Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Semangka: Buah Sehat, Sebab Elok Dan Segar Tak Cukup

Siapa yang tidak mengenal semangka?. Buah yang mengandung banyak air dan banyak manfaat untuk tubuh yang mempersembahkan kesejukan yang tak pernah diragukan. Buah yang berasal dari gurun Kalahari Afrika yang dipguan pertama kali pada 5000 tahun yang kemudian di Mesir, dan berdasarkan kepercayaan nenek moyang ketika itu, buahnya digunakan untuk penguburan raja-rajah supaya roh mereka menerima nutrisi di alam baka. Perbuatan yang sia-sia alasannya penghuni kubu tidak membutuhkan nutrisi semacam itu.

Fakta Botani Herbal Semangka 

Sebagaiamana anggota suku ketimun-ketimunlainnya,habitus tumbuhan yang sanggup merambat namun tidak sanggup membentuk akar adventif dan tidak sanggup memanjat. Jangkauan rambatan sanggup mencapai belasan meter.

Daun semangka yang berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurn,a berwarna kuning, kecil. Semangka ialah yaitu andromonoecious monoklin, contohnya mempunyai dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang spesialuntuk mempunyai benang sari (statemen), dan bunga bencong (hermafrodit), yang kemudian mempunyai benang sari dan putik (pistillum). Bunga banji sanggup dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) yang dibagian awal bunga berupa pembemasukan berbentuk oval.

Buah semangka mempunyai kulit yang keras, berwarna hijau yang pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Bergantung kultivarnya, daging buahnya yang lembap berwarna merah atau kuning. Tanaman yang cukup tanan akan kekeenteng terutama jikalau sudah memasuki masa pembentukan buah.

Baca Juga: 

Semangka Dalam Islam 

Dari literatur Islam, ditemukan riwayat terkena baginda Rasulullah SAW yang mengonsumsi buah semangka yang diantaranya hadist Shahih Al-Jami' yang diriwayatkan oleh Abu Dawuf dan At-Tirmidzi bahwa Nabi SAW pernah memakan buah semangka yang dicampur dengan kurma muda masak, dia bersabda, "Suhu gerah buah ini sanggup dinetralisir suhu dinginnya buah ini". 

Sahabat Ibnu Abbas berkata bahwa "semangka mengandung makanan, minuman dan wewangian; memmembersihkankan kantung kemih dan perut. Memmenolong proses bersetubuh, memmembersihkankan ulit dan menghilangkan gangguan pencernaan". 

Menuut Ibnu Qayyim bahwa semangka dimaksud dengan Al-Bithinkih adalah semangka berkulit hijau. Buah yang praktis dicerna daripada buah ketimun dan wortel serta sanggup dengan praktis mengalami perubahan ketika bercampur dengan zat lain dalam lambung. dan baiknya berdasarkan Ibnu Qayyim dikonsumsi sebelum makan.

Sedangkan berdasarkan sebagian dokter bahwa untuk mendapatkan manfaat semangka dengan mengonsumsi semangka sebelum makan sanggup memmembersihkankan perut dan menjauhkan dari penyakit. Menurut Al-Baghdadi, bahwa semangka agak hambar dan sejuk, sedangkan blewah (semangka melanda) sedikit lebih gerah.

Dari kedua jenis semangka tesebut mempunyai manfaat yang hampir sama alasannya sanggup dengan praktis dicerna dan memperlancar jalannya air seni. Getah semangkapun mempunyai manfaat atau khasiat untuk kecantikan dimana sanggup menghilangkan bisul muka, sedangkan untuk bijinya sanggup digunakan di dalam menyembuhkan watu ginjal dan kista.

Perlu kita ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi semangka setelah makan, maka sanggup menyebabkan gangguan pencernaan yang sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup usang setelah makan atau sebelum makan.

Imam Ibnu Qoyyim yang menegaskan bahu-membahu yang perlu diperhatikan yaitu buah semangka dikonsumsi sebelum makan. Sementara berdasarkan Imam Dzhahabi imbas negatif yang timbul ketika mengonsumsi buah semangka sanggup dinetralisir dengan mengonsumsi jahe

Manfaat Semangka Menurut Medis Modern 

Meski harga yang tergolong murah, semangka kaya akan fitonurien dan anti oksidan sampai sangat bermanfaa untuk kesehatan. Berikut manfaat semangka bagi kesehatan tubuh dan pengobatan tubuh anda.

