Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Nasionalisme Dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian Nasionalisme dan Bentuk-Bentuknya| Menjunjung tinggi rasa nasionalisme dan patriotisme, itulah kata yang serinng kita serukan, tapi tahukah anda apa itu Nasionalisme ?..Secara umum, Pengertian Nasionalsme yaitu paham yang membuat dan mempertahankan kedaulatan suatu negara yang mempunyai tujuan dan harapan bersama untuk kepentingan nasional. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nasionalisme berasal dari kata "nasional" dan "isme" yaitu paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air; mempunyai rasa pujian sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa. 

Rasa nasionalisme identik dengan rasa solidaritas terhadap tragedi alam dan kekurang-beruntungan saudara setanah air, sebangsa, dan senegara. Nasionalisme mengandung makna persatuan dan kesatuan yang beberapa dari makna tersebut didefinisikan sebagai suatu paham yang membuat dan mempertahaknakn kedaulatan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Bentuk-Bentuk Nasionalisme - Nasionalisme terdiri dari banyak sekali macam bentuk yang ada didunia. Macam-macam bentuk nasionalisme yaitu sebagai diberikut..
  • Nasionalisme kewargguagaraan (nasionalisme sipil),  adalah nasionalisme yang terjadi dimana negara memperoleh kebenaran politik dari partisipasi aktif rakyatnya. Keanggotaan suatu bangsa bersifat sukarela. Bentuk nasionalisme dibangun pertama-tama oleh Jean-Jacques Rousseau dan menjadi materi tulisannya. Di antara tulisannya yang populer yaitu buku yang berjudul Du Contract Social (kontrak sosial). 
  • Nasionalisme etnis atau etnonasionalisme, adalah nasionalisme yang terjadi dimana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis sebuah masyarakat. Keanggotan suatu bangsa bersifat secara turun temurun. Seperti joko ialah orang dari jawa sebab orang renta dan nenek moyangnya berasal dari suku Jawa. Joko memakai bahasa Jawa sebab bahasa itu digunakan oleh orang tuanya dan orang-orang sebelumnya.  
  • Nasionalisme romantik, adalah bentuk nasionalisme etnis di mana negara memperoleh kebenaran politik sebagai suatu yang alamiah (organik) dan ialah ekspresi dari bangsa atau ras. Nasionalisme romantik menitikberatkan pada budaya etnis yang sesuai dengan idealisme romantik. contohnya yaitu kisah rakyat (folklore) "Grimm Bersaudara" yang diambil dari goresan pena Herder ialah koleksi kisah-kisah yang berkaitan dengan etnis Jerman. 
  • Nasionalisme budaya, adalah nasionalisme di mana negara memperoleh kebenaran politik dari budaya bersama dan tidak bersifat turun temurun contohnya warna kulit atau ras atau bahasa. contohnya yaitu rakyat cina yang menganggap negara menurut budaya bersama. Unsur ras sudah dikesampingkan sehingga golongan minoritas sudah dianggap sebagai rakyat Cina kesediaan Dinasti Qing untuk memakai sopan santun istiadat Cina juga menunjukan keutuhan budaya Cina. 
  • Nasionalisme kenegaraan, ialah variasi nasionalisme kewargguagaraan, yang sering dikombinasikan dengan nasionalisme etnis. Dalam nasionalisme kenegaraan, bangsa yaitu suatu komunitas yang mempersembahkan kontribus terhadap pemeliharaan dan kekuatan negara. misal nasionalisme kenegaraan yaitu fasisme italia yang menganut slogan Mussolini: Tutto nello stato, niente al di fuori dello stato, nulla contro lo stato (tiruananya di dalam negara, tidak ada satupun yang di luar negara, tidak ada satupun yang menentang negara). Tidaklah mengherankan kalau nasionalisme ini berperihalan dengan harapan kebebasan individual dan prinsip demokrasi liberal. 
  • Nasionalisme agama, adalah nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama. Seperti semangat nasionalisme di Irlandia yang bersumber dari agama Hindu. Namun demikian, bagi kebanyakan kelompok nasionalis. agama spesialuntuk ialah simbol dan bukanlah motivasi utama. 
Baca Juga : 
Demikianlah isu terkena Pengertian Nasionalisme dan Bentuk-Bentuknya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian nasionalisme dan bentuk-bentuk nasionalisme. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman" .
Referensi : 
  • Listyarti, Retno. 2006. Pendidikan Kewargguagaraan untuk Sekolah Menengan Atas dan MA kelas X. Jakarta : Esis.Hal : 26-29
Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :) .