak terdapat pada cuilan biji buah delima.

Wajib Tahu: 
  • Beberapa studi menunjukkan bahwa sari buah delima juga sanggup mencegah kerusakan tulang rawan. Menurut penelitian di Case Wstern Reserve University yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, ekstrak delima menurunkan tingkat materi kimia yang disebut interleukin-ib (IL-1b) dan enzim yang berperan mengikis tulang rawan dan membuat inflamasi. 
3. Fitosterol, Penurunan Kolesterol
Fitosterol ialah komponen fitokimia yang mempunyai fungsi berlawanan dengan kolesterol. Fitosterol banyak terdapat di dalam daging buah delima. Pada tahun 1970-an, fitosterol diketahu i mempunyai fungsi yang mempunyai manfaat dan khasiat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan mencegah penyakit jantung. Menurut beberapa hasil penelitian yang menunjukan manfaat dan khasiat buah delima dalam menurunkan kolesterol bahwa yang mengkonsumsi 2-3 gram fotisterol sehari sanggup menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 25%. 

Menariknya, fitosterol sanggup menjaga kelenturan kulit biar tetap baik. Fitosterol sanggup menjaga kelembaban kulit, meningkatkan metabolisme kulit dan mencegah terjadinya inflamasi pada kulit. Selain dari pada itu,fitsoterl juga mempunyai manfaat dalam mencegah penuaan kulit yang dsebabkan oleh sinar matahari. 

Tak spesialuntuk mempunyai manfaat dan khasiat pada kesehatan kulit, buah delima dari hasil penelitian yang menunjukan juga mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit kanker melalui banyak sekali mekanisme, contohnya menghambat penggandaan sel kanker, menstimulasi janjkematian sel kanker, dan memodifikasi beberapa hormon yang sanggup berpotensi untuk menumbuhkan sel kanker. 

4. Teknik Tepat Mengonsumsi Delima 
Buah delima sanggup dimakan dalam keadaan segar. Namun, serta sanggup diolah menjadi banyak sekali produk makanan atau minuman, contohnya adonan rujak buah, sari buah, salad buah dan jus. Agar sanggup mencicipi kenikmatan/manfaat dan khasiat buah delima, Anda/kita sanggup mengolahnya menjadi jus untuk membuat sensasi yang menggiurkan. Selain pada daging buahnya, biji delima ternyata sanggup dikonsumsi. Berdasarkan pengobatan herbal tradisional Cina, biji delima mempunyai khasiat atau manfaat antiradang dan sanggup mengatasi rematik.

Pada dasarnya, delima sanggup dikonsumsi seluruh tingkatan umur, mulai dari belum dewasa hingga lansia. Akan tetapi, terdapat satu hal yang perlu anda perhatikan ialah cara mengonsumsi buah tersebut. Misalnya yang kita ketahui dimana sebagian besar buah delima terdiri dari biji delima yang relatif keras. Karena itu, perlunya pengolahan khusus yang megampangkan bagi belum dewasa dan orang bau tanah lanjut usia di dalam mengonsumsi delima, salah satunya dengan cara membuat jus delima. Ketika anda membeli buah delima, pilihlah buah dengan kondisi fisik yang berat dan kulit yang tidak retak-retak. Penyimpanan maksimum buah delima di dalam lemari pendingin sekitar enam bulan.

Wajib Tahu: 
  • Biji delima mengandung polifenol dan kaya serat. Karena itu, cara sempurna dalam mengonsumsi delima ialah dengan membiasakan diri mengonsumsi daging buah beserta biji buahnya.

Baca Juga:



Tentu anda tak asing lagi dengan buah ini Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Anda

Menu Olahan Delima 

1. Jus Buah Delima 
Dalam membuat jus buah delima, ada banyak cara dan materi yang harus sediakan. Tapi untuk kali ini, kami menginformasikan cara membuat jus buah delima dengan cara yang sangat praktis yakni menyediakan 150 g buah delima, 10 g gula merah, 1 sdm air perasan jeruk nipis, dan 200 cc air matang. Teknik menciptakannya, dengan memmembersihkankan buah delima, kemudian belah dua. Pisahkan bijinya dengan menyaringnya dengan memakai kain kasa. Buang ampas biji yang tertinggal di kain kasa. Selain itu, air perasan jeruk nipis, dimasukkan bahan-bahan ke dalam blender, kemudian hancurkan hingga halus. Sajikan ke dalam gelas, kemudian diberi perasan air jeruk nipis.

