Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Laki-Laki & Wanita

Manfaat Daun Kemangi|Kemangi yaitu daun yang biasa dipakai sebagai lalapan makanan. Selain itu, tahukah anda bahwa terdapat manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi sangat beragam, mula dari manfaat untuk laki-laki, wanita, ibu hamil, dan bayi. Manfaat daun kemangi sanggup dijadikan obat untuk kesehatan yang bermanfaa untuk asam urat, asma, ejakulasi dini, sakit kepala, keseburan, sperma, penghilang anyir badan, untuk rahim, ASI, anak, cepat hamil, penerapan zat adiktif, jerawat, kejantanan pria, kulit, perempuan hamil, wajah, wajah berjerawat. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi tidak spesialuntuk itu saja masih banyak lagi khasiat daun kemangi untuk menambah wawasan anda. Dari manfaat daun kemangi, sanggup kita lakukan dukungan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi kedalam dua kategori yaitu manfaat daun kemangi untuk kesehatan, manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut. 

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Mengungkap manfaat daun kemangi mulai dari awal yaitu mengenal nama latin kemangi yaitu Ociumum sanctum L. Daun kemangi sangat simpel dijumpai di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Aroma yang khas, berpengaruh sekaligus lembut dengan sentuhan wangi sitrun. Karena itulah, manfaat daun kemangi dan cara mengolahnya mengundang selera makan dan sanggup menambah yummy hidangan. Daun kemangi lazim disantap mentah sebagai lalapan, gotong royong daun kol, mentimun dan sambal sebagai komplemen masakan warung yaitu ayam atau ikan goreng. 

Selain manfaat daun kemangi sebagai lalapan,  manfaat daun kemangi tidak spesialuntuk sebagai lalapan, namun daun kemangi sanggup dipakai dalam sajian laksa atau nasi ulam khas Betawi. Ada banyak tempat yang memanfaatkan daun kemangi dalam banyak sekali sajian masakan yang tentu saja itu alasannya yaitu aroma khas daun kemangi yang bermanfaa menambah selera makan selain di betawin juga di jawa timur pada nasi krawu, botok, transam (urap), atau pencen tempe. Manado pada bubur gurih komplit ala Manado dilengkapi sebagia sajian daun kemangi. 

Tidak spesialuntuk di dalam negeri atau di Indonesia saja yang memakai manfaat daun kemangi sebagai komplemen makanan, manfaat daun kemangi pada hal ini dimanfaatkan beberapa negara yaitu India dan sebagian afrika yang biasa menyeduh teh daun kemangi sebagai ganti seduhan daun teh asli. Teh kemangi yang lazim disajikan di ketika pergantian musim, yang mana disaat itu banyak orang terjangkit penyakit gangguan kesehatan mulai dari batuk, pilek atau demam sehingga banyak yang memakai manfaat daun kemangi pada ekspresi dominan tersebut. 

Sedangkan bagi orang Eropa biasa memakai manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi  dari mengestraksi minyak asiri dari kemangi sebagai materi adonan obat dan kosmetika untuk perawatan tubuh, contohnya sabun mandi, parfum, body lotion, permen pelega tenggorokan, minyak aromaterapi, dan minyak gosok. 

Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi untuk orang Sunda yang menyebut daun kemangi sebagai surawung. Orang Thailand menyebut daun kemangi dengan maenglak, dan dalam bahasa Inggris daun kemangi disebut dengan lemon basil. 

Tanaman obat kemangi tersebar ke seluruh belahan dunia, mulai dari Eropa, Mediterania, Asia Pasifik, Amerika, Timur Tengah, hingga ke Australia. Kemangi berkerabat dengan tumbuhan selasih (Ocimun sancium), daun poko (Mentha arvensis), dan daun bangun-bangun atau jintan (Coleus amboinicus).

Dalam penanaman kemangi sangatlah gampang, kalau bijinya disebar, maka kemangi akan tumbuh. Kemangi sanggup tahan di cuaca gerah maupun dingin. Pada tempat dingin, daun kemangi lebih lebar dan hijau. Sedangkan penanaman daun kemangi di tempat gerah mempunyai daun kecil, tipis dan juga berwarna hijau pucat.