1. Manfaat Mencegah Otot Kaku 
Pada tahun 2013 terdapat salah satu penelitian yang mengutarakan manfat atau khasiat semangka untuk kesehatan anda bahwa meminum jus semangka sebelum olahraga sanggup mengurangi otot kaku yang timbul keesokan harinya. Manfaat semangka ini sanggup terjadi dikarenakan adanya kandunagn sitrulin yang kemudian diubah arginin oleh ginjal yang berefek dan bermanfaa dalam melancarkan peredaran darah.

2. Manfaat Menjaga Tubuh tetap terhidrasi 
Manfaat yang membuat  anda tetap segar dan tak perlu khawatir dengan berat tubuh serta tubuh lesu alasannya kandungan elektrolit dan air yang tinggi dalma semangka mempunyai manfaat untuk menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi. Kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah yang berkisar 30 kalori per 100 g sehingga anda tidak perlu khawatir berat tubuh akan bertambah jikalau mengkonsumsi buah manis ini. Serat pangan yang ada di dalamnnya justru memmenolong melancarkan pencernaan dan baik untuk mitra diet. 

3. Manfaat Menurunkan Risiko Kanker 
Semangka yang kaya dengan anti oksiden flavonoid contohnya likopen, beta karoten, lutein, zeaxatin, dan cryptoxanthin. Anti oksidan tersebut diketahui sanggup mencegah kanker usus besar, prostat, payudara, endometrial, paru-paru, verbal rahim, dan pankreas. Kandungan yang terdapat dalam semangka yakni likopen lebih tinggi dibandingkan dari pada tomat. Semangka segar mengandung 4532 likopen setiap 100 gramnya, sementara tomat spesialuntuk mempunyai 2573 ug. 

Likopen dalam semangka tersebar mulai dari pecahan tengah daging buah sampai mendekat ke awal maupun ujung buah. Salah satu penelitian yang mengatakan bahwa kandungan likopen dalam semang ini, ialah termasuk stabil walau sudah dipotong dan didinginkan ke dalam kulkas selama tujuh hari. Semangka mempunyai vitamin A dan X sebagai antioksidan alami. Sehingga total antioksidan (nilai ORAC) dalam semangka yaitu sebesar 142 umol TE/100g. 

4. Manfaat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 
Vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam semangka mempunyai tugas yang amat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin A kemudian memmenolong merawat membran mukosa supaya basil tidak praktis masuk dalam tubuh. Sedangkan untuk vitamin C diperlukan dalam menjaga produksi protein pembunuh virus dan kuman. 

5. Manfaat Obat Kuat Untuk Pria 
Dr. Samuel Oetoro SpGK mengungkap bahwa kandungan sitrulin dalam semangka mempunyai imbas yang sama ibarat viagra. Hasil tersebut kemudian serupa yang didapatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas A&M, Amerika Serikat. Penelitian tersebut kemudian mengatakan bahwa pembuluh darah lebih lancar akhir sitrulin yang sanggup meningkatkan kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin semangka terdapat daging buah, yang lebih tinggi pada pecahan putih atau kulitnya. 

6. Manfaat Anti Peradangan 
Likopen yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa yang kemudian bisa menghambat acara enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang mengandung nitrogen. Oleh alasannya itu, semangka baik dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin dalam semangka diketahui sanggup mempertahankan asam lambung supaya tetap normal. 

7. Manfaat Menjaga Kesehatan Ginjal 
Semangka juga bermanfaa dalam menjaga kesehatan ginjal sehingga untuk penyakit contohnya penyakit radang ginjal dll. sanggup anda memanfaatkan semangka sebagai obat yang sekaligus sanggup anda santap untuk mencicipi nikmatnya. Ini sanggup terjadi alasannya semangka bersifat diuretik yang mengandung sitrulin yang sanggup meningkatkan jumlah urin keluar dari tubuh. Kalium dalam semangka bisa meluruhkan racun supaya ikut keluar bersama urin yang memmenolong atau mempunyai manfaat untuk mempromosikan kesehatan ginjal supaya lebih ketat. 

