Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat

Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat| Asam urat atau rematik pirai (gout artritis). Selain osteoartritis, asam urat jenis rematik artikuler terbanyak yang menyerang masyarakat Indonesia. Asam urat dari gangguan metabolik lantaran asam urat (urit acid) menumpuk dalam jaenteng tubuh, kemudian dimembuang melalui urin. Kondisi gout terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat dalam persendian (Wijayakusuma, 2006). Selain itu asam urat ialah hasil metabolisme norma dari pencernaan protein khususnya daging, hati, ginjal dan jenis-jenis sayuran contohnya kacang dan buncis atau penguraian senyawa purin yang bersama-sama dimembuang ke ginjal, feses atau keenteng (Sustrani, 2004). 

Lalu, apasih itu asam urat ?.. Secara umum asam urat yakni sisa metabolisme zat purin yang berasal dari masakan yang kita konsumsi. Purin yakni zat yang terdapat dalam setiap materi masakan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Sehingga dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin, maka disaat kita mengkonsumsi makhluk hidup, purin tersebut bertambah dalam tubuh kita. Selain itu purin, dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh secara norma atau penyakit tertentu (Hidayat, 2007). 

Patofisiologi 
Hiperurisemia (serius asam urat dalam serum lebih besar dari 7,0 mg/dl) mengakibatkan penumpukan kristal monosodium urat. Peningkatan atau penurunan kadar asam urat serum menimbulkan serangan gout. Jika kristal urat mengendap dalam sendi, maka respon inflasi terjadi dan serangan gout dimulai. Jika berulang-ulang, menimbulkan kristal natrium urat atau tofus mengendap dibagian perifer tubuh contohnya ibu jari kaki, tangan dan indera pendengaran (Smeltzer & Bare, 2001). 
Kristal monosodium urat tersebut dengan imunoglobulin berupa IgG. Selanjutnya im unoglobulin berupa IgG meningkat fagositosis kristal dan dengan demikian mengatakan acara imunologik (Smeltzer & Bare, 2001). 

Manifestasi Klinis 
Manifestasi sindrom gout terdiri dari atritis gout akut (serangan rekuren inflamasi artikuler dan periartikuler yang berat), fofus (endapan kristal yang menumpuk dalam jaenteng artikuler, jaenteng oseus, jaenteng lunak serta kartilago), nefropati gout (gangguan ginjal) dan pembentukkan kerikil asam urat dalam traktus urinarius. Ada empat stadium penyakit gout yang dikenal sebagai hiperurisema asimtomatik, arthritis gout yang kronis, gout interKoreksial dan gout tofeseus yang kronik (Enggram, 1998). 

Jenis-Jenis Asam Urat
Jenis asam urat berdasarkan Ahmad, 2011 yakni sebagai diberikut.. 
1. Grout Primer 
Jenis ini terdapat 99% penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Dugaan bahwa terjadi lantaran faktor genetik dan faktor hormonal sehingga gangguan metabolisme menimbulkan produksi asam urat atau berkurangnnya pengeluaran asam urat dari tubuh. 
2. Gout Sekunder 
Disebabkan dengan meningkatnya produksi asam urat lantaran nutrisi yaitu mengonsumsi masakan dengan kadar purin yang tinggi. Purin yakni salah satu senyawa organik basa penyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk asam amino, unsur pembentuk protein. Produksi asam urat sanggup meningkat jikalau adanya penyakit darah (penyakit sumsum tulang polisetemia), mengonsumsi alkohol, dan faktor obesitas, penyakit kulit (psoriasis), kadar trigiserin yang tinggi. 

Penyebab Asam Urat 
Penyebab asam urat berdasarkan pendapat Ahmad, (2011) yaitu.. 
1. Faktor eksternal 
Paling utama penyebab asam urat yakni faktor ini lantaran nutrisi dan konsumsi masakan dengan kadar purin yang tinggi 
2. Faktor Internal 
Adanya proses penyimpangan metabolisme berkaitan dengan usia, yang mana usia diatas 40 tahun bersiko lebih besar terkena asma urat. Asam urat juga sanggup muncul lantaran penyakit sumsum tulang dan polisitemia, konsumsi obat-obatan, alkohol, obesitas, diabetes militus. 

Tahap Perkembangan Penyakit Asam Urat
Terdapat 4 tahap penyakit gout berdasarkan Wijayakusum, 2006 yaitu.. 
1. Asimptomatik, kadar asam urat dalam darah meningkat, tidak menimbulkan gejala 
2. Akut, mendadak dan memuncak, rasa nyeri pada sendi, dan biasanya terjadi peradangan contohnya pembengkakan sendi, gerah dan tampak kemerahan. Serangan cepat silam dan kembali lagi dalam waktu tertentu. 
3. InterKoreksial, dua serangan gout akut yang mengalami serangan kedua dalam 6 bulan hingga 2 tahun lantaran tidak diobati terus menerus 
4. Kronis, Terdapat timbunan kristal asam urat yang banyak didalam jaenteng lunak, tulang rawan, selaput diantara tulang dan rendo, timbunan asam urat terjadi membentuk tofus. 

