Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)| Pemanasan Global memerlukan penanganan dalam mencegah, mengurangi, dan mengatasi dampak dari pemanasan Global. Salah satu penyebab pemanasan global yakni penerapan materi bakar fosil dengan meningkatnya kadar CO2 di atmosfer. Konsumsi total materi bakar fosil (batubara dan minyak bumi) di dunia akan meningkat sekitar 1% per tahun. Langkah-langkah yang dilakukan atau yang sedang didiskusikan ketika ini tidak sanggup mencegah pemanasan global di masa depan. Tantangan yang ada yakni mengatasi pengaruh yang timbul sambil melaksanakan langkah-langkah untuk mencegah semakin berubahnya iklim di masa depan. 

Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming) - Beberapa cara dalam mengurangi, mencegah, mengatasi, dan menanggulangi dampak dari pemanasan global antara lain sebagai diberikut...

Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

1. Mengubah Perilaku Pribadi
Tindakan yang lebih baik dalam mengatasi, mengurangi, dan pencegahan pemanasan global yakni dengan mengubah sikap manusia, sebab pemahaman wacana pemanasan global yang ditanamkan hari ini akan berdampak besar pada generasi menhadir. Berikut Beberapa contoh-contoh sikap pribadi yang sanggup dilakukan dalam mengurangi, mencegah, dan mengatasi pemanasan global antara lain sebagai diberikut... 
  • Hemat Listrik : Sesudah dijelaskan sebelumnya bahwa gas rumah beling itu didominasi dari karbon dioksida (CO2). Sebagian besar dari CO2 dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. melaluiataubersamaini demikian, bila kita berhemat listrik maka secara tidak eksklusif kita mengurangi kadar CO2 di Atmosfer.
  • Menanam Pohon : CO2 digunakan tumbuhan untuk berfotosintesis, maka penanaman pohon dalam jumlah banyak akan menjadi solusi untuk mengurangi jumlah CO2 di atmosfer. Di Sulawesi Utara, dibentuk peraturan tempat yang mewajibkan menanam pohon bagi pasangan yang akan berkeluarga.
  • Mengurangi Penggunaan Mobil : Mobil sebagai penyumbang sumber CO2 terbesar di perkotaan, juga perlu diantisipasi dengan mengubah sikap orang. Penggunaan kendaraan beroda empat pribadi menjadi penyumbang CO2 terbesar, bila tidak ada pengaturan penerapan kendaraan beroda empat pribadi dengan baik. Penggunaan transportasi umum yang mengangkut sekaligus banyak orang sanggup mengurangi emisi karbon dioksida di udara. 
2. Langkah Mencegah Pemanasan Global Secara Kolektif 
Upaya pencegahan pemanasan global juga sanggup dilakukan secara bersama atau kolektif. Beberapa langkah yang sanggup dilakukan secara kolektif antara lain sebagai diberikut...
  • Menggunakan Energi Alternatif : Penggunaan energi alternatif terbaru perlu dilakukan di Indonesia. Pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang diusahakan diganti dengan energi membersihkan, ibarat sinar matahari, air, angin, biomassa, dan gerah bumi. Sumber energi tersebut bahwasanya berlimpah di Indonesia. tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.
  • Melestarikan Hutan : Masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama dalam menjaga hutan dari ancaman kebakaran dan penebangan liar semoga luas hutan tidak berkurang. 
  • Menghapus Penggunaan CFC : Untuk menghentikan penerapan CFC pada peralatan pendingin, sanggup dilakukan dengan mempersembahkan penyuluhan dan batuan kepada bengkel-bengkel servis peralatan pendingin semoga sanggup mengelola penerapan CFC. 
  • Memperbaiki Kualitas Kendaraan dengan Uji Emisi : Uji emisi diharapkan dalam mengetahui kondisi kendaraan apakah prima atau sebaliknya. Kendaraan yang mempunyai kondisi prima akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) sehingga sanggup menjaga lingkungan dan hemat materi bakar. 
3. Mengurangi Karbon 
Untuk mengurangi gas CO2 yang ada di udara sanggup dilakukan dengan hal-hal diberikut ini.
  • Menanam dan memelihara tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida untuk proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan sangat tinggi, sedangkan tumbuhan yang tumbuh kembali sedikit sekali, sebab tanah yang tidak rindang lagi. Upaya rebosiasi hutan ialah langkah yang sempurna untuk menyeimbangkan gas rumah beling di atmosfer 
  • Merubah penerapan materi bakar fosil dengan materi bakar alternatif, contohnya air, angin, dan sinar matahari
Baca Juga 
Pengertian Pemanasan Global, Penyebab dan Dampaknya
Dampak Pemanasan Global (Global Warming)
Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi
Upaya Penanggulangan Dampak Negatif Tenaga Endogen
Usaha Penanggulangan Pencemaran Air

Demikianlah gosip wacana Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming). Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Upaya menanggulangi pemanasan global juga sanggup dipakai bila anda mencari cara mencegah pemanasan global, cara mengatasi pemanasan global, cara mengurangi pemanasan global, upaya mencegah pemanasan global, upaya mengatasi pemanasan global, upaya mengurangi pemanasan global, semoga kawan-kawan tidak pusing dengan judul yang tidak sama dengan apa yang kawan-kawan perlukan dimana isi Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming) sebenarnya sama. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".