Manfaat Jus Buah Delima ini: 
  • Jus ini baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung koroner, kanker, hiperkolestrolemia. Selain itu, jus ini sanggup dipakai untuk menunda penuaan
Kandungan untuk 1 Porsi: 
  • Karbohidrat: 38,8 gram
  • Protein: 2,6 gram
  • Energi: 166,4 kcal 
  • Lemak: 1,8 gram. 
2. Wedang Puding Biji Delima
Dalam membuat wedang puding biji delima, dengan menyediakan 50 g bili delima (rebus), 1 pak agar=agar putih, 300 ml santan dari 1 butir kelapa, 50 g gula pasir, 2 lembar daun pandan, 1 1/2 sdt garam. Bahan weddang, dengan menyediakan 500 ml air, 100 g gula merah (sisir), 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk purut), 30 g jahe, memarkan, 2 sm, kayu manis, 2 butir cengkeh, 1 1/2 sdt garam.

Pelengkap
5 buah nangka, potong memanjang

Teknik Membuat: 
1. Untuk membuat puding, masukkan santan, agar-agar, gula pasir, daun pandan, dan garam ke dalam wadah. Rebus seluruh materi hingga mendidih.
2. Masukkan biji delima, kemudian aduk rata. Tuang ke dalam loyang dan biarkan hingga mengeras. Potong dadu yang berukuran 2 cm.
3. Untuk membuat wdangm rebus seluruh materi wedang di atas api kecil hingga mendidih. Angkat dan saring.
4. Siapkan gelas hidang, masukkan potongan puding dan nangka, kemudian tuang wedang gerah. Sajikan ketika gerah.

Kandungan 5 Porsi: 
  • Lemak: 6,24 gram
  • Karbohidrat: 36,42 gram
  • Protein: 0,94 gram
  • Energi: 195,34 kcal 

Manfaat Delima: Buah yang Kaya Kandungan

Dalam daging buah delima (pomogrante) terdapat banyak sekali macam zat gizi yang mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan anda. Hampir tiruana cuilan flora delima sanggup dimanfaatkan untuk pengobatan. Bagian daging buah, kulit buah, kulit batang, hingga akar delima sanggup diramu menjadi obat untuk banyak sekali jenis penyakit. Kandungan antioksidan yang terdapat didalammnya menjadi buah ini multimanfaat bagi kesehatan kita. Beberapa kandungan berdasarkan data USDA Nutrient Database (2011) menyerupai energi: 83 kcal, Karbohidrat: 18,7 gram, serat 4 gram, lemak 1,17 gram, protein: 1,67 gram, thiamin: 0,07 mg. riboflamin: 0,07 mg, niasin: 0,29 mg, asam pantotenat: 38 mg, vitamin B6: 0,08 mg, folat: 38 mg, vitamin C: 10,2 mg, Kalsium: 10 mg, Besi: 0,3 mg, Magnesium: 12 mg, fosfor: 36 mg, kalium: 236 mg, seng: 0,35 mg.

Tentu anda tak asing lagi dengan buah ini Manfaat Buah Delima: Buah Cantik, Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Anda









Baca Juga:


Demikianlah isu terkena manfaat buah delima. Semoga isu ini sanggup bermanfaa bagi kita tiruana, baik untuk menambah pengetahuan kita akan buah-buahan sehat yang sanggup menangkal penyakit dan semoga saja isu ini, sanggup mempersembahkan kita tiruana pencerahan untuk sedeiakalanya memanfaatkan segala sesuatu yang berada didekat kita, lantaran menyerupai buah delima yang tidak kita kira-kira akan mempunyai manfaat atau khasiat untuk kesehatan dan pengobatan badan kita, ternyata sebaliknya. Maka dari itu, dengan ini kita senantiasa memperhatikan lingkungan kita demi menjaga kesehatan kita bersama dengan memperdalam terlebih lampau akan flora atau buah-buahan yang ingin kita jadikan sebagai sajian sehat atau obat-obatan herbal kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman.Teman. 

Referensi: Manfaat Buah Delima 


  • Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Fruits: Keajaiban 30 Buah untuk mencegah dan mengatasi guaka penyakit. Jakarta: AgroMedia Pustaka. 2013.