Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Alat Optik Dan Macam-Macam Alat Optik

Pengertian Alat Optik dan Macam-Macam Alat Optik| Alat Optik juga mempunyai fungsi dari setiap jenis-jenis alat optik. Untuk mengetahui segala hal terkena Alat Optik, mari kita pribadi dengan pertama-tama terkena Pengertian Alat Optik. Apa itu Alat Optik ?.. Secara umum, Pengertian Alat Optik adalah alat yang memanfaatkan sifat cahaya, aturan pemantulan, dan aturan pembiasan cahaya untuk membentuk bayangan suatu benda. Alat Optik ialah alat yang berupa prisma, lensa dan cermin sebagai bab utamanya. Alat Optik terbagi atas dua jenis yaitu alat optik alami dan alat optik buatan. Alat Optik alami berupa mata, sedangkan alat Optik buatan berupa beling mata, kamera, mikroskop, beling pembesar atau lup, periskop, dan teropong. 

Macam-Macam Alat Optik -  Setiap dari kita sanggup mengawetkan sesuatu baik itu yang berupa apa saja termasuk keindahan dunia ini atau sanggup membuat hal tersebut menjadi lebih besar atau tampak lebih kecil dari benda aslinya yaitu dengan memakai alat optik. Macam-macam alat optik ialah sebagai diberikut..

1. Mata
Mata ialah alat optik insan yang sangat canggih. Mata berfungsi untuk melihat apapun. Mata membuat kita sanggup menikmati keindahan dunia ini, termasuk segala isinya. Perhatikan kalau kita tidak mempunyai mata atau buta, tentu kita tak sanggup melihat keindahan dunia ini dan yang kita lihat spesialuntuklah petang gulita. Jika kita mengkaji lebih dalam, mata terdiri atas beberapa bab yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu dalam menunjang fungsi mata yaitu melihat. Macam-macam bab tersebut antara lain sebagai diberikut... 
  • Pupil, ialah celah sempit yang berbentuk bulat dan berfungsi semoga cahaya sanggup masuk mata, ke dalam mata
  • Kornea, ialah bab luar mata yang tipis, lunak dan transparan serta berfungsi dalam mendapatkan dan meneruskan cahaya yang masuk pada mata serta melindungi bab mata yang sensitif yang berada dibawahnya. 
  • Lensa Mata, ialah lensa yang berbentuk cembung, berserat, elastis, dan bening. Fungsi lensa mata ialah untuk membiaskan cahaya dari suatu benda semoga sanggup terbentuk bayangan benda itu di retina. 
  • Retina, ialah bab yang berada di belakang mata yang berfungsi sebagai kawasan dalam terbentuknya bayangan. 
  • Otot Akomodasi, ialah otot yang melekat pada lensa mata yang berfungsi untuk mengatur tebal dan tipisnya lensa mata. 
  • Iris, ialah selaput yang berwarna hitam, biru atau coklat dan berfungsi untuk mengatur dalam besarnya kecilnya pupil. Bagian inilah yang anda lihat warna pada mata seseorang. 
  • Aquaeus Humour, ialah adalah cairan yang terdapat didepan lensa mata yang dipakai untuk membiaskan cahaya ke dalam mata. 
  • Vitreous Humour, ialah cairan yang berada di dalam bola mata yang berfungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa mata ke retina. 
  • Bintik Kuning, ialah bab dari retina yang gunanya berfungsi sebagai kawasan dalam terbentuknya bayangan yang jelas. 
  • Bintik Buta, ialah bab dari retina yang kalau bayangan jatuh pada bab ini, maka bayangan akan tampak tidak terang atau kabur. 
  • Saraf Mata, ialah saraf yang berfungsi untuk meneruskan rangsangan bayangan dari retina menuju ke otak. 

2. Lup
Lub atau beling pembesar ialah alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung. Lub difungsikan untuk melihat benda-benda kecil yang nampak menjadi lebih besar dan jelas. Dalam memakai Lub sanggup dilakukan dengan dua cara yaitu, dengan mata berakomodasi dan mata tak berakomodasi.

