Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) Dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya| Perangkat keras (Hardware) mempunyai macam-macam jenis dengan fungsi yang beragam. Secara umum, Pengertian Perangkat Keras (hardware) yakni perangkat komputer yang berbentuk fisik (dapat disentuh). Fungsi perangkat keras (hardware) yakni mempersembahkan masukan, mengolah dan menampilkan keluaran, dan menjalankan suatu perintah. Perangkat komputer dibedakan menjadi dua jenis yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Hardware akan berfungsi jikalau atau alasannya yakni adanya software yang menjalankannya.

Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware) - Perangkat keras (hardware) komputer dibedakan menjadi 4 jenis menurut fungsi atau tugasnya antara lain sebagai diberikut..
  • Input device yakni perangkat input atau masukan 
  • Proses device yakni perangkat yang menjalankan sistem dari komputer
  • Output device yakni perangkat output/keluaran, menghubungkan sistem keluar
  • Storage device yakni perangkat untuk menyimpan
Macam-Macam Perangkat Keras (Hardware)
1. Input Device (Perangkat Masukan)
Input device adalah  perangkat komputer yang dipakai atau difungsikan sebagai masukan, baik itu berupa perintah atua koneksi ke dalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk dalam kategori masukan atau input. Macam-macam perangkat Input (masukan) antara lain sebagai diberikut...
  • Keyboard yakni perangkat komputer yang dipakai atau berfungsi mengetik huruf, angka dan juga perintah kepada komputer
  • Scanner yakni perangkat komputer yang dgunakan atau berfungsi mengubah hard file menjadi digital file yang selanjutnya diolah komputer.
  • Mouse yakni perangkat komputer yang dipakai atau berfungsi untuk menjalankan perintah dengan klik baik itu klik kanan dan kiri serta mouse berfungsi sebagai pencetus kursor dan juga menunjuk aplikasi yang dijalankan
  • Touchpad yakni perangkat komputer yang dipakai atau berfungsi seolah-olah dengan komputer. Touchpad biasa dijumpai pada laptop.
  • Joystik yakni perangkat komputer yang dipakai atau difungsikan dalam mempersembahkan perintah/menggerakkan permainan
  • Mikrofon yakni perangkat komputer yang dipakai atau difungsikan mengirimkan bunyi yang selanjutnya diproses yang dikeluarkan melalui speaker.
 yakni perangkat komputer yang berbentuk fisik  Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
2. Proses Device (Perangkat Proses) 
Proses device yakni perangkat komputer yang berfungsi dalam mengolah data dari hasil masukan. Perangkat keras sebagai proses yakni CPU (Central Processing Unit). Setiap data yang masuk akan diolah di CPUT baik perhitungan, pengolahan data, gambar dan suara. CPU juga mengatur perangkat keras (Hardware) dalam menjalankan kiprah atau fungsinya. Macam-macam perangkat proses antara lain sebagai diberikut..
 yakni perangkat komputer yang berbentuk fisik  Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • CPU/Processor yakni perangkan komputer yang sangat penting alasannya yakni menjalankan sistem komputer yang diibaratkan otak komputer.
  • Memori/RAM (Random access memory) adalah  perangkat keras yang menyimpan proses kerja komputer secara sementara. RAM membuat proses pengaksesan berlangsung cepat.
  • Power Supply yakni perangkat komputer yang berfungsi menghantarkan arus listrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer
  • Motherboard yakni perangkat komputer yang menghubungkan perangkat keras lainnya
  • VGA Card (Video Graphic Array) yakni perangkat komputer yang berfungsi dalam mempersembahkan tampilan berkarakter pada monitor atau layar komputer.
3. Output Device (Perangkat Keluaran)
Output device yakni perangkat komputer yang mempersembahkan keluaran/output yang berupa goresan pena (huruf, angka, simbol), image (grafis, gambar), bunyi dan bentuk-bentuk lainnya. Output device ialah perangkat yang mengeluarkan hasil dari pemrosesan dalam CPU baik itu yang berupa fisik atau non fisik. 
 
 yakni perangkat komputer yang berbentuk fisik  Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • Monitor yakni perangkat komputer yang menampilkan pemrosesan atau hasil pemrosesan yang berupa visula atau gambar
  • Speaker yakni perangkat komputer yang berfungsi mengeluarkan bunyi dari komputer
  • Printer yakni perangkat keras yang dipakai untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya dari hasil pemrosesan 
  • LCD Proyektor adalah  perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau video yang media berupa layar atau bidang datar.
4. Storage Device  (Perangkat Penyimpanan)
Storage device yakni perangkat keras yang dipakai atau berfungsi sebagai media atau daerah penyimpanan setiap data-data komputer baik yang sedang proses atau hasil proses. Perangkat penyimpanan dibedakan menjadi 2 tipe yaitu storage exsternal memory (media penyimpanan eksternal) dan storage internal memory (media penyimpanan internal). Macam-macam perangkat penyimpanan (storage device) antara lain sebagai diberikut.. 

 yakni perangkat komputer yang berbentuk fisik  Macam-Macam Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya
  • Hardisk yakni perangkat penyimpanan utama komputer, biasanya tampil dikomputer sebagai sebuatan Drive :C, Drive D, dan seterusnya
  • Flashdisk yakni perangkat keras yang berfungsi penyimpanan ekstrenal data komputer yang paling banyak dipakai alasannya yakni kegampangannya.
  • CD/DVD  yakni perangkat keras yang  dipakai atau berfungsi penyimpanan ekstrenal data komputer yang berupa pienteng atau biasa disebut kaset
  • Floppy disk yakni perangkat keras berupa penyimpanan ekstrenal data komputer yang pertama kali, yang kini ini sudah jarang dijumpai dan digunakan.
Baca Juga : 

Demikianlah informasi terkena Pengertian Perangkat Keras (Hardware) dan Fungsinya. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana baik itu pengertian perangkat keras (hardware), fungsi perangkat keras (hardware), macam-macam perangkat keras (hardware). Janga lupa SHARE yah kawan-kawan :) Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".