Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan

20 Manfaat Daun Salam|Tanaman salam ialah tumbuhan berkayu yang banyak memanfaatkan daun salam sebagai daun bermanfaa dan bermanfaa. Daun salam tolong-menolong sudah usang dimanfaatkan bagi para ibu rumah tangga sebagai bumbu. Namun, banyak masyarakat belum mengetahui manfaat daun salam sebagai pengobatan penyakit dan bermanfaa dalam kecantikan atau memperindah wajah dan kulit. Sehingga untuk itu kami akan mengenalkan kepada kawan-kawan terkena manfaat daun salam yang anda tidak mengira dan tanpa memerlukan biaya mahal dalam pengobatan cukup dengan mengkonsumsi daun salam, keuntungannya sanggup anda rasakan. 

Tanaman salam sudah banyak dan tersebar di banyak sekali negara terutama di Asia Tenggara, mulai dari Burma, Indocina, Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Pohon yang ditemukan tumbuh liar di hutan-hutan primer dan sekunder. Tanaman salam ialah pohon dengan ketinggian sekitar 20 meter yang sanggup dibudidayakan dari ketinggian 5 hingga 1000 meter permukaan laut. Sedangkan untuk pemeliharan tumbuhan kaya manfaat ini sangat praktis dengan lahan yang jumlah air cukup dan tumbuh kawasan terbuka dengan banyak unsur hara.

Tanaman salam atau tanaman obat yang kaya manfaat ini mempunyai nama yang cukup banyak contohnya di kawasan sumatera (ubar serai), jawa  (manting), sunda (gowok). Seidangkan di malaysia (samak, kelak samak, serah), Tionghoa (Duo hua pu tao). dan masih banyak lagi sebutan tumbuhan obat ini.

Daun salam mempunyai ciri-ciri diantaranya majemuk, menyirip genap, permukaan licin, tepi rata, ujung meruncing, awal runcing, panjang 10-14 cm, lebar 4-8 cm, tangkai panjang kurang lebih 1 cm, pertulangan menyirip, permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda.

Kandungan Daun Salam

Kandungan kimia yang terdapat dalam daun salam yang bermanfaa mengobati dan mempercantik kulit ialah tannin, flavonoid, minyak atsiri, eugenol, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, lakton, saponin, dan karbohidrat. Tidak spesialuntuk itu, daun salam mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin C, vitamin A, thiamin, riboflamin, niacin, vitamin B6, vitamin B12 dan folat, dan kandungan mineral daun salam ialah selenium. (Hariana, 2011).

Kandungan daun salam sanggup mengambarkan manfaat daun salam  bahwa sanggup dijadikan sebagai obat tradisional atau obat alami yang sanggup menyembuhkan atau mengobati penyakit alasannya sudah ada bukti ilmiah yang mana itu kita mengacu kepada kandungan daun salam itu sendiri. Ada banyak tumbuhan atau tumbuhan di Indonesia yang bermanfaa bagi tubuh kita, dan sanggup dijadikan solusi utama dalam pengobatan penyakit-penyakit. Seperti halnya daun salam yang bermanfaa dalam mengobati penyakit dan sanggup dijadikan sebagai resep kecantikan anda baik itu wajah, kulit, rambut dan menghilangkan jerawat ternyata daun yang gampang, murah ini sanggup merangkum kebutuhan kita, apa sajakah itu ?.. manfaat daun salam ?.. Berikut informasi terkena manfaat daun salam sebagai pengobatan dan kecantikan, obat tradisional..

20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan

1. Manfaat Daun Salam Untuk Diet. Badan gemuk biasanya membuat gerak anda lamban dan mempengaruhi penampilan. Tetapi anda tidakboleh khawatir, alasannya daun salam bermanfaa dalam menurunkan berat tubuh anda secara alami. Manfaat daun salam untuk diet sanggup anda lakukan dengan cara mencuci membersihkan 7 lembar daun salam. Seduh daun salam hingga setengah jam. Kemudian minum selagi masih hangat dua kali sehari selama satu bulan secara rutin.
 
2. Manfaat Daun Salam: Obat Mencret. Daun salam sanggup bermanfaa dalam mengatasi dilema pencernaan anda salah satunya yakni manfaat daun salam sebagia obat mencret. Teknik mendapatkan manfaat daun salam, cukup dengan memakai 15 gram daun salam segar yang dicuci dan direbus ke dalam 1 gelas air selama 15 menit, kemudian hasil rebusan daun salam diminum segaligus.

