Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Ekosistem Dan Komponen-Komponenya

Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya| Ekosistem terdiri atas beberapa macam dengan susunan tipe-tipe dari komponen-komponen ekosistem. Sebelum mengulas secara merinci wacana Ekosistem. Mari kita mengulas Pengertian Ekosistem. Secara umum, Pengertian Ekosistem adalah proses yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem sanggup juga dikatakan sebagai suatu sistem di suatu tempat yang terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik (hidup) dan komponen abiotik (tak hidup) atau dengan lingkungannya. Ekosistem berasal dari kata oikos yang berarti rumah sendiri dan sistema berati terdiri atas bagian-bagian yang utuh atau saling memengaruhi. 

1. Komponen-Komponen Ekosistem - Secara garis besar komponen penyusun ekosistem terdiri atas dua komponen yaitu komponen biotik dan komponen abiotik antara lain sebagai diberikut.. 

a. Komponen Biotik - Komponen biotik ialah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang ada di bumi. Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai diberikut..
  • Komponen autotrof ialah organisme uniseluler dan multiseluler yang sanggup berfotosintetis. Seperti tumbuhan berbiji, fitoplankton, ganggang, tumbuhan paku, dan tumbuhan lumut. Organisme dalam komponen autotrof ialah produsen yang utama dalam ekosistem. 
  • Komponen fotouatotrof ialah organisme yang dimanfaatkan materi organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai materi makanan. Organisme heterotrof terdiri atas herbivor sebagai konsumen primer I, karnivor memakan herbivor sebagai konsumen sekunder II, karnivor memakan karnivor sebagai konsumen tersier III, dekomposer serta detritivor. Berdasarkan tugas dan fungsinya dibedakan 3 macam yaitu produsen, konsumen, dekomposer. 
b. Komponen Abiotik - Komponen abiotik ialah suatu komponen fisik dan kimiawi yang ada pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrak untuk berlangsungnya suatu kehidupan
  • Udara ialah kehidupan bagi seluruh penghuni ekosistem untuk bernapas, berfotosintetis dan hal-hal lainnya. 
  • Air ialah kebutuhan setiap makhluk hidup. Air diharapkan dalamjumlah yang sesuai dengan kebutuhan bergantung dari menghemat penerapan air. 
  • Garam Mineral ialah memengaruhi kesetimbangan air dalam organisme dengan melalui osmosis. Sebagian dari organisme terestrial bisa dengan sanggup menyesuaikan diri di dalam lingkungan dengan kandungan garam tinggi
  • Sinar Matahari ialah sumber energi dari seluruh kehidupan yang ada di bumi dan berfungsi dalam mengatur tingkah laris organisme. 
  • Tanah adalah 
  • Suhu ialah derajat energi gerah yang berasal dari radiasi sinar yang bersumber dari energi matahari 
  • Topografi ialah sanggup mempengaruhi ekosistem sebab jika terdapat topografi yang tidak sama sanggup menjadikan perbedaan penerimaan cahaya, tekanan udara, suhu udara, kelembaban,  
2. Macam-Macam Ekosistem
a. Ekosistem Darat
b. Ekosistem Perairan

Baca Juga : 
Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya
Pengertian Abiotik dan Komponen Abiotik
Pengertian Ekologi, Ayo tebak apa itu Ekologi ?..
Pengertian Keguakaragaman Hayati
Demikianlah warta berupa Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponenya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian ekosistem, komponen ekosistem, sususan ekosistem, dan macam-macam ekosistem. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".