Peran Pendidikan Huruf Teciptanya Kepribadian Baik
Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik|Manusia bergotong-royong sudah membawa kepribadian semenjak dilahirkan di muka bumi ini. Pendidikan aksara adalah suatu bentuk aktivitas insan yang terdapat atas suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Pendidikan aksara bertujuan untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju ke arah hidup yang lebih baik. Tidak spesialuntuk itu, tujuan pendidikan karakter sanggup dilihat dibawah ini...
- Mengetahui banyak sekali aksara baik manusia
- Mengartikan dan menandakan banyak sekali karakter
- Menunjukkan pola prilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami sisi baik dalam menjalankan sikap yang sebagai mana berkarakter
Faktor Pendidikan Karakter
Lingkungan memegang tugas penting dalam pendidikan aksara sebab perubahan sikap akseptor didik sangat ditentukan oleh faktor lingkungan. Maka dari itu perlunya pembentukan dan rekayasa lingkungan baik itu pada lingkungan fisik, dan budaya sekolah, administrasi sekolah, kurikulum, pendidik dan metode mengajar. Strategi-strategi rekayasa faktor lingkungan dalam pendidikan aksara yaitu sebagai diberikut...
1. Keteladanan
2. Intervensi
3. Pembiasaan yang dilakukan secara konsisten
4. Penguatan
Pilar-Pilar Pendidikan Karakter
Pendidikan aksara didasarkan atas enam pilar yaitu sebagai diberikut..
1. Trustworthiness (Kepercayaan)
jujur , tidakboleh menipu, memalsukan atau mencuri, jadilah orang yang handal yang melaksanakan apa yang dikatakan dan melakukannya, minta keberanian untuk melaksanakan hal-hal yang benar, membangun reputasi yang baik, patuh berdiri dengan keluarga, mitra dan negara.
2. Recpect (Respek)
Bersikap toleran terhadap perbedaan, gunakan sopan santun, bukan bahasa yang tidak baik atau buruk, pertimbangkan perasaan orang lain dan tidak mementingkan diri sendiri, tidakboleh mengancam, memkul atau menyakiti orang lain, damailah dengan kemarahan, hinaan, dan perselisihan.
3. Responsibility (Tanggung jawaban)
Selalu melaksanakan yang terbaik, lakukan pengawasan diri, disiplin, berpikirlah sebelum bertindak, mempertimbangkan konsekuensi, bertanggung tanggapan atas apa saja pilihan yang anda buat.
4. Fairness (Keadilan)
Bermain sesuai dengan aturan, ambil seperlunya dan menyebarkan seperlunya, berpikiran terbuka; mendengarkan orang lain, tidakboleh mengambil laba dari orang lain, tidakboleh menyalahkan orang lain sembarangan.
5. Caring (Peduli)
Bersikaplah atas penuh dengan kasih akung dan mengatakan anda peduli, ungkakan rasa syukur, maafkan orang lain, memmenolong orang yang membutuhkan.
6. Citizenship (Kewargguagaraan)
Menjadikan sekolah dan masyarakat menjadi lebih baik, bekerja sama, melibatkan diri atas urusan masyarakat, menghormati otoritas, melindungi lingkungan hidup.
Fungsi Pendidikan Karakter
Fungsi pendidikan aksara yaitu sebagai diberikut
1. Mengembangkan potensi dasar supaya berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik
2. Memperkuat dan membangun sikap bangsa yang multikultur
3. Meningkatkan peradaban bangsa supaya kompetitif dalam bersaing dalam pergaulan dunia, yang dilakukan dari banyak sekali media mencakup beberapa aspek keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.
Nilai-Nilai Pembentuk Karakter
Sebenarnya nilai-nilai pembentuk aksara sudah dikembangkan, dan dikala ini sudah diperkuat atas 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum. 18 nilai pembentuk aksara bersumber dari agama, pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional yang mana nilai-nilai pembentuk aksara sanggup dilihat dibawah ini..
1. jujur
2. Toleransi
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Demokrasi
8. Rasa ingin tahu
9. Semangat kebangsaan
10. Cinta tanah air
11. Menghargai prestasi
12. Berteman dekat/komunikatif
13. Cintai damai
14. Gemar membaca
15. Peduli lingkungan
16. Peduli sosial
17. Tanggung jawaban
18. Religius.
Macam-Macam Kepribadian
Secara umum, kepribadian terbagi atas 4 macam yaitu sebagai diberikut..
1. Koleris yaitu kepribadian yang suka kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
2. Sanguinis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan aktivitas sosial dan bersenang-senang.
3. Plegmatis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan bekerja sama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, mitra bicara yang enak, menyukai hal yang pasti
4. Melankolis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang detil, menyimpan kemarahan, perfection, suka instruksi yang jelas, aktivitas yang rutin sangat disukai.
Pengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli
Pengertian Kurikulum, Fungsi dan Komponennya
Demikianlah informasi terkena Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, faktor pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pembentuk karakter, dan macam-macam kepribadian. Sekian dan terima kasih. Salam menyebarkan Teman-Teman.
2. Sanguinis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan aktivitas sosial dan bersenang-senang.
3. Plegmatis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan bekerja sama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, mitra bicara yang enak, menyukai hal yang pasti
4. Melankolis yaitu kepribadian yang bercirikan suka dengan hal yang detil, menyimpan kemarahan, perfection, suka instruksi yang jelas, aktivitas yang rutin sangat disukai.
Baca Juga:
Pengertian Pendidikan, Tujuan, & Menurut Para AhliPengertian Kepribadian, Ciri-Ciri, Unsur, Jenis & Definisi Para Ahli
Pengertian Kurikulum, Fungsi dan Komponennya
Demikianlah informasi terkena Peran Pendidikan Karakter Teciptanya Kepribadian Baik. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, faktor pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nilai pembentuk karakter, dan macam-macam kepribadian. Sekian dan terima kasih. Salam menyebarkan Teman-Teman.