Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia

Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia| Darah adalah cairan pada tiruana makhluk hidup (kecuali tumbuhan) yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaenteng tubuh, mengangkut aneka macam bahan-bahan kimia dari hasil metabolisme, dan sebagai pertahanan badan dari virus atau bakteri. Dalam ilmu medis, darah dimulai dari kata hemo atau hemato yang berasal dari bahasa Yunani yaitu haima yang berarti darah. 

Dara Manusia adalah cairan dalam badan yang mempunyai fungsi untuk mengangkut oksigen yang diharapkan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah insan berwarna merah dari merah terperinci jikalau terdapat banyak oksigen hingga merah renta jikalau belum sempurnanya oksigen. Warna merah di darah disebabkan oleh hemoglobin, dan juga protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, dan ialah kawasan terikatnya dari molekul-molekul oksigen. 

Manusia mempunyai sistem peredaran darah tertutup yang artinya darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Kemudian jatung memompo darah menuju ke paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme yang berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, kemudian dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sesudah itu darah dikirimkan ke seluruh badan melalui akses pembuluh darah aorta. Darah mengangkut oksigen ke seluruh badan oleh akses halus darah yang disebut dengan pembuluh kapiler. Darah kembali ke jantung oleh pembuluh darah vena cava superior da vena cava inferior.

Macam-Macam Fungsi Darah Manusia
  • Mengangkut oksigen yang diharapkan sel-sel ke seluruh tubuh
  • Sebagai penyuplai jaenteng badan dnegan nutrisi 
  • Mengangkut zat-zat sisa metabolisme
  • Terkandung materi penyusun sistem imun dengan tujuan mempertahankan badan dari aneka macam penyakit
  • Sebagai pengedar hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) oleh plasma darah 
  • Penutup luka melalui keping-keping darah
  • Menyebarkan gerah ke seluruh tubuh
  • Dapat memelihara keseimbangan asam bada dalam tubuh

Baca Juga: 

zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaenteng badan Pengertian Darah & Fungsi Darah Manusia
Demikianlah gosip terkena Pengertian Darah dan Fungsi Darah Manusia. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian darah dan fungsi darah manusia. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :).