Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Jenis Basil Autotrof & Basil Heterotrof

Pengertian Jenis Bakteri Autotrof & Bakteri Heterotrof| Hai kawan-kawan kali ini seputar info untuk anak Sains yakni pengertian jenis basil autotrof dan basil heterotrof. Jika dilihat dari tema sangat guah dan enggak nyambung, tapi perlu kawan-kawan ketahui, memakai tema tersebut ialah merujuk pada info kali ini juga menginformasikan terkena pengertian basil autotrof, pengertian basil heterotrof, pengertian jenis-jenis atau macam-macam basil autotrof dan basil heterotrof. Agar tetap sanggup hidup dan berkembang biak, basil memerlukan makanan. Berdasarkan cara memperoleh masakan basil dibedakan menjadi dua antara lain sebagai diberikut.. 

1. Bakteri Autotrof 

Pengertian Bakteri Autotrof - Bakteri autotrof ialah basil yang sanggup membuat masakan sendiri dari senyawa anorganik. Untuk sanggup membuat makannnya, basil ini memerlukan menyusun makanan, Bakteri autotrof berasal dari kata auto yang berarti sendiri, dan trophein yang berarti makanan. Macam-macam basil autotrof ialah sebagai diberikut.. 
a. Bakteri Fotoautotrof
Bakteri fotoautotrof ialah basil yang sanggup membuat makanannya sendiri dengan memakai energi yang berasal dari cahaya matahari atau dengan proses fotosintetis. Bakteri fotoautotrof mempunyai pigmen-pigmen fotosintetik, antara lain pigmen hijau yang disebut dengan bakterioklorofil (bakterioviridin), pigmen ungu (bakteriorhodopsin), pigmen kuning (karoten), dan pigmen merah yang disebut  dengan bakteriopurpurin. misal basil fotoautotrof antara lain, Rhodopseudomonas dan Rhodospirillum (berwarna kemerahan dan tidak menghasilkan belerang), Thiocystis dan Thiospirillum (berwarna ungu kemerahan dan menghasilkan belerang), Chlorobium (berwarna hijau, berfotosintetis kalau ada hidrogen sulfida, dan menghasilkan belerang). 
b. Bakteri Kemoautotrof 
Bakteri kemoautotrof ialah basil yang sanggup membuat makannya sendiri dengan memakai energi kimia. Energi kimia berasal dari reaksi oksida senyawa organik, ibarat amonia (NH3), FeCO3, nitrit (HNO2), Belerang (S). misal basil kemoautotrof antara lain Cladothrix dan Leptothrix acharacea (mengoksidasi ion besi), Thibacillus ferrooxidans, Nitrosomonas dan Nitrosococcus (mengoksidasi amonia), Nitrobacter (mengoksidasi nitrit), Hydrogenomonas (mengoksidasi gas hidrogen), Methanomonas (menghasilkan gas metana), dan Thibacillus thiooxidans (mengoksidasi belerang). 

2. Bakteri Heterotrof

Pengertian Bakteri Heterotrof - Bakteri heterotrof ialah basil yang mendapatkan masakan yang berupa senyawa organik dari organisme lainnya. Bakteri heterotrof berasal dari kata hetero yang berarti yang lain, dan trophein yang berarti makanan). 
a. Bakteri Saproba (Pengurai)
Bakteri saproba ialah basil yang memperoleh masakan dengan cara menguraikan organisme yang sudah mati atau materi organik lainnya. Bakteri saproba ialah organisme pengurai (dekomposer) bangkai, flora yang sudah mati, dan sampah. Bakteri saproba ada yang sifatnya menguntungkan dan ada juga yang merugikan manusia. contohnya basil saproba antara lain Cellvibrio dan Cellfacicula (pengurai selulosa di dalam tanah), Beggiatoa alba (bakteri yang terdapat di tanah tergenang air), Escherichia coli (pengurai selulosa yang ada di dalam tanah), Alcaligenes (saproba di dalam usus besar vertebrata dan sanggup susu), Leucothrix (saproba di air maritim yang mengandung sisa-sisa zat organik dari ganggang). 
b. Bakteri Parasit 
Bakteri benalu ialah basil yang mendapatkan masakan dari badan organisme lain yang ditumpanginya. Bakteri benalu umumnya bersifat patogen (menimbulkan penyakit) bagi badan inangnya. Beberapa dari basil patogen ialah bersifat oportunis, yang artinya basil yang hidup di dalam badan inang dan sanggup mengakibatkan penyakit sistem pertahanan badan inang melemah jawaban aneka macam faktor. misal basil benalu antara lain Francisella tularensis (menyebabkan penyakit tularemia pada binatang dan sanggup menularkan kepada manusia), Chlamydia trachomatis (penyebab kebutaan), dan Corynebacterium diphtheriae (menyebabkan penyakit difteri).
c. Bakteri yang bersimbiosis mutualisme 
Bakteri yang bersimbiosis mutualisme ialah basil yang makanannya terdapat pada organisme lain yang juga mempersembahkan laba bagi organime tersebut. misal basil yang bersimbiosis mutualisme ialah basil Rhizobium leguminosarum yang hidup di akar tumbuhan kacang-kacangan (Leguminosae), dan Bakteri Escherichia coli yang hidup di usus besar insan yang sanggup dikatakan bersimbiosis mutualisme alasannya ialah basil memperoleh masakan dari sisa pencernaan, sedangkan dari insan mempunyai laba dari fungsi basil yang memmenolong menguraikan sisa-sisa masakan dan menghasilkan vitamin K.

Baca Juga : 
Demikianlah info terkena Pengertian Jenis Bakteri Autotrof & Bakteri Heterotrof. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan pengertian basil autotrof, pengertian basil heterotrof, jenis-jenis basil atau macam-macam basil autotrof, jenis-jenis basil atau macam-macam basil heterotrof. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".
Referensi : 
  • Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelax. Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam. Jakarta : Erlangga. Hal : 130-133
Jangan Lupa yah Teman-Teman untuk SHARE :) .