Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami|Saat ini, hipertensi (tekanan darah tinggi) salah satu tantangan besar di Indonesia. bukan tanpa alasannya yaitu lantaran hipertensi sering ditemukan dalam pelayanan kesehatan primer. Hal itu salah satu persoalan kesehatan dengan prevalensi tinggi sekitar 25, 8 % data RISKESDAS 2013.  Pengobatan hipertensi pun belum cukup memuaskan walapun obat-obatan efektif belum banyak tersedia.  Menurut Wiryowidagdo (2002) bahwa hipertensi (tekanan darah tinggi) yaitu suatu keadaan tekanan darah seseorang berada pada tingkatan diatas normal. Sehingga berdasarkan kesimpulan Hayens (2003), yang menyampaikan bahwa tekanan diartikan sebagai peningkatakan secara abnormal dan terus menerus pada tekanan darah yang disebabkan satu atau beberapa faktor yang tidak berjalan sebagai mana mestinya dalam mempertahankan tekanan darah secara normal

Hipertensi (tekanan darah tinggi) ialah pembunu tersembunyi ("silent killer") dan kiprahnya terhadap gangguan jantung dan otak tidak diragukan lagi. Ditahun 1995, Survei Kesehatan Rumah Tangga menyampaikan bahwa prevalensi hipertensi makin meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Di Amerika Serikat tahun 1989-91 Hasil Nasional and Nutrition Examination Survei (NHANES II). 

Timbulnya tekanan darah berdasarkan Hayens (2003), ketika bersikulasi di dalam darah. Organ jantung dan pembuluh darah berperan penting dalam proses yang mana jantung sebagai pompa muskular yang menyuplai tekanan untuk menggerakkan darah, dan pembuluh darah dengan mempunyai dinding lentur dan ketahanan kuat. Sedangkan berdasarkan Palmer (2007, bahwa tekanan darah diukur dalam satuan milimeter air raksa (mmHg). 

Hipertensi atau tekanan darah yaitu peningkatakan darah sistolik lebih darik 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Peningkatakan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu yang usang (persisten) sanggup menimbulkan kerusakan pada ginjal sehingga mengakibatkan penyakit gagal ginjal, jantung (penyakit jantung koroner) dan otak (penyebab stroke) kalau tidak dideteksi secara dini dan pengobatan hipertensi secara cepat dan layak. 

Ada banyak pasien hipertensi dengan tekanan darah tidak terkontrol dengan jumlah yang terus meningkat Sehingga dibutuhkan masyarkat luas dalam partisipasinya dalam menjaga dan mengontrol tekanan darah dan selalu melaksanakan pengecekan tekanan darah anda ke rumah sakit dan hal ini juga dilakukan oleh dokter hipertensi, pemerintah, dan swasta untuk kesiapannya. 

Menurut AHA (American Heart Association), usia diatas 20 tahun di Amerika menderita hipertensi dengan angka hingga 74,5 juta jiwa, namun hampir sekitar 90-95% masalah yang belum diketahui penyebabnya. Sehingga mengapa dikatakan Tekanan darah tinggi (hipertensi) sebagai silent killer karena gejala-gejala penyakit hipertensi bermacam-macam dari setiap individu dan mempunyai kemiripan dengan tanda-tanda penyakit lainnya.

Hipertensi atau tekanan darah yang meninggi bersifat arbitrary, artinya penentuan titik potong (cut-off point) sebagai batas lantaran normotensi dan hipertensi sangat bergantung dari kondisi popilasu setempat. 

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Penyakit Penyerta Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
Penyakit penyerta hipertensi (tekanan darah tinggi) yaitu penyakit yang timbul pada penderita hipertensi yang bersamaan dengan penyakit hipertensi tetapi tidak diakibatkan oleh hipertensi. Berbagai penyakit sanggup menyertai atau timbul bersamaan dengan hipertensi sehingga menimbulkan kerusakan organ dari penderita yang lebih parah. Penyakit penyerta hipertensi antara lain..
1. Kencing manis 
2. Kencing manis akhir resistensi insulin
3. Hiperfungsi kelenjar thryroid
4. Rematik dan Gout 
5. Kadar lemak darah tinggi. 

Klasifikasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) 
1. Berdasarkan penyebabnya hipertensi dibedakan menjadi dua yaitu sebagai diberikut...
     salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
  • Hipertensi Primer/Hipertensi Esensial,atau idiopatik dan ialah 95% dari kasus-kasus hipertensi. Selama 75 tahun terakhir sudah banyak penelitian untuk mencari etiologinya. Tekanan darah ialah hasil curah jantung dan resistensinya vascular, sehingga tekanan darah meningkat kalau curah jantung meningkat, resistensi vascular perifer bertambah, atau keduanya. Hipertensi Primer dikaitkan dengan kombinasi faktor gaya hidup menyerupai kurang bergerak (inaktivitas) dan contoh makan. Terjadi sekitar 90% penderita hipertensi. 
  • Hipertensi Sekunder/Hipertensi Non Esensial, Sekitar 5% masalah hipertensi sudah banyak diketahui penyebabnya, dan dikelompokkan contohnya penyakit parengkim ginjal (3%) yang setiap penyebab gagal ginjal (glomerulonefritis, pielonefritis, sebab-sebab penyumbatan) yang menyeababkan kerusakan arenkin cenderung menimbulkan hipertensi dan hipertensi akan menimbulkan kerusakan ginjal. Penyakit renovaskular (1%) yang terdiri atas penyakit yang mengakibatkan gangguan pasokan darah ginjal yang dibagi atas ateroklerosis dan fibrodisplasia. Endokrin (1%) terdapat hipokalemia bersama hipertensi, tingginya kadar aldosteron dan rennin yang rendah menimbulkan kelebihan-kelebihan (overload) natrium dan air.  (Gray.dkk, 2005).
2. Berdasarkan jenis hipertensi dibedakan menjadi dua yaitu sebagai diberikut...
a. Hipertensi Pulmonal, Suatu tanda dengan peningkatan darah di pembuluh darah arteri paru-paru dengan mengakibatkan sesak nafas, pusing dan pingsan ketika melaksanakan aktivitas. Berdasarkan penyebabnya hipertensi pulmonal menjadi penyakit berat dengan tanda penurunan toleransi dalam melaksanakan acara dan gagal jantung kanan. Hipertensi pulmonal primer sering didapatkan di usia muda dan usia pertengahan, yang sering didapatkan oleh wanita dengan perbandingan 2:1 angka kejadian pertahuan sekitar 2-3 masalah per 1 juta penduduk, dengan mean survival samai timbulnya tanda-tanda penyakit sekitar 2-3 tahun. Kriteria diagnosis hipertensi pulmonal merujuk Nasional Institute of Health; bila tekanan sistolik arteri pulmonalis lebih dari 35 mmHg atau "mean" tekanan arteri pulmonalis lebih dari 25 mmHg pada ketika istirahat atau lebih 30 mmHg pada acara dan tidak didapakan adanya kelainan katup pada jantung kiri, penyakit myokardium, penyakit jantung kongental dan tidak adanya kelainan paru.
b. Hipertensi Pada Kehamilan, Pada dasarnya terdapat 4 jenis hippertensi umum disaat kehamilan yaitu sebagai diberikut.. 
1). Preeklampsia-eklampsia atau disebut dengan hipertensi yang diakibatkan kehamilan/keracunan kehamilan (selain tekanan darah yang meninggi, juga diakibatkan kelainan pada air kencingnya. Preeklamasi yaitu penyakit yang timbul dengan tanda-tanda hipertensi, edema, dan proteinuria lantaran kehamilan.
2). Hipertensi kronik yaitu hipertensi yang sudah ada semenjak sebelum ibu mengandung janin
3). Preeklamsia pada hipertensi kronik 
4). Hipertensi gestasional atau hipertensi yang sesaat

Penyebab Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Sekitar 90% penderita hipertensi, tidak diketahui dan keadaan sebagai hipertensi esensial atau primer yang mempunyai banyak penyebab, dinilai dari perubahan pada jantung dan pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.  Jika diketahui itu artinya hipertensi sekunder. 5-10% penderita hipertensi disebabkan oleh penyakit ginjal dan 1-2% yaitu kelainan hormonal atau penerapan obat tertentu menyerupai pil KB. Adapun penyebab yang jarang namun sanggup mengakibatkan hipertensi (tekanan darah tinggi) yaitu tumor pada kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon epinefrin (adrenalin atau norepinefrin (noradrenalin) (feokromostioma). 

Kegemukan (obesitas), gaya hidup yang tidak aktif atau malas berolahraga, stres, alkohol atau garam dalam makanan sanggup menimbulkan hipertensi (tekanan darah tinggi) . Stres cenderung mengakibatkan kenaikan tekanan darah sementara waktu, kalau stres silam, maka tekanan darah akan kembali normal. 

