Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Manfaat Alpukat|Alpukat adalah buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri anda. Buah Alpukat ialah buah yang terkenal di Indonesia dan biasanya dijadikan jus alpukat, namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat buah alpukat atau khasiat buah alpukat yang tidak sebanding dengan kepopulerannya. 

Sehingga isu ini, mungkin bermanfaa bagi anda dalam mengenal alpukat lebih jauh, baik itu dari manfaat alpukat atau khasiat buah alpukat titu sendiri, sejarah alpukat, kandungan alpukat yang menerangkan mengapa alpukat sanggup bermanfaa dan bermanfaa dalam menyembuhkan penyakit dan mempercantik diri, dan yang paling utama yaitu manfaat alpukat atau khasiat alpukat itu sendiri, yang sanggup anda lihat tiruana dibawah ini...

  35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Alpukat, alpokat atau avokad yang dari bahasa inggris yaitu avocado yang berasal dari bahasa Aztek, ahuacati (dibaca kira-kira awakati). Suku Aztek berada di tempat Amerika Tengah dan Meksiko. Buah yang awalnya dikenal di tempat tersebut.
Alpukat di Indonesia banyak di hasilkan didaerah-daerah tertentu. Buah yang pertama kali ditemukan di negara belahan amerika tengah oleh suku orisinil pedalaman itu. Kemudian bangsa Spanyol hadir ke Amerika tengah dan mulai di memperkenalkan ke eropa dan menyebar ke aneka macam wilayah di penjuru dunia contohnya Asia dan Australia. 

Awalnya, pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut pada awal kurun ke-16, aneka macam flora dari tempat ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Yang memperkenalkan apokat ke penduduk Eropa yaitu Martin Fernandes de Enciso tahun 1519 seorang pemimpin pasukan Spanyol. Sejak ketika itu Alpukat menyebar ke seluruh penduduk dunia. 

Tanaman alpukat ialah tumbuhan buah yang berupa pohon yang penamaan disetiap tempat khususnya di Indonesia tidak sama-beda, menyerupai jawa barat: alpuket, jawa timur/jawa tengah: alpokat, buah pokat, batak: jamboo pokat, advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (lambung) dan lain-lain. Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi amerika Tengah dan dipekerikan buah apukat yang kaya manfaat dan khasiat buah alpukat masuk ke Indonesia kurun ke-18. Secara resmi di antara 1920-1930 Indonesia yang mengintroduksi 20 varietas alpukat dari amerika tengah dan amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul untuk meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya tempat dataran tinggi. 

Alpukat ialah belahan dari buah-buahan, bukan sayuran. Alpukat masih tergolong dalam berry family. Menurut nenek moyang, alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam merangsang kemampuan seksual seseorang. Sehingga ketika itu, alpukat jarang dibeli, reputasi atau manfaat dan khasiat yang dianggap masyarakat dulu yaitu gambaran buruk yang berusaha di perbaiki oleh petani supaya alpukat sanggup dikenal masyarakat luas. 

Pohon Alpukat mempunyai tinggi sekitar 3-10 m, berakar tunggang, batang berkayu, lingkaran warnanya coklat dan banyak bercabang. Daun tunggal terletak di ujung ranting, bentuk memanjang, ujung dan awal runcing. Tepi rata adakala agak menggulung ke atas. Bunga alpukat yang majemuk, buahnya buah buni, bentuk bola atau lingkaran telur, warnanya hijau atau hijau kekuningan. Daging buah yang sudah masak lunak, warnanya hijau dan kekuningan (Yuniarti, 2008). 

Buah alpukat mempunyai biji yang berkepng dua, sehingga termasuk dalam kelas Dicotyledoneae. Biji lingkaran contohnya bola, kepiting biji putih kemerahan. Kepingan yang praktis terlihat jikalau kulit bijinya dilepas atau dikuliti. Kulit biji pada umumnya praktis lepas dari bijinya. Di ketika buah tersebut masih muda, kulit biji tersebut menempel, pada daging buahnya.