3. Manfaat Daun Salam: Mengobati Penyakit Diabetes. Menurut Hembing (1996; Aliadi 1996). Mengatakan bahwa daun salam bermanfaa atau bermanfaa mengobati kencing manis atau diabetes militus. Teknik mendapatkan manfaat daun salam mengobati pengakit diabetes dengan mengkonsumsi abu daun salam selama 1 bulan, dengan kandungan antioksidan pada daun salam memungkinkan sanggup bermanfaa untuk memproses insulin sehingga baik bagi penderita diabetes.

4. Manfaat Daun Salam: Obat Batuk. Daun salam bermanfaa dan bermanfaa dalam mengobati batuk anda dengan penyakit bawaan mirip pilek, flu dan infeksi. Teknik mendapatkan manfaat daun salam tersebut cukup dengan merebus 2-3 lembar daun salam dengan air cukupnya, tunggu hingga 10 menit. Sesudah itu, rendam kain ke dalam air hasil rebusan dan letakkan pada dada untuk mengobati batuk, pilek dan flu. 

5. Manfaat Daun Salam: Obat Asam Urat. Asam urat terjadi alasannya kandungan purin yang menumpuk pada tubuh, namun untuk sebagian manfaat daun salam yang mana sanggup mengobati asam urat dengan cara merebus 10 lembar daun salam yang sudah dicuci membersihkan ke dalam 10 gelas air hingga menyisahkan 5 gelas. Sesudah itu, hasil rebusan daun salam anda minum dua kali sehari. 

6. Manfaat Daun Salam: Pencegahan Kanker. Daun salam bermanfaa dalam mencegah dan mengatasi kanker alasannya kandungan asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang sifatnya melindungi  dan melawan kanker. 

7. Manfaat Daun Salam: Mengobati Sakit Mata dan Menyehatkan Mata. Daun salam mempunyai kandungan Vitamin A yang tinggi yang baik untuk mata, cukup dengan mengkonsumsi setiap hari daun salam atau dengan mengusapkan air rebusan daun salam.
8. Manfaat Daun Salam: Meredakan dan Mengobati Maag. Daun salam bermanfaa dan bermanfaa dalam mengobati penyakit maag. Teknik mendapatkan manfaat daun salam sebagai pengobatan maag ialah merebus 15-20 lembar daun salam yang sudah dicuci membersihkan dengan setengah liter air. Sesudah airnya mulai mengurang, menambahkan gula aren. 

9. Manfaat Daun Salam: Merangsang Kehamilan. Kandungan asam folat daun salam menciptakannya bermanfaa untuk ibu hamil selama periode penconception (3 bulan sebelum dan setelah kehamilan). Asam Folat mencegah terjadinya cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu yang kesusahan hamil.

10. Manfaat Daun Salam: Mengobati Hipertensi (Menurunkan Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi terjadi alasannya 3 faktor utama yaitu referensi makan, aktivitas, dan emosi. Banyak yang susah mengontrol ini dan beralih mengkonsumsi ramuan kimia. Namun sebelum menggunakannya, mari pertimbangkan daun salam yang bermanfaa dalam mengobati hipertensi. Teknik memanfaatkan daun salam spesialuntuk dengan merebus 7-10 lembar daun salam yang sudah dicuci membersihkan dan jumlah air rebusan daun salam sebanyak 3 gelas air dan hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum air rebusan daun salam setengah gelas dalam sekali minum yang dilakukan secara rutin 2 kali sehari. 

11. Manfaat Daun Salam: Mengobati Mimisan. Daun salam bermanfaa  dalam mengobati mimisan, cukup dengan menghaluskan daun slam sebanyak 2-3 lembar dan rebus ke dalam 200 ml air hingga tersisa setengahnya. Lalu saring airnya dan minum secara rutin dan teratur sebagai obat mimisan anda.
12. Manfaat Daun Salam: Mengobati Stroke. Penderita stroke kebanyakan berasal dari garis keturunan , sehingga anda wajib mengatur referensi makan dan gaya hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal yang bermanfaa mengobati stroke yaitu daun salam bermanfaa dalam mengobati stroke. Teknik memanfaatkan daun salam, cukup dengan mengkonsumsi daun salam tanpa mencampurkan materi yang mengandung lemak dan masakan jeroan. 

13. Manfaat Daun Salam: Mengatasi Insomnia. Daun salam bermanfaa bagi anda dalam mengatasi susah pulas (susah tidur) dengan cara meneteskan ekstrak daun salam ke dalam air minum dan minumlah air tersebut. 

14. Manfaat Daun Salam: Mengobati Demam dan Infeksi. Daun salam bermanfaa dalam mengatasi demam anda cukup dengan merebus 3 lembar daun salam yang sudah dicuci membersihkan selama 10 menit. Lalu rendam kain di hasil rebusan daun salam dan tempelkan di dahi dan di dada anda.   