Adapun beberapa penyebab terjadinya penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) sekunder
1. Penyakit Ginjal 
  • Stenosis arteri renalis
  • Pielonefritis
  • Glomerulonefritis
  • Tumor-tumor ginjal 
  • Penyakit ginjal polikista (biasanya diturunkan)
  • Trauma pada ginjal (luka terkena ginjal) 
  • Terapi penyinaran pada ginjal
2. Kelainan Hormonal 
  • Sindroma Cushing
  • Hiperaldosteronisme
  • Feokromositoma
3. Obat-Obatan 
  • Pil KB
  • Kortikosteroid
  • Eritropoietin
  • Kokain
  • Siklosporin
  • Kayu Manis (dalam jumlah besar) 
  • Penyalahgunaan alkohol
4. Penyebab lainnya adalah 
  • Koartasio aorta 
  • Preeklamasi pada kehamilan 
  • Keracunan timbal akut
  • Porfiria intermiten akut
Berdasarkan laporan media jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, Selasa (30/12), para peneliti Amerika mengidenfitikasi satu varian gen yang mempengaruhi cara ginjal memproses garam, sehingga pada gilirannya mempengaruhi tekanan darah tinggi. 

University of Maryland School of Medicine mengidentifikasi dan menganalisis gen dari 542 orang di perkumpulan Orde Amish di Lancaster County, Pennsylvania mempunyai kerentanan tekanan darah tinggi

Faktor-Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) 
Terdapat beberapa faktor penyebab seseorang mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) baik itu yang tidak sanggup anda kendalikan dan yang sanggup anda kendalikan sehingga anda sanggup mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Faktor penyebab darah tinggi yaitu sebagai diberikut...
  • Keturunan. Keturunan ialah faktor yang tidak sanggup dikendalikan, kalau seseorang mempunyai orang renta atau saudara dengan tekanan darah tinggi, kemungkinan besar ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menyampaikan bahwa persoalan tekanan darah tinggi  pada kembar indektik pdaripada kembar yang tidak indentik menyampaikan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk persoalan tekanan darah tinggi
  • Usia. Kebanyakan orang yang berusia diatas 60 tahun sering mengalami hipertensi, bagi mereka yang mengalami hipertensi biasanya mencakupko mengidap stroke dan penyakit kardiovaskular yang lain dan akan terus meningkat kalau tidak ditangani segera dan benar (Soeharto, 2004).
  • Merokok. Merokok ialah salah satu faktor yang sanggup diubah, adapun hubungan merokok dengan hipertensi yaitu nikotin yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah lantaran nikotin akan diserap pembuluh darah kecil dalam paru-paru dan diedarkan oleh pembuluh darah hingga ke otak, otak kemudian bereaksi terhadap nikotin dengan memdiberi sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepas efinefrin (Adrenalin). Hormon kuat tersebut mengakibatkan pembuluh darah dan memaksa jantung untuk bekerja lebih berat lantaran tekanan yang lebih tinggi. Selain itu, karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan oksigen dalam darah. Hal ini menimbulkan tekanan darah lantaran jantung dipaksa memompa untuk memasukkan oksigen cukup ke dalam organ dan jaenteng tubuh (Astawan, 2002 dalam Wijaya, 2009).
  • Garam. Sodium ialah mineral esensial bagi kesehatan yang mengatur keseimbangan air dalam system pembuluh darah. Sebagian diet hadir dari makanan yang bentuknya berupa garam dapur (Sodium chlorid (NaCl). Pemasukan sodium mempengaruhi tingkat hipertensi.
  • Kolesterol. Kolesterol sanggup anda kendalikan, kandungan lemak yang berlebih dalam darah anda sanggup mengakibatkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini sanggup membuat pembuluh darah menyempit dan balasannya tekanan darah meningkat. Kendalikan kolesterol anda sedini mungkin.
  • Kegemukan (Obesitas). Orang yang berat tubuh diatas 30% berat tubuh ideal, mempunyai kemungkinan besar akan terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). 
  • Alkohol. Konsumsi alkohol secara hiperbola sanggup mengakibatkan tekanan darah tinggi.
  • Kurang Olahraga. Kurang olahraga dan bergerak sanggup mengakibatkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda namun tidakboleh melaksanakan olahraga yang terlalu berat kalau anda menderita tekanan darah tinggi.
  • Kafein. Kafein sanggup anda kendalikan dengan menghindari minuman kopi, teh dan minuman cola lantaran sanggup mengakibatkan tekanan darah anda meninggi.
  • Stres. Stres terjadi lantaran anda tidak bisa mengendalikan emosi anda, sehingga sanggup memicu tekanan darah.
  • Jenis Kelamin. Hipertensi jarang ditemukan pada wanita pra-monopouse dibandingkan dengan laki-laki yang menyampaikan adanya efek hormon (Gray.dkk,2005).
  • Lingkungan. Terdapat perbedaan tekanan darah yang positif antara populasi kelompok pada tempat yang kurang makmur dengan tempat maju, contohnya bangsa Indian Amerika Selatan yang tekanan darahnya rendah dan tidak banyak sesuai dengan pertambahan usia dibandingkan dengan masyarakat barat. (Gray.dkk, 2005).
Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Sebagian besar dari penderita, hipertensi tidak menimbulkan gejala; meskipun secara tidak sengaja beberapa tanda-tanda terjadi bersamaan dan dipercaya bekerjasama dengan tekanan darah tinggi (padahal bergotong-royong tiak). Gejala yang dimaksud yaitu sakit kepala, perdarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan, dan kelelahan, yang bisa saja terjadi baik bagi penderita hipertensi, maupun bagi seseorang dengan tekanan darah yang normal. 

