Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan

32 Manfaat Daun Sirih|Daun Sirih (Piper betle Linn.) adalah salah satu jenis flora yang memanjat dan termasuk dalam famili Piperaceae. Asal seruan flora yang tidak diketahui secara pasti. Namun tumbuhan sirih ini tumbuh di tempat yang rindang di sepanjang Asia Tropis hingga ke Afrika Timur, menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, India, Thailand Malaysia, Sri Langka hingga ke Madagaskar. 

Di Asia Tenggara, terdapat suatu tradisi akan tumbuhan sirih yakni tradisi makan daun sirih yang ada semenjak 3.000 tahun kemudian atau semenjak zaman neolitikum. Zaman fase atau tingkat kebudayaan zaman prasejarah. Semua kalangan mengkonsumsi daun sirih baik itu dari laki-laki, perempuan, bau tanah dan muda bahkan raja dan permaisuri. 

Manfaat tumbuhan sirih yang Tradisi makan sirih pun tidak diketahui asalnya dari mana yang menyampaikan dari India yang bersumber dari dongeng sastra dan sejarah lisan. Namun bukti makan daun sirih yang paling berpengaruh ada di Indonesia mulai dari perjalanan marcopolo era ke-13 dan dipertegas perjalanan sebelumnya Ibn Batuta dan Vasco Da Gama wacana pernyataannya bahwa terdapat masyarakat sebelah timur (Indonesia) yang gemar mengkonsumsi daun sirih. 

Dari dulu hingga kini sirih sudah diolah atau diramu terlebih lampau dengan memakai tembakau, kapur, gambir, cengkih, dan buah pinang. Bagi penikmatnya, daun sirih tak boleh tergantikan dan kenikmatannya susah dilukiskan dengan kata-kata. Sehingga begitu istimewanya daun sirih bagi penikmatnya terdapat istilah-istilah terkenal untuk makan sirih yaitu nyusur, bersugi, nginang, mencakupsik, dan menyepah. 

Sirih ialah tumbuhan yang tumbuh merambat atau menjalar yang ibarat tumbuhan lada dengan tinggi  yang sanggup mencapai 15 m, tergantung kerindangan media tumbuhan dan rendahnya media untuk merambat. Tanaman sirih mempunyai batang berwarna cokelat kehijauan, berbentuk bulat, berkerut, dan beruas sebagai tempat keluarnya akar.

Sedangkan daunnya berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, dengan teksur agak bergairah kalau diraba akan mengeluarkan anyir yang sedap (aromatis) kalau diremas. Panjang daun sirih sekitar 6-17,5 cm dengan lebar 3,5-10 cm. Warna daun sirih tersebut bervariasi mulai dari berwarna kuning, hijau hingga dengan hijau tua. 

Sirih berbunga beragam berbentuk bulir dan merunduk. Bunga sirih dilindungi oleh daun pelindung yang berbentuk bundar panjang dengan diameter 1 mm. Bulit jantan panjangnya sekitar 1,5-3 cm dan mempunyai dua benang sari pendek. Sementara itu, bulir betina panjangnya sekitar 1,5-6 cm dengan kepala putik 3-5 lima buah yang berwarna putih dan hijau kekuningan. 

Buah terletak tersembunyi atau buni, berbentuk bulat, berdaging, dan berwarna kuning kehijauan hingga keabu-abuan. Sedangkan untuk akar tumbuhan sirih yakni akar tunggang yang berbentuk bundar dan berwarna cokelat kekuningan. Sirih sanggup tumbuh rindang didaerah tropis dengan ketinggian 300-1.000 m di atas permukaan maritim (dpl), khususnya tanah yang mengandung banyak materi organik dan cukup air. 

Jenis-Jenis Sirih
Berdasarkan bentuk daun, rasa dan aromanya sirih terbagi atas beberapa jenis. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sirih, mulai dari sirih jawa, sirih banda, sirih cengkih dan sirih hitam atau keling. Namun yang paling umum sirih dibedakan menjadi dua menurut warna daunnya yaitu Daun sirih hijau dan daun sirih merah yang banyak dijadikan sebagai obat tradisional. 

Daun sirih mempunyai aroma dan rasa khas, sedap, tajam, pedas dan sengak dan merangsang sebab kandungan kavikol dan betlephenol terkandung dalam minyak atsiri dan sebagai kandungan terbesar dalam daun sirih. Ada banyak faktor yang menjadikan daun sirih mempunyai aroma dan rasa yang khas mulai dari sinar matahari yang hingga ke daun hingga kerindangan flora tersebut. Daun sirih yang sanggup pribadi dimakan yakni daun yang melintang dibagian atas dahan.  