15. Manfaat Daun Salam: Memutihkan Gigi. Daun salam bermanfaa dalam memutihkan gigi anda cukup dengan menggosokkan daun salam pada gigi anda, untuk mendapatkan manfaat masikmal daun salam lakukan 1 kali dalam 3 hari.

Manfaat Daun Salam Bagi Kecantikan Kulit

Daun salam juga bermanfaa dalam mengatasi masalah-masalah kulit anda yaitu sebagai diberikut... 

16. Manfaat Daun Salam: Obat Kudis. Daun salam bermanfaa juga dalam mengatasi kudis, cukup dengan menggiling 1 lembar daun salam hingga halus dan mirip bubur. Sesudah itu balurkan pada kulit yang terjangkit kudis dan lakukan resep ini secara teratur untuk manfaat daun salam terbaik. 

17. Manfaat Daun Salam: Obat Gatal-Gatal. Teknik memanfaatkan daun salam dalam mengobati gatal-gatal sangat sederhana dan praktis serta mirip cara pembuatan obat kudis diatas yaitu dengan menggiling daun salam hingga halus kemudian oleskan pada kulit yang yang gatal. 

18. Manfaat Daun Salam: Mencegah Kulit Keriput. Daun salam bermanfaa dalam mencegah timbulnya kulit keriput yang menyebabkan anda kelihatan renta atau kulit stres. Teknik memanfaatkan daun salam dalam mencegah penuaan dini dengan merebus 5 daun salam kering ke dalam 2 gelas air dengan wadah yang tertutup dan setelah itu buka tutupnya dan biarkan selama 2 menit. Tuangkan hasil rebusan ke dalam mangkuk besar dan tutupi kepala anda dengan handuk dan hirup uangpnya atau dekatkan ke wajah. 

Manfaat Daun Salam Kecantikan Rambut

Tidak spesialuntuk dilema kulit, daun salam juga bermanfaa dalam mengatasi maslaah-masalah rambut yaitu sebagai diberikut...

19. Manfaat Daun Salam: Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe. Daun salam bermanfaa juga dalam mengatasi rambut rontok dan ketombe, cukup dengan mempersembahkan minyak daun salam yang bermanfaa sebagai tonik

20. Manfaat Daun Salam: Menguris Kutu Rambut. Manfaat daun salam dalam mengobati kutu rambut cukup dengan merebus 50 gram daun salam dengan 400 ml air. Saring air hasil rebusan daun salam dan diberikan ke rambut  tunggu hingga 3-4 jam dalam menyingkirkan kutu kepala secara aktif.

Baca Juga: 


Demikianlah informasi terkena 20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu manfaat daun salam bagi kesehatan, manfaat daun salam bagi kecantikan kulit, manfaat daun salam bagi kecantikan rambut anda. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
  • Utami, Prapati dan Puspaningtyas, Ervira Desty. The Miracle of Herbs. Jakarta: AgroMediaPustaka 
  • Hidayat, Syamsul, Rodame dan Napitupulu. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo. 
  • Prof. Hembing. Ensiklopedia Milenium, Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia.
  • ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/MPK/article/viewFile/1037/770 (khasiat daun salam Eugenia polyantha Wight, Sebagai antidiare pada tikus putih)
  • core.ac.uk/download/files/379/11723111.pdf (ARTIKEL PENELITIAN PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SALAM (Eugenia polyantha) TERHADAP KADAR HDL KOLESTEROL SERUM TIKUS JANTAN GALUR WISTAR HIPERLIPIDEMIA Diajukan untuk memenuhi kiprah dan melengkapi persyaratan dalam menempuh Program Sarjana Fakultas Kedokteran Disusun oleh :Vincentius Agung
  • eprints.undip.ac.id/41966/1/577_Astri_Praba_Shinta_G2C009087.pdf, PERBEDAAN PERUBAHAN KADAR KOLESTEROL LDL SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK DAN REBUSAN DAUN SALAM (Eugenia polyantha) PADATIKUS SPRAGUE DAWLEY DIBERI PAKAN TINGGI LEMAKASTRI PRABA SHINTA
  • journal.unair.ac.id/filerPDF/MKH-21-2-15.pdf, Uji Aktivitas Penurun Kadar Glukosa Darah Ekstrak Daun Eugenia polyantha pada Mencit yang Diinduksi Aloksan Test Pharmacological Effect of Ethanolic Extract of Eugenia polyantha Leaves as for Decreasing Glucose Level Activity on Mice Induced by Alloxan Herra Studiawan dan Mulja Hadi Santosa
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/41053/3/Chapter%20II.pdf
  • digilib.unila.ac.id/3807/14/BAB%20II.pdf
  • herbalisnusantara.com/tanamanobat/1-119.pdf