 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
Bila buah sudah tua, bijinya akan terlepas dengan sendirinya. Biasanya sifat ini dijadikan sebagai penanda kematangan buah. Buah alpukat yang berbentuk memanjang mempunyai biji yang lebih panjang dibandingkan dengan biji yang terdapat di dalam buah yang bentuknya bulat. Sehingga, tiruana biji alpukat mempunyai kesamaan, yaitu belahan bawahnya agak rata dan kemudian membulat atau melonjong (Indriani dan Suminarsih, 1997). 

Alpukat (Persea americana Mill) sanggup tumbuh di kebun dan pekarangan pada lapisan tanah yang gembur dan subu serta tidak digenangi air. Tumbuh tempat tropik dan subtropik dengan curah hujan dari 1.800 -4.500 mm tiap tahun. Umumnya flora yang cocok dengan iklim sejuk dan basah. Tumbuhan yang tidak tahan dengan suhu rendah maupun tinggi. Di Indonesia tumbuh di ketinggian tempat antara 1-1000 m di permukaan maritim (Depkes RI, 1978).  

Alpukat dengan penyebaran yang sudah di informasikan diatas dan morfologi flora alpukat yang menyebabkan buah alpukat ini bermanfaa dan bermanfaa, yang kami menerka mungkin belum menerangkan berpengaruh terkena khasiat dan manfaat buah alpukat itu sendiri. Sehingga pembuktian khasiat dan manfaat alpukat sanggup ditinjau pada kandungan gizi alpukat atau nutrisi gizi alpukat dalam menerangkan manfaat dan khasiat alpukat yang bermanfaa dalam pengobatan penyakit, dan bermanfaa pada kecantikan kulit dan rambut. Kandungan gizi alpukat yaitu sebagai diberikut...
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
Tabel Kandungan Gizi Alpukat
Alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam menyembuhkan aneka macam penyakit dan mempercantik kulit dan rambut sanggup terjadi alasannya yaitu salah satunya dari kandungan gizi alpukat dalam dosis 100 gram yaitu sebagai diberikut...
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Itulah kandungan gizi alpukat yang sanggup menerangkan bahwa alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam mengatasi aneka macam penyakit, menyehatkan dan mempercantik diri anda. Namun yang menjadi pertanyaan selanjutnya terkena khasiat dan manfaat alpukat yaitu penyakit apa saja yang terdapat pada khasiat dan manfaat alpukat ?..bagian tubuh yang mana saja yang terdapat pada khasiat dan manfaat alpukat ?.. bagaimana atau cara memakai khasiat atau manfaat alpukat dalam mempercantik diri ?.. Yah.. tentu saja pertanyaan tersebut yang mungkin saja terlintas dalam benak anda terkena manfaat dan khasiat buah alpukat yang sanggup anda lihat dibawah ini..

35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Berikut khasiat dan manfaat alpukat adalah sebagai diberikut...

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Anda

1. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menjaga dan Menambah Daya Tahan Tubuh. Kandungan Kalium, Quersetin, Polifenol dan masih banyak lagi senyawa-senyawa yang terdapat dalam buah alpukat yang bermanfaa dalam menjaga dan menambah daya tahan tubuh. 

2. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menormalkan Kadar Kolesterol (Kolesterol Jahat, LDL). Alpukat sanggup bermanfaa dan bermanfaa dalam menurunkan kolesterol dengan menormalkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari kandungan senyawa dari buah alpukat yaitu Beta-sitosterol ialah senyawa fitokimia dan tidak spesialuntuk bermanfaa menurunkan kolesterol, juga bermanfaa dalam menormalkan trigliserida, dan total lemak darah. 

3. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang. Buah alpukat juga bermanfaa dan bermanfaa dalam menjaga kesehatan tulang dari kandungan senyawa magnesium yang terdapat dalam buah apukat. 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
4. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah dan Mengatasi Serangan Jantung. Kandungan Glutation dan Omega-9 dari buah alpukat bermanfaa dan bermanfaa yang mana kandungan ini yaitu senyawa antioksidan yang sanggup mencegah terjadinya serangan jantung. 

5. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Meredakan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Kandungan Omega-9, Kalium. Kandungan tersebut bermanfaa dan bermanfaa dalam meredakan tekakan darah tinggi. 

6. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Obat Diabetes. Buah alpukat mempunyai khasiat dan manfaat yang sanggup menjadi obat alami anda dalam mengobati diabetes dan juga mengenakan dalam mengkonsumsinya, alasannya yaitu kandungan Quersetin yang sifatnya antioksidan. 

7. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Obat Kanker Mulut dan Tenggorokan. Kandungan Glutation, Quersetin, yang bermanfaa dalam mengatasi kanker verbal dan tenggorokan serta kandungan kalium yang melindungi sel-sel tubuh dari sernagan radikal bebas 

8. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Alergi. Kandungan Quersetin yang bermanfaa dalam mengobati alergi yang tugas dari senyawa tersebut yaitu antioksidan dan antivitus. 

9. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Meningkatkan Gairah Seksual. melaluiataubersamaini mengkonsumsi setiap hari buah alpukat baik itu dikonsumsi secara mentah atau dengan dibentuk jus, sanggup bermanfaa meningkatkan gairah seksual. 

10. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sariawan. Buah alpukat bermanfaa dalam mengatasi sariawan dengan cara membuat rambuan obat sariawan dengan buah alpukat untuk mendapat khasiat dan manfaat alpukat yaitu masak daging buah alpukat yang sudah didiberi 2 sendok makan madu murni. Aduk rata kemudian makan. Lakukan setiap dua hari hingga sembuh. 

11. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Stroke. Alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam mengatasi penyakit stroke alasannya yaitu kandungan lemak tak jenuh tunggal Oleat (Omega-9), kalium, dan Quersetin. 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

12. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Kanker Payudara. Kandungan asam oleat yang bermanfaa dalam mengatasi kanker payudara yang menyerupai halnya pada minyak olive. 

13. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menyehatkan Mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam menyehatkan mata. 

14. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menangkal Radikal Bebas. Kandungan kalium dan polifenol yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas dan tentu saja membuat tubuh kita tidak praktis terjangkit penyakit dan kita selalu sehat. 

15. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menyembuhkan Batu Ginjal. Alpukat sanggup bermanfaa dan berkhasait dalam mengatasi watu ginjal dengan memanfaatkan 7 lembar daun alpukat dan 110 ml air hingga tersisa 100 ml dengan merebusnya dan hasil rebusan tersebut diminum dua kali sehari.

16. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Kanker Prostat. Buah alpukat dengan mengkonsumsinya setiap hari bermanfat dan bermanfaa dalam mengobati kanker prostat dan menjaga terjadinya aneka macam macam kanker. 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

17. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Cacat Lahir. Kandungan folat, vitamin yang dikenal dengan folic acid yang sangat penting dalam pencegahan cacat lahir contohnya kerusakan saraf dan spina bifida. Secangkir alpukat sanggup menyediakan 23% nilai harian untuk folat.

18. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Bau Mulut. Sifatnya antivirus, antibakteri dan polifenol dan antioksidan bermanfat dalam mencegah dan mengobati kedaluwarsa mulut.

19. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sakit Maag. 

20. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Diet/Menurunkan Berat Badan. Alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam menurunkan berat tubuh dan biasanya dijadikan sebagai media diet dalam menjaga postur tubuh yang ideal. Manfaat alpukat untuk diet membuat kaget masyarakat indonesia alasannya yaitu tingginya lemak dan kalori bermanfaa dalam menurunkan berat badan, hal ini sanggup terjadi alasannya yaitu kandungan gizi alpukat bahwa asam lemak tak jenuh tunggal baik dalam pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Dari energi pembakaran yang lambat membuat anda mencicipi kenyang dan cocok mengurangi rasa lapar dan nafsu makan anda. 
21. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Penyakit Radang Sendi dan Encok. Sifatnya anti-inflamasi (anti peradangan), kandungan lemak tak jenuh tunggal, pitosterol, antioksidan contohnya vitamin E, dan C dan zat karotenoid bermanfaa dan bermanfaa dalam mengurangi peradangan yang mengarah pada penyakit arthritis. 

22. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Depresi dan Stress. Kandungan potasium/kalium dan lemak nabati tak jenuh dalam buah alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam menurunkan tekanan darah tinggi. 

23. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Asam Urat. Ternyata buah alpukat sanggup dijadikan sebagai ramuan dalam mengobati asam urat yang caranya sangat gampang, cukup dengan menyediakan 1 gading buah alpukat ukuran sedang dan susu tawar secukupnya. Buah alpukat dicuci membersihkan, dipotong menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian blender, sambil menambahkan susu, hingga tergabung secara rata. Sesudah itu, konsumsi jus alpukat ini minimal sehari sekali.

24. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah dan Mengobati Anemia. Kandungan zat besi dan tembaga dalam buah alpukat ternyata bermanfaa dan bermanfaa dalam memmenolong proses regenerasi darah merah dalam mencegah belum sempurnanya darah atau guamia. 

25. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang. Teknik membuat ramuan herbal dengan alpukat, cukup dengan memakai potongan kecil biji alpukat yang dimasukkan ke dalam gigi berlubang yang sakit.

26. Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Radang Gusi. Alpukat bermanfaa dan bermanfaa dalam mengatasi radang gusi dengan memanfaatkan daun alpukat dengan mengunyah beberapa lembar daun alpukat yang sudah dicuci membersihkan. 

 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit

khasiat dan manfaat alpukat tidak spesialuntuk pada belahan dalam tubuh dan mengatasi penyakit dalam, namun khasiat dan manfaat alpukat juga mengatasi penyakit luar atau masalah-masalah kulit anda. Manfaat alpukat bagi kesehatan kecantikan kulit yaitu sebagai diberikut...

27. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Penuaan Dini/Awet Muda. Kandungan antioksidan yang kaya dan aneka macam vitamin-vitamin yang bermanfaa dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini. Begitupun dengan adanya kandungan Glutathione yang terdapat dalam buah alpuka bermanfaadalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dan mendorong saraf yang sehat. 

28. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menghilangkan Jerawat. Kandungan vitamin buah alpukat dan adonan madu bermanfaa dan bermanfaa dalam menghilangkan jerawat. Teknik menghilangkan nanah dengan alpukat yaitu gunakanlah 1 buah alpukat dengan memakai daging buah dan haluskan dengan blender atau lumatkan. Tambahkan madu ke dalamnya aduk hingga rata dan berbentuk krim atau pasta. Sebelum dijadikan masker, membersihkankan wajah terlebih lampau dengan air hangat dan sabun khusus muka. Lalu oleskanlah masker buah alpukat secara rata ke wajah, dan tunggu hingga 30 menit atau terasa kaku. Bilaslah dengan air hangat. 

 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
29. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Pelembab Kulit. Teknik membuat ramuan alpukat yang bermanfaa dan bermanfaa dalam melembabkan kulit yaitu gunakan kulit alpukat dan gosokkan secara lembut ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit dan kemudian cuci dengan memakai air dngin. Kulit alpukat sebelumnya harus dicuci membersihkan. 

30. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Memmembersihkankan Kulit. Teknik menciptakannya dengan melumatkan  1/2 buah alpukat matang hingga halus. Campurkan dengan 1 butir telur dan 1/2 cangkir susu kemudian aduk hingga merata. Campuran tersebut kemudian dipakai sebagai susu pemmembersihkan kemudian dipakai sebagai penyegar sesuai dengan jenis kulit. 

31. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Melembutkan Tangan. Teknik membuat ramuan alpukat yang bermanfaa dan bermanfaa dalam melembutkan tangan yaitu dengan mencampur 1/4 buah alpukat, 1 butir telur putih, 1 sendpk makan perasan lemon dan 2 sendok makan oatmeal, kemudian diaduk secara merata dan benar-benar halus. Hasil adukan dioleskan pada telapak tangan hingga pergelangan tangan. kemudian diamkan hingga 20 menit. Telapak tangan hingga pergelangan tangan dibilas dengan air hangat. 

32. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Masker Wajah Alpukat Bagi Kulit Kering. Teknik membuat masker wajah untuk kulit kering memakai alpukat yaitu menambahkan 1 sendok teh madu ke dalam buah alpukat yang dihaluskan. Campur rata. Oleskan ke wajah dan leher. Pijat secara perlahan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

33. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Masker Wajah Bagi Kulit Normal dan Berminyak. Teknik membuat masker wajah tersebut yaitu dengan menambahkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam buah alpukat yang dihaluskan. Campur rata. Oleskan ke wajah dan leher. Pijat secara perlahan. Diamkan selama 15 menit. Bilas hingga membersihkan dengan memakai air hangat. 

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Kecantikan Rambut

tidak spesialuntuk belahan dalam dan belahan luar yaitu kecantikan kulit, khasiat atau manfaat alpukat juga terdapat pada rambut. Manfaat alpukat untuk kesehatan kecantikan rambut yaitu sebagai diberikut...

34. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Conditioner Rambut dan Pertumbuhan Rambut. Alpukat sanggup dimanfaatkan dalam pembuatan conditioner rambut dan pertumbuhan rambut dengan cara menyediakan 1 buah alpukat, 1/2 sendok teh minyak zaitun dan 1 butir kuning telur. Haluskan di dalam mangkuk. Oleskan adonan tersebut pada rambut basah. Diamkan selama 20-30 menit. Pijatkan ke dalam kulit kepala. Bilas dengan air hangat dan cuci rambut dengan shampo biasa. 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

35. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Creambath. Teknik memanfaatkan alpukat dalam pembuatan ramuan creambath yang memmenolong untuk menghitamkan rambut, sehat dan berkilau yaitu dengan menyediakan 1 buah alpukat matang, haluskan dengan blender dan bilas pada rambut langsung, biarkan hingga 15 menit kemudian bilas hingga membersihkan. 

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Buah alpukat yang kaya manfaat dan khasiat ini baik bagi dalam tubuh, luar tubuh kulit, dan rambut, juga bermanfaa dan bermanfaa bagi ibu hamil alasannya yaitu kulit bagi ibu hamil yang sensitif alasannya yaitu perubahan hormon yang menciptakannya kering dan keribut, sehingga perlunya dilembabkan oleh khasiat dan manfaat  alpukat dengan membuat krim/masker menyerupai yang nampak diatas. 

Kandungan gizi alpukat tidak diragukan lagi. Tidak spesialuntuk bermanfaa dan bermanfaa pada kulit juga bermanfaa dalam mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang dikandung. Spinia Bifida yaitu keluarnya jaenteng sumsum tulang belakang dari punggung. Hal ini akan dihambat oleh kandungan alpukat yaitu Asam folat dalam buah alpukat.
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda

Tentu saja kandungan gizi alpukat bermanfaa dan bermanfaa bagi calon buah hati supaya terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang dari kandungan asam folat tersebut. 

Baca Juga:

 
 buah yang mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri and 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
Demikianlah isu terkena 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda... Semoga kawan-kawan sanggup anda terima dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Referensi: 35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
  • Lianti, Revina. 2014. Khasiat Dahsyat Alpukat Mengobati & Mencegah Semua Penyakit. Health Book.
  • Hariana, Arief. Jilid 1. Tumbuhan Obat & Khasiatnya. Agrisehat. 
  • ditbuah.hortikultura.pertanian.go.id/admin/data/KandunganGizi&ManfaatAlpukat.pdf
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/787/1/Linda%20Masniary%20Lubis.pdf
  • academia.edu/9121878/Kandungan_Kimia_Daun_Alpukat