Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat|Pengertian Pancasila Sebagai Filsafat adalah suatu kesatuan yang saling bekerjasama dengan satu tujuan tertentu, dan saling berkualifikasi yang terpisahkan satu dengan yang lainnya.  Jadi, pada hakikatnya Pancasila ialah satu bab yang saling bekerjasama satu dengan yang lainnya, dan fungsi serta kiprah masing-masing.
Pengertian Filsafat
Filsafat ialah upaya insan untuk mencari budi hidup yang bermanfaa bagi peradaban manusia. Secara etimologis istilah filsafat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan philosophi sedangkan dalam bahasa Yunani ialah philosophia yang diterjemahkan sebagai cinta kearifan karena arti kata philos adalah pilia cinta, dan sophia adalah kearifan. Sehingga pengertian filsafat secara bahasa ialah cinta kearifan atau cinta budi alasannya ialah kearifan juga berarti wisdom. Seorang andal pikir disebut dengan filosof, yang pertama kali dipakai oleh Herakleitos. Banyak dari tokoh filosof yang menemukan dan merumuskan sistem filsafat sebagai fatwa terbaik dari aliran filsafat seperti: materialisme, idealisme, spritualisme, realisme, dan banyak sekali aliran modern: rasionalisme, humanisme, individualisme, liberalisme-kapitalisme; marxisme-komunisme;sosialisme.dll.
Pengertian Pancasila  
Pancasila ialah lima sila dengan satu kesatuan yang berasal dari nilai-nilai luhur dan bersumber dari nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia yang beragam dan bermacam-macam dalam artian Bhinneka Tunggal Ika. Objek bahan filsafat ialah mempelajari segala hakikat sesuatu baik material konkrit (manusia, binatang, alam, dll). dan aneh (nilai, ide, moral dan pandangan hidup).

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Seperti dibagian awal paragraf, bahwa pengertian pancasila sebagai sistem filsafat adalah dasar mutlak dalam berpikir dan berkarya sesuai dengan pedoman diatas, tentunya dengan saling mengaitkan antara sila yang satu dengan lainnya. Misalnya: saat kita mengkaji sila kelima yang pada dasarnya wacana keadilan, maka hars dikaitkan dengan sila-sila yang lain yaitu 
  • Keadilan yang ber keTuhanan (sila 1) 
  • Keadilan yang berPerikemanusiaan (Sila ke 2) 
  • Keadilan yang berKesatuan/Nasionalisme, Kekeluargaan (Sila 3)
  • Keadilan yang Demokratis. 
Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia: 
Merupakan kenyataan adil yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Pancasila memdiberi petunjuk mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa dengan membedakan suku atau ras
Filsafat Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa dan Negara: 
Artinya ialah tiruana aturan kehidupan aturan aktivitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berpedoman pada Pancasila. Karena pancasila ialah sumber dari segala sumber aturan bangsa dan negara republik Indonesia. 

Orang yang berfikir filsafatan ialah orang yang tidak meremehkan terhadap orang yang lebih rendah derajatnya dan tidak menyepelekan duduk perkara yang kecil, selalu berpikiran positif, kritis, berdifat berakal bijaksana, universal, dan selalu optimis.

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Memiliki beberapa Nilai yaitu Nilai Objektif dan Subyektif
Nilai-nilai sistem filsafat Pancasila ialah sebagai diberikut... 
1. Nilai pancasila timbul dari bangsa Indonesia itu sendiri
Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila ialah hasil dari buah pemikiran, penilaian, dan refleksi filosofis dari bangsa Indonesia sendiri. Ideologi Pancasila tidak sama dengan ideologi-ideologi lainnya alasannya ialah dalam isi Pancasila diambil dari nilai budaya bangsa dan religi yang sudah menempel erat, sehingga jiwa pancasila ialah jiawa bangsa Indonesia sendiri, sedangkan ideologi lain menyerupai liberalis, sosialis, komunis, dan lain sebagainya ialah hasil dari buah pemikiran filsafat orang. 
2. Nilai pancasila ialah filsafat bangsa Indonesia
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia menjadi pedoman bangsa untuk mengatur aspek kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus menjadi cermin jati diri bangsa yang diyakini sebagai sumber nilai atas kebenaran, keadilan, kebaikan dan budi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
3. Pancasila ialah nilai-nilai yang sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia 
Karena pancasila bersumber dari kepribadian bangsa. Sehingga dalam perjalanannya akan selaras dengan nilai-nilai Pancasila. 

Baca Juga: 


Demikianlah isu terkena Pancasila Sebagai Sistem Filsafat. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.