Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-Ciri Dan Peranan Pisces (Ikan)

Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)| Pisces (Ikan) diklasifikasikan dengan banyak sekali ciri-ciri dan manfaat atau peranan dari jenis-jenis Pisces (Ikan). Tubuh ikan mempunyai bentuk pipih lateral (misalnya ikan bandeng) atau pipih dorsoventral (misalnya ikan pari) untuk megampangkan dalam bergerak di air. Anggota geraknya berupa sirip yang terdiri dari sepasang sirip dada dan juga sepasang sirip perut. Selain dari itu terdapat pula sirip anal serta sirip punggung dimana bab depannya dan belakang tidak berpasangan. Tubuh ikan ditutupi dari sisik-sisik yang tersusun dari zat kapur. Pada permukaan sisik berlendir untuk megampangkan gerakan ikan yang ada dalam air. Di sisi kiri kanan tubuhnya terdapat gurat dengan sisi yang berfungsi sebagai alat keseimbangan. Gurat isi juga berfungsi dalam memilih arah arus air dan kedalaman ikan sewaktu berenang. 

Sistem Pernapasan - Ikan bernapas dengan insang. Insang mengandung pembuluh darah sehingga mempunyai warna merah. Air masuk melalui mulut, melewati insang dan setelah terjadi pertukaran gas, air keluar melalui tutup insang (operkulum). Tutup insang yang senantiasa membuka dan menutup untuk mengatur keluar masuknya air. Ada juga ikan yang bernapas dengan paru-paru, yaitu ikan Dipnoi. 

Sistem Transportasi - Jantung ikan terdiri dari dua ruang yaitu serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Darah yang mempunyai oksigen yang kurang yang ada pada bab belakang mengalir ke depan menuju ke serambi kemudian ke bilik. Bilik yang berotot tebal memompa darah menuju ke insang. Di insang terjadi pertukaran gas. Darah yang kaya oksigen mengalir ke seluruh tubuh.
ciri dan manfaat atau peranan dari jenis Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)

Ciri-Ciri Umum - Pisces ialah Vertebrata akuatik (hidup di air) yang mempunyai ciri-ciri umum. Ciri-ciri umum Pisces (ikan) yakni sebagai diberikut.... 
  • Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan buntut. Tubuh ditutupi oleh kulit yang umumnya bersisik dan berlendir. Terdapat empat tipe sisik, yaitu ganoid, plakoid, stenoid, dan sikloid. Pisces mempunyai sirip untuk berenang. Endoskleton tersusun tulang rawan atau tulang keras. 
  • Pisces bernapas dengan insang. Insang ditutupi oleh operkulum (tutup insang). Insang ada yang mengalami ekspansi yang disebut dengan labirin, contohnya pada ikan Trichogaster sp. Helostoma sp, Anabas sp, dan Osphronemus goramy (gurami). Pisces mempunyai organ komplemen yang berupa gelembung renag yang berfungsi sebagai pemmenolong pernapasan dan juga alat hidrostatis
  • Pisces bersifat poikilotern (berdarah dingin/suhu tubuh yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan). 
  • Sistem peredaran darah tertutup tunggal, artinya satu kali peredaran, darah spesialuntuk satu kali melalui jantung. Jantung terdiri atas dua ruang yaitu satu ventrikel dan satu atrium. 
  • Sistem pencernaan yang lengkap dengan dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. 
  • Alat ekskresi yang berupa ginjal dengan tipe pronefron dari mesonefron. 
  • Sistem koordinasi yang terdiri atas sistem saraf sentra (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem hormon. Pisces juga mempunyai alat indra dengan berupa sepasang mata, sepasang indera pendengaran dalam, indra pembau dan juga gurat sisi. Gurat sisi yang terdapat di sepanjang sisi tubuhnya, yang berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air. 
  • Alat kelabuin yang terpisah atau hermafrodit. Fertilisasi terjadi secara eksternal (diluar tubuh) atau internal (di dalam tubuh). Pisces yang bersifat ovipar, ovovivipar, atau vivipar. 
Peranan Pisces (ikan) - Pisces mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia. Peranan pisces (ikan) yakni sebagai diberikut...
  • Daging ikan yakni sumber protein tinggi dan mengandung asam lemak yang tak jenuh. 
  • Kulit ikan tertentu sanggup disamak untuk dibentuk tas, dompet, sepatu, dan juga jaket. 
  • Dipelihara sebagai ikan hias di akuarium
  • Pemberantasan nyamuk yang secara biologi, sehingga sanggup mencegah muncul dan terjadinya wabah penyakit demam berdarah dan juga penyakit malaria.
  • Tulang ikan sanggup dimanfaatkan sebagai materi pembuatan lem. 
  • Sisa-sisa ikan sanggup dimanfaatkan dengan dibentuk tepung untuk adonan makanan ternak atau dibentuk pupuk tanaman. 
  • Jenis ikan yang ganas sanggup menyerang dan juga membahayakan insan terutama bagi perenang, contohnya hiu, piranha, ikan macan di afrika, salem-karper, dan juga ikan kumis dari Amerika selatan. 
Baca Juga : 

Demikianlah gosip seputar Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan). Semoga kawan-kawan sanggup mendapatkan dan bermanfaa bagi kita tiruana. Jangan lupa yah kawan-kawan untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed kawan-kawan punya, atau klik dibawah ini... semoga setiap mitra kita sanggup dengan simpel mendapatkan gosip Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan). Jangan Lupa Yah :) .Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".