Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam & Contohnya

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam & misalnya|Secara Umum, Pengertian Sistem Operasi adalah perangkat lunak (software) pada komputer yang bertugas dalam menggontrol dan memanajemen perangkat keras dan sebagai operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan software aplikasi contohnya program-program pengolah data untuk mempergampang acara manusia. Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut dengan Operating System, atau disingkat OS. 

Sedangkan dalam klarifikasi wikipedia, bahwa pengertian sistem operasi (operating system) ialah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) yang tersistem sebagai pengelola sumber daya dari perangkat keras komputer (hardware), dan sebagai penyedia layanan umum untuk aplikasi. Tanpa adanya sistem operasi maka aplikasi komputer tidak sanggup berjalan, kecuali kalau menggunakan jadwal booting. 

Sistem Operasi Komputer ialah software di lapisan pertama dalam meletakkan memori komputer (memori komputer yaitu hardisk, bukan memori ram) di ketika komputer dinyalakan. Lalu pada software-sofware yang lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan melaksanakan layanan inti umum keseluruh software-software. Layanan inti umum tersebut contohnya kanal ke disk, administrasi memori, skudiling task, dan antar muka user. Sehingga setiap software tidak lagi melaksanakan kiprah inti umum alasannya ialah sudah dilakukan dan dilayani oleh Sistem Operasi. 

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Selain dari itu sistem operasi komputer melaksanakan tiruana perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang tidak sama fungsinya sanggup berjalan lancar secara bersamaan tanpa adanya hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin, aplikasi perangkat lunak lainnya sanggup menggunakan memori, melaksanakan input serta output ke peratan lain, dan mempunyai kanal ke setiap sistem file. Sistem operasi juga mengatur, kalau aplikasi berjalan secara bersamaan, sehingga proses di komputer berjalan mendapatkan waktu yang cukup dan tidak saling mengganggu perangkat yang lain. 

Bagian-Bagian Sistem Operasi Komputer
Secara umum, sistem operasi komputer terdiri atas beberapa bab yaitu..
  • Mekanisme Boot, ialah meletakkan kernel ke dalam memori
  • Kernel yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas dalam membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang sanggup dipanggil oleh apliaksi lain 
  • Driver untuk diberinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya
Fungsi Sistem Operasi 
Berdasarkan klarifikasi diatas, maka sanggup dikatakan sistem operasi mempunyai kiprah yang sangat penting dan vital dalam komputer. Peran dan fungsi sistem operasi ialah sebagai diberikut... 
  • Membuat komputer menjadi lebih simpel dan menarikdanunik serta nyaman digunakan 
  • Memungkinkan sumberdaya komputer dipakai secara efisien 
  • Disusun atau diprogram untuk sedemikian rupa memungkinkan mendapatkan perubahan/pengembangan gres yang efektif dan efisien, dengan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang sudah ada.
Tidak spesialuntuk itu, fungsi sistem operasi komputer dibagi dalam tiga bab yaitu sebagai mediator, sebagai wadah, dan sebagai penerjemah.
  • Fungsi sistem operasi sebagai mediator, ialah sistem operasi komputer menjadi penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware). 
  • Fungsi sistem operasi sebagai wadah ialah sistem operasi komputer daerah menginstal suatu aplikasi, dan sebaliknya. 
  • Fungsi sistem operasi komputer sebagai penerjemah ialah sistem operasi komputer melaksanakan proses penerjemahan bahasa jadwal untuk ditampilkan ke layar monitar yang berupa kombinasi grafis dan teks. 
Fungsi Umum Sistem Operasi 
1. Resource manager ialah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Misalnya memori, cpu, disk drive dan perangkat lainnya.
2. Interface/tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang leibh simpel dipahami dan berteman akrab (user friendly).
3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan kemudahan sehingga aktifitas yang kompleks sanggup diatur dan proses secara berurutan.
4. Guardian, ialah menyediakan kanal kontrol dengan kiprah melindungi file dan mengawasi data dan program
5. Gate Keeper, berfungsi mengendalikan hak kanal pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
6. Optimizer ialah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunannya.
7. Accountant yang mana berfungsi mengatur waktu CPU, penerapan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal
8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer

Macam-Macam Sistem Operasi dan contohnya
a. DOS ialah abreviasi dari Disk Operating System, ada beberapa versi dari sistem dos yaitu MS- Dos yang dibentuk oleh Microsoft, PC DOS buatan dari IBM dan DR- DOS buatan Digital Research.
b. OS/2 ialah sistem operasi yang dibentuk oleh IBM, yang awal mulanya spesialuntuk ditujukan untuk pemakaian komputer sendi namun sekarang sudah disebarkan.
c. Sunsoft ialah sistem operasi yang dibaut oleh Sun Microsystem Inc. Sistem yang ialah versi interaktif UNIX
d. Sistem 6.x/7.x
Sistem Operasi yang dijalankan untuk Macintosh metode dengan menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface
e. Windows NT
Sistem yang dikembangkan oleh windows.
f. NextSTEF
NextSTEF ialah sistem operasi yang ditujukan kepada komputer neTX alasannya ialah kecanggihannya
g. UNIX ialah sistem operasi yang sekarang banyak dipakai komputer mini atau mainframe.
h. Sistem Mac OS, ialah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang umumnya disebut dengan Mac atau Macintosh.
i. Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x sampai versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).

Baca Juga: 

Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli
Pengertian Teknologi Informasi, Tujuan, Fungsi, & Menurut Para Ahli
Dampak Positif Internet & Dampak Negatif Internet
Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat, & Sejarah Internet 
Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis BIOS 
Pengertian, Manfaat, dan Macam-Macam Jaenteng Komputer 
Pengertian Hardware, Software, Brainware 
Pengertian Software, Fungsi, Jenis-Jenis & misalnya 
Pengertian dan Macam-Macam Topologi Jaenteng Komputer 
 pada komputer yang bertugas dalam menggontrol dan memanajemen perangkat keras dan sebagai Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam & misalnya

Demikianlah informasi terkena Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Macam & misalnya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian sistem operasi komputer, fungsi sistem operasi, macam-macam sistem operasi dan rujukan sistem operasi. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.