Kemangi yaitu daun yang biasa dipakai sebagai lalapan masakan 28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi menentukan memperbanyak kemangi dengan biji dan stek. Biji yang sudah disemai akan tumbuh dalam kurun 3-4 minggudan sebaiknya dipguan biar bercabang yang semakin banyak. Pilih batang yang berpengaruh untuk stek supaya berakar lebih cepat. Stek akan berakar setelah seminggu terendam air. Sesudah 2-3 minggu, akarnya sudah cukup anjang sehingga tumbuhan kemangi sanggup indah ke dalam pot atau ke tempat lain dalam sabun. 

Ciri-Ciri Kemangi (Ociumum sanctum L.)
Tanaman yang banyak tumbuh tempat tropis ialah herba tegak atau semak, tajuk membulat, bercabang banyak, sangat harun dengan tinggi 0,3-1,5 m. Batang pokoknya tidak jelas, berwarnah hijau sering keungunan dan berambut atau tidak. Daun tunggal, berhadapan, dan tersusun dari bawah ke atas. Panjang tungkai daun 0,25-3 cm dengan setiap helaian daun berbentuk lingkaran telur hingga elips, memanjang dan ujung runcing atau tumpul. Pangkal daun pasak hingga membulat, dikedua permukaan berambut halus, tepi daun bergerigi lemah, bergelombang atau rata.

Bunga kemangi tersusun dari tangkai bunga yang bentuknya tegak. Bungan beragam berkarang dan diketiak daun ujung terdapat daun pelindung yang bentuknya elips atau ular telur dengan panjang sekitar 0,5-1 cm. Kelopak bunga yang berbentuk bibir, sisir luar berambut kelenjer, berwarna ungu atau bulat, dan ikut menyusun buah, mahkota bunga berwarna putih dengan benang sari tersisip didasar mahkota dan kepala putih bercabang dua namun tidak sama. 

Buah berbentuk kotak,berwarna coklat tua, tegak dan tertekan dengan ujung membentuk kait melingkar.Panjang kelopak buah 6-9 mm. Biji berukuran kecil, bertipe keras, coklat tua,  dan waktudiambil segera membengkak, tipa buah berdiri dari empat biji. Akar tunggang dan berwarna putih kotor. 

Dalam mencari fakta ilmiah wacana manfaat daun kemangi yang dapat digunakan sebagai obat, kesehatan, dan kecantikan kulit dan rambut, yaitu kandungan daun kemangi sehingga manfaat daun kemangi tidak spesialuntuk menjadi sebuah mitos atau tradisi dari leluhur tanpa ada fakta-fakta yang menandakan hal tersebut. Kandungan daun kemangi yaitu sebagai diberikut...

Kandungan Daun Kemangi

Beberapa materi kimia yang terkandung dalam Kemangi 3,7-dimetil-1,6-oktadien-3-ol (linaool 3,94 mg/g), 1-metoksi-4-2-(2-propenil) benzena (estragol 2,03 mg/g), metil  sinamat (1,28 mg/g), 4 alil-2-metoksifenol (eugenol 0,896 mg/g), dan 1,8 sineol (0,288 mg/g) yang diidentifikasi dengan metode GC/MS. Secara tradisional, kemangi sudah dipakai dalam penyembuhan pusing, batuk, diare, konstipasi, cacingan gagal ginjal dan kutil.
Kemangi yaitu daun yang biasa dipakai sebagai lalapan masakan 28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Tanaman kemangi mengandung banyak minyak atsiri yang dilaporkan mempunyai acara antibakteri. Selain dari itu mengandung flafon apigenin, glukaronida, luteolin, flavon O-glukotisidaapigenin 7-O glukoronida, luteolin 7-O glukoronida, flavon C-glukosida orientin, asam ursolat, molludistin. Sedangkan daun kemangi sendiri, pada penelitian fitokimia sudah menandakan adanya flafonoid, glikosid, asam gallic dan esternya, asam kaffeic, dan minyak astsiri yang eugenol sebagai komponen utama. Berdasarkan daftar komposisi pada materi masakan direktorat gizi departemen kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran yang kaya akan provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi mempunyai kandungan 5.000 SI vitamin A. Selain dari itu, kelebihan kemangi yaitu banyak mengandung mineral, kalsium 45 mg dan fosfor 75 per 100g. 

