Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial| Secara umum, Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial adalah sistem pemerintahan negara republik yang kekuasaan administrator dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuatan legislatif. Pada sistem pemerintahan presidensial kedaulatan negara dibagi dalam trias politica oleh Monstequieu yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Presiden sebagai kepala negara dan juga kepala pemerintahan.  Sistem pemerintahan presidensial menganut hukum bagi para menteri dimana menteri ialah pemmenolong presiden yang diangkat dan bertanggung balasan kepada presiden.

Presiden dan wakil presiden dipilih oleh rakyat melalui pemilu dan masa kerjanya ditentukan oleh konstitusi. Dalam sistem pemerintahan presidensial juga mengatur bahwa anggota legislatif dihentikan menjabat di tubuh administrator dan begitu juga sebaliknya dengan eksekutif. Maka dari itu, dalam sistem pemerintahan presidensial, administrator dan legislatif ialah forum yang independen.

1. Apakah Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial ?..

Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial - Dalam memilih sistem pemerintahan suatu negara ialah dengan mengetahui macam-macam karekteristik/ciri-ciri dari seluruh sistem pemerintahan didunia. menyerupai halnya ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial yang sanggup anda lihat dibawah ini..
  • Presiden memangku jabatan sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara
  • Presiden diangkat melalui pemilu yang dipilih eksklusif oleh rakyat
  • Anggota legislatif dipilih eksklusif oleh rakyat melalui pemilihan umum (pemilu)
  • Presiden mempunyai hak prerogratif (hak istimewa) untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menterinya baik yang memimpin departemen dan non departemen
  • Menteri (kabinet) sebagai pemmenolong presiden bertanggung balasan terhadap presiden dan dihentikan kepada legislatif alasannya ialah menteri ialah pemmenolong presiden
  • Kekuasaan administrator tidakbertanggung balasan oleh kekuasaan legislatif 
  • Kekuasaan administrator tidak sanggup dijatuhkan oleh legislatif dan sebaliknya

2. Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Pemerintahan Presidensial - Dalam berjalannya sistem pemerintahan presidensial ini, mempunyai aneka macam kelebihan/keuntungan dan juga tentunya mempunyai kelemahan/belum sempurnanya antara lain sebagai diberikut..

a. Kelebihan Sistem Pemerintahan Presidensial

  • Kekuasaan administrator lebih stabil alasannya ialah tidak bergantung dan tidak terganggu pada parlemen
  • Masa jabatan tubuh administrator lebih terang dalam kurun waktu tertentu. Seperti di indonesia masa jabatan presiden 5 tahun. 
  • Legislatif bukan daerah kaderisasi terkena jabatan-jabatan administrator alasannya ialah diisi oleh orang luar termasuk anggota dewan legislatif sendiri
  • Dalam penyusunan kegiatan kerja kabinet praktis diadaptasi dengan jangka waktu masa jabatannya

b. Kelemahan/Kekurangan Sistem Pemerintahan Presidensial

  • Sistem pertanggung jawabanan kurang jelas
  • Pembuatan keputusan/mengambil kebijakan memakain waktu yang lama
  • Kekuasaan administrator diluar pengawasan eksklusif legislatif sehingga sanggup membuat kekuasaan mutlak
  • Pembuatan keputusan atau kebijakan publik umumnya hasil tawar-menawar antara administrator dan legislatif yang menimbulkan terjadinya keputusan yang tidak tegas
Baca Juga : 
Kekuasaan Presiden Sebagai Kepala Negara
Pengertian, Fungsi, Tugas dan Wewenang DPD
Pengertian, Fungsi, Wewenang dan Hak MPR
Pengertian, Fungsi, Tugas dan Hak-Hak DPR
Pengertian Politik Luar Negeri dan Tujuannya
Pengertian Sistem Politik dan Ciri-Ciri Sistem Politik
Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam-Macam Konstitusi

 Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial ialah Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial

Demikianlah gosip terkena Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa baik itu pengertian sistem pemerintahan presidensial, ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial, kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan presidensial, kelebihan sistem pemerintaan presidensial, kelemahan/belum sempurnanya sistem pemerintahan presidensial. Pesan buat kawan-kawan yang sudah melihat gosip ini, tidakboleh lupa yah untuk SHARE :) semoga tiruana kawan-kawan kita sanggup dengan praktis menemukan Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".