Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya

Pengertian Jaenteng Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya|Secara Umum, Pengertian Jaenteng Parenkim adalah suatu jaenteng yang terbentuk dari sel-sel yang hidup terstruktur morfologi dan fisiologi yang bermacam-macam namun dengan sifat yang sama dan masih melaksanakan acara proses fisiologi. Jaenteng Parenkim disebut dengan jaenteng dasar atau ground tissu. Mengapa di katakan jaenteng parenkim sebagai jaenteng dasar ?..karna jaenteng parenkim umumnya terdapat di setiap bab flora dimana terdapat jaenteng lain di dalamnya. 

Sel-sel jaenteng parenkim yaitu sel yang berdinding tipis yang membentuk bab dalam banyak struktur tumbuhan non-kayu termasuk batang, akar, dan daun. Parenkim juga dikenal untuk membentuk korteks, atau pengisi utama, batang, lapisan dalam sel dalam daun, materi endosperma yang memdiberi makan benih tumbuh, dan pulpa buah. 

Secara filogenetis, Jaenteng Parenkim sanggup dikatakan sebagai tersusun pemula. Karena kalau diperhatikan pada flora primitif, tubuhnya spesialuntuk terdiri atas sel-sel parenkim. Kaprikornus sanggup dikatakan bahwa jaenteng parenkim sebagai jaenteng dasar atau jaenteng pemula. 
Jaenteng Parenkim terbentuk dari sel-sel parenkim, jadi sanggup dikatakan bahwa sel-sel parenkim itu yaitu massa (sel-sel) yang menyebar luar ke seluruh organ tumbuhan. Jaenteng parenkim ialah jaenteng heterogen, alasannya yaitu sudah terjadi asosiasi antara sel-sel parenkim yang meluas maka jaenteng parenkim pada umumnya ada pada empulur, korteks, batang, akar, mesofil daun, jaenteng-jaenteng fotosintetis, daging daun serta endosperm biji dan dalam buah. 

Parenkim berasal dari badan primer ialah perkembangan dari meristime dasar, sedangkan di badan sekunder berkembang di pembuluh dan kambium gabus, bahkan sanggup dari felogen. Parenkim berperan dalam proses penutpusan luka (regenerasi).

Parenkim dengan dinding yang melekuk-lekuk kearah dalam ialah, berupa parenkim lipatan, mirip dan pinus merkusi, bambusa sp, oryza sativa. 

Ciri-Ciri Jaenteng Parenkim

Ciri-Ciri Jaenteng Parenkim - Adapun ciri-ciri jaenteng parenkim yaitu sebagai diberikut...
  • Sel berbentuk segi enam, 
  • Terdapat banyak vakuola, 
  • Berdinding sel tipis, 
  • Ukuran sel besar dan hidup
  • Banyak terdapat ruang diantara sel 
  • Dapat membelah secara meristematik dan secara embrional

Fungsi Jaenteng Parenkim

Fungsi Jaenteng Parenkim - Peran dan fungsi jaenteng parenkim dalam flora yaitu sebagai diberikut...
  • Sebagai penyokong badan dikala vakuola terisi air 
  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan 
  • Tempat fotosintetis

Sifat Sel Parenkim 

Adapun sifat-sifat sel parenkim yaitu sebagai diberikut...  
  • Berbentuk segi enam 
  • Dapat bersifat meristematik 
  • Selnya hidup dan berdinding tipis serta berukuran besar  
  • Memiliki banyak vakuola 
  • Memiliki ruang antar sel sehingga letak dan posisinya tidak terlalu padat  

Bentuk dan Susunan Sel

Bentuk dan Susunan Sel - Sel parenkim pada umumnya mempunyai bentuk sidoiametris, akan tetapi ada juga yang berbentuk lain, yaitu...
1. Perismatis, memanjang atau silindris yangterdapat di parenkim palisade mesofil daun dikotil
2. Bercabang-cabang mirip parenkim bintang atau aktinenkim pada mesofil daun canna sp dan juncus sp
3.Parenkim dengan ruang antar sel yang besar contohnya: aerenkim pada alat pengapung flora air(Eichornia crassiper).
4. Parenkim dengan bentuk yang tidak teratur dan mempunyai banyak ruang antar sel, terdapat di mesofil daun (parenkim spons atau parenkim bunga karang).

Parenkim dengan dinding yang melekuk-lekuk kearah dalam, yaitu berupa parenkim lipatan mirip daun pinus merkusi. Oryza sativa. Bambusa sp.

Letak Jaenteng

Letak Jaenteng - Jaenteng parenkim terdapat di hampir setiap organ flora yaitu sebagai diberikut...
  • Dalam daun (mesofil) 
  • Batang dan akar
  • Endosperma (jaenteng sel tempat penyimpanan cadangan makanan)
  • Empulur batang
  • Daging buah 

Struktur dan Isi Sel

Struktur dan Isi Sel - Struktur internal parenkim bermacam-macam yang sesuai dengan fungsinya. contohnya sel parenkim yang berperan dalam fotositentis dengan mengandung kloroplas dan membentuk jaenteng klorenkim (pada mesofildaun, korteks batang, empulur). Sel parenkim berperan dalam penyimpanan masakan berupa:
  • Larutan vakuola: gula terlarut dan senyawa N dalam akar Beta vulgaris
  • Cairan dalam plasma: protein dan minyak dalam endosperm biji Ricinus communis
  • Kritasl: pati dalam endosperm, kotiledon, umbi, buah. 
Sel parenkim berfungsi untuk menyimpan air, mirip tumbuhan. Banyak sel parenkim yang mengandung tanin dan vakuolanya.

