Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi|Secara Umum, Pengertian Biografi adalah sebuah goresan pena yang mengulas terkena kehidupan seseorang. Secara sederhana, Pengertian Biografi yaitu sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi juga sanggup diartikan sebagai suatu kisah atau keterangan perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata. Istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. Biografi sanggup terdiri dari beberapa baris atau lebih daru satu buku.

Biografi terdiri dari biografi singkat dan biografi panjang, dimana biografi singkat spesialuntuk meliputi fakta-fakta kehidupan seseorang dan tugas yang penting. Sedangkan biografi panjang terdiri dari gosip penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya menceritakan yang baik.

Dari biografi sanggup ditemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup seseorang dengan klarifikasi berupa tindakan atau sikap dalam hidupnya. Biografi sanggup menceritakan kehidupan tokoh penting/terkenal dan tidak terkenal, namun biasanya Biografi menceritakan ihwal tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang sudah tiada. Sekarang ini biografi banyak ditulis secara kronologis. 

Biografi sendiri memerlukan materi atau sumber pendukung baik itu berupa benda menyerupai buku harian, surat-surat, kliping koran, dll sebagai materi pendukung utama. Sedangkan materi pendukung biasa yaitu buku referensi, yang mengambarkan peranan seseorang dalam biografi.

Ciri-Ciri Biografi 

Adapun ciri-ciri biografi antara lain sebagai diberikut.. 
1. Biografi terdiri dari struktur: orientasi, insiden atau masalah, serta reorientasi 
2. Berisi gosip fakta dan disajikan dalam bentuk narasi atau cerita
3. Faktualnya (fakta) berdasarkan insiden hidup seseorang yang dinarasikan dalam tokoh biografi. 
4. Komponen penting dalam teks biografi adalah... 
  • Judul 
  • Menarik dan mengesankan dari kehidupan tokoh yang diceritakan
  • Mengagumkan dan mengharukan dari kehidupan tokoh yang diceritakan 
  • Dapat dicontoh dan diteladani dari kehidupan tokoh

Struktur Biografi

 Struktur biografi yaitu sebagai diberikut... 
1. Orientasi: Orientasi ialah bab yang mengambarkan pengenalan tokoh yang meliputi citra awal tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.
2. Peristiwa dan Masalah: Bagian insiden atau insiden yang meliputi sebuah insiden atau insiden pernah dialami, termasuk didalamnya meliputi ihwal persoalan yang pernah dihadapinya dalam tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarikdanunik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan pernah dialami tokoh diuraikan dalam bab ini.
3. Reorientasi: Reorientasi yaitu bab epilog yang meliputi pandangan penulis terhadap tokoh yang bersifat opsional artinya sanggup ada atau tidak.

Baca Juga:

adalah sebuah goresan pena yang mengulas terkena kehidupan seseorang Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi

Demikianlah gosip terkena Pengertian Biografi, Ciri-Ciri Biografi, & Struktur Biografi. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian biografi, ciri-ciri biografi, struktur biografi. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.