Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya| Secara Umum, Pengertian Karya Seni Rupa Terapan adalah karya seni yang sanggup dipergunakan sehari-hari dan mengandung nilai keindahan/estetika. Secara harfiah, Pengertian seni rupa terapan yaitu suatu benda seni yang berwujud dan sanggup digunakan. Karya seni rupa terapan ialah karya seni untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan). Seni rupa terapan tidak sama dengan seni rupa murni yang mana pada seni rupa terapan mengutamakan fungsi namun juga terdapat keindahan, sedangkan pada seni rupa murni spesialuntuk mengandung nilai estetika/keindahan tanpa mementingkan kegunaan dari karya seni rupa. 

Makna Karya Seni Rupa Terapan - Karya seni rupa terapan disebut juga dengan seni rupa aplikatif. Arti seni rupa aplikatif yaitu karya seni rupa yang sudah diaplikasikan (terapkan) pada bentuk-bentuk fungsional (bentuk apa saja yang dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi hidup manusia). Wujudnya sanggup berupa perlengkapan makan, perhiasan, perlengkapan ibadah, perabot rumah tangga, perlengkapan pertunjukan, dan pakaian. 

Sejarah Seni Rupa Terapan - Seni rupa terapan di Indonesia sudah ada semenjak zaman prasejarah yang pada ketika itu nenek moyang bangsa Indonesia memakai kapak watu dan tulang untuk berburu. Dalam perkembangan yang sangat cepat, ditemukan metode peleburan logam untuk membuat senjata dan pelengkap yang dihias biar terlihat indah. contohnya moko, nekara, bejana, dll.

Macam-Macam Seni Rupa Terapan - Terdapat beberapa macam seni rupa terapan antara lain sebagai diberikut...
  • Seni bangunan atau arsitektur, meliputi daerah tinggal, daerah ibadah, bangunan tanah, kantor, dll.
  • Seni ilustrasi, ialah seni berupa gambar atau foto untuk membuktikan suatu naskah/teks. contohnya gambar buku bacaan siswa SD. Fungsinya untuk membuktikan maksud isi bacaan biar lebih mudah dipahami pembaca. Ilustrasi terdapat di buku pelajaran, iklan, cerpen, dll.
  • Seni grafis terapan, adalah karya seni rupa untuk media komunikasi.
  • Seni dujungasi ialah seni rupa yang biasanya dipakai untuk menghias sebuah ruangan.
  • Seni kriya terapan, adalah karya seni kerajinan yang dipakai untuk kepentingan praktis. 
Pembagian Karya Seni Rupa Terapan - Agar sanggup dipahami dengan gampang, karya seni rupa terapan dikategorikan menjadi 3 yaitu sebagai diberikut..
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi
  • Pemenuhan kebutuhan yang bersifat mudah (kegunaan), yaitu karya yang berfungsi sebagai benda pakai, dan mengandung nilai hias. Seperti perabotan rumah tangga, contohnya lemari, meja, kurni dan tekstil.
  • Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan), yaitu fungsi yang semata-mata sebagai benda hias. Seperti karya batik atau tenun yang dibentuk khusus untuk hiasan dinding dan benda-benda kerajinan untuk penghias ruangan, ibarat topeng, vas bunga, dan patung.
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya
  • Karya seni rupa terapan dua dimensi (dwimatra) yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan sanggup dilihat dari satu arah. contohnya batik, tenun dan wayang kulit.
  • Karya seni rupa terapan tiga dimensi (trimatra), yaitu karya seni rupa yang dilihat segala arah dan mempunyai ruang atau volume. contohnya patung, rumah adat, senjata tradisional ibarat rencong dan pedang.
Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya 
Dalam karya seni rupa terapan menurut bentuknya dibagi dalam empat kategori yaitu sebagai diberikut..
  • Transportasi Tradisional
  • Seni Kriya
  • Rumah Adat 
  • Senjata Tradisional 
misal-misal Seni Rupa Terapan - Berikut contoh-contoh seni rupa terapan yang terdapat di Indonesia...
  • Poster, ialah karya seni atau desain grafis dengan komposisi gambar dan karakter pada media kertas berukuran besar. Penerapan poster biasanya ditempel di dinding atau pada permukaan datar untuk menginformasikan segala hal pada masyarakat dengan menampilkan nilai keindahan yakni memakai warna-warna kontrals dan kuat. Poster sanggup menjadi masukana iklan, propaganda, dujungasi, dan pendidikan.    
adalah karya seni yang sanggup dipergunakan sehari Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Keramik, adalah suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar ibarat genteng, gerabah, porselin dan sebagainya, namun tidak tiruana keramik berasal dari tanah liat. Sehingga arti keramik mencakup beberapa aspek tiruana materi bukan logam dan anorganik yang bentuknya padat. Istilah keramik sendiri berasal dari bahasa Yunani dari kata Keramikos yang berarti suatu bentuk dari tanah liat yang sudah mengalami proses pembakaran. 
adalah karya seni yang sanggup dipergunakan sehari Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Baju/Pakaian. adalah karya seni yang dipakai untuk menutupi badan manusia. Di Indonesia sendiri, terdapat baju/pakaian yang mencari ciri khas indonesia yaitu batik yang mana sudah menjadi pakaian susila nusantara dan sudah terdaftar di UNESCO. 
adalah karya seni yang sanggup dipergunakan sehari Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya
  • Arsitektur, adalah karya seni rupa terapan yang mengandung unsur kegunaan dan keindahan dimana segi indahan sangat mencolok dimana di Indonesia, arsitektur sudah ada semenjak zaman kerajaan yang dibuktikan dari banyaknya candi-candi dll. 
adalah karya seni yang sanggup dipergunakan sehari Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya

Baca Juga:

Pengertian Seni, Fungsi, Macam Seni, & Menurut Para Ahli
Pengertian Apresiasi Seni Rupa
Seni Rupa: Pengertian Seni Rupa, Unsur, Macam, & Fungsinya

Demikianlah warta terkena Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian seni rupa terapan, contoh-contoh seni rupa terapan, macam-macam seni rupa terapan, sejarah seni rupa terapan, makna seni rupa terapan, jenis-jenis seni rupa terapan atau macam-macam seni rupa terapan, dan santunan seni rupa terapan serta gambar-gambar teladan seni rupa terapan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: Pengertian Seni Rupa Terapan, misal, Sejarah, & Macam-Macamnya
  •  Nurhadiat Dedi. 2004.Pendidikan Seni Rupa Sekolah Menengan Atas Kelas 2. Jakarta: Grasindo
  • Hari Sulastianto dkk. 2006. Seni Budaya untuk kelas XII Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Grafindo Media Utama.
  • hedisasrawan.blogspot.co.id
  • id.wikipedia.org