Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang

Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang| Struktur tulang belakang terdiri atas beberapa bagian-bagian yang berfungsi dalam aneka macam sistem koordinasi tubuh manusia. Sebelum mengulas lebih jauh terkena sumsum tulang belakang, tahukah anda Apa itu Sumsum Tulang Belakang ?.. Sumsum tulang belakang yakni tali putih kemilau yang berbentuk tabung dari dasar otak yang menuju ke tulang belakang. Sumsum tulang belakang juga disebut dengan tali spinal.

Pada irisan melintangnya, tampak dua bagian-bagian pada sumsum tulang belakang, yakni bab luar yang tampak berwarna putih dan bab dalam yang tampak abu-abu yang berbentuk kupu-kupu. Bagian luat pada sumsum tulang belakang berwarna putih, alasannya yakni tersusun oleh akson dan dendrit yang diselubungi mielin. Sedangkan pada bab dalam sumsum tulang belakang yakni berwarna abu-abu yang tersusun oleh tubuh sel yang tak diselubungi mielin dari interneuron dan neuron motorik. 

Apabila sumsum tulang belakang diiris secara vertikal, bab dalam sumsum tulang belakang berwarna abu-abu dan terdapat jalan masuk tengah yang disebut dengan ventrikel dan meliputi cairan serebrospinal. Ventrikel ini berafiliasi juga dengan ventrikel di dalam otak. Bagian dalamnya mempunyai dua akar saraf yaitu akar dorsal yang meliputi dengan saraf sensorik ke arah punggung, dan akar ventral yang meliputi dengan saraf motorik ke arah perut.

Struktur tulang belakang terdiri atas beberapa bab Fungsi Anatomi Sumsum Tulang BelakangFungsi Sumsum Tulang Belakang - Sumsum tulang belakang mempunyai fungsi penting dalam tubuh. Fungsi sumsum tulang belakang yakni sebagai diberikut... 
  • Menghubungkan impuls dari saraf sensorik ke otak dan sebaliknya
  • Menghubungkan impuls dari otak ke saraf motorik yang memungkinkan menjadi sebuah jalur terpendek dalam gerak refleks. 
  • Menyampaikan pesan dari otak ke aneka macam bagian-bagian tubuh yang umumnya pada otot untuk dikenakan tindakan 
Baca Juga : 

Demikianlah isu ihwal Fungsi Anatomi Sumsum Tulang Belakang. Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".