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Manfaat daun kemangi kebanyakan dari kandungan atsiri. Manfaat minyak atsiri mempunyai imbas antimikrobiologis yaitu melawan mikrobacterium tuberculasisi danstappylococcus aureus in vitro dan basil serta jamur lainnya. Efek tersebut diperankan oleh eugenol dan methyl eugenol yang menawarkan rekasi yang positif. Oleh alasannya yaitu itu infeksi basil dan jamur kulit sanggup diobati dengan jus daun kemangi. 

Ekstrak cair daun kemangi menawarkan imbas hipotensi dan sanggup menghambat kontraksi otot halus yang diransang oleh astilkolin, korbakol, dan histamin. Sedangkan ekstral padat daun kemangi dalam dosisi 500mg x 3 selama seminggu, signifikan menurunkan sesak nafas pada 20 pasien dengan eosinofilia troikal. Meskipun disana tidak ada pengurangan jumla eusinofil pada darah tepi. 

Dari banyak sekali sumber melampirkan sejumlah manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi yang sanggup dibuktikan secara ilmiah baik itu bersumber dari journal, artikel, buku dan web-web yang sesuai dengan fakta manfaat daun kemangi pada kandungan kemangi. Manfaat daun kemangi yaitu sebagai diberikut....

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

1. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melawan Radikal Bebas. Daun kemangi memiki khasiat untuk melawan radikal bebas alasannya yaitu daun kemangi memiki antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Antioksidan tersebut yaitu flavonoid dan eugenol yang mencegah pertumbuhan bakteri, birus dan jamur.
2. Manfaat Daun Kemangi Untuk Memmenolong Pertumbuhan Tulang. Khasiat daun kemangi tersebut bukan tanpa fakta ilmiah yang menandakan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi yang sanggup memmenolong pertumbuhan tulang dari kandungan tersebut yaitu kalsium dan fosfor yang mengatur pembentuk dan pertumbuhan tulang. Tidak spesialuntuk itu, kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi bermanfaa pada daun kemangi berperan aktif merangsang fungsi kerja dan hormon estrogen dan hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

3. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melancarkan Aliran Darah Dalam Tubuh Kita. Daun kemangi sanggup bermanfaa dan bermanfaa melancarkan pedoman darah alasannya yaitu kandungan magnesium yang memmenolong merefleksikan jantung dan pembuluh darah sehingga sanggup menjaga pedoman darah tetap lancar.

4. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengobati Panu. Manfaat daun kemangi tersebut sanggup didapatkan dengan cara mengolah daun kemangi cukup segenggam daun kemangi yang dicuci membersihkan, kemudian dihaluskan. Beri sedikit air adonan kapur sirih yang selanjutnya dibalurkan di belahan kulit yang terjangkit panu. Alangkah lebih banyaknya cara mengolah daun kemangi untuk khasiat mengobati panu dilakukan dua kali sehari. 

4. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Kandungan beta karoten yang berperan meningkatkan respon antibodi, sehingga kekebalan meningkat. 

5. Manfaat Daun Kemangi Yang Dapat Memperbaiki Sel-Sel Yang Rusak. Kandungan beta karoten memmenolong sintetis protein yang mendukung proses pertumbuhan dan sanggup memperbaiki sel-sel yang rusak. 

Kemangi yaitu daun yang biasa dipakai sebagai lalapan masakan 28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita
6. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meningkatkan Penglihatan. Kandungan beta karoten dan provitamin A yang tinggi sanggup memmenolong menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan. 

7. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kualitas Sperma. Manfaat daun kemangi untuk kualitas sperma alasannya yaitu kandungan zat arginin yang memperkuat daya hidup sperma sehingga sanggup mencegah kemandulan. 

8. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mencegah Ejakulasi Dini. Kandungan zat eugenol dan apigemin fenkhona yang sanggup memmenolong meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini. 

9. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengobati Sariawan. Teknik mengolah daun kemangi untuk manfaat daun kemangi dalam mengobati sariawan sanggup dilakukan dengan memakai sekitar 50 helai yang sudah dicuci membersihkan. Selanjutnya dikunyah sekitar 3 menit. Sesudah halus, daun kemangi dan airnya diminum hangat. Lakukan 3 kali sehari untuk manfaat daun kemangi mengobati sariawan secara terbaik.

10. Manfaat Daun Kemangi Untuk Menghilangkan Mual dan Flu melaluiataubersamaini Teknik cepatdangampang. Teknik mengolah daun kemangi untuk manfaat menghilangkan mual dan flu yaitu dengan mengeringkan daun kemangi dan kemudian diseduh layaknya teh. Minum air teh kemangi dua kali sehari dan tubuh akan sembuh dari mual serta menghalau flu hadir.

11. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meredakan Perut Kembung. Teknik mendapatkan manfaat daun kemangi sebagai obat pereda perut kembung yaitu dengan merebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

12. Manfaat Daun Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut. Manfaat daun kemangi sebagai obat penghilang baut ekspresi yaitu dengan memakai biji , akar dan daun kemangi yang dimembersihkankan dan diseduh dengan air gerah. Air seduhan tersebut sanggup dimenambahkan madu. Minumlah setiap pagi sebelum beraktifitas untuk manfaat daun kemangi yang efekif. 

13. Manfaat Daun Kemangi Untuk Diabetes (Menurunkan Kadar Gula Darah). Manfaat daun kemangi sebagai penurun kadar gula darah yang biasa menimbulkan penyakit diabetes. Daun kemangi sanggup menurunkan kadar gula darah alasannya yaitu kandungan arginine yang mempunyai banyak khasiat mulai dari menurunkan kadar gula darah, mencegah kemandulan dan memperpanjang umur sperma. 

14. Manfaat Daun Kemangi Untuk Asam Urat. Daun kemangi sanggup bermanfaa dan bermanfaa dalam meentengkan asam urat anda alasannya yaitu purin yang berlebih. Kandungan daun kemangi yang mempunyai khasiat meentengkan asam urat anda yaitu cineole, myrcene, dan eugenol sebagai antiperadangan dan antibiotik. 

15. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengusir Nyamuk. Daun kemangi sanggup anda gunakan dalam mengusir nyamuk aroma khas dari daun kemangi. 

16. Manfaat Daun Kemangi Untuk Jerawat. Daun kemangi sanggup membuat wajah anda membersihkan dari jerawat yang mengganggu. Khasiat daun kemangi yang sanggup memperlancar peredaran darah sehingga wajah menjadi lebih sehat, halus, membersihkan, kencang dan membersihkan dan tentu saja hal ini sanggup bermanfaa dalam menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda. 

17. Manfaat Daun Kemangi Untuk Ereksi. Manfaat daun kemangi untuk laki-laki pada kejantanan yaitu ereksi yang sanggup membuat anda tahan usang dalam bekerjasama suami istri. Manfaat daun kemangi untuk ereksi alasannya yaitu kandungan apigenin fenkona dan eugenol yang mempergampang ereksi. 

18. Manfaat Daun Kemangi Untuk Cepat Hamil. Kandungan daun kemangi yang mempunyai khasiat untuk cepat hamil dan tentu saja mencegah kemandulan yaitu senyawa guatol dan boron yang berfungsi merangsang produk hormon estrogen, hormon perempuan. 

19. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melancarkan ASI. Manfaat daun kemangi untuk bayi anda alasannya yaitu manfaat daun kemangi ini yaitu sanggup melancarkan ASI, sehingga produksi ASI anda lebih banyak. Teknik mengolah daun kemangi untuk manfaat melancarkan ASI yaitu dengan menghaluskan daun kemangi, daun beluntas, daun kunyit. Peras dan minum air perasannya secara teratur. 

20. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengatasi Badan Lesu. Teknik membuat tubuh tetap bugar sehingga anda lebih bersemangat dalam beraktifitas yaitu dengan melalap daun kemangi segar bersama hidangan sehari-hari. 

21. Manfaat Daun Kemangi Sebagai Pereda Batuk. Manfaat daun kemangi sebagai pereda batuk atau obat batuk sudah usang dipakai di Benua Afrika dan India yang diolah menjadi teh. Teknik mendapatkan manfaat daun kemangi tersebut yaitu menyeduh daun kemangi segar dengan air gerah yang didiberi sedikit madu. Minumlah selagi hangat. 

22. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengencangkan Kulit. Kandungan vitamin C dari daun kemangi bermanfaa dalam memelihara elastitas kulit dan memmenolong perembesan zat besi dan kalsium. 

23. Manfaat Daun Kemangi Untuk Pencegahan Komedo. Komedo sangat mengganggu penampilan anda, dan biasanya dalam menghilangkan komedo memerlukan biaya yang relatif mahal untuk pembelian produk-produk penghilang komedo. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi dengan menghilangkan komedo anda alasannya yaitu daun kemangi mempunyai manfaat dan khasiat dalam mencegah dan menghilangkan komedo dengan menempatkan komde disisi hidung selama 5 menit. Sesudah itu lepas dan basuh muka. 

24. Manfaat Daun Kemangi Untuk Rambut Beruban.  Daun kemangi sanggup dijadikan dalam mencegah rambut beruban dengan merendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan basuh rambut dengan ramuan tersebut keesokan harinya. ramuan manfaat daun kemangi tersebut mencegah rambut beruban dan rontok. 
25. Manfaat Daun Kemangi Untuk Rambut Rontok. Rambut rontok biasanya terjadi alasannya yaitu gatal kulit kepala. Teknik mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut rontok dengan manfaat daun kemangi yaitu pasta dari daun kemangi yang dimenambahkan dengan minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala untuk menjaga kulit kepala tetap dingin. 

26. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Jantung. Dari beberapa penelitian daun kemangi sanggup bermanfaa dalam memelihara kesehatan jantung alasannya yaitu kandungan betakaroten dan magnesium. Betakaroten dan magnesium ialah mineral yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

27. Manfaat Daun Kemangi Untuk Wanita Yaitu Keputihan. Manfaat daun kemangi yang sanggup mengatasi keputihan alasannya yaitu kandungan senyawa eugenol yang membunuh jamur penyebab keputihan. 

 28. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengatasi Stroke. Daun kemangi bermanfaa dalam mengatasi stroke dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (arteri). Kandungan isoflavon daun kemangi yang  juga terdapat pada kacang-kacangan yang juga bermanfaa dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke. 

Baca Juga:


Referensi: Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita 
  • Haryanto. dkk. 2006. Sehat dan Bugar Secara Alami. Niaga Swada
  • Redaksi Agromedia. 2008. Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit. 
  • Skripsi Fitriani Tallamma. Unhas. Efektivitas Ekstrak Daun Kemangi (Ociumim Basilicum L.) Terhadap Penurunkan Kadar Volatile Sulfur Compounds (VSCs)
  • Kurniawati, Niat. 2010. Sehat & Cantik Alami Berkat: Khasiat Bumbu Dapur. Qanita. 
  • Putriyanti, Dian. dkk. 100% Cantik Rahasia di Balik Buah & Sayur. 
  • Astawan Ahli Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB))
  • Merdeka.com (5 Khasiat kesehatan daun kemangi - Rizqi Adnamazida)
  • Health.kompas.com (Memetik Manfaat Daun Kemangi - Asep Candra; Prof DR Made 
  • Vemale.com (Khasiat Daun Kemangi - Annisa)