Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi| Gigi yakni alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan. melaluiataubersamaini adanya gigi, kita sanggup mengigit, memotong, mengunyah, sobek, dan menghaluskan masakan yang kita makan. Proses dan cara kerja yang dilakukan gigi dinamakan mencerna masakan secara mekanik. Gigi berfungsi untuk mengunyah masakan menjadi halus. Hal ini sangat memmenolong kinerja enzim untuk mencerna masakan secara cepat dan efisien. 

A. Macam-Macam Bentuk Gigi Manusia serta Fungsinya - Gigi insan dibedakan menjadi 4 macam gigi yang terdapat dimulut menurut bentuknya. Macam-macam gigi insan serta fungsinya antara lain sebagai diberikut... 
  • Gigi seri (identis insisivus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat masakan atau benda lainnya. Gigi seri berada pada bab depan dengan bentuk yang tegak dan tepi yang tajam. Seperti sekop atau tatah. 
  • Gigi taring (identis kaninus) adalah gigi yang terdiri satu akar yang berfungsi untuk mengoyak masakan atau benda lainnya. Bentuk dari gigi taring yakni tinggi dan runcing. 
  • Gigi geraham depan (pramolar) adalah gigi yang terdiri dari dua akar yang berfungsi untuk menggilas dan mengunyah masakan atau benda lainnya. Bentuk gigi gerahan depan yakni lebih rendah dan lebih rata dengan benjolan-benjolan kecil. 
  • Gigi gerahan belakang (molar) adalah gigi yang terdiri dari tiga akar yang berfungsi untuk melumat, menghancurkan, menghaluskan dan mengunyah masakan atau benda-benda lainnya. 
Gigi yakni alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian GigiB. Bagian-Bagian Gigi - Secara struktural, Anatomi gigi tersusun dari atas bagian-bagian antara lain sebagai diberikut... 
1. Mahkota Gigi (Korona) : Makhkota gigi (korona atau biasa disebut puncak gigi yaitu bab yang tampak dari luar. Setiap jenis mempunyai bentuk mahkota gigi yang tidak sama-beda.  
2. Leher gigi (Kolum) : Leher gigi (kolum) yakni bab gigi yang berada di dalam gusi yang terlindung dan ialah batas antara mahkota dan akar gigi. 
3. Akar gigi (Radiks) : Akar gigi yakni bagain gigi yang ada didalam rahang dan tertanam. Akar gigi menancap di tulang rahang dengan jumlah satu atau dua.

Gigi yakni alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

C. Lapisan - Lapisan Gigi - Pada bab gigi insan yang terstruktur/tersusun atas 4 (empat) lapisan/ jaenteng antara lain sebagai diberikut... 
  • Email : Email yakni lapisan/jaenteng keras yang melapisi bab mahkota gigi yang mengandung kalsium. Fungsi Email gigi yakni untuk melindungi tulang gigi di bab luar gigi manusia.  
  • Tulang Dentin : Tulang dentin yakni lapisan/jaenteng yang dibuat oleh zat kapur berwarna kekuningan yang terdapat setelah lapisan Email. 
  • Pulpa (Rongga gigi) : Pulpa yakni lapisan yang terdapat pembuluh darah untuk memelihara seluruh gigi, dan serabut-serabut saraf yang mendeteksi, tekanan, gerah, dingin, dan sakit. Pembuluh darah dan saraf menjulur ke akar gigi. 
  • Semen : Semen yakni lapisan keras yang mempunyai konstruksi yang berpengaruh melapisi akar gigi. Semen/sementrum ialah lapisan pada akar gigi yang berdamping/bertasan eksklusif denan tulang rahang dimana tempat tersebut tempat tumbuhnya gigi manusia.
D. Susunan dan Jumlah Gigi - Berdasarkan dari tahapan perkembangannya, gigi insan terdiri dari dua kelompok yaitu gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu (dentis desidue) yakni gigi yang tumbuh di anak yang berusia 6 bulan - 8 bulan. Sejak usia 6-14 tahun, gigi susu akan tanggal satu persatu dengan digantikan oleh gigi dewasa.

1. Jumlah Gigi Susu anak yakni 20 buah : 
  • Gigi seri : 8 buah 
  • Gigi taring : 4 buah 
  • Gigi geraham : 8 buah
Gigi yakni alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

2. Jumlah Gigi Dewasa atau gigi tetap (identis permguan) yakni 32 buah : 
  • Gigi seri : 8 buah 
  • Gigi taring : 4 buah 
  • Gigi geraham depan : 8 buah 
  • Gigi geraham belakang : 12 buah
Gigi yakni alat yang dipakai untuk mengolah masakan ketika kita makan Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi

Baca Juga : 

Demikianlah gosip terkena Pengertian, Fungsi, Jenis, & Bagian-Bagian Gigi. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian gigi, fungsi gigi, jenis-jenis gigi, dan bagian-bagian gigi, susunan gigi, jumlah gigi cukup umur (permguan), jumlah gigi anak (gigi susu). Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARe yah :) . 
Referensi : 
  • Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.