Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Masyarakat Berdasarkan Definisi Para Ahli

Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli| Secara umum, Pengertian masyarakat yakni sekumpulan individu-individu yang hidup bersama. Istilah masyarakat berasal dari bahasa Arab dengan kata "syaraka". Syaraka, yang artinya ikut serta (berpartisipasi). Sedangkan dalam bahasa Inggris, masyarakat disebut dengan "society"  yang pengertiannya yakni interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan. Untuk mengamati lebih luas terkena pengertian masyarakat, mari kita mengkaji beberapa pendapat para hebat terkena pengertian masyarakat. Macam-macam pengertian masyarakat berdasarkan definisi para ahli yakni sebagai diberikut...

Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli

1. Emile Durkheim : Menurut Emile Durkheim, pengertian masyarakat yakni suatu kenyataan adil dari individu-individu yang ialah anggotanya. 
2. Karl Marx : Menurut Karl Marx, pengertian masyarakat yakni suatu sturktur yang mengalami ketegangan organisasi maupun perkembangan alasannya adanya perperihalan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi
3. M. J. Herkovits : Menurut M. J. Herkovits, pengertian masyarakat yakni kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu. 
4. J. L. Gillin dan J. P. Gillin : Menurut J. L. Gillin dan J. P. Gillin, pengertian masyarakat yakni kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama
5. Max Weber : Menurut Max weber, pengertian masyarakat yakni suatu struktur atau agresi yang pada pokoknya ditentukan oleh cita-cita dan nilai-nila yang secara umum dikuasai pada masyarakatnya
6. Selo Soemardjan : Menurut Selo Soemardjan, pengertian masyarakat yakni orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. 
7. Paul B. Horton : Menurut Paul B. Horton, pengertian masyarakat adlaah sekumpulan insan yang relatif sanggup bangkit diatas kaki sendiri dengan hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan mempunyai kebudayaan yang sama, dan sebagian besar acara dalam kelompok itu.
8. Soerjono Soekanto : Menurut Soerjono Soekanto, masyarakat pada umumnya mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai diberikut...
  • Manusia yang hidup bersama; sekurang-kurangny terdiri atas dua orang
  • Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang cukup lama. Berkumpulnya insan akan menyebabkan insan baru. Sebagai jawaban dari hidup bersama, timbul sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur relasi antarmanusia. 
  • Sadar bahwa mereka ialah satu kesatuan 
  • Merupakan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menyebabkan kebudayaan alasannya mereka merasa dirinya terkait satu sama lain. 
9. Marrion Levy : Menurut Marion Levy, Empat kriteria yang perlu dipenuhi semoga suatu kelompok sanggup disebut masyarakat, yakni sebagai diberikut..
  • kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya 
  • perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atau kelahiran 
  • adanya sistem tindakan utama yang bersifat swasembada
  • kesetiaan terhadap suatu sistem tindakan utama secara bersama-sama
10. Talcon Parsons : Menurut Talcott Parsons, menambahkan kriteria kelima dari pendapat Marion Levy yaitu melaksanakan sosialisasi terhadap generasi diberikutnya. 

Baca Juga : 
Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli

Demikianlah isu terkena Pengertian Masyarakat Menurut Definisi Para Ahli. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman" . 
Referensi : 
  • Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga. Hal : 25-26
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :) .