Jenis-Jenis Jaenteng Parenkim

Jenis-Jenis Jaenteng Parenkim -  Parenkim dikelompokkan dalam beberapa macam yaitu berdasarkan fungsinya,  dan berdasarkan bentuknya antara lain sebagai diberikut...

1. Jenis-Jenis Jaenteng Parenkim Berdasarkan Fungsinya 
  • Parenkim Asimilasi: Parenkim asimilasi yaitu sebagai pembuat zat masakan bagi flora yang diproses dari fotosintesa di daun. Umumnya terletak pada bab tepi suatu organ, mirip pada daun, batang yang berwarna hijau, dan buah. Di dalam selnya terdapat kloroplas, yang berperan penting sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintetis.
  • Parenkim Penimbun: Parenkim penimbun yaitu sel parenkim yang menyimpan cadangan masakan tidak sama sebagai larutan di dalam vakuola, bentuk partikel padat, atau cairan di dalam sitoplasma. Umumnya berada pada bab dalam tubuh. Seperti: pada empulur batang, umbi akar, umbi lapis, akar rimpang atau rizoma, atau pada biji. Di bab dalam selnya terdapat cadangan masakan yang berupa gula, tepung, lemak atau protein. Parenkim penimbun berfungsi dalam menyimpanan cadangan masakan bagi flora berua hasil fotosintesa, mirip protein, amilum, lemak atau gula tepung.
  • Parenkim Air: Parenkim air yaitu sel parenkim yang sanggup menyimpan air. Pada umumnya terdapat di flora yang hidup didaerah kering (xerofit), flora epifit, dan flora sukulen. Parenkim air berfungsi sebagai tempat penyimpanan air pada flora xerofit jepifit (sedikit air) untuk menghadapi kemarau mirip pada tumbhan kaktus dan pengecap buaya.
  • Parenkim Udara: Parenkim udara atau aerenkim yaitu jaenteng parenkim yang sanggup menyimpan udara alasannya yaitu mempunyai ruang antar sel yang besar. Aerenkim terdaat di batang dan daun flora hidrofit. Parenkim udara biasa disebut dengan aerenkim yang bertugas menyimpan udara dalam kantung besarnya, terdiri dari sel gabus yang berongga besar sehingga sanggup memmenolong menjaga kelebihan air pada flora dengan habitat di perairan. Ruang antar selnya  besar, sel-sel penyusunnya bundar sebagai alat pengapung di air, Seperti parenkim pada tangkai daun flora eceng  gondok. 
2. Jenis-Jenis Parenkim Berdasarkan Bentuknya 
  • Parenkim Pagar: Parenkim pagar atau palisade yaitu tempat fotosintetis yang utamadan sel-sel memanjang yang terdapat pada daun sempurna di bawah jaenteng epidermis alasannya yaitu terdapat banyak mengandung klorofil di jaenteng lainnya, dengan bentuk yang bundar memanjang/lonjong yang bersejajar mirip tiang/pagar dan dalam parenkim palisade ini terdapat di sel klorofil atau zat hijau daun. Parenkim pagar berfungsi sebagia tempat dalam berfotosintetis.
  • Parenkim Bunga Karang: Parenkim bunga karang atau jaenteng spons yaitu lapisan sel-sel yang tidak beraturan, terdiri banyak orang udara, dan terdapat di bawah lapisan jaenteng tiang. Bunga karang mempunyai klorofil yang berjumlah kecil (tidak mirip palisade). Fungsi bunga karang yaitu sebagai tempat fotosintetis.
  • Parenkim Bintang: Parenkim bintang yaitu parenkim yang ibarat bintang karen bersegi lima menjuntai atau lebih.
  • Parenkim Lipatan: Parenkim lipatan yaitu parenkim yang terdapat dipinus dan padi, dengan bentuk yang terlipat ke arah dalam serta banyak mengandung kloroplas.
  • Parenkim Pengangkut: Parenkim pengangkut yaitu sel-sel penyusunnya berbentuk memanjang berdasarkan ke arah pengangkutannya. Umumnya terdapat pada batang. 

Baca Juga: 

Jaenteng Epidermis: Pengertian Jaenteng Epidermis, Ciri, Fungsi & Bentuknya 
Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri-Ciri Jaenteng Epitel 
Pengertian dan Fungsi Daun Bagi Tumbuhan 
Pengertian, Fungsi, Sifat, Jenis dan Struktur Batang 
Struktur Akar Pada Tumbuhan 
Pengertian, Fungsi, Sifat, dan Bagian-Bagian Akar 
Pengertian dan Macam-Macam Jaenteng Meristem 
 
adalah suatu jaenteng yang terbentuk dari sel Pengertian Jaenteng Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya
Demikianlah gosip terkena Pengertian Jaenteng Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian jaenteng parenkim, ciri-ciri jaenteng parenkim, sifat-sifat jaenteng parenkim, fungsi jaenteng parenkim, jenis-jenis jaenteng parenkim, letak jaenteng parenkim, bentuk dan susunan sel, struktur dan isi sel. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi :  Pengertian Jaenteng Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya 
  • Kartasapoetra, A.G. 1991. Pengantar Anatomi Tumbuh-tumbuhan (perihal sel dan jaenteng). Jakarta: PT Rineka cipta
  • Yayan Sutrian, 2011. Pengantar Anatomi Tumbuh-Tumbuhan (Tentang Sel dan Jaenteng). Yang Menerbitkan PT Rineka Cipta: Jakarta.
  • Mulyani, S. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta: Kanisius
  • Syamsuni. 2009. Diktat Anatomi Tumbuhan. Indramayu: Universitas Wiralodra