Penamaan Tanaman Sirih
Dari manfaat daun sirih yang besar bagi kesehatan dan kecantikan, seluruh dunia sudah mengenal daun sirih, dari asia, eropa, afrika dan amerika. Hal ini membawa tumbuhan dengan manfaat yang banyak mempunyai macam-macam nama misalnya  diarab disebut tamul atau tanbut. Cina: tu bi ba, wei zi, ju jiang, da feng teng, wei yei, tu wei teng; Inggris: betel, betel pepper, betel vine, betelvine; Prancis: poivrier betel, betel; Jerman betelpfeffer, betel-pfeffer; Gujarat: tanbola, paan; India: pan; Kanada: panu, eleballi, vileyadele; Malaysia bakik serasa; Marathi: pan, vidyache pan: Nepal: naagavallii. 

Di Indonesia sendiri dengan bermacam-macam suku, tradisi, budaya dan bahasa juga mempunyai penamaan terhadap daun sirih sebab keuntungannya yang dinilai masyarakat Indonesia sangat bermanfaa bagi kecantikan dan kesehatan. Sebelumnya, kepulauan nusantara mempunyai bahasa yang sama yaitu Sanskerta dimana sirih disebut tambula. Namun seiring banyaknya negara absurd yang masuk ke Indonesia menghipnotis penamaan  Tanaman yang bermanfaa bagi kecantikan dan kesehatan yakni sirih contohnya tempat sumatera yang biasa disebut dengan sereh, cambai, ifan, suruh, belo, ranub, blo, purokawo, sireh, serasa, taufao; Jawa sere, sedah, seureuh; Nusa Tengara: sedah, mota, taa, malu, base, mokeh, kuta; Kalimantan: buyu, sirih, uruisepa, uwit, uduh sifat; Sulawesi: buya, komba, bolu, sangi, dondili, ganjang, gapura, lalama; Maluku: mota, ani-ani, rambika, engkau, nien, raunge, papek, kakina, garmo, bido, amu; Papua: freedor, mera, manaw, afo, nai wadok, reman, dedami, dan mirtan. 

Kandungan Tanaman Sirih
Manfaat daun sirih bagi badan anda dan dipercaya banyak orang sanggup terjawaban dan sanggup menambah keyakinan anda pada kandungan daun sirih itu sendiri. Sebelumnya diatas sudah dijelaskan terkena jenis-jenis daun sirih ada yang merah dan ada daun sirih hijau yang beberapa diantara kedua daun sirih tersebut mempunyai sedikit perbedaan kandungan dan tentu saja manfaatnya. 
Kandungan Daun Sirih Hijau
Daun sirih hijau banyak digunakan dalam pengobatan sebab keuntungannya yang luas. Kandungan daun sirih hijau yakni sebagai diberikut.. 
  • Minyak atsiri 
  • Kavicol 
  • Kavibetol 
  • Estragol
  • Phenyl propgua
  • Hidroksikavicol
  • Pati 
  • Gula 
  • Caryophyllene
  • Cyneole
  • Tanin
  • Cadinene
  • Diastase
  • Terpennena
  • Sesquiterpena 
Kandungan Daun Sirih Merah
Banyak obat-obatan kini ini memakai adonan daun sirih dan begitu pun para hebat pengobatan tradisional banyak memakai tumbuhan sirih sebab dinilai manfaat daun sirih tersebut menurut pula dari tinjaun kandungan daun sirih merah yaitu sebagai diberikut...
  • Minyak atsiri 
  • Alkaloid
  • Saponin, 
  • tanin
  • flavonoid
  • fitokimia
  • Kavicol 
  • Hidroksikavicol
  • Eugenol 
  • Kavibetol
  • Allylprokatekol
  • Carvacrol
  • P-cymene
  • Cineole
  • Phenyl propada
  • Caryofelen 
  • Kadimen estragol
  • Ter-penena
Kaprikornus kedua daun sirih baik daun sirih hijau dan daun sirih merah yang menciptakannya kaya akan manfaat bagi badan anda dan sering dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan banyak sekali penyakit. Kaprikornus maka tidak salahlah dan tidaklah untuk tidak menyakini dan sudah ditinjau secara ilmiah manfaat daun sirih atau khasiat daun sirih tersebut.
 salah satu jenis flora yang memanjat dan termasuk dalam famili Piperaceae 32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Dari banyak sekali pemaparan diatas akan sejumlah cerita-cerita wacana manfaat daun sirih baik yang sifatnya spesialuntuk diyakini saja dan bukti-bukti ilmiah wacana manfaat daun sirih sudah terperinci bahwa daun sirih sanggup anda manfaatkan sebagai pengobatan utama anda dalam banyak sekali penyakit. Adapun penyakit yang sanggup diatasi oleh daun sirih dan sekaligus manfaat daun sirih sebagai obat tradisional yakni sebagai diberikut...