Tanda dan Gejala Asam Urat
asam urat jenis rematik artikuler terbanyak yang menyerang masyarakat Indonesia Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
 
Pada gout biasanya serangan terjadi     secara     mendadak (kebanyakan menyerang pada malam hari). Jika gout menyerang sendi-sendi yang terjangkit tampak merah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa gerah disertai rasanyeri yang hebat, dan persendian susah digerakan ( Wijayakusuma, 2006).
 
Gejala lain yakni suhu tubuh menjadi demam, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar. Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada awal ibu jari
14 kaki. Namun, gejala-gejala tersebut sanggup juga terjadi pada sendi lain ibarat tumit, lutut dan siku. Dalam perkara encok kronis, sanggup timbul tofus (tophus), yaitu endapan ibarat kapur pada kulit yang membentuk tonjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat ( Wijayakusuma, 2006).  

Kadar Normal Asam Urat 
Menurut tes enzimatik maksimum 7 mg/dl dan metode biasa, normalnya 8 mg/dl. jikalau lebih maka terjadi hiperurisemia. Pembagian kadar normal untuk laki-laki berkisar 3-7 mg/dl dan wanita 2,5-6 mg/dl. (Suherman,2010). 

Salah Satu Penyebab Paling Utama Asam Urat Adalah Kolesterol 

Kolesterol ialah penyebab utama timbulnya penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lainnya, sehingga sangat berkaitan untuk dikaitkan dalam informasi kali ini. Kolesterol yang paling tinggi (hiperkolesterolemia) biasanya tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala, kecuali dengan Check Up (periksa darah) setiap 6 bulan sekali dan konsultasi dengan dokter. 

Perlu anda ketahui, didalam masakan terdapat tiga macam lemak yaitu: 
  • Saturated (lemak jenuh), lemak yang terdapat di masakan contohnya jerohan, otak sapi, kuning telur yang wajib dihindari 
  • Monounsaturated (lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal), terdapat di udang dan kepiting. Konsumsi terbatas
  • Poliunsaturated (lemak tak jenuh ganda), ibarat ikan dari latu (tenggiri dan tuna) serta omega-3. Hendaknya banyak dikonsumsi lantaran memmenolong menurunkan LDL kolesterol jahat, dan menaikkan kolesterol baik HDL. 
Ideanya konsums masakan yang mengandung lemak dibawah 30%, 50%, 60%, dan rotein 20%. dan usahakan tidakboleh mencapai 300 mg/hari. 

misal Tips Program Diet 
  • Membaca label masakan dan minuman jikalau hendak membeli 
  • Cukup 2 gelas minuman alkohol sehari
  • Batasi porsi makanan 
  • Pilih produk non-fat
  • Kurang penerapan garam pada masakan kalau perlu tidakboleh. Karena jikalau banyak sanggup meningkatkan tekanan darah. 

Tips Mengendalikan Kolesterol Untuk Terhindar Asam Urat

 Kolesterol dalam tubuh mengakibatkan aneka macam penyakit salah satunya asam urat. Tidak spesialuntuk orang gemuk saja, juga terjadi pada orang kurus boleh jadi mempunyai kolesterol tinggi dengan lemak jahat atau tidak baik LDL. dan sanggup menimpa orang yang masih simpel yang tidak menjaga teladan hidup sehat. 

Kolesterol normal dalam tubuh 160-200 mg sehingga penumpukan kolesterol LDL harus dicegah dan tetap keadaan normal. Beberapa tips dalam mengontrol kolesterol yakni sebagai diberikut...

1. Diet 
Konsumsi   makanan   yang   rendah   lemak   dan   kolesterol.   Misalnya   dengan mengkonsumsi   susu   tanpa   lemak   dan   mengurangi   konsumsi   daging.   Pilihlah masakan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak   yang   digunakan   untuk   menggoreng   secara   berulang-ulang   sanggup meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi
makanan yang digoreng
2. Konsumsi Makanan Berserat
Lebih   banyak   mengkonsumsi   makanan   berserat   seperti   gandum,   kacang- kacangan,   sayur-sayuran   dan  buah-buahan.   Jenis  makanan   ini  sanggup menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.
3. Konsumsi Antioksidan 
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan ibarat jeruk, strawbery, pepaya, wortel,   atau   labu.   Mengkonsumsi   bawang   putih   secara   teratur   juga   sanggup menurunkan kadar kolesterol
4. Hindari Alkohol dan Merokol 
melaluiataubersamaini merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan simpel menumpuk dalam ajaran darah.
5. Olahraga
Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan.  Jaga supaya berat tubuh Anda tetap ideal