3. Kamera 
Kamera ialah alat yang dipakai untuk menghasilkan bayangan fotografi pada film negatif. Pasti tiruana orang pernah memakai kamera yang biasanya dipakai untuk mengawetkan kejadian-kejadian yang kita anggap penting dan menarikdanunik. Kamera mempunyai beberapa bab antara lain sebagai diberikut...
  • Diafragma, ialah lubang kecil yang sanggup diatur lebarnya yang fungsinya untuk mengatur dalam banyaknya cahaya yang masuk melalui lensa. 
  • Pelat film, ialah sebagai kawasan bayangan dan menghasilkan bayangan negatif, yaitu gambar yang berwarna tidak sama dengan aslinya, tembus cahaya. 
  • Lensa cambung, mempunyai fungsi dalam membiaskan cahaya yang masuk sehingga sanggup terbentuk bayangan yang nyata, terbalik dan diperkecil. 
  • Apertur, ialah untuk mengatur besar kecilnya diafragma 
4. Mikroskop 
Mikroskop ialah alat optik yang dipakai untuk melihat benda-benda kecil semoga tampak menjadi lebih besar dan jelas. Mikroskop terdiri dari dua buah lensa cembung. Lensa cembung pertama ialah lensa yang bersahabat dengan benda yang diamati (objek), yang disebut dengan lensa adil. Sedangkan lensa yang kedua yang disebut dengan lensa okuler ialah lensa yang bersahabat dengan pengamat atau mata anda. Mikroskop yang memakai 2 lensa ialah mikroskop cahaya lensa ganda. 


5. Teropong
Teropong atau teleskop ialah alat yang dipakai untuk melihat benda-benda yang jauh semoga tampak lebih terang dan dekat. Teropong terdiri atas dua jenis kalau ditinjauh dari objeknya antara lain sebagai diberikut..
a. Teropong Bintang
Teropong bintang ialah teropong yang dipakai untuk melihat atau mengatai benda-benda yang ada di langit. misalnya, bintang, satelit, dan plguat-plguat. Teropong bintang disebut juga dengan teropong astronomi. Teropong bintang terdiri dari dua jenis yang ditinjau dari jalannya sinar antara lain sebagai diberiku..
  • Teropong Bias ialah teropong yang terdiri dari dua lensa cembung, yaitu sebagai lensa okuler dan lensa adil. Teknik kerja teropong bias ialah sinar masuk ke dalam teropong kemudian dibiaskan oleh lensa
  • Teropong Pantul ialah teropong yang alasannya ialah jalannya sinar memantul didalam teropong. Cahaya akan hadir kemudian dikumpulkan dalam sebuah cermin melengkung yang besar, kemudian di pantulkan ke mata pengamat oleh satu atau lebih cermin yang lebih kecil. 
b. Teropong Medan/Teropong Bumi
Teropong yang difungsikan untuk mengamati benda-benda yang jauh di permukaan bumi. Teropong ini terdiri dari 3 lensa cembung yang masing-masing terdiri dari lensa adil, lensa pembalik, dan lensa okuler. Lensa pembalik ialah lensa yang spesialuntuk membalikkan bayangan yang terbentuk dari lensa adil, tidak untuk membesarkan bayangan. Disini lensa okuler berfungsi sebagai lub. Kita ketahui bahwa lensa pembalik spesialuntuk untuk membalik bayangan yang berarti bahwa bayangan yang dibuat oleh lensa adil terletak di titik sentra kelengkungan lensa pembalik. 

6. Periskop 
Periskop ialah teropong pada kapal selam yang dipakai untuk mengamati benda-benda di permukaan laut. Periskop terdiri dari dua lensa cembung dan dua prisma siku-siku sama kaki. Mekanisme jalannya sinar pada perisko antara lain sebagai diberikut.. 
  • Sinar sejajar dari benda yang jauh menuju ke lensa adil
  • Prisma P1 memantulkan sinar dari lensa adil menuju ke prisma P2
  • Sehingga prisma P2 sinar tersebut dipantulkan lagi dan bersilangan di depan lensa okuler sempurna di titik serius lensa okuler. 
7. Proyektor Slide
Proyektor slide ialah alat yang dipakai untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga sanggup diperoleh bayangan kasatmata dan diperbesar di layar. Dalam proyektor slide mempunyai bagian-bagian penting yaitu lampu kecil yang memancarkan sinar besar lengan berkuasa melalui sentra kaca, slide atau gambar diapositif, cermin cekung yang berfungsi sebagai refletor cahaya, lensa cembung untuk membentuk bayangan pada layar.


Alat Optik juga mempunyai fungsi dari setiap jenis Pengertian Alat Optik dan Macam-Macam Alat Optik



Demikianlah isu terkena Pengertian Alat Optik dan Macam-Macam Alat Optik. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian alat optik dan macam-macam alat optik. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 
Referensi : 

  • Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 1 untuk SMA/MA kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  • Widodo, Tri dan Suparmo. 2009. Panduan Pembelajaran Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman :) .