Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup|Secara Umum, Pengertian Akuntansi Manajemen adalah kegiatan yang menyajikan laporan keuangan kepada seluruh manajer di perusahaan sebagai dasar untuk membuat keputusan bisnis dalam kesiapan pengelolaan dan fungsi kontrol. Menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), bahwa menurutnya akuntansi administrasi yaitu proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi warta yang dipakai oleh administrasi untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas untuk memastikan dan akuntabilitas penyusunan sumber daya tersebut. 
Sedangkan The American Institue of Certified Public Accountants (AICPA) menyatakan bahwa akuntansi administrasi sebagai pratik meluas dalam tiga bidang yaitu sebagai diberikut.. 
  • Manajemen Strategi. Akuntansi administrasi mempunyai kiprah yang bertugas sebagai kawan strategis di dalam organisasi.
  • Manajemen Kinerja. Akuntansi administrasi mempunyai pengembangan praktik dalam pengambilan keputusan bisnis dan mengelola kinerja dalam organisasi.
  • Manajemen Risiko. Akuntansi administrasi mempunyai bantuan dalam membuat kerangka kerja dan raktik dalam mengidentifikasi, mengukur, mengelola dan melaporkan resiko untuk mencapai tujuan organisasi. 
Menurut Hariadi (2002:3) bahwa akuntansi administrasi ialah identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, pencatatan, interpretasi, dan pelaporan kejadian-kejadian ekonomi suatu tubuh perjuangan yang dimaksudkan biar administrasi sanggup menjalankan fungsi perencanaan pengendalian dan pengambilan keputusan. 

Menurut Abdul Halim dan Bambang Supomo (2001:3), Akuntansi administrasi yaitu suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan warta keuangan bagi administrasi untuk pengambilan keputusan eknomi dalam melakukan fungsi manajemen. 

Dari beberapa definisi diatas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian akuntansi manajemen yaitu memanfaatkan data-data dan warta akuntansi yang dipakai sebagai alat menolong administrasi untuk menjalankan fungsinya yaitu fungsi perencanaan, pengarahan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengambilan keputusan. 

Akuntansi administrasi mempersembahkan informasi-informasi kepada setiap manajerial dimana dalam hal ini akuntansi administrasi sebagai suatu tipe warta yang dipandang untuk mengolah warta keuangan memenuhi keperluan manajer dalam perencanaan dan pengendalian acara organisasi. Hal ini tentu mempersembahkan manfaat seperti 
  • Mengurangi kepastian 
  • Memmenolong administrasi untuk bertindak lebih baik 
  • Memmenolong administrasi untuk mengenali lingkungan internal maupun eksternal 
  • Memmenolong administrasi dalam penilaian kinerja 
  • Memmenolong perencanaan manajemen 
  • Memotivasi manajemen
Tujuan Akuntansi Manajemen Sebagai Tipe Informasi
Sistem warta akuntansi administrasi tidak terikat oleh kriteria formal apapun yang mendefinisikan sifat dari proses, masukan, atau keluarannya sehingga kriterianya fleksibel dan berdasarkan pada tujuan manajemen. Sistem akuntansi administrasi mempunyai tiga tujuan umum : (Hansen, 2009:4)
a. Menyediakan warta untuk perhitungan biaya jasa, produk, atau objek lainnya yang ditentukan oleh manajemen. Oleh karenanya, implementasi  penyediaan warta untuk perhitungan-perhitungan biaya oleh administrasi dipakai untuk mengevaluasi ketepatan keputusan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya, memperluas pangsa pasar dan meningkatkan laba.
b. Menyediakan warta untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan. Oleh karenanya, warta diharapkan untuk mengidentifikasi aneka macam peluang untuk perbaikan dan mengevaluasi kemajuan yang sudah dicapai dalam mengimplementasikan aneka macam tindakan yang didesain untuk membuat perbaikan.
c. Menyediakan warta untuk pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, pentingnya pengambilan keputusan dengan menentukan atau beberapa taktik yang paling masuk nalar dalam mempersembahkan jaminan pertumbuhan dan kelangsungan hidup jangka panjang bagi perusahaan.

Baca Juga: 
Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen 
Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Prinsip & Bidang 
Pengertian Akuntansi, Apa itu ?.. 
Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, Prinsip & Arti Menurut Para Ahli 
Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian, Fungsi, & Teorinya

Mguajemen Pemamasukan: Pengertian, Fungsi, Unsur & Tugasnya
 kegiatan yang menyajikan laporan keuangan kepada seluruh manajer di perusahaan sebagai da Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup
Demikianlah warta terkena Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian akuntansi manajemen, fungsi manajemen, tujuan administrasi dan ruang lingkup manajemen. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  

Referensi: Akuntansi Manajemen: Pengertian, Fungsi, Tujuan, & Ruang Lingkup 
  • Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen ; Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jakarta: Salemba Empat
  • Hansen, Don R. dan Marryanne M. Mowen. 2009. Managerial Accounting ; Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
  • Abdul Halim dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, edisi 1.Yogyakarta :BPFE 2001
    Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 
  • Hansen dan Mowen. 2009. Akuntansi Managerial . Buku I Edisi 8, Jakarta : Salemba Empat. Kaplan, Robert S., dan David P.
  • Hariadi, Bambang, Akuntansi Manajemen, edisi 1. Yogyakarta : BPFE 2002
  • Machfoedz, Mas’ud, Akuntansi Manajemen, Jakarta : BPFE 2002
  • Abdul Halim dan Bambang Supomo, Akuntansi Manajemen, edisi 1.Yogyakarta :BPFE 2001
  • Samsryn, L.M, Akuntansi Manajerial Suatu Pengantar, Jakarta : Rajawali Pers, 2002