Gejala yang umum dikeluhkan bagi penderita tekanan darah tinggi adalah..
  • Sakit kepala 
  • Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk
  • Perasaan berputar dan serasa ingin jatuh
  • Berdebar dan detak jantung terasa cepat
  • Telinga berdenging
Tekanan darah tinggi menimbulkan tanda dan tanda-tanda berupa diantaranya
  • Bingung
  • Kelelahan 
  • Mimisan 
  • Keenteng berlebihan 
  • Kecemasan atau kegugupan 
  • Mual atau gangguan pencernaan 
  • Gangguan atau persoalan penglihatan 
  • Kulit yang nampak pucat atau kemerahan 
  • Denyut jantung yang kuat, cepat atau tidak teratur 
  • Impotensi 
  • Sakit kepala
  • Pusing kepala 
  • Bunyi berdengung atau berdering di indera pendengaran
Jika tidak diobati dengan segera, maka hipertensi berat akan timbul tanda-tanda seperti
  • Pandangan menjadi kabur lantaran adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal

Pencegahan dan Pengobatan Tanpa Obat 

Menurut Dalimartha, et al (2008), Upaya pengobatan hipertensi sanggup dilakukan dengan pengobatan non farmakologis, termasuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Penderita hipertensi membutuhkan perubahan gaya hidup yang susah dilakukan dalam jangka pendek. Oleh lantaran itu, faktor yang memilih dan memmenolong anda dalam kesembungan intinya yaitu diri sendiri (Palmer,2007). 

Terdapat enam langkah dalam perubahan gaya hidup yang sehat bagi para penderita hipertensi biar sanggup mengatasi penyakitnya sendiri sebagai diberikut..

1. Mengontrol Pola Makan
Hayens (2003) menyarankan biar sanggup mengkonsumsi garam sebaiknya tidak lebih dari 2000 hingga 2500 miligram. Karena tekanan darah sanggup meningkat kalau asupan garam meningkat. Dalam pembatasannya asupan sodium sanggup mempertinggi imbas sebagian besar obat untuk diobati tekanan darah tinggi kecuali kalciumantagonis. 

Dalimartha, et al (2008) menyarankan lemak kurang dari 30% dari konsumsi kalori setiap hari. Mengonsumsi banyak lemak berdampak pada kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol yang tinggi sanggup meningkatkan anda terkena risiko penyakit jantung (Sheps,2005). 

2. Tingkatkan Konsumsi Potasium dan Magnesium
Pola makan yang rendah potasium dan magnesium menjadi salah satu faktor pemicu tekanan darah tinggi. Buah-buahan dan sayuran segar ialah sumber terbaik bagi kedua nutrisi tersebut untuk menurunkan tekanan darah (Dalimartha, et, al, 2008). 

3. Makan-Makanan Jenis Padi-Padian
American Jornal of Clinical Nutrition dalam penelitiannya yang ditulis Dalimartha, et al (2008) ditemukan bahwa laki-laki yang mengkonsumsi sedikitnya satu porsi sereal dari jenis padi-padian per hari mempunyai kemungkinan yang sangat kecil (0-20%) untuk terkena penyakit jantung. Semakin banyak konsumsi padi-padian, semakin rendah risiko penyakit jantung koroner, termasuk tekanan darah tinggi (Hipertensi) (Dalimartha, et al, 2008). 

4. Aktivitas Olahraga
Melalui olahraga yang isotonik dan teratur (aktivitas fisik aerobik selama 30-45 menit per hari) sanggup menurunkan tahanan perifer yang menurunkan tekanan darah (Yundini, 2006). Palmer (2007) menyampaikan bahwa ada delapan cara untuk meningkatkan aktivitas  fisik yaitu dengan menyempatkan berjalan kaki contohnya mengantar anak kesekolah, sisihkan 30 menit sebelum berangkat bekerja untuk berenang di kolam renang terdekat, gunakan sepeda untuk pergi kerja selama 2-3 hari dalam satu minggu, mulailah berlari setiap hari dimana melaksanakan tes enteng pada awalnya dan tingkatkan secara perlahan-lahan, pada ketika istirahat makan siang tinggalkan meja kerja dan mulailah berjalan, pergilah bermain ice-skating, roller-blade atua bersepeda bersama keluarga atau kawan, satu hari dalam satu minggu, lakukan acara gres menyerupai bergabung dengan klub tenin atau badminton atau berguru dansa, yang terakhir pilih tangga dibandingkan lift atau eskalator. 