8. Manfaat Sebagai Anti Peradangan 
Likopen yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi bersama dengan beta karoten dan cucurbitacin E. Senyawa yang bisa menghambat acara enzim siklo-oksigenase dan menetralkan reaksi molekul yang sanggup mengandung nitrogen. Oleh alasannya itu, semangka baik yang dikonsumsi untuk mencegah peradangan. Sitrulin yang diketahui sanggup mempertahankan asam lambung supaya tetap normal.

9. Menurunkan Risiko Stroke, Serangan Jantung, dan Tekanan Darah Tinggi
Semangka ialah salah satu dari sumber potasium yang baik. Potasium ialah komponen sel dan cairan tubuh yang sanggup memmenolong mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sehingga bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Likopen dan kalium dalam semangka demikian penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sedangkan vitamin A dan C memmenolong dalam mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Ditambah lagi, semangka dikenal kaya akan kandungan asam amino sitrulin. Ginjal akan mengubah sitrulin menjadi arginin yang memmenolong melancarkan sirkulasi darah dan mencegah akumulasi lemak dalam sel.

10.  Manfaat Melancarkan Buang Air 
Herbal buah semangka berfungsi atau bermanfaa dalam merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik bagi mereka yang mengalami gangguan membuang air kecil.

11. Manfaat Menetralisasi Tekanan Darah 
Buah semangka juga bermanfaa bagi sanak saudara yang mengidap hipertensi dikarenakan kadungan air dan kaloimnya mempunyai khasiat dan manfaat dalam menetralisasi tekanan darah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Semangka

Satu buah semangka terdiri dari 91 persen air dan 6 persen gula. Semangka mengandung beberapa macam vitamin termasuk vitamin A, B1, B6, dan yang paling menonjol yaitu vitamin C. Selain dari pada itu, semangka juga mengandung asam amino sitrulin, biotin, magnesium, asam spantotenik, tembaga, dan kalium.



Gambar di samping mengatakan bahwa kandungan dari nutrisi semangka dalam sajian 100 gram. Misalnya buah berwarna merah lainnya dimana semangka mengandung yang bermanfaa yaitu pihmen warna kartenoid dalam jumlah besar. Selain dari pada itu, yang paling menonjol yaitu likopen dan beta kartoen. Terdapat salah satu penelitian yang menunjukan bahwa kandungan dari semangka mempunyai manfaat contohnya kandungan karotenoid dan anti oksidan plifenol lainnya semakin meningkat ketika semangka masak.

Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) ialah tumbuhan merambat yang berasal dari kawasan setengah gurun di Afrika yang berada di pecahan selatan. Tanaman yang masih sekerabat dengan melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus).


Semangka sanggup dipguan buahnya untuk dimakan segar atau dibentuk jus. Biji semangka yang sanggup dikeringkan dan disangrai sanggup dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Baca Juga: 

Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif
Manfaat Kacang Merah Turunkan Kolesterol dan Diabetes. Tekniknya?..
15 Manfaat Pare: Si Pahit Kaya Manfaat Bagi Kecantikan, Kesehatan dan Pengobatan HIV/AIDS
30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh Anda
Obat Amandel ! Teknik Mengobati Amandel melaluiataubersamaini 12 Bahan Alami
24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya
24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Teknik Pembuatannya Yang Begitu cepatdangampang dan Cepat
                                                                                                                                                
Demikianlah info terkena manfaat semangka. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana sehingga info terkena manfaat buah semangka sanggup diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dirangkaikan sebagai suplemen sajian masakan anda. Sekali lagi ibarat admin mengangkat judul bahwa Manfaat Semangka: Buah Sehat, Karena Manis dan Segar Tak Cukup. Sekian dan terimkasih. Salam Berbagi Teman-Teman.         

Referensi:     

  • Sobir, Phd dan Firmansyah D. Siregar. Budi Daya Semangka. Penerbit Swadaya. 
  • Hatta, Muhammad. Mukjizat Herbal Dalam Al-Qur'an. Mirqat: Pondok Bambu-Jakarta Timu
  • Ibnu Eman Al Cidadapi. Ramuan Herbal Ala Thibun Nabawi. Putra Danayu