1. Manfaat Daun Sirih: Menyembuhkan Pendarahan Gusi. Teknik memanfaatkan daun sirih sebagai pengobatan pendarahan gusi spesialuntuk dengan menggunakan  4 lembar daun sirih yang direbus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. Sesudah dingin, air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur dan lakukan berulang-berulang hingga pendarahan dalam gusi anda sembuh.
2. Manfaat Daun Sirih: Hidung berdarah atau mimisan. Manfaat daun sirih dalam penyembuhan hidung berdarah atau mimisan itu sangat simpel cukup dengan meremuk atau melumatkan daun sirih kemudian digulung untuk disumbat ke hidung yang berdarah atau mimisan, namun sebelum itu hendaknya memmembersihkankan daun sirih. 
3. Manfaat Daun Sirih: Mengatasi keputihan. Daun sirih sanggup bermanfaa dalam mengatasi keputihan spesialuntuk dengan memakai 5-7 lembar daun sirih berserta tangkainya yang ditambah dengan irisan 2 jari temulawak dan kunyit yang direbus ke dalam 6 gelas air hingga mendidih. Selagi hangat, air rebusan daun sirih digunakan untuk memmembersihkankan kemaluan anda secara berulang-ulang untuk mengatasi keputihan lakukanlah setiap hari.
4. Manfaat Daun Sirih: Obat Batuk. Daun sirih sanggup bermanfaa sebagai obat penyembuhan batuk dengan cara merebus 15 lembar daun sirih, 10 lembar pegagan, dan 10 lembar daun ciplukan ke dalam lima gelas air hingga tersisa dua gelas. Disaat hangat saring dan campur dengan madu kemudian diminum dua kali sehari bila batuk.
5. Manfaat Daun Sirih: Obat Bisul. Daun sirih sanggup bermanfaa untuk anda spesialuntuk dengan mengiling atau menumbuk daun segar 10 lembar hingga halus kemudian ditapalkan atau ditempelkan ke bisul dan sekelilingnya.
6. Manfaat Daun Sirih: Memmembersihkankan Mata. Daun sirih bermanfaa dalam mempercantik mata anda, menciptakannya membersihkan spesialuntuk dengan mencuci daun sirih hingga membersihkan kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih kemudian dinginkan, setelah itu cuci mata dengan air rebusan memakai gelas cuci mata. Lakukanlah sehari tiga kali semoga mata anda sanggup sembuh dan membersihkan dari kotoran.
7. Manfaat Daun Sirih: Penyakit Jantung. Daun sirih bermanfaa dalam menyembuhkan penyakit jantung yang dilakukan dengan cara mengambil daun sirih yang ukurannya sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar yang kemudian dicuci membersihkan, diiris kecil-kecil dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) hingga mendidih dan tersisa 2 gelas, yang kemudian disaring dan diminum ketika hangat dua kali sehari sebelum makan dengan meminum satu gelas masing-masing. 
8. Manfaat Daun Sirih: Penyakit Diabetes. Gunakan tiga lembar daun sirih merah yang setengah bau tanah dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk kemudian mencuci tiruana daun tersebut dan mengiris kecil-kecil. Rebus hasil irisan tersebut ke dalam 3 gelas air (600 ml) hingga mendidih hingga tersisa 1,5 gelas. Minum sehari 3 kali disaat sebelum makan.
9. Manfaat Daun Sirih: Sakit Gigi dan Gusi Bengkak. Daun sirih bermanfaa dalam pengobatan sakit gigi dan gusi jerawat dengan cara mendapatkan manfaat daun sirih ini yakni mengunyah daun sirih hijau secukupnya dan terus menerus hingga sakitnya hilang.
10. Manfaat Daun Sirih: Meningkatkan kerindangan (membasuh vagina). Daun sirih hijau sanggup bermanfaa dalam mengobati keputihan dan meningkatkan kerindangan vagina anda dengan porsi secukupnnya. Untuk manfaat kerindangan cukup dengan air hasil rebusan tersebut digunakan untuk membasuh vagina.
11. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Sariawan. Bagi anda yang sedang sariawan, cukup dengan memakai daun sirih dengan mengunyah daunnya atau berkumur dengan memakai air rebusan daun sirih. 
12. Manfaat Daun Sirih: Bau Mulut. Daun sirih hijau sanggup anda gunakan dalam menghilangkan anyir tidak sedap cukupnya dengan berkumur-kumur.
13. Mengobati Demam Berdarah. Daun hijau banyak diyakini sanggup bermanfaa dalam mengatasi nyamuk demam berdarah dan menyembuhkan demam berdarah cukup dengan meminum air rebusan daun sirih, dan anda juga sanggup mengoleskan gilingan daun sirih hijau ke badan dengan dibalurkan.
14. Manfaat Daun Sirih: Memperlancar Haid. Daun sirih hijau kalau anda meminumnya sanggup memperlancar haid yang tidak teratur.
15. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Asma. melaluiataubersamaini meminum hasil rebusan daun sirih hijau disaat hangat
16. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Radang Tenggorokan. Daun sirih bermanfaa dalam mengobati radang tenggorokan.
17. Manfaat Daun Sirih: Menghilangkan anyir ketiak
18. Manfaat Daun Sirih: Mengusir Semut. Tanaman daun sirih hijau sanggup mengusir tiruant, nyamuk, lalat dan serangga lainnya.
19. Manfaat Daun Sirih: Obat Gatal-Gatal. Daun sirih sanggup menghilangkan gatal-gatal anda dengan cara membalurkan hasil tumbukan daun sirih hijau ke serpihan badan yang gatal-gatal dan bahkan akan hilang sama sekali.
20. Manfaat Daun Sirih: Hepatitis atau Radang Pada lever (Dharma, 1997). Daun sirih merah sanggup digunakan sebagai obat hepatitis.
21. Manfaat Daun Sirih: Kanker Payudara. Daun sirih yang mempunyai warna merah sanggup digunakan sebaga pengobatan tradisional dalam mengobati kanker payudara
22.  Manfaat Daun Sirih : Wasir. Lagi-lagi daun sirih merah sanggup bermanfaa dalam mengatasi ambeien atau wasir dengan mengkonsumsi hasil rebusan daun sirih merah
23. Manfaat Daun Sirih Penyakit Ginjal
24. Manfaat Daun Sirih: Mengurangi ASI Secara Berlebihan. Daun sirih yang sudah dihangatkan diatas api dan ditempel ke payudara sanggup mengurangi produksi air susu secara berlebihan.