5. Berhenti Merokok dan Hindari Konsumsi Alkohol 
Nikotin dalam tembakau yaitu penyebab meningkatnya tekanan darah. Nikotin diserap oleh pembuluh-pembuluh darah di dalam paru-paru dan diedarkan ke pemikiran darah. Dalam beberapa detik nikotin mencapai ke otak. Otak kemudian bereaksi terhadap nikotin dengan memdiberi sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepas epinefrin (adrenalin), sehingga dengan pelepasan hormon ini akan menyempitkan pembuluh darah dan memaksa jantung untuk bekerja lebih berat lantaran tekanan yang lebih tinggi (Sheps, 2005). 
Demikian alkohol, imbas semakin banyak mengkonsumsi alkohol maka semakin tinggi tekanan darah, sehingga peluang terkena hipertensi semakin tinggi (Hayens, 2003). Menurut Sheps (2005) alkohol dalam darah merangsang pelepasan epinefrin (adrenalin) dan hormon-hormon lain yang membuat pembuluh darah menyempit atau mengakibatkan penumpukan lebih banyak natrium dan air. Selain itu minum-minuman alkohol yang hiperbola mengakibatkan belum sempurnanya gizi yaitu penurunan kadar kalsium dan magnesium, rendahnya kadar dari kalsium dan magnesium berkaitan dengan peningkatakan tekanan darah (Sheps, 2005). 

Beberapa  laporan menyimpulkan bahwa imbas alkohol dimulai dari asupan alkohol yang paling rendah. Jadi, seseorang yang tidak mengkonsumsi alkohol maka cenderung mempunyai tekanan darah yang normal. Laporan lain menyampaikan ada batas atau ambang tertentu dari alkohol yang sanggup mempengaruhi tekanan darah (Hayens, 2003). 

6. pertolongan Dari Kelompok Pendukung
Sertakan keluarga dan mitra menjadi kelompok pendukung contoh hidup sehat (Dalimartha, et al, 2008). Sehingga keluarga dan kawan-kawan mengerti sepenuhnya ihwal besarnya resiko kalau tekanan darah kita tidak terkendali. melaluiataubersamaini demikian keluarga dan mitra memmenolong dengan memperhatikan makanan kita atau mengingatkan ketika datang waktu untuk minum obat atau untuk melaksanakan acara berjalan-jalan setiap hari dan mungkin saja mereka bahkan akan menemani kita (Sheps, 2005). Penelitian yang ditulis dalam Dalimartha, et al (2008)  menyampaikan kontribusi kelompok yang terbukti berhasil dalam mengubah gaya hidup untuk mencegah hipertensi. 

7. Terapi Herbal 
Dalam Traditional Chinesse Pharmacology, ada lima macam cita rasa dari tumbuhan obat yaitu pedas, manis, asam, pahit dan asin. Penyajian jenis obat-obatan herbal khususnya dalam terapi hipertensi disuguhnya dengan beberapa cara, contohnya dengan makan langsung, disajikan dengan buat jus untuk ambil sarinya, diolah menjadi obat ramuan ataupun dimasak sebagai embel-embel sajian sehari-hari (Dalimartha, et al, 2008). 
Point ke 7 ini ialah pembahan utama pada kali ini yakni Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami yang sanggup anda lihat dibawah ini...

16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Tanaman obat mempunyai kelebihan dalam pengobatan hipertensi lantaran umumnya tumbuhan obat mempunyai fungsi, selain mengubati penyakit penyerta atau penyakit komplikasi sebagai akhir tekanan darah tinggi. Macam-macam obat herbal atau tradisional dalam penanganan tekanan darah tinggi (hipertensi yaitu sebagai diberikut..

1. Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L)
Buah dengan rasa asam ternyata sanggup menyembuhkan dan mengatasi tekanan darah tinggi dengan kandungan batangnya yaitu saponin, tanin,glucoside, calsium oksalat, sulfur, asam format, peroksidase; Daunnya: tanin sulfur, asam format, peroksidase, calsium oksalat, kalium sitrat. Efek yang ditimbulkan memakai obat herbal belimbing wuluh yaitu menghilangkan sakit (analgetik), memperbanyak engeluarna pempedu, anti radang, peluruh kencing, astringent. 

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Teknik pemakaian yaitu mengambil tiga buah belimping wuluh dicuci, kemudian dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air membersihkan hingga tersisah 1 gelas. Sesudah cuek disaring, kemudian diminum sehabis makan pagi. 