6. Makanan Sehat, Hati-hati, Berbaya atau Pantang ?...

Seperti apakah masakan yang harus dihindari ?.. Makanan yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi harus anda hindari supaya tidak terkena penyakit asam urat dan aneka macam macam penyakit lainnya. Pantangan-pantagan tersebut sanggup anda lihat dibawah ini... 
No.
Nama Makanan (per 100 gr)
Kolesterol(mg)
Kategori
1.
Putih telur ayam
0
Sehat
2.
Teripang (haisom)
0
Sehat
3.
Ubur-ubur
0
Sehat
4.
Susu Sapi tanpa lemak (non-fat
0
Sehat
5.
Daging ayam pilihan tanpa kulit
50
Sehat
6.
Daging angsa pilihan tanpa kulit
50
Sehat
7.
Ikan sungai biasa
55
Sehat
8.
Daging sapi pilihan tanpa lemak
60
Sehat
9.
Daging babi pilihan tanpa lemak
60
Sehat
10.
Daging kelinci
65
Sehat
11.
Daging kambing tanpa lemak
70
Sehat
12.
Ikan buntut kuning
85
Sehat
13.
Daging asap
98
Sekali-Sekali
14.
Iga sapi
100
Sekali-Sekali
15.
Iga babi
105
Sekali-Sekali
16
Daging sapi
105
Sekali-Sekali
17.
Burung dara
110
Sekali-Sekali
18.
Ikan bawal
120
Sekali-Sekali
19.
Daging sapi berlemak
125
Sekali-Sekali
20.
Lemak Sapi
130
Sekali-Sekali
21.
Lemak Kambing
130
Sekali-Sekali
22.
Daging Babi Berlemak
130
Sekali-Sekali
23.
Keju
140
Hati-Hati
24.
Sosis Daging
150
Hati-Hati
25.
Kepiting
150
Hati-Hati
26.
Udang
160
Hati-Hati
27.
Kerang/Siput
185
Hati-Hati
28.
Belut
185
Hati-Hati
29.
Santan Kelapa
185
Hati-Hati
30.
Lemak Babi
200
Hati-Hati
31.
Susu Sapi
250
Berbahaya
32.
Susu Sapi Krim
280
Berbahaya
33.
Coklat (cacao)
290
Berbahaya
34.
Mentega/margarine
300
Berbahaya
35.
Jeroan Sapi
380
Berbahaya
36.
Jeroan Babi
420
Berbahaya
37.
Kerang Putih/Remis/TIram
450
Berbahaya
38.
Telur Ayam
500
Berbahaya
39.
Jeroan Kambing
610
Berbahaya
40
Cumi-Cumi
1170
Pantang
41
Kuning Telur Ayam
2000
Pantang
42.
Otak Sapi
2300
Pantang
43.
Otak Babi
3100
Pantang
44.
Telur Burung Puyuh
3640
Pantang


Catatan: Saran untuk kami sendiri yakni pantangan asam urat yang pada kategori hati-hati hingga kategori pantang tidakboleh di konsumsi. Karena kadar kolesterol yang tinggi dan mungkin saja anda tidak sanggup mengontrol kadar kolesterol, sehingga lebih baik dihindari.  Sumber: Singapore General Hospital dan UPT: =Balai Informasi Teknologi LIPI (Pangan & Kesehatan, Copyright 2009)

Itulah macam-macam masakan yang perlu anda hindari bagi anda penderita asam urat dan juga untuk tiruana orang dengan mempunyai beresiko dan sanggup anda jadikan pengetahuan lantaran anda sanggup sampaikan mitra bersahabat anda, lingkungan anda atau pantangan untuk anda konsumsi sehari-hari.

Pengobatan Asam Urat

Pengobatan asma urat sanggup diatasi dengan pengobatan modern (kimia dan pengobatan tradisional. Penjelasannya sanggup anda lihat dibawah ini...
1. Pengobatan Modern (Kimia) 
Pengobatan modern sanggup diperoleh dengan resep dokter yaitu dengan obat-obatan sebagai diberikut..
a. Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS), berfungsi mengatasi nyeri sendi dari proses peradangan 
b. Kortikosteroid, berfungsi sebagai obat anti radang dan menekan reaksi imun yang didiberikan dalam bentuk tablet atau suntikan pada sendi yang sakit. 
c. Imunosupresif, berfungsi menekan reaksi imun, obat ini jarang dipakai lantaran berefek penyakit kanker dan bersifat racun pada ginjal dan hati. 
d. Suplemen Antioksidan, diperoleh dari vitamin dan mineral. 