Manfaat Daun Sirih Dalam Kecantikan Kulit

Daun sirih bermanfaa dalam mengatasi masalah-masalah badan anda pada tempat luar termasuk masalah-masalah kulit contohnya kulit keriput, jerawat, penuaan diri dan wajah halus, dan cerah sanggup diatasi oleh daun sirih. Manfaat daun sirih dalam kecantikan yakni sebagai diberikut...

25. Manfaat Daun Sirih: Masker dan Lulur. Daun sirih bermanfaa dalam membuat muka terlihat kencang, lembut, segar dan mengangkat pori-pori kotoran atau debu dengan memakai daun sirih merah yang dilakukan dengan memakai 7 lembar daun sirih merah, perasan jeruk nipis, perasan apel, madu, susu murni, putih telur secukupnya. Teknik membuat masker dan lulur tersebut spesialuntuk dengan memblender seluruh materi dengan benar dan lakukan masker dan lulur tersebut 3 kali dalam seminggu, maka akan tanpak wajah b ersih, kencang dan memdiberi nutrisi bagi kulit wajah anda.
26. Manfaat Daun Sirih: Penghalus Kulit. Daun sirih bermanfaa dalam menghaluskan kulit anda tanpa harus repot-repot mengeluarkan biaya yang mahal dan pergi keluar negeri, cukup dengan memakai daun sirih anda mendapatkan manfaat yakni kulit menjadi halus spesialuntuk dengan memakai daun sirih sebanyak 5 lembar, daun murbei sebanyak 7 lembar, temo giring 3 jari, ginseng talinum 30 g, mengkudu 1 buah, wortel 2 jari dengan mencuci tiruana materi hingga membersihkan, rebuslah kecil-kecil, rebuslah dengan air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, dinginkan air rebusan itu, menambahkan lagi bahan-bahan mirip tepung ketan putih 200 g, minyak esensial 3 tetes, perasan jeruk nipis, 2 sendok teh minyak zaitun, madu 2 sendok, kemudian blender seluruh materi tersebut selama 2 menit, dan masukkan ke wadah dan lulur siap anda gunakan.
27. Manfaat Daun Sirih: Mencegah Penuaan Dini. Ternyata daun sirih merah bermanfaa dalam mencegah penuaan diri semoga anda tetap abadi muda dengan cara memakai daun sirih sebanyak 6 lembar, 10 biji kurma, kacang hijau 100 g, ginseng talimum 40 g, madu 2 sendok makan dan perasaan jeruk nipis 2 sendok makan. Teknik pembuatannya yakni dengan merebus tiruana materi ke dalam 4 air gelas hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air, masukkan madu dan perasaan jeruk nipis, aduk hingga merata serta minumlah 2 kali sehari selama 1 bulan atau minumlah 1 gelas sehari untuk setiap hari hingga kapanpun.
28. Manfaat Daun Sirih: Menghilangkan Jerawat. Daun sirih bermanfaa dalam menghilangkan jerawat dan manfaat inilah yang kalian cari-cari dari daun sirih sebab jerawat sanggup mengganggu penampilan dan tentu saja diberimbas pada kepercayaan diri. Teknik menghilangkan jerawat sanggup dilakukan dengan cara tradisional atau modern, namun banyak yang kurang menentukan cara modern sebab dinilai spesialuntuk menambah parah dan banyak yang beralih ke obat tradisional. Teknik dalam meramu daun sirih merah yang bermanfaa mengobati jerawat sebagai pengobatan kecantikan anda yakni dengan memakai daun sirih yang sudah tua, segar dan tebal sebanyak 2 lembar. Kemudian cuci membersihkan daun sirih merah berkali-kali. kemudian rendamlah ke dalam alkohol 70% dan diamkan selama 30 menit semoga basil yang menmpel pada daun sirih merah tersebut sanggup mati. Selanjutnya tumbuk dan lumatkan daun sirih merah hingga lembut dan balurkan ke wajah yang terkena jerawat, lakukanlah 2 kali sehari secara rutin hingga jerawat tersebut hilang.
29. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Luka Bakar. Teknik mengobati luka bakar dengan memakai daun sirih spesialuntuk dengan mengambil daun sirih hijau, gerahkan supaya layu, dan tempelkan pada luka bakar.
30. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Penyakit Kulit. Daun sirih sanggup mengobati eksim atau penyakit kulit lainnya dengan cara memanfaatkan hasil rebusan daun sirih yang dioleskan ke kulit.

Manfaat Daun Sirih Dalam Kecantikan Rambut

Tidak spesialuntuk kulit, daun sirih juga mempunyai manfaat dan khasiat terhadap rambut yaitu sebagai diberikut...

31. Manfaat Daun Sirih: Meluruskan Rambut. Teknik meluruskan rambut dengan memakai daun sirih yakni rebus 10 lembar daun sirih ke dalam 3 gelas air, tunggu hingga dingin, kemudian masukkan air rebusan tersebut ke dalam semprotan yang biasa ada disalon atau anda sanggup pribadi menggunakannya dengan memakai tangan anda, gunakan setiap anda ingin pulas, kemudian di pagi hari anda pribadi membilasnya. Hasilnya akan kelihatan setelah 1 bulan pemakaian daun sirih sebagai cara meluruskan rambut.
32. Manfaat Daun Sirih: Menghitamkan Rambut. Daun sirih sanggup menghitamkan rambut anda dengan merebus 5 lembar daun ke dalam air secukupnya dan tunggulah hingga airnya menguning dan ada baiknya menambahkan kemiri. Sesudah dingin, gunakanlah keramas dan tunggu hingga 1 minggu. maka akan terlihat hasilnya.  

Baca Juga:

20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter
23 Obat Diabetes Herbal, Obat Tradisional Yang Dapat Anda Buat Sendiri
16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami
35 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan 
Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat 
23 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam & Medis

Demikianlah infomasi terkena 32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan
  • Dr. Rini Damayanti, dipl. Cn & Mulyono. 2003. Sehat dengan ramuan tradisional khasiat & manfaat daun sirih obat mujarab dari masa ke masa. Jakarta: AgroMedia Pustaka
  • Oe Gin Djing. 2006. Terapi mata dengan pijat dan ramuan. 
  • Syamsul Hidayat dan Sri Wahyuni. 2009. Tumbuhan obat berpotensi hias. Jakarta: Elex Media Komputindo
  • elib.unikom.ac.id/files/disk1/607/jbptunikompp-gdl-akbarfajar-30313-9-unikom_a-i.pdf
  • Andareto, Obi. 2015. Apotik Herbal di Sekitar Anda. Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta
  • Mursito, B. dan Heru P: "Tanaman Hias Berkhasiat Obat", Hal 59-60. Jakarta. Penebar Swadaya. 2002