Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Bagi Kehidupan Insan

Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta)| Tumbuhan lumut mempunyai manfaat atau peranan bagi insan yang sangat luar biasa. Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta) mungkin spesialuntuk sebagian besar dari kita yang mengetahuinya. Beberapa dari jenis-jenis tumbuhan lumut mempunyai manfaat dan khasiat bagi keseharian kita baik itu segi kesehatan, ekonomi, dan banyak sekali kebutuhan-kebutuhan kita. Seperti yang kita ketahui tumbuhan lumut mempunyai 4000 spesies dimana 3000 spesies ada di indonesia.

Dari banyak sekali spesies-spesies tumbuhan lumut yang diantaranya mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Sedangkan dari penelitian semenjak dulu masyarakat cina sudah memakai tumbuhan lumut sebagai materi pengobatan, 40 jenis lumut dipakai sebagai materi obat-obatan. 

Manfaat Tumbuhan Lumut (Bryophyta) - Tumbuhan lumut sangat simpel kita dapatkan khususnya pada kawasan yang lembab  yang berada di tanah, tembok, bebatuan lapuk dan melekat pada kulit pohon. Biasanya tumbuhan lumut sering kita lihat atau dapatkan melekat pada tembok, atau pada batu-batuan. Teman-kawan niscaya berfikir bahwa tumbuhan lumut yaitu tumbuhan pengganggu atau parasit, padahal tumbuhan lumut tidak sama dengan tumbuhan parasit. Tumbuhan lumut (bryophyta) sanggup mempunyai manfaat karna terlihat dari kandungan lumut yang kaya akan zat-zat penting yang diperlukan manusia. Manfaat tumbuhan lumut (Bryophyta) yaitu sebagai diberikut...

Manfaat Tumbuhan Lumut bagi Manusia
  • Bermanfaat sebagai obat antiseptik pada Tumbuhan Lumut Frullania Tamanisci (lumut hati)
  • Mengandung senyawa berkhasiat dalam mengobati penyakit jantung pada tumbuhan lumut Crateneuron filicinum (lumut daun) 
  • Digunakan untuk obat dalam pertumbuhan rambut pada tumbuhan lumut Fissidens japonicum (lumut daun)
  • Berguna sebagai obat hepatitis, dan menghilangkan toksin jawaban dari gigitan ular pada tumbuhan lumut Marchantia Polymorpha (lumut daun)
  • Memiliki manfaat yang berkhasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi dan juga sebagai obat bius pada tumbuhan lumut Rhodobryum giganteum (lumut daun)
  • memiliki manfaat yang berkhasiat dan berfungsi sebagai antibakteri, antifungi, mengobati luka bakar, dan luka luar pada tumbuhan lumut Conocephalum conicum (lumut hati)
  • Berguna dalam mengobati penyakit pneumonia pada tumbuhan lumut Haplocladium catillatum (lumut daun)
  • Memiliki manfaat yang dipakai sebagai pembalut atau pengganti kapas dan memmenolong perembesan air dan menjaga kelembapan tanah pada tumbuhan lumut Sphagnum 
  • bekerja sebagaimana mestinya sebagai penyedia oksigen 
  • Dapat mengobati penyakit kulit dan mata
Baca Juga :

Demikianlah uraian seputar Manfaat Tumbuhan Lumut Bagi Kehidupan Manusia (Bryophyta). Semoga kawan-kawan mendapatkan dan sanggup bermanfaa bagi kita tiruana. serta tidakboleh lupa yah kawan-kawan untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed yang kawan-kawan pergunakan, semoga setiap orang sanggup dengan simpel menemukan manfaat tumbuhan lumut (bryophyta). Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".