Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Biosfer: Apa Itu Biosfer ?...

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?.| Secara umum, Pengertian Biosfer adalah lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Menurut ilmu Biologi, pengertian biosfer yaitu lapisan Bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan bumi. Menurut Ilmu Geografi, pengertian lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Secara etimologi, Istilah biosfer berasal dari dua kata yaitu bio yang berarti makhluk hidup dan sphere yang berarti lapisan. Makara biosfer ialah lapisan kehidupan (flora dan fauna). 

Dalam pengertian luas berdasarkan Geofisiologi, Biosfer yaitu sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksi dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.  Biosfer diperkirakan sudah berlangsung di bumi selama 3,5 milliar tahun dari 4,5 milliar tahun usi bumi. 

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli 
  • Eduard Suess: Menurut Eduard Sues spesialis geoglogi di austria tahun 1875 yang menyampaikan bahwa pengertian biosfer yaitu tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam. 
  • James Lovelock: Menurut James Lovelock, pengertian biosfer yaitu sebuah organisme hidup, yang hidsebut sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia menunjukan bagaimana faktor abiotik dan biotik diberinteraksi dalam lingkungan. 
  • Vladimir wanouich veinadsky: Biosfer yaitu sebuah sistem terbuka dan berkembang semenjak dimulainya sejarah bumi. 
  • Jhon Wiley: Menurut Jhon Wiley, pengertian biosfer yaitu zona dari plguat bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah. 
  • Michael Allaby: Menurutnya, pengertian biosfer adlaah bab lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka diberinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem di plguat. 
Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup 

  • Protoplasma, adalah zat hidup dalam sel dan terdiri dari senyawa organik kompleks menyerupai protein, lemak, dan sejenisnya. 
  • Sel, adalah satuan dasar organisme yang terdiri dari protoplasma dan inti yang terdapat di membran. 
  • Jaenteng, ialah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama, menyerupai jaenteng otot.  
  • Organ, yaitu bab suatu organisme dengan fungsi tertentu, menyerupai kaki atau pendengaran pada hewan, dan manusia, daun atau akar pada tumbuhan.  
  • Sistem Organ, adalah kolaborasi antara struktural dan fungsional yang harmonis, menyerupai kolaborasi antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan.  
  • Organisme, ialah makhlukh hidup. 
  • Populasi, adalah kelompok organisme homogen yang hidup dan berkembang biak di suatu kawasan tertentu. Seperti populasi insan di jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi rino di Ujung Kulon. 
  • Komunitas, yaitu tiruana populasi dari aneka macam jenis yang berada di suatu kawasan tertentu. 
  • Ekosistem, adalah tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 

Baca Juga: 

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi
Pengertian Litosfer: Apa itu Listosfer ?..
Pengertian Hidrosfer: Apa itu Hidrosfer ?.. 
Objek Permasalahan Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Penyebaran Flora di Indonesia
Penyebaran Fauna di Indonesia
Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya
Macam-Macam Ekosistem Perairan (Akuatik)
Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya
Keguakaragaman Hayati, Gen, Jenis dan Ekosistem

 lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?...

Demikianlah info terkena Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?.... Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana, baik itu pengertian biosfer secara umum, pengertian biosfer berdasarkan ilmu biologi, pengertian biosfer berdasarkan ilmu geografi, pengertian biosfer berdasarkan ilmu geofisiologi, pengertian biosfer berdasarkan para ahli, tingkatan organisasi makhluk hidup. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman."