Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...

Anda harus tahu, tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat. Manfaat kayu manis sudah usang sudah dikenal hingga dikala ini, baik secara tradisional penyembuhan penyakit atau dengan produk olahan dari tumbuhan kayu manis yang banyak dijadikan sebagai materi industri farmasi, kecantikan, minuman dan makanan. 

Kayu manis yaitu antiseptik, tonik dan stimulan yang sangat ampuh, bersifat anti-sesak. Rempah yang rasanya manis dan besar lengan berkuasa diambil dari lapisan dalam kulit pohon kayu manis dan dijual dalam bentuk bubuk berwarna cokelat atau batang dengan bentuk menyerupai gulungan. 

Batang kayu manis membuat tubuh berkeringat dan sangat baik dalam mengobati tanda-tanda batuk pile sehingga mengatai rasa sakit dan kedinginan, tanda awal batuk pilek dan influenza. Batang kayu manis biasanya dimenambahkan ke dalam minuman buah campur pada ekspresi dominan hirau taacuh untuk mendapatkan kehangatan,aroma pedas, dan imbas menenangkan. 

Kayu manis dengan wana kulit cokelat dan ketika dikeringkan, menggulung dan berbentuk tabung menyerupai pena. Kayu manis yaitu rempah yang diperoleh dari kulit pecahan dalam pada beberapa pohon dari genus Cinnamomum. Banyak dipakai sebagai penghasil kuliner atau masakan gurih dan manis. 

Kandungan Senyawa Aktif Dalam Kayu Manis
Kandungan kimia dari kayu manis menyerupai minyak asiri, safrole, sinamaldehida, tanin, flavonoid, saponin, dammar, kalsiumoksalat, triterpenoid. Secara umum, komposisi kimia dari minya kayu manis terdiri dari sinamaldehida, sinamilasetat, salisaldehida, asam sinamat, asam benzoat, asam salisilat, eugenol dan metalisalisaldehida dengan komponen sinamaldehida sebagai pecahan utama yang banyak dari kayu manis.

1. Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Menurut Prof Hembing Wijayakusuma
Berdasarkan pendapat dari Almarhum Prof. Hembing Wijayakusuma, bahwa kayu manis bermanfaa mengobati asam urat, tekanan darah tinggi, maag, sakit kepala, muntah-muntah, kurang nafsu makan, diare, perut kembung, sariawan, diabetes militus, asma, susah membuang air besar, dan hernia.

2. Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Menurut Rismunandan dan Paimin 
Berdasarkan kedua orang ini dalam studinya menyatakan bahwa pecahan kulit batang, daun, dan akar kayu manis sanggup bermanfaa sebagai obat antirematik, istomachica (meningkatkan nafsu makan), peluruh kentut (karminatif), menghilangkan sakit (analgesik), dan peluruh keringat (diaphoretik).

3. Manfaat Kayu Manis Dalam Kandungan Senyawa Antidiabetes (Penyakit Diabetes) yaitu Sinamaldehid
Studi oleh Ngadiwiyana, dkk. pada Majalah Farmasi Indonesia tahun 2012, yang mengkaji manfaat kayu manis bahwa hasil kayu manis yakni minyak kayu manis bermanfaa sebagai penghambat enzim alfa-glukosidase sehingga bisa dikembangkan sebagai penghambat senyawa antidiabetes atau secara sederhana manfaat kayu manis untuk penyakit diabetes.

 Senyawa yang sanggup bermanfaa dalam menghambat acara enzim alfa-glukosidase yakni senyawa kafeat dan sinamat. Mekanisme manfaat kayu manis buat penderita diabetes atau kencing manis yang penghambatannya yaitu alfa-glukosidase pada usus mamalia sanggup menurunkan kadar gula darah dari hasil metabolisme karbohidrat, maka setelah makan sanggup mengurangi peningkatan kadar gula darah dan mencegah komplikasi kronis jawaban diabetes militus (DM).

melaluiataubersamaini demikian, manfaat kayu manis untuk penderita diabetes atau kencing manis sangat sanggup menghambat dan mencegah komplikasi kronis alasannya sanggup mengurangi peningkatan kadar gula darah.

