Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Manfaat Pajak

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat Pajak| Kali ini seputar pengertian pajak, fungsi pajak, jenis-jenis pajak dan manfaat pajak. Pengertian Pajak Secara Umum ialah bantuan wajib pajak kepada negara yang sifatnya memaksa menurut undang-undang yang dipakai untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Wajib pajak ialah pribadi atau badan. Sebelumnya sudah dibahas Pengertian Pajak Menurut Definisi Para Ahli yang disimpulkan bahwa ciri-ciri pajak ialah iuran wajib yang dibayar oleh wajib pajak pada negara, pembayaran yang didasarkan pada norma-norma hukum, sumber pembiayaan pengeluaran kolektif, masukana untuk meningkatkan kesejahteraan umum, balas jasa yang tidak didiberikan secara langsung.

1. Fungsi Pajak
Pada mempunyai tugas yang cukup besar dalam kehidupan bangsa. Ada beberapa fungsi pajak. Di antaranya ialah sebagai diberikut..

a. Fungsi Anggaran (Budgetair) : Fungsi budgetair disebut sebagai fungsi utama pajak atau fungsi fiskal (fiscal function), yaitu suatu fungsi dimana pajak dipergunakan sebagai alat untuk memasukkan dana secara optimal ke kas negara menurut undang-undang perpajakan yang berlaku. Fungsi ini disebut fungsi utama alasannya fungsi inilah yang secara historis pertama kali timbul. Di sini pajak ialah sumber pembiayaan negara yang terbesar.
b. Sebagai Alat Pengatur (Regulerend) : Fungsi ini mempunyai pengertian bahwa pajak sanggup dijadikan sebagai instrumen untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai contoh, saat pemerintah berkeinginan untuk melindungi kepentingan petani dalam negeri, pemerintah sanggup tetapkan pajak tambahan, menyerupai pajak impor atau bea masuk, atas acara impor komoditas tertentu.
c. Sebagai Alat Penjaga Stabilitas : Pemerintah sanggup memakai masukana perpajakan untuk stabilisasi ekonomi. Sebagian barang-barang impor dikenakan pajak semoga produksi dalam negeri sanggup bersaing. Untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan menjaga semoga defisit perdagangan tidak semakin melebar, pemerintah sanggup tetapkan kebijakan pengenaan PPnBM terhadap impor produk tertentu yang bersifat mewah. Upaya tersebut dilakukan untuk meredam impor barang glamor yang berkontribusi terhadap defisit neraca perdagangan
d. Fungsi Redistribusi Pendapatan : Pemerintah membutuhkan dana untuk membiayai pembangunan infrastruktur, menyerupai jalan raya dan jembatan. Kebutuhan akan dana itu sanggup dipenuhi melalui pajak yang spesialuntuk dibebankan kepada mereka yang bisa membayar pajak. Namun demikian, infrastruktur yang dibangun tadi, sanggup juga dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bisa membayar pajak.

2. Jenis-Jenis Pajak
Jenis pajak banyak ragamnya. Keragaman ini tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Pembagian pajak sanggup dilihat dari siapa yang menanggung pajak, forum yang mengambil, dan sifatnya.

a. Jenis-Jenis Pajak Berdasarkan Pihak yang Menanggung
Berdasarkan pihak yang menanggung, pajak dibedakan atas pajak pribadi dan tidak langsung.
  • Pajak Langsung (Direct Tax) : Pajak pribadi ialah pajak yang dikenakan secara terpola terhadap seseorang atau tubuh perjuangan menurut ketetapan pajak. Pajak pribadi dipikul sendiri oleh wajib pajak. misal pajak pribadi ialah pajak penghasilan dan pajak bumi dan bangunan
  • Pajak Tidak Langsung (Indirect Tax) : Pajak tidak pribadi ialah pajak yang dikenakan atas perbuatan atau peristiwa. Pemungutan pajak itu dipungut tanpa surat penetapan pajak dan bisa dialihkan pada pihak lain. misal pajak tidak pribadi ialah pajak pertambahan nilai, pajak penjualan, dan cukai. Pada pajak pertambahan nilai, pajak penjualan dan cukai, yang mengambil ialah perusahaan dan yang menanggung ialah konsumen. 
b. Jenis-Jenis Pajak Berdasarkan Lembaga Pemungut
Sementara itu, menurut forum pemungut, pajak dibedakan atas pajak negara (pemerintah pusat) dan pajak kawasan (pemerintah daerah).
  • Pajak Negara : Pajak negara ialah pajak yang pemungutannya dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Pajak yang termasuk pajak negara ialah pajak penghasilan, pajak pemanis nilai barang dan jasa dari pajak penjualan atas barang mewah. 
  • Pajak Daerah : Pajak kawasan ialah pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah, baik oleh kawasan tingkat I maupun oleh pemerintah kawasan tingkat II. Pajak kawasan dipakai oleh pemerintah kawasan untuk membiayai rumah tangganya. misal pajak kawasan antara lain pajak pemotongan hewan, pajak radio, pajak reklame, pajak kendaraan, pajak bermotor, dan pajak hiburan. 
c.  Jenis-Jenis Pajak Berdasarkan Sifatnya
Berdasarkan sifatnya, pajak dibedakan atas pajak subjektif dan pajak adil
  • Pajak Subjektif : Pajak subjektif ialah pajak yang berawal pada subjeknya (wajib pajak). contohnya pajak penghasilan dan pajak bumi dan bangunan 
  • Pajak Objektif : Pajak adil ialah pajak yang dipungut menurut objeknya tanpa memperhatikan wajib pajak. misal pajak penjualan dan cukai. 
3. Manfaat Pajak bagi Perekonomian Negara
  • Membiayai Pengeluaran Negara. Pajak mempunyai manfaat dengan membiayai pengeluaran negara yang bersifat self liquiditing, contohnya pengeluaran untuk proyek produktif barang ekspor. 
  • Membiayai Pengeluaran Produktif. Pajak sanggup membiayai pengeluaran produktif dimana pengeluaran produktif ialah pengeluaran yang mempersembahkan laba hemat bagi masyarakat menyerupai pengeluaran untuk pengairan dan pertanian.
  • Membiayai pengeluaran yang bersifat self liquiditing dan tidak reproduktif yang contohnya ialah pengeluaran untuk pendirian monumen dan objek rekreasi. 
  • Membiayai pengeluaran yang tidak produktif dimana contohnya ialah pengeluaran untuk membiayai pertahanan negara atau perang dan pengeluaran untuk penghematan di masa yang akan hadir yaitu pengeluaran bagi yatim piatu. 

Baca Juga:

Pengertian, Penyebab, Jenis dan Dampak Inflasi 
Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Instrumen Kebijakan Moneter 
Pengertian Pasar Uang, Fungsi, dan Ciri-Ciri Serta Sumber Dananya 
Pengertian, Tujuan, dan Macam-Macam Kebijakan Fiskal 
Pengertian, Tujuan dan Fungsi APBN 
Pengertian Wirausaha, Ciri, Fungsi & Manfaatnya 
 ialah bantuan wajib pajak kepada negara yang sifatnya memaksa menurut undang Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat Pajak

Demikianlah uraian seputar Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat Pajak. semoga kawan-kawan menerimanya dan sanggup bermanfaa baik itu pengertian pajak, fungsi pajak, jenis-jenis pajak, dan manfaat pajak. Sekian. "Salam Berbagi Teman-Teman".