Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Afnei: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia

AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia|Secara umum, Pengertian AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) adalah pasukan sekutu yang dikirim ke Indonesia setelah selesainya Perang Dunia II untuk melucuti persenjataan tentara Jepang, membebaskan tawanan perang Jepang, dan mengembalikan Indonesia kembali menjadi Hindia Belanda kekuasaan Belanda di bawah manajemen NICA (Netherlands Indies Civil Administration). Pasukan ini di bawah pimpinan Letnan Jendrall Sir Philip Christison.

Sejarah AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies
Sesudah berhasil mengatasi masalahnya dengan tentara Jepang, bangsa Indonesia lalu berhadapan dengan pasukan Sekutu dari Komando Asia Tengara atau South East Asia Command (SEAC) di bawah pimpinan Laksamana Lord Louis Mountbatten. Perwira pasukan Sekutu yang pertama, kali hadir ke Indonesia yaitu Mayor Greenhalgh, ia terjun payung di lapangan udara Kemayoran pada tanggal 14 September 1945. Tugas Greenhalgh yaitu mempersiapkan pembentukan markas besar pasukan Sekutur di Jakarta. Kehadiran Greenhalgh disusul dengan berlabuhnya kapal penjelajah Cumberland di Tanjung Priok pada tanggal 29 September 1945. Kapal itu membawa Panglima Skadron Kapal Penjelajah V Inggris, yaitu Laksamana Muda W.R. Patterson. Pasukan Sekutu yang bertugas di Indonesia didiberima nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Philip Christison. 

Pada mulanya kehadiran pasukan Sekutu disambut baik oleh pihak Indonesia. Tetapi setelah diketahui pasukan Sekutu (Inggris) hadir dengan membawa orang-orang Belanda yang tergabung dalam Netherlands Indies Civil Administration (NICA) maka perilaku bangsa Indonesia mulai berubah, yaitu memusuhi. Situasi keamanan lalu menjadi tidak terkendali. 

Agaknya Letnan Jenderal Christison sudah memperhitngkan bahwa kiprah pasukan Sekutu tidak akan berhasil tanpa menolongan dari pemerintah Republik Indonesia. Oleh lantaran itu, Letnan Jenderal Christison melaksanakan negosiasi dengan pemerintah Republik Indonesia, serta mengakui secara De Facto negara Republik Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945. 

Semenjak adanya legalisasi secara de facto itu, maka masuknya pasukan Sekutu ke wilayah Indonesia diterima dengan terbuka oleh para penjabat Republik Indonesia. Hal itu disebabkan lantaran pemerintah Republik Indonesia harus menghormati tugas-tugas yang dilaksanakan  oleh pasukan Sekutu. Pengakuan itu diperkuat lagi dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Christison, bahwa ia tidak akan mencampuri masalah-masalah yang menyangkut status ketatguagaraan Indonesia. 

Tugas AFNEI atau Tujuan AFNEI di Indonesia 
Tugas AFNEI di Indonesia yaitu melaksanakan perintah Kepala Staf Gabungan Pasukan Sekutu yang didiberikan kepada SEAC. Tugas AFNEI yaitu sebagai diberikut... 
  • Menerima penyerahan dari tangan Jepang
  • Membebaskan interniran Sekutur
  • Melucuti, mengumpulkan, dan memulangkan orang Jepang
  • Menegakkan dan mempertahankan keadaan hening untuk lalu diserahkan kepada pemerintahan sipil, serta. 
  • Menghimpun keterangan tentang penjahat perang dan menuntut mereka di depan pengadilan pasukan Sekutu.

Baca Juga:

Demikianlah informasi terkena AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian AFNEI, sejarah AFNEI, kiprah & tujuan AFNEI ke Indonesia. Sekian dan terimakasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Referensi: AFNEI: Pengertian, Sejarah, Tugas, & Tujuan Ke Indonesia
  • Sujatmiko, Eko. 2014. Kamus IPS. Surakarta: Aksara Sinergi Media Cetakan. Hal 3
  • Sadali.dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Hal: 59-60