4. Manfaat Kayu Manis Dalam Bentuk Minyak Asiri, Senyawa Agenr Antimikroba dan Antijamur
Minyak asiri yang terdapat dalam kayu manis baik kulit batang, ranting, cabang dan akar ini, berfungsi sebagai antimikroba. sepertiyang penelitian Damayanti ditahun 2004, bahwa manfaat kayu manis sanggup menghambat pertumbuhan basil Staphylococus aureus, Escherichia coli, dan Samonella typhimurium. Menguak manfaat kayu manis yang dilakukan oleh Damayanti, bergotong-royong sudah ada semenjak tahun 1999 oleh Sukandar, dkk. bahwa kayu manis bermanfaa dan bermanfaa sebagai antimikroba  paling besar lengan berkuasa untuk jenis Samonella typhimurium dan jamur Candia albicans. Tidak spesialuntuk berhenti disitu manfaat kayu manis sebagai antimikro, kayu manis pula sanggup menghambat perkembangan dari basil Bacillus sustilis.

 tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...


Penelitian manfaat kayu manis sebagai antimikroba dan antijamur terus berlanjut, menyerupai penelitian oleh Monica Dian M. Mahasiswa FK, Universitas Diponegoro tahun 2008 bahwa manfaat kayu manis sanggup menghambat penyebab panu yaitu jamur Malassezia furfur. Dan diduga pula senyawa dalam manfaat kayu manis sebagai antijamur adlaah eugenol, safrol dan tanin. Terus berlanjut oleh penelitian Amal Munirah bahwa ekstrak kayu manis bermanfaa menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans pada rongga verbal sehingga kalau disimpulkan penelitian Amal Munirah, tentu manfaat ada pada rongga verbal dan tentu saja menjaga verbal dari jamur yang pada pada dasarnya mencegah kerusakan gigi.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Asam Urat
Kayu manis sebagai obat asam urat bisa anda lakukan dengan menyiapkan bahan, 1 ibu jari kayu manis,  4 lembar sosor bebek, 5 gram biji pala, 5 butir cengkih, 3 gelas air (600 ml), 15 gram jahe merah, 5 butir kapulaga. Pembuatan obat asam urat sebagai manfaat kayu manis yaitu rebus tiruana materi hingga menjadi 300 ml. Saring, minum dua kali sehari sebanyak 150 ml masing-masingnya.

2. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Hernia
Kayu manis dalam membuat obat hernia yaitu rebus 1 ibu jari kayu manis, 5 gram adas, 1 jari pulasari, 15 gram jahe merah dan 5 butir kapulaga ke dalam 800 ml hingga tersisa 400 ml. Saring air rebusannya kemudian minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.  

3. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Diare 
Dalam memanfaatkan kayu manis sebagai obat diare melaksanakan banyak sekali kombinasi atau ramuan-ramuan yaitu dengan menyediakan 5 gram kayu manis, 3 gelas air (600 ml), dan 5 lembar daun jambu biji. Teknik membuat manfaat kayu manis sebagai obat diare yaitu rebus tiruana materi hingga tersari 300 ml. Saring, menambahkan gula, dan minum dua kali sehari yang masing-masing 150 ml.

4. Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes (Kencing Manis) 
Diabetes atau kencing manis bagi penderita maupun yang bukan penderita, tentu ingin terhindar dari penyakit dan menyembuhkan penyakit diabetes atau diabetes militus yang hingga dikala ini menjadi momok bagi seluruh masyarakat disegala kalangan usia jawaban gula darah yang tinggi dan manfaat kayu manis untuk gula darah sanggup mengatasi hal tersebut.

 tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...
Manfaat kayu manis buat penderita diabetes untuk topik ini sangat digampangkan alasannya dalam pembuatan obat diabetes memanfaatkan kayu manis sangatlah praktis yakni spesialuntuk dengan menyiapkan 2 batang kayu manis (panjang 5 cm), dan 200 air gerah. Teknik pembuatan obat diabetes tidaklah ribet, cukup srieduh kayu manis kedalam air gerah kemudian minum ramuan dua kali sehari sebanyak 1 gelas.

5. Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Manfaat kayu manis terkhusus bagi perempuan dan sebagian laki-laki tentu menjadi hal yang menarikdanunik, alasannya ternyata kayu manis bermanfaa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat kayu manis untuk kulit sanggup terjadi alasannya kandungan antioksidan yang berperan dalam memperbaiki kerusakan organ dan menjaga kulit.

6. Manfaat Kayu Manis Untuk Diet
Kayu manis buat diet sangatlah bermanfaa bagi kecantikan tubuh anda apalagi perempuan yang sangat memperhatikan problem hal ini dan juga kini ini juga bagi pria. Manfaat kayu manis untuk menurunkan berat tubuh atau khasiatnya buat diet sanggup terjadi alasannya kandungan eugenol yang notabene memperlancar sirkulasi dan proses metabolisme dimana hal ini tentu saja bermanfaa dan bermanfaa sebagai resep herbal yaitu manfaat kayu manis untuk menurunkan berat tubuh anda.

Tidak spesialuntuk eugenol, kandungan serat dan kalsium dalam manfaat kayu manis untuk diet atau menurunkan berat tubuh dimana serat dan kalsium ini sanggup menurunkan kadar kolesterol sehingga membuat bentuk tubuh anda tidak berlemak dan menjadi sehat. 

7. Manfaat Kayu Manis Untuk Penyembuhan Luka
Kayu manis dengan kandungan Cinnamaldehid dengan tugas yang sangat penting dalam mengobati banyak sekali macam luka-luka dengan cara mencegah pembekuan trombosit sebagai penyebab terhentinya aliran darah


8. Manfaat Kayu Manis Untuk Penderita Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Manfaat kayu manis dalam mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, memanfaatkan banyak materi atau ramuan-ramuan yang perlu anda sediakan. Bagi anda tentu bukanlah menjadi suatu problem besar, alasannya manfaat yang ditawarkan untuk kesehatan anda. Bahan-bahan yang diharapkan yaitu 2 jari kayu manis, 10 gram kencur, 500 ml air, 10 gram asam trengguli, 20 gram daun saga dan 15 gram daun sena. Teknik menciptakannya pun sangatlah praktis yaitu dengan rebus tiruana materi dan air hingga menjadi 200 ml. Saring dan minum dikala hangat sebanyak 2 kali sehari sebanyak 1 gelas. (Dapat direbus ulang).

9. Khasiat dan Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Maag
Kayu manis bermanfaa dan bermanfaa dalam menyembuhkan maag anda atau manfaat kayu manis untuk asam lambung. Maag yang banyak diderita oleh pelajar alasannya makan yang tidak teratur apalagi mahasiswa yah, penyakit ini bergotong-royong sanggup pula dikatakan identitas pelajar, akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu dan juga berefek pada problem pelajaran, maka kayu manis yang terjangkau dan praktis didapatkan tentu sangat praktis mendapatkan manfaat dan khasiat kayu manis untuk asam lambung anda. Bahan yang perlu anda siapkan yaitu 10 gram kayu manis, 200 ml air (1 gelas). Teknik membuat khasiat kayu manis untuk asam lambung yaitu rebus hingga 100 ml, saring dan minumlah airnya selagi hangat, dua kali sehari masing-masing sebanyak 100 ml (ramuan bisa direbus ulang).

 tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...


10. Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Muntah-Muntah 
Teknik membuat obat ini sangatlah praktis yaitu rebus 1 jari kayu manis, 10 gram temu kunci, dan 3 utir kapulaga dengan 800 ml air hingga 400 ml. Saring, kemudian minum dua kali sehari masing-masing 200 ml. 

11. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis dengan sifat anti-inflamasi sangat efektif menjaga jantung dan arteri dari kerusakan dan infeksi. Begitu juga dengan khasiat kayu manis sebagaimana paparan diatas bahwa kayu manis bermanfaa dalam melawan kolesterol buruk. Adapun ramuan-ramuan dalam penyembuhan atau pencegahan penyakit jantung yang teruraikan dalam buku 262 Tumbuhan Obat dan Khasiatnya (2013:153) yang resepnya yaitu 13 gram daun dewa, bubuk halus 3 gram kayu manis cina, kemudian seduh dengan secangkir gerah. Minum selagi hangat, dan lakukan satu kali sehari.

12. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Kanker
Khasiat dan manfaat kayu manis lagi-lagi sangat ekstrim, selain bermanfaa untuk diabetes, diet, asam urat, asam lambung, jantung, kini manfaat ekstrim yang dimaksud yaitu sanggup mencegah penyakit kanker dimana penelitian University of Texas, bahwa kayu manis sanggup mengurangi proliferasi sel kanker dan mengurangi peningkatan sel-sel kanker dalam tubuh bilamana dikonsumsi secara teratur. 

13. Manfaat Kayu Manis Untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus
Kandungan serat, kalsium dan mangan mineral bermanfaa dalam meningkatkan fungsi usus besar yang bisa mengurangi risiko kanker usus dan diare serta sembelit.


14. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah Penuaan Dini
Kayu manis yang bisa meningkatkan sirkulasi darah tentulah sanggup mencegah penuaan dini sehingga wajah atau bentuk tubuh kita atau kulit kita terasa kencang dan lebih muda, hal ini alasannya senyawa caumarin yang mempunyai sifat pengencer darah.

15. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Tuberkulosis (TBC)
TBC ialah penyakit yang banyak dialami oleh lansia dan juga anak muda yang menggunakan produk-prduk yang sanggup menjadikan TBC menyerupai rokok dll. Mengapa manfaat kayu manis sanggup menembuhkan TBC itu alasannya menarikdanunik dalam buku Sehat & Cantik Alami Berkat Khasiat Bumbu Dapur (2010:98) yang sudah menguraikan dan menyajikan resep dalam membuat obat tuberkulosis dengan ramuan-ramuan yang begitu beragam, namun untuk problem penyembuhan penyakit tuberkulosis (TBC) tentu bukanlah problem yang besar apalagi materi yang praktis dan murah.

Bahan dan caranya yaitu menyiapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji kapulaga, 1 ibu jari manis, 7 biji kemukus, dan 7 biji cengkih. Teknik menciptakannya yaitu rebus tiruana ke dalam 4 gelas air hingga menyisahkan 2 gelas air. Dinginkan, saring dan minum 3 kali 1/4 gelas dalam setiap harinya.

16. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Rematik 
Menurut Rismunandan dan Paimin dalam studinya menyatakan bahwa pecahan kulit batang, daun, dan akar kayu manis sanggup bermanfaa sebagai obat antirematik, istomachica (meningkatkan nafsu makan), peluruh kentut (karminatif), menghilangkan sakit (analgesik), dan peluruh keringat (diaphoretik).
 
17. Manfaat Kayu Manis Untuk Obat Jerawat 
Ternyata kayu manis sanggup dipakai sebagai resep kecantikan wajah anda yang bisa mengobati jerawat,. Manfaat kayu manis untuk jerawat sangat praktis didapatkan yaitu menyediakan batang kayu secukupnya dan madu secukupnya. Teknik membuat manfaat kayu manis untuk wajah jerawat yaitu haluskan batang kayu manis hingga menjadi bubuk, campur dengan madu kemudian oleskan adonan tersebut ke wajah yang berjerawat pada waktu malam hari. Hingga keesokan harinya wajah sanggup dimembersihkankan.  
 tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...

18. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Jeruk 
Kayu manis dan adonan jeruk atau lemon, jadi apakah ini atau bermanfaakah ramuan ini ?.. Aroma dan kekhasan rasa dari kayu manis, sanggup dimanfaatkan untuk dicampurkan dengan jus jeruk, atau lemon yang kaya akan vitamin C. Jadi, akan membuat segelas toddy (minuman keras berbumbu) gerah yang nikmat, menambahkan sebatang kayu manis ke dalam segelas jus jeruk segar.

19. Manfaat Kayu Manis dan Campuran Madu
Kayu manis dan adonan madu sangat nikmat dengan dituangkan air gerah dan madu sebagai pemanis, sungguh bermanfaa dan bermanfaa dalam melawan jerawat dan dinginnya ekspresi dominan dingin.

20. Manfaat Kayu Manis Untuk Mencegah, Mengobati dan Memmembersihkankan Gigi
Penelitian Amal Munirah bahwa ekstrak kayu manis bermanfaa menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans pada rongga verbal sehingga kalau disimpulkan penelitian Amal Munirah, tentu manfaat ada pada rongga verbal dan tentu saja menjaga verbal dari jamur yang pada pada dasarnya mencegah kerusakan gigi. 

Kembali Ke Kandungan Kayu Manis Dalam Minyak Asiri

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kandungan minyak C. burmanii, C. Zeylanicum, dan C. cassia masing- masing sebesar 1,75%; 2%. Minyak kayu manis diambil dari pecahan kulitnya yang terdapat pada baang, dahan, dan ranting. Selain kulitnya, daun kayu manis dsuling menjadi minyak daun kayu manis atau yang biasa dikenal dengan cinnamon leaf oil. Hasil dari penyulingan jenis C.cassiavera dibagian kulit batang, kulit dahan, daun dan kulit ranting mempersembahkan kadar berturut-turut 3,45%, 2,38%, 0,12% dan 1,95%.

Kandungan minyak daun C. zeylanicum mengandung eugenol sebagai komponen utamanya sebanyak 80-90%. Sementara itu, kandungan utama minyak daun C. burmanii dan C. cassia sama dengan kandungan minyak yang disuling dari kulitnya menyerupai sinnaldehida dengan kandungan minyak 80% dan sineol spesialuntuk terdapat dibagian daunnya.

Baca Juga:

24 Manfaat Susu Kedelai Untuk Tubuh Anda dan Lihat Teknik Pembuatan Yang Begitu cepatdangampang dan Cepat
BAHAYA, Kacang Tanah Dapat Mengakibatkan Mual, Muntah dan Kanker Hati Hingga Kanker Payudara
12 Teknik Memutihkan Gigi Secara Alami 
Manfaat dan Khasiat Strodiberi Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Benarkah ?.. Check This Out 
32 Manfaat Anggur Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh 
Manfaat Strawberry Untuk Tubuh Anda, Sesuai Kandungannya 
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Beragam Penyakit


Demikianlah informasi terkena 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
 tumbuhan kayu manis ialah tumbuhan sejuta manfaat 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan. Lihat Fakta Menariknya...

Referensi: 24 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan & Kecantikan
  • Airey, Raje. 50 Rahasia Alami Meentengkan Gejala Batuk-Pilek
  • Hussein, Muhammad Adam. Pengobatan Ruqyah dengan Terapi Kayu  Manis. Sukabumi: Adamssein media, 2015. 
  • Wijayakusuma, Hembing H.M. Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing. Jakarta: Puspa Swara, 2006. 
  • Suwarto, dkk. Top 15 Tanaman Perkebunan. Jakarta: Penebar Swadaya, 2014. 
  • Utami, Prapti dan Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Herbs. Jakarta: Agromedia Pustaka, 2013. 
  • Puspaningtyas, Desty Ervira dan Prasetyningrum, Yunita Indah. Infused water bermanfaa. Jakarta: FMedia, 2014. 
  • Soraya, Noni. Infused Water: Minuman Alami Bervitamin & Super Sehat.
  • Yuliani, Sri dan Satuhu, Suyanti. Panduan Lengkap Minyak Asiri. Jakarta: Penebar Swadaya, 2012.