Selain obat-obatan diatas, jadwal rehabilitasi juga sanggup anda lakukan untuk teladan hidup yang baik.

2. Pengobatan Tradisional 
Obat tradisional yang berbahan ramuan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik atau adonan bahan.Pengobatan tradisional asam urat berupa akar-akaran ataupun tumbuhan yakni sebagai diberikut....
a. Sidaguri (Sida rhombifolia L) 
Kandungan kimiawi didalamnya yaitu alkoloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang dan zat philegmatic. Batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. akarnya terdapat kaloid, steroid, dan efedrine. Biasanya dipakai untuk pengobatan asam urat dan rematik. tidak spesialuntuk itu mengobati flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah dan eksim. Sidaguri yakni tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak dan berabang. Tumbuhan yang tingginya sekitar 1-2 meter, tumbuh didaerah tropis dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut. 

Teknik memakai tumbuhan Sidaguri yakni segar dan dihaluskan untuk dioleskan pada sendi yang sakit. Untuk diminum dengan direbus baik segar atau kering dan dicampur materi lainnya dengan 60 gram sidaguri air 600 cc hingga tersisa 300 cc. 

b. Daun Salam (Syzygium plyanthum) 
Daun salam bermanfaa sebagai peluru kencing (diuretik) dan penghilang rasa nyeri (analgetik). Daun ini dipakai untuk pengobatan kolesterol tinggi, sakit maag, diare, kencing manis, tekanan darah tinggi dan asam urat, serta rematik. Kandungannya minyak asiri( sitral, eugenol), tanin dan flavonoid.  

Teknik memakai daun salam yakni dengan memakai 7 lembar daun segar dan membersihkan. 2 gelas air putih rebus sampi mendidih hingga tersisa 1 gelas dan diminum pagi dan sore. 

c.  Sambiloto 
Pohon   sambiloto   berbentuk   terna   dengan tinggi mencapai 35-95 cm. daunnya memenjang dan berwarna  hijau  tua.  Bunganya  berukuran  kecil  dan  24 berwarna putih keunguan. Buahnya berukuran kecil, berbentuk  silindris  dan  berwarna  hijau  kekuningan. Sambiloto   memiliki   rasa   pahit.   Seluruh   cuilan tanaman   yang   sudah   kering   dapat   dimanfaatkan sebagai  bahan  ramuan  obat. Tanaman  ini  bermanfaa sebagai  antiradang,  penghilang  nyeri  atau  analgetik dan penawar racun.Tanaman  sambiloto  ini  mengandung  laktone seperti    deoksiandrografolid,    andrografolid    yang ialah zat pahit, 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid, neoandrografolid dan homoandrografolid.    Selain    itu,    sambiloto    juga mengandung  flavonoid,  alkgua,  keton,  aldehid  dan beberapa    mineral   seperti   kalium,    natrium   dan kalsium. Kandungan lainnya berupa asam kersik dan damar.

d. Temulawak 
Temulawak ialah     tumbuhan terna menahun,   berbatang   tiruan   dan   tingginya   sanggup mencapai  2-2,5  meter.  Temulawak  banyak  tumbuh di  hutan.  Tanaman  ini  tumbuh  merumpun  dengan berbagaianakan.  Setiap  tanaman  biasanya  mempunyai 2-9  helai  daun  yang  berbentuk  panjang  dan  lebar. Umbi  temulawak  berupa  rimpang.  Rimpang  inilah 25 yang sanggup dimanfaatkan sebagai obat, baik rimpang segar  maupun  kering.  Tanaman  ini  memiliki  rasa sedikit    pahit.    Tanaman    ini    bermanfaa   sebagai antiradang,    antisembelit,    tonikum    dan    diuretic.Rimpang tamanan ini mengandung pati,
kurkuminoid  dan  minyak  asiri  seperti  felandren  dan turmerol.

Baca Juga:

 
Demikianlah informasi terkena Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih.Salam Berbagi Teman-Teman. 

Sumber:Obat Asam Urat, Gejala, Penyebab & Pantangan Asam Urat
  • library.upnvj.ac.id/pdf/2s1keperawatan/205312039/bab2.pdf
  • digilib.ump.ac.id/files/disk1/17/jhptump-a-rinaasripa-828-2-babii.pdf 
  • agarilus.com/pengenalan-penyakit-a-solusi/kolesterol?format=pdf
  • bit.lipi.go.id/pangan-kesehatan/documents/artikel_kolesterol/gaya_hidup_sehat.pd