2. Boroco (Celosia argentea Linn.)
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Obat yang biasa disebut Bayam buntut belanda, Bayam kucing, Kuntha, Baya  kasubiki. Obat herbal yang mempunyai rasa pahit, sejuk bermanfaa dalam pengobatan radang mata dan tekanan darah tinggi (Hipertensi) yang dilakukan dengan cara mengambil biji boroco 30 gram, 1 gelas air rebus menjadi 1/2 gelas air, dibagi menjadi 2 (dua) kali minum. 

3. Ketepeng Kecil (Cassia tora Linn)
Selain nama dari ketepng kecil juga biasa disebut dengan ketepeng sapi, ketepeng cilik (jawa), pepo (timor, ketepeng lentik (sunda). Obat memilik rasa manit pahit dan asin, agak cuek bermanfaa dalam pengobatan radang mata, peluruh air seni, melancarkan membuang air besar. 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Obat ini masuk ke dalam meridian liver (Purifies =memmembersihkankan) dan meridian ginjal (Supports = menguatkan). Kandungan yang terdapat dalam ketepeng kecil ini yaitu mulai dari biji: chryzophanol, emodin, aloe-emodin, rhein, physcian, obusin, aurantio-obtusin, rubrobusarin, torachryson, toralactone, vit. A. Teknik pemakaian atau pengobatan ketepeng kecil yaitu yang dipakai bijinya dengan 15 gram biji digongseng (goreng tanpa minya) hingga kuning, kemudian digiling hingga terasa kesat, ditambah gula secukupnya, seduh dengan air gerah atau direbus, minum sebagai pengganti teh. 

4. Mindi Kecil (Melia azedarach L)
Tanaman yang ini spesialuntuk dipakai daunnya dengan cara pemakaian yaitu basuh daun mindi kecil yang segar (tujuh lembar), kemudian rebus dengan dua gelas air. Sesudah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas. 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Kandungan daun yaitu alkaloid parasina, flavonoid rutin, zat pahit, saponin, tanin, steroida dan kaemferol. 

5. Murbel (Morus alba L)
Murbel atau murbai atau kerta, kitau, dan masih banyak lagi yang daun yang bersifat pahit, manis dan cuek masuk eridian paru dan hati. Sedangkan buahnya bersifat manis, cuek masuk meridian jantung, hati dan ginjal. dimana obat yang satu ini yang dipakai yaitu daun, dan buahnya.  

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Teknik pemakaian obat ini yaitu daun murbei segar sebanyak 15 g dicuci membersihkan kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sesudah cuek disaring kemudian dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan sore. Buah murbei segar sebanyak 30 g direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit mendidih, dinginkan, diperas dan disaring. Hasil saenteng diminum sehari dua kali sama banyak. 

Efek atau manfaat yang anda dapatkan ketika mengkonsumsi obat herbal ini yaitu daun mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-sitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa-beta-hexenal, cis-beta,hexenol, cis-lamda-hexenol, benzaidehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, aceto'ne, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C, dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol dan mengandung phtoestrogens. Buahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, asam oleat, dan vitamin (karoten, B1, B2, dan C). 

6. Pulal (Alstonia scholaris (L) R. Br.
Pulal dalam bahasa sunda disebut lame, jawa (pule), madura (olay) dan masih banyak lagi. Obat yang satu ini dipakai yaitu kulit kayu dimana yang berasa pahit, tidak berbau. Teknik pemakaian atau pembuatan obat ini yaitu dengan cara kulit batang pulai 1/4 jari, daun kumis kucing dan daun poncosudo sebanyak 1/5 genggam, daun pegagan, daun meniran masing-masing 1/4 genggam, buah ketapang 1 buah, gula enau 3 jari. Semua materi dicuci kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air membersihkan hingga tersisa 2 1/4 gelas. Sesudah cuek disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Setiap kali minum cukup 3/4 gelas. Kandungan dalam kulit kayu yaitu alkoloida ditain, ekitamin (ditamin), ekitenin, ekitamidin, alstonin, ekiserin, ekitin, ekitein, porfirin, dan triterpen (alfa-amyrin dan lupeol). 

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Efek atau manfaat yang anda dapatkan dalam mengkonsumsi kulit kayu atau obat herbal ini berdasarkan penelitian farmakologis yaitu (1). zat adiktif triterpenoid dari kulit kayu pulai sanggup menurunkan kadar glukosa darah kelinci (Setyarini, Fak. Farmasi Unair, 1987). (2) Ekstrak air kulit kayu pulai secara in vivo sanggup menekan daya bisul telur cacing gelang babi (Ascaris suum) pada takaran 130 mg/ml dan secara invitro menekan perkembang telur berembrio menjadi larva an takaran 65 mg/ml (Thresia Ranti, Jurusan farmasi FMIPA ITB, 1991). (3). Pemdiberian infus 10% kulit kayu pulai dengan takaran 0,7;1,5 dan 39/kg bb kelinci mempunyai imbas hipoglikernik (Sulina, Jurusan Farmasi FMIPA ITB, 1978). 

