Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup

Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup| Hai kawan-kawan, kali ini terkena pengertian dan ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Pengertian Ideologi Terbuka ialah nila-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, budbahasa dan budaya masyarakatnya  itu sendiri. Sedangkan Pengertian Ideologi Tertutup ialah aliran atua pandangan dunia yang memilih tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang dihentikan dipersoalkan lagi, tetapi harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. 

1. Pembahasan Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka sanggup juga diartikan sebagai ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi terbuka ialah ideologi yang sanggup diberinteraksi dari perkembangan zaman dan dinamika yang sifatnya internal. Ideologi terbuka bersumber dari klarifikasi umum 1945 yang berbunyi "... terutama bagi negara gres dan negara muda, lebih baik aturan dasar yang tertulis itu spesialuntuk memuat aturan-aturan, pokok, sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada undang-undang yang lebih simpel cara menciptakannya, mengubahnya dan mencabutnya".

2. Pembahasan Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup sanggup diartikan sebagai ideologi yang dimutlakkan. Ideologi tertutup ialah. Kebenaran dari ideologi tertutup tidak dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip budbahasa yang lain. Ideologi tertutup mempunyai sifat yang dogmatis dan apriori. Arti dogmatis ialah mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid. Sedangkan arti apriori ialah berprasangka terlebih lampau terhadap suatu keadaan. Ideologi tertutup menggunakan pemaksaan dalam pemberlakuan yang dipatuhi setiap masyarakat yang kordinir oleh masyarakat elit atau kelompok masyarakat. hal ini berarti bersifat sewenang-wenang yang dijalankan dengan totaliter.

3. Ciri-Ciri Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

a. Ciri-Ciri Ideologi Terbuka
  • Cita-cita hidup dalam masyarakat
  • Merupakan hasil dari musyawarah dan konsensus rakyatnya 
  • Nilai-nilai dan harapan yang berasal dari diri masyarakat
  • Ideologi terbuka bersifat dinamis dan reformasi
b. Ciri-Ciri Ideologi Tertutup
  • Bukan harapan yang hidup dalam diri masyarakat
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku
  • Terdiri dari tuntutan aktual dan operasional secara mutlak

Baca Juga:


ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup
Demikianlah gosip terkena Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian ideologi terbuka, pengertian ideologi tertutup, pembahasan ideologi terbuka, pembahasan ideologi tertutup, dan ciri-ciri ideologi terbuka dan ciri-ciri ideologi tertutup. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Janga Lupa SHARE yah :) .