7. Pule Pandak (Rauvolfia serpentine (L) Bentham ex. Ku)
Pulai pandak/akar tikus, yang menjadi sebagai obat herbal yaitu akar, batang dan daun dengan cara merebus 50 g akar pule dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas sehabis cuek disaring. Minumlah pagi dan sore hari, masing-masing 1/2 gelas. 

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Kandungan akarnya yakni 3 grup alkaloid, yang homogen dan jumlahnya tergantung dari tempat asal tumbuhnya. Grup 1 termasuk alkaline kuat (quarterary ammonium compound): serpentine, serpentinine, sarpagine, dan samatine. Penyerapannya buruk bila dipakai peroral (minum). Grup II (tertiary amine derivate): yohimbine, ajmaline, ajmalicine, tetraphyline, dan tetraphyllicine. Grup III termasuk alkaline lemah (secondary amities): reserpine, rescinnamine, deserpidine, raunesine, dan cguascine. Reserpine bermanfaa hipotensif, ajmaline, serpentine, dan rescinnamine bermanfaa sedatif, yohimbinne merangsang pembentukan testosteron yang sanggup membangkitkan gairah seks. 

8. Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness)
Herba yang rasanya pahit, dingin, masuk meridian paru, lambung, usus besar dan usus kecil yang dipakai dengan cara memakai daun sambiloto segar sebanyak 5-7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air gerah menambahkan madu secukupnya sambil diaduk. Sesudah cuek minum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali. 

 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Kandungan dari daun ini yaitu deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid, dan flavonoid, alkgua, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik dan damar. Efek farmakologis dan hasil penelitian menujukkan bahwa herbal ini obat tekanan darah tinggi (hipertensi) 
a. Berkhasiat bakteriostatik pada staphylococcus aurcus, Pseudomonas aeruginosa, Proteus vulgaris, Shigella dysenteriae, dan Escherichia coli. 
b. Efektif untuk pengobatna infeksi. In vitro, air rebusannya dengan merangsang daya fagositosis sel darah putih.
c. Andrografolid menurunkan demam yang ditimbulkan oleh pemdiberian vaksin yang mengakibatkan gerah pada kelinci. 
d. Andrografolid sanggup mengakhiri kehamilan dan menghambat pertumbuhan trofosit plasenta. 
e. Dari segi farmakologi, sambiloto mempunyai imbas muskarinik pada pembuluh darah, imbas pada jantung iskeniik, imbas pada respirasi sel, sifat kholeretik, antiinflamasi, dan antibakteri. 
f. Komponen aktifnya menyerupai neonadrografolid, andrografolid, deoksiandrografolid dan 14-deoksi-11, 12-didehidroandgrafolid bermanfaa antiradang dan antipiretik. 
g. dan masih banyak lagi...

9. Sambung Nyawa (Gynura procumbens (Lour) Merr.) 
Bagian tumbuhan obat yang dilakukan yaitu daun dengan cara pemakaian 4 lembar daun segar (anak-anak, sampaumur 7 lembar) dicuci kemudian dimakan mentah atau di juice dan diminum, atau dikukus sebentar dan dimakan, atau ditumis sebenar dan dimakan. Sehari sekali. 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Daun yang mengandung 4 senyawa flavonoid, tanin, saponin, steroid (triterpenoid). Metabolit yang terdapat dalam ekstrak yang larut dalam etanol 95% antara lain asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam kumarat, asam hidroksi benzoat. 

10. Tempurung (Sonchus arvensis L).
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal AlamiTanaman obat yang memakai seluruh belahan tumbuhan tersebut, namun pada kali ini kami spesialuntuk memparkan pembuatan obat tekanan darah tinggi (hipertensi) memakai daunnya saja. Teknik penerapannya yaitu memakai daun tempunyung segar sebanyak 5 lembar dicuci kemudian diasapkan sebentar. Makan sebagai lala bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari. Kandungan tempuyung yaitu oc-laktuserol, P-laktuserol, manitol, silika, taraksasterol, inositol, kalium, dan flavonoid. 

Efek atau manfaat dalam memakai obat ini yaitu 1. efek ekstrak air dan ekstrak alhokol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan kerikil ginjal in vitro, menghasilkan kesimbulan diberikut. a daun temputung tidak terperinci mempunyai imbas diuretik, namun mempunyai daya melarutkan kerikil ginjal. b. daya melarutkan kerikil ginjal oleh ekstrak air lebih baik daripada ekstrak alkohol (Giri Hardyatmo, Fak. Farmasi UGM, 1988). 2. Praperlakuan flavonoid fraksi etil asetat daun tempuyung bisa menghambat hepatotoksisitas karbon tetrakiorida (CCL4) yang didiberikan ada mencit jantan (Atiek Liestyaningsih, Fak. Farmasi UGM, 1991).

11. Kucai 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Khasiat Kucai sebagai antihipertensi lantaran kandungan tetrametiloksamida dan ester 17-etadekadesenil. Kucai efektif melancarkan peredaran darah sekalgisu menghindarkan pembekuan pada penderita hipertensi. 

12. Mengkudu 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Ekstrak buah mengkudu mengandung xeronin dan proxeronin yang berfungsi menormalkan fungsi sel yang rusak dalam tubuh manusia, sehingga daya tahan tubuh meningkat, mengkudu juga mengandung seopoletin yang bisa mengikat serotoain, yaitu senyawa kimia yang menjadi penyebab terjadinya penyempitan darah sehingga tekanan darah meningkat. 

13. Seledri 
Seledri bermanfaa menurunkan tekanan darah tinggi lantaran aktivitasnya sebagai kalsium antagonis yang besar lengan berkuasa pada tekanan darah. Senyawa aktif dalam seledri bekerja pada reseptor pembuluh darah yang hasil akhirnya memdiberi imbas relaksasi, yang sanggup mengurangi ketegangan pembuluh darah.  
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Senyawa 3-butyphthhalida yang disolasi dari seledri selain memdiberi aroma harum, juga menurunkan tekanan darah, lantaran bisa menekan serius hormonal stres sehingga pembuluh darah kembali melebar. Ahli lain melihat kemampuan seledri memmenolong menurunkan tekanan darah berkat senyawa aktif apigenin yang menyerupai kalsium antagonis menyerupai terdapat pada obat hipertensi. 

14. Daun Alpukat
Daun alpukat yang mengandung beberapa materi aktif diantaranya saponin, tannin, pholobatannin, flavonoid, alkoloid, dan polisakarida. 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Hasil penelitian pertanda daun alpukat sebagai anti hiperlipidemia yang ialah salah satu pemicu serangan jantung, mabadunga kolesterol dalam darah mengendap sebagai plak di dinding pembuluh darah luruh serta menyumbat pembuluh darah 

15. Bawang Putih
Penelitian di Bulgaria, bawang putih sanggup menurunkan tekanan sistolik 20-30 poin dan diastolika turun 10-20 poin. Kemampuan umbi bawang putih dalam memmenolong menurukan tekanan darah diperkirakan akhir kandungan alisin yang melenturkan pembuluh darah. 
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami

Hasil penelitian lain senyawa adenosin yang dikandung berperan melenturkan pembuluh darah. Selain itu proftaglandin dan Vitamin E yang terkandung dalam umbi berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian di Jepang menyampaikan bawnag putih memmenolong menurunkan kadar kolesterol lantaran mempunyai ajoene, zat anti kolesterol untuk mencegah penggumpalan darah. 

16. Mentimun
 salah satu tantangan besar di Indonesia 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
Buah mentimun mengandung fosfor, kalium, magnesium, vitamin A, C, E, betakoren dan asam folat. Jus mentimun dilaporkan sanggup menurunkan tekanan darah, baik insan maupun binatang percobaan. ketika makan mentimun sebaiknya tidakboleh dikupas kulitnya lantaran serat kasarnya sanggup memmenolong menurunkan berat badan. 

Baca Juga:


Demikianlah informasi terkena 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
 
Sumber: 16 Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Herbal Alami
  • pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/05/tumbuhan_obat_antihipertensi.pdf
  • Soedibyo, Mooryati. 1998. Alam Sumber Kesehatan: Manfaat dan Kegunaan. Jakarta: Balai Pustaka
  • Wijayakusum, HM. Hembing, Setiawan Dalimarta, As, Wirian. 1998. Tanaman Obat Berkhasiat Indonesia. Jilid 1,2,4. Jakarta: Pustaka Karting. 
  • Wijayakusuma, HM. Hembing (1995). Tanaman Berkhasiat Obat, Jilid 1,2,3,4. Pustaka Kartini, Jakarta. 
  • kicauan.files.wordpress.com/2012/01/hentikan-hipertensi.pdf
  • perkebunan.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2013/07/perkebunan_Hipertensi.pdf
  • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20131/4/Chapter%20II.pdf
  • bit.lipi.go.id/pangan-kesehatan/documents/artikel_hipertensi/hipertensi.pdf
  • eprints.ung.ac.id/5114/5/2013-1-14201-841409021-bab2-30072013043932.pdf
  • hfile.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._KEPELATIHAN/194607181985111-BASTINUS_N_MATJAN/BAHAN_AJAR_UTAMA/BAHAN_AJAR_16.pdf
  • staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Cerika%20Rismayanthi,%20S.Or./DIET%20BAGI%20PENDERITA%20